Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 1 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » Sosial

Category Archives: Sosial

Aksi Bersama Santuni 260 Anak Yatim dan Warga Lansia Bersinergi dengan 13 Polsek di Pamekasan

Keberadaan anak yatim, sangat mendapat perhatian dalam agaman Islam dan tersebut dalam kitab suci al-Qur’an surat al-Ma’un. Tentu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memperhatikan dan menyayangi anak yatim dengan penuh kasih sayang sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam. Pun demikian dengan orang tua yang sudah berusia lanjut, sangat dianjurkan untuk menghormati dan memuliakannya.

Lazismu kabupaten Pamekasan yang didukung oleh para donatur dan muzaki melaksanakan Kegiatan sosial bersama Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polisi Resor (Polres) Pamekasan, berupa menyantuni anak yatim dan warga lanjut usia (lansia). Aksi ini dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 16 hingga 18 September 2020 di 13 kantor Polisi Sektor (Polsek) yang ada di Polres Pamekasan.

Sebanyak 260 paket bantuan diberikan kepada 260 anak yatim dan warga lansia. Tim Lazismu berkeliling seantero kabupaten mendatangi seluruh kantor Polsek untuk membagikan paket bantuan. Bantuan untuk anak yatim berupa uang, tas dan alat sekolah sedangkan untuk warga lansia berupa uang dan bahan makanan (sembako). Masing-masing Polsek mendapat bagian untuk 20 anak yatim dan lansia yang tinggal disekitar kantor Polsek.

Aksi sosial ini merupakan bentuk jalinan hubungan yang erat warga masyarakat dengan aparat keamanan. Menurut manajer Lazismu Pamekasan, Khairul Jannah, aksi bersama Polri ini dimaksudkan untuk membangun sinergi filantropi dan hubungan yang erat dengan pihak kepolisian. Selain itu kantor Polisi tersebar di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Pamekasan sehingga memudahkan untuk penyaluran bantuan.

Salah seorang nenek yang mendapat bantuan mengucapkan terima kasih kepada Lazismu dan para dermawan serta kepolisian yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Nenek Saleha mengaku sangat senang dan gembira telah mendapatkan perhatian.

“Mator sakalangkong Pak se tadhak bhates epon, samoghah Allah malancarrah rezekinah. Tor bhantoan kakdintoh sanget manfaat. (Terima kasih yang tak terhingga Pak, semoga Allah memperlancar rezekinya. Dan bantuan ini sangat bermanfaat)” doa Nenek Saleha untuk semua yang berperan dalam santunan ini, dalam logat dan tutur  Madura yang sangat medok. (Kh)

Bersedekah bersama LAZISMU Pamekasan

Sedekah via QR GOPAY

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 28 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Pamekasan
BMI 76630 1 28 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Pamekasan
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 28 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Pamekasan
BMI 76640 2 28 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Pamekasan
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 28 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Pamekasan
BMI 76650 3 28 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Pamekasan

Menangis Kencang Saat Dikhitan, Kembali Sumringah Ketika Dapat Bingkisan

Wajah Wildan tampak tak ceria. Basah air mata di pipinya menggambarkan jelas bocah ini habis menangis kencang. Bahkan, bibirnya manyun menandakan ketidaknyamanan.

Rona yang digambarkan Wildan seakan memperlihatkan sakit yang dirasakannya. Maklum, Wildan memang peserta terkecil khitan massal yang diadakan Taman Belajar al-Quran (TBQ) Ulul Albab.

Namun, perlahan mendung yang menyelimuti wajah bocah kelas 1 SD itu berganti dengan senyum setelah ia dan teman khitan massal lainnya diarak keliling kampung menggunakan becak hias. Terlebih, usai diarak, “amplopan” uang saku berdatangan dari warga sekitar TBQ Ulul Albab.

“Iya, Wildan memang peserta terkecil khitan. Sempat menangis kencang saat dikhitan. Mungkin masih takut. Namanya juga anak-anak,” ujar Iwantoro, ketua pelaksana kegiatan khitan massal.

Lazismu Kabupaten Mojokerto turut mendukung kegiatan khitan massal yang diadakan TBQ Ulul Albab, Ahad (30/8). Manager Lazismu Kabupaten Mojokerto, Khoirul Azmi Ridho yang hadir saat seremoni acara memberi apresiasi atas kegiatan khitan massal yang digelar oleh TBQ Ulul Albab.

Pada kesempatan yang sama, alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut juga menyampaikan program layanan sosial yang bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Mobil layanan sosial yang kami miliki ini boleh dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan kapanpun secara cuma-cuma alias gratis,” ungkap Ridho.

Di antaranya, dua peserta khitan dari Kecamatan Ngoro yang diantar-jemput meggunakan mobil layanan sosial tersebut. Diungkapkan Ridho, pada dasarnya masyarakat Indonesia memiliki jiwa berderma yang tinggi.

“Contoh yang kita lihat, anak-anak kita peserta khitan mendapat uang saku dadakan dari warga. Ini bukti kalau jiwa berderma masyarakat kita kuat. Kalau jiwa dermawan ini dapat disalurkan melalui lembaga zakat, akan lebih banyak orang yang menerima manfaatnya karena lebih tepat caranya,” imbuh Ridho.

Ketua pelaksana kegiatan khitan massal, Iwantoro mengungkapkan terima kasih atas dukungan Lazismu.”Kami sampaikan terima kasih atas dukungan Lazismu terhadap kegiatan kami,” kata Iwan yang juga pengasuh santri TBQ Ulul Albab yang terletak di Desa Menanggal, kecamatan Mojosari ni.

Salah satu peserta khitan asal Ngoro, Safitra Nur Septian mengaku senang sudah dikhitan.

“Awalnya takut sakit, ya agak sakit sedikit, tapi setelahnya sudah enggak. Senang sudah dikhitan,” ujar Safitra.

Donatur dan Muzaki bisa mengambil peran dan berpartisipasi dalam program-program Lazismu. Salurkan donasi Anda melalui nomor rekening :

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 24 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Mojokerto
BMI 76630 1 24 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Mojokerto
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 24 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Mojokerto
BMI 76640 2 24 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Mojokerto
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 24 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Mojokerto
BMI 76650 3 24 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Mojokerto

 

Merasakan Nikmat MERDEKA Bersama Para Veteran Pejuang RI di Bojonegoro

Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus yang dikenal sebagai Cobid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mulai gelisah.

75 tahun yang lalu adalah hari yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia. Pasalnya negara kita telah memproklamasikan kemerdekaan setelah mengalami masa-masa yang kelam atas penjajahan yang dilakukan oleh Belanda dan Jepang. Selama berabad-abad sumberdaya alam, keringat dan darah bangsa ini diperas dan diambil oleh para penjajah.

Adalah mbah Nitri sebagai salah satu veteran yang menjadi pelaku sejarah kelamnya penjajahan Belanda dan Jepang. Nenek yang berusia lebih dari 110 tahun ini sangat bersemangat menceritakan perjuangan para pahlawan kemerdekaan di masa mudanya dulu.

Ketika Lazismu Bojonegoro dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menyambangi sang nenek di kediamannya di desa Bubulan dukuh Klotok, Kecamatan Bubulan, Kamis, 27 Agustus 2020, ia tampak sumringah. Ia tidak menyangka jika anak-anak muda ternyata masih memiliki kepedulian terhadap para veteran RI.

“Matur nuwun (terima kasih) nak, telah mengunjungi rumah simbah di desa ini. Mugi-mugi (semoga) anak semua sehat walafiat, nggih (ya).” kata mbah Nitri sembari melanjutkan cerita dan kisahnya ketika ia ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan RI di tahun 1945.

Menurut sang nenek yang lahir pada tahun 1909 ini, kita semua bisa merasakan nikmat kemerdekaan berkat darah para pahlawan yang gugur mempertahankan negara ini dari penjajah Belanda yang hendak menjajah kembali.

Kunjungan Lazismu pun berlanjut ke rumah para pejuang veteran lainnya yang ada di kabupaten kaya minyak ini. Lazismu Bojonegoro menggandeng teman-teman dari IMM, BEM STIKES Muhammadiyah Bojonegoro, dan STIT Muhammadiyah Bojonegoro untuk menyalurkan 60 paket sembako yang tersebar di seluruh kabupaten Bojonegoro, sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada para Pahlawan yang berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia. MERDEKA ! (Sar)

Mari kita beraml bersama LAZISMU…

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 13 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76630 1 13 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Bojonegoro
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 13 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76640 2 13 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Bojonegoro
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 13 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76650 3 13 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Bojonegoro

Kado Kursi Roda di Hari Merdeka Bagi Adik Kenzie dan Bu Aminah di Surabaya

Bulan Agustus, bulan yang sangat istimewa bagi bangsa Indonesia. Setiap tahunnya seluruh rakyat Indonesia selalu bersiap menyambut hari bahagia, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Namun perayaan kemerdekaan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya mengingat Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19. Selama pandemi berlangsung, menjaga jarak fisik (physical distancing) dari orang lain merupakan salah satu protokol kesehatan.

Seluruh elemen bangsa dalam hal ini, perlu mengingat bahwa momentum Hari Kemerdekaan dapat dirayakan dengan berbagai cara. Substansi utama perayaan adalah kontribusi atau partisipasi untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat kemerdekaan.

Lazismu Kota Surabaya melalui program Tebar 1000 Kursi Roda Bagi Sahabat Disabilitas, turut berpartisipasi dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada hari Ahad 16 Agustus 2020 Lazismu kota Surabaya menyerahkan bantuan kursi roda bagi sahabat disabilitas di kawasan Surabaya Selatan. Dari 5 kursi roda yang telah di siapkan, 2 (dua) unit diserahkan pada menjelang HUT Kemerdekaan RI.

Penyerahan pertema kepada Adik Kenzie Abdillah (8 tahun) yang terlahir prematur dan sampai saat ini belum bisa berjalan. Adik Kenzie tinggal bersama Ibu, nenek dan kakeknya yang mengalami stroke. Saat ini Kenzie duduk di kelas 3 di salah satu Sekolah Dasar (SD) dan setiap hari ia harus diantar jemput becak untuk pergi ke sekolah.

Betapa sangat gembira Adik Kenzie menerima bantuan kursi roda dari Lazismu Kota Surabaya. Kini ia tidak harus menunggu becak lagi kalau mau pulang pergi sekolah atau aktivitas lainnya.

Setelah dari rumah adik Kenzie, Lazismu bergeser ke tempat lainnya. Bantuan kursi roda diberikan kepada perempuan tengah baya yang terlihat lebih tua dari usianya. Sudah 5 bulan perempuan ini menghabiskan hari-harinya dengan terbaring lemas beralas spon busa bekas di rumahnya yang sangat sempit.

Perempuan itu adalah Ibu Amanah (53 tahun), warga RT 007 RW 001 Mastrip Kedurus. Ia sangat senang menerima kado “Kemerdekaan” berupa kursi roda dari Lazismu Kota Surabaya. Penyerahan kepada bu Aminah disaksikan oleh Ibu Sri Rahayu, ketua RT setempat.

Bersama Lazismu kota Surabaya mari kita beraksi bersama untuk sesama..

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 01 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Surabaya
BMI 76630 1 01 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Surabaya
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 01 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Surabaya
BMI 76640 2 01 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Surabaya
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 01 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Surabaya
BMI 76650 3 01 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Surabaya

Benahi Rumah Tiga Kakak Beradik yang Porak Poranda di Magetan

Rumah peninggalan orang tua itu saat ini tidak beratap. Tentu membuat tiga orang kakak beradik yang tinggal di rumah itu sedih dan gusar serta kebingungan. Rumah yang mereka huni itu kini rusak parah dan porak poranda serta harus segera diperbaiki.

Kejadiannya pada tanggal 3 Agustus 2020, rumah warisan berukuran 9,5 x 8,5 meter yang mereka tinggali itu roboh. Maklum, rumah tua yang atapnya dari kayu itu sudah lapuk dimakan usia. Beruntung, puji syukur alhamdulillah, ketika roboh tidak ada orang yang jadi korban karena tertimpa puing dan atap rumah. Semua penghuninya kala itu sedang berada di halaman belakang mengurus daging qurban pembagian dari panitia qurban.

Ketiga kakak beradik yakni Bukhori, Imam Suhadi dan Ummi Samingatin ini tinggal di satu rumah warisan orang tuanya di desa Mojopurno Kecamatan Ngariboyo, Magetan. Dua dari tiga kaka beradik itu sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Satu-satunya rumah yang mereka tinggali bersama itu, ruang utama serta teras atapnya roboh dan ambruk total.

Tentu untuk membenahi rumah yang roboh itu butuh biaya yang tidak sedikit. Apalagi mereka dalam kondisi yang kurang mampu, karena hanya bekerja serabutan. Setidaknya butuh Rp. 15 juta untuk membenahi atap, supaya rumah bisa tertutup dan tidak basah ketika hujan tiba.

Lazismu kabupaten Magetan hadir ikut berpartisipasi memberikan bantuan benah rumah dengan menopang seluruh kebutuhan rehabilitasi rumah tersebut sampai selesai. Lazismu bersama sanak saudara shahibul musibah juga melakukan crowd funding, menghimpun dana untuk membantu benah rumah itu.

Alhamdulillah terkumpul dana sebesar 66% dari total biaya yang dibutuhkan. Lazismu wilayah Jatim kemudian menambah dana sehingga terkumpul dana yang cukup untuk membenahi rumah.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Yakub Trijuna Kaharudin selaku Dewan Pengawas Lazismu Magetan disaksikan drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jatim di rumah keluarga itu, 15/8/2020. Diharapkan dalam 3 hari ke depan rumah sudah tuntas diperbaiki.

Bukhori, Imam Suhadi dan Ummi Samingatin mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Lazismu. Mereka bertiga yang sedang tertimpa musibah benar-benar merasakan manfaat kehadiran Lazismu.

“Terima kasih banyak atas kedatangan bapak-bapak dari Muhammadiyah dan juga Lazismu yang telah memperhatikan kami dan memberikan bantuan untuk memperbaiki rumah kami bertiga. Semoga Allah SWT membalas amal bapak-bapak” ucap Ummi Sumingatin dengan penuh haru.

Semoga dengan diperbaikinya rumah warisan itu dapat menjadikan kehidupan ketiga kakak beradik itu normal kembali. Aamiin..

Mari Terus beraksi bersama untuk sesama dan beramal nyata bersama LAZISMU.

REKENING LAZISMU..

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 22 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Magetan
BMI 76630 1 22 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Magetan
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 22 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Magetan
BMI 76640 2 22 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Magetan
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 22 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Magetan
BMI 76650 3 22 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Magetan

 

Tebar 200 Paket Bantuan Pangan Hasil Donasi Konser Sobat Ambyar Didi Kempot di Kota Probolinggo & Kabupaten Malang

Kepedulian terhadap warga yang terdampak Covid-19 terus dilakukan oleh segenap lapisan masyarakat bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ). Banyak hal bisa ditempuh untuk merelaisasikan aksi kebaikan itu, termasuk dengan menghimpun donasi sosial melalui konser amal, seperti Konser Sobat Ambyar dari Rumah alm Didi Kempot yang didukung oleh Kompas TV. Dalam konser amalnya alm Didi Kempot berhasil meraih donasi lebih dari Rp. 7 Milyar, yang dananya disalurkan kepada warga terdampak Covid melalui berbagai lembaga sosial, tak terkecuali Lazismu.

Hasil donasi tersebut didistribusikan untuk membantu warga terdampak Covid-19 khususnya dari kalangan tidak mampu, seperti para pekerja harian, pekerja sektor informal, buruh, pertugas keamanan, kebersihan dan juga korban PHK. Pendistribusian donasi tersebut juga merambah Jawa Timur, termasuk di kota Probolinggo dan Kabupaten Malang.

Sebanyak 200 paket bantuan pangan, @Rp. 250.000,-, hasil Donasi Konser alm Didi Kempot didistribusikan pada kedua daerah itu. Di kota Probolinggo 100 paket dan untuk Kabupaten Malang 100 paket, ahad, 26 Juli 2020.

Pendistribusian dilakukan oleh Lazismu Jawa Timur dibantu oleh kantor Lazismu perwakilan pembantu di kedua daerah tersebut. Menurut drh Zainul Muslimin di kota Probolinggo paket bantuan disasarkan kepada para pekerja keamanan, kebersihan, tukang parkir hingga warga dhuafa yang berusia lanjut. Pembagian sebagian paket bantuan dilaksanakan di gedung Walidah yang merupakan pusat pengajian dan kegiatan wanita Islam di kota Probolinggo. Sebagian lagi dikirimkan oleh staf dan Relawan Lazismu ke rumah-rumah warga dhuafa terutama yang lanjut usia.

Sedangkan untuk Kabupaten Malang, paket bantuan pangan dibagikan di gedung Dakwah Muhammadiyah di kawasan Sengkaling, kecamatan Dau dan di Musholla Kampung Pemulung di kecamatan Kepanjen, kawasan Malang Selatan. Pendistribusian ditujukan kepada warga dhuafa dan lanjut usia (lansia) yang masih aktif dalam mencari nafkah sehari-hari seperti pemulung, pekerja informal, tukang parkir, petugas kebersihan dan sebagainya. Mereka sangat terdampak dengan pandemi wabah Covid-19 ini, karena penghasilannya yang menurun bahkan tidak berpenghasilan sama sekali.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Sobat Ambyar yang telah berdonasi dan memberikan bantuan pangan kepada warga yang terdampak Covid dan membutuhkan di Jawa Timur melalui Lazismu. Bantuan itu telah kami sampaikan kepada yang berhak menerima. Semoga amal kebaikan Sobat Ambyar dan Kompas TV, khususnya almarhum Didi Kempot diterima oleh Allah SWT serta bermanfaat bagi yang menerimanya.” kata Zainul.

Slamet Efendi Kembali Bangkit Bersemangat Hidup Dengan Kaki Palsu Bantuan Lazismu

Lazismu dalam pengabdian Memberi untuk Negeri senantiasa berkiprah untuk ummat. Dengan dukungan dari para muzaki yang selama ini mempercayakan sebagian rejekinya melalui Lazismu, turut memperhatikan dan mendukung kehidupan sahabat disabilitas.

Pada hari Selasa 14-07-2020 kembali melaksanakan amanah para muzaki untuk mengantar Slamet Efendi warga Jatiroto, Lumajang, guna pengukuran kaki palsu di Bengkel Kaki Palsu Cipta Prothese milik Sucipto yang beralamat dusun Jawi gang Brawijaya no 19 RT 02 RW 01 desa Candi Wates kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan.

Dalam kegiatan tersebut turut langsung mendampingi Ketua Lazismu Jawa Ttimur drh Zainul Muslimin beserta Badan Pengurus Lazismu Lumajang dan ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) cabang Lumajang, Ali Muslimin.

Zainul Muslimin mengatakan ia sengaja mendampingi karena merasa tersentuh dengan kejadian Slamet Efendi yang merupakan korban begal sadis delapan bulan yang lalu. Sebagian harta miliknya hilang termasuk sepeda montornya dibawa kabur. Lebih tragis lagi keempat jari tangan kirinya hilang tertebas oleh clurit dan juga kaki kananya juga putus atau hilang akibat peristiwa perampokan itu.

Ketika bertemu di lokasi pembutan kaki palsu terlihat sekali dari wajah Slamet Efendi yang sangat pucat. Pandanganya pun kosong seperti tidak ada harapan lagi. Semenjak kejadian tragis itu Slamet mengurung diri.

Muari, Ketua Lazismu Lumajang berharap dengan dibuatkan kaki palsu ini semoga Slamet Efendi bisa menatap kembali kehidupan yang lebih cerah dan bersemangat di masa depan, mengingat umurnya yang masih relatif masih muda dan perjuangan hidupnya juga masih panjang.

“Insya Allah dengan motivasi langsung dari pak Sucipto pemilik Bengkel Kaki Palsu Cipta Prothese yang kebetulan juga penyandang disabilitas, maka semangat hidup Slamet akan tumbuh,” harap Muari.

Muari mengharapkan program ini bisa dikembangkan oleh Lazismu se Jawa Timur, sehingga tidak hanya di Lumajang saja. Selain itu program ini juga bisa membuka lapangan kerja bagi para difabel yang setiap hari bekerja di Bengkel Kaki Palsu Cipta Prothese dan sekaligus merupakan pemberdayaan ekonomi.

Agar bisa membuat harapan hidup yang lebih cerah lagi bagi para difabel, Muari juga berharap program ini bisa diakses oleh Lazismu Pusat sehinga bisa lebih banyak lagi sahabat difabel yang terbantu dengan pemasangan kaki palsu. Lazismu pun dengan support dari para muzaki bisa membuat para difabel terseyum gembira dan lebih percaya diri dalam menatap kehidupan yang optimis. Dengan demikian apa yang dilakukan oleh Lazismu ini semakin bermanfaat bagi ummat, tandasnya.

Ali Muslimin Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesian (PPDI) Cabang Lumajang mengucapkan banyak terima kasih kepada Lazismu dan para muzaki yang selama ini telah memperhatikan keberadaan para penyandang disabilitas, khususnya yang ada di Lumajang. Seperti Slamet Efendi yang mendapatkan bantuan kaki palsu, semoga bisa membangkitkan semangatnya setelah dia mengurung diri selama delapan bulan akibat korban kejamya begal sadis,ungkapnya.

Setelah pengukuran kaki palsu, Slamet mendapat banyak motovasi dari pak Cip dan juga dukungan semangat dari Ketua Lazismu Jatim. Sedikit demi sedikit ia bisa tersenyum ketika diberi tahu oleh pak Cip bahwa dengan kaki palsunya itu ia bisa mulai kembali membuka lembaran hidup yang lebih mencerahkan. Slamet pun termotivasi dan wajahnya berangsur cerah. (kus)

 

 

Tanpa Kenal Lelah Bergerak Membantu Warga Yang Membutuhkan di Seantero Lumajang

Lazismu Lumajang dan Muhammadiyah Covid-19 nCommand Center (MCCC) tiada henti menyalurkan bantuan paket sembako bagi warga terdampak wabah mengerikan itu. Sejumlah 800 paket sembako ditebar di 21 Kecamatan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat.

Pada hari Selasa, 30-06-2020 Tim Lazismu meluncur ke dua kawasan yaitu Gucialit dan Ranuyoso. Kegiatan tersebut langsung dikomandani oleh Anggit selaku Kepala Kantor Layanan Lazismu Rowokangkung.

Masruri selaku ketua PCM Gucialit mengucapkan terima kasih kepada Lazismu yang selama ini terus mensuport kegiatan di tempatnya.

“Tentu kami akan terus bersemangat untuk membina para pemuda di Gucialit dan nantinya akan menjadi kader penerus perjuangan kami dan dalam waktu dekat kami juga akan mengoptimalkan Kantor Layanan Lazismu sehingga bisa menopang kegiatan sosial yang ada di Gucialit,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Supriyono selaku pengurus PCM Ranuyoso. “PCM kami yang ada di Ranuyoso ini juga cabang baru berdiri dan Alhamdulillah pergerakan kami juga sangat diterima oleh masyarakat, karena juga didukung Lazismu yang sekaligus kepanjang tangan PDM yang selalu terus mengalir. Hal ini menjadi semangat kami untuk memberi yang terbaik untuk umat,” ungkapnya.

Anggit selaku pemagang komando dalam kegiatan ini mengatakan sinergi dan kebersamaan itu penting walaupun di KLL wajib hukumnya membantu kegiatan Daerah karena Lazismu itu satu kesatuan, mulai dari Pusat sampai ke tingkat KLL, satu komado, sesuai dengan mottonya “Memberi untuk negri”, tambahnya. (Kus)

Menggerakkan Aksi Sayang Yatim di Pamekasan, Madura

Lazismu Pamekasan memberikan santunan kepada 19 anak Yatim di dusun Sawah desa Bicorong Kecamatan Pakong, Selasa, 30 Juni 2020. Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Ketua LAZISMU Pamekasan, Ketua PC Muhammadiyah Pakong dan Manager Lazismu.

Acara yang ditempatkan di salah satu rumah warga ini dalam rangka mempererat tali persaudaraan, juga sebagai wujud dari kepedulian dan sebagai tanggung jawab dari lembaga sosial kemasyarakaran.

Matnin, Ketua Lazismu Pamekasan Menyampaikan, ini adalah amanah dari para muzakki dan munfaqin kepada mustahiq yaitu dalam hal aini anak yatim yang harus disampaikan oleh Lazismu secara amanah, profesional dan transparan.

Ketua PCM Pakong, Mas’udi menyampaikan, “Alhamdulillah sejak di launching KL Lazismu Kecamatan Pakong banyak masyarkat yang bisa merasakan manfaat dari hadirnya Lazismu di kecamatan Pakong, dan dalam penyaluran program baik itu untuk yatim, lansia, dan lain sebagainya. Kita ke semuanya tidak membedakan karena golongan, organisasi, kelompok, dan lain-lain” ujarnya.

Tujuan acara itu adalah menebar manfaat kepada yang berhak, artinya tepat sasaran dan tepat guna. Sesuai dengan amanah ZIS yang dititipkan kepada Lazismu. Semoga semakin banyak masyarakat yang menyalurkan ZISnya kepada LAZISMU sehingga sasaran penerima manfaat semakin luas, tutur Mas’udi. (Kh)

Bangkitkan Asa dengan Kursi Roda Bagi Anggun, Bocah Kecil Penderita Hidrosefalus di Bojonegoro

Anggun Putri Dwi Anggraeni (4,5 tahun), anak kedua dari pasangan Arif Gunadi (45 tahun) dan Zumaroh (42 tahun) warga RT/RW 02/01Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro adalah penderita Hidrosefalus sejak lahir.

Empat tahun lalu saat usianya 1,2 tahaun bocah kecil ini telah menjalani operasi sedot cairan pada kelainan yang dideritanya melalui Program Jamkesda. Kini sudah tak nampak lagi ada pembengkakan di kepalanya, terlihat biasa seperti gadis kecil normal lainnya.

Namun sejatinya, derita itu masih dialami bocah ini, kepalanya masih terlihat belum mampu menyangga secara normal. Arif Gunadi menuturkan bahwa pasca operasi, di kepala anaknya ditanam selang dari kepala menuju saluran dalam tubuh yang tak bisa dia jelaskan dengan detail.

“Kepalanya perlu penyangga untuk berdiri, berjalan juga masih belum bisa,” terang pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengemudi Ojek ini.

Mengetahui kondisi ini, Lazismu sebuah lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) di Bojonegoro hari ini, Selasa (16/6/20) memberikan donasi sebuah kursi roda di rumah bocah kecil ini dengan harapan bocah kecil ini bisa hidup normal layaknya anak-anak yang lain.

Muntafi’ah salah satu Koordinator Lazismu menyampaikan bahwa berdasar informasi dari warga setempat, akhirnya bantuan ini sampai kepada Anggun, bocah kecil ini.

“Semoga dengan bantuan kursi roda ini, Anggun bisa segera diberikan kemudahan dalam belajar menegakkan kepala hingga bisa berjalan,” do’anya.

Arif Gunadi sang ayah dan keluarga hanya bisa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Lazismu yang telah sudi memberikan bantuan kursi roda ini untuk putri kesayangannya.

“Alhamdulillah, hanya Allah yang bisa memberikan imbalan atas bantuan ini,” tuturnya terharu.

Terimakasih kepada segenap Donatur Lazismu yang telah berpartisipasi membantu pengadaan kursi roda CP, semoga Allah mencatat sebagai amal terbaik.

Mari salurkan Zakat, Infaq dan shodaqoh (ZIS) Anda melalui Lazismu Bojonegoro untuk mendukung program-program keummatan dan kemanusiaan.

  • Rek. Zakat Bank Syariah Mandiri No. 99398 1 13 00 0 00000
  • Rek. Infaq Bank Syariah Mandiri No. 99398 2 13 00 0 00000
  • Konfirmasi WA 081333981130

Santuni Warga Terdampak Covid-19 dan Dirikan Kantor Baru Lazismu di Rowokangkung, Kawasan Langganan Banjir di Lumajang

Sebanyak 20 paket sembako dibagikan oleh Lazismu Lumajang di Kecamatan Rowokangkung, senin 8/06/2020. Kecamatan ini ketika musim penghujang menjadi langganan banjir sehingga aksi sosial Lazismu banyak disasarkan ke kawasan ini. Kini Lazismu kembali hadir untuk membantu warga terdampak Covid-19, khusunya para lanjut usia. Wabah pandemi ini sendiri belum menentu kapan akan berakhirnya.

Kegiatan program ketahanan pangan yang bekerjasama dengan YBM Bank Syariah Mandiri ini langsung dikomandani oleh ketua Pemuda Muhammadiyah Cabang Rowokangkung Aulia Nur Basmalah dan Anggit, kepala Kantor Layanan Lazismu.

Menurut Kuswantoro, Amil Fundraising Lazismu Lumajang, Kantor Layanan di Rowokangkung ini baru didirikan di kabupaten Lumajang guna meningkatkan aksi berbagi memberi untuk negeri. Tim pengelola dan relawan semangatnya sangat tinggi dengan berbagai aksi sosial yang intens sehingga dapat memicu para donatur di kecamatan Rowokangkung untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Lazismu.

Anggit selaku ketua KL Lazismu Rowokangkung menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat tepat dilakukan pada masa sulit. Aksi sosial ini harus ditingkatkan mengingat masih banyak warga yang butuh perhatian dari segi ekonomi, ungkapnya.

Aksi sosial ini bisa meningkatkan ghirah dan menarik para donatur agar kenyalurkan zakat, infaq dan sedekahya ke KL Lazismu di Rowokangkung yang baru saja terbentuk. Ia memamaprkan bahwa sampai sat ini sudah banyak para donatur yang menaruh perhatian kepada Lazismu. Hal itu menjadi penyemangat bagi tim, tandasnya.

Aulia Nur Basmalah selaku Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah menyatakan akan mendukung keberadaan KL Lazismu di Rowokangkung dan akan mengajk para pemuda untuk giat bersedekah. Pemuda Muhammadiyah akan mensupport Lazismu untuk bekerja lebih keras sehingga kebermanfaatan untuk sesama bisa dirasakan, ungakapnya. (Kus/Ad).

Yuk berdonasi melalui Lazismu kabupaten Lumajang..

REKENING BANK

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
QURBAN BMI 77250 4 20 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Lumajang

MCCC-Lazismu Kota Mojokerto Bagikan Lagi Seribu Paket Bantuan Pangan Tahap Ketiga Melalui Masjid

Terus memberi dan berbagi sesuai ajaran agama, tentu sudah menjadi semangat dan karakter beramal bagi para kader Muhammaadiyah dimana pun berada, tak terkecuali Tim Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command center (MCCC) di kota Mojokerto yang didukung oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

Hari ahad ini, 31/05/2020 MCCC bersama Lazismu kembali melaksanakan pembagian 1.015 paket bantuan ketahanan pangan. Paket berupa sembako merupakan tahap ke 3 yang bersifat lokal. Per paket berisi 5 kg beras, 1 lt minyak goreng dan super mi, dengan nilai @ Rp 65.000,- per paket.

Menurut Sanoesi, Pengurus Lazismu kota Mojokerto, aksi ini berawal dari permohonan para Pimpinan Cabang Muhamamdiyah (PCM) di tingkat kecamatan se kota Mojokerto untuk mendapat bagian lagi paket sembako. Permohonan itu telah disetujui oleh MCCC dan pada hari ahad ini telah didistribusikan paket tersebut melalui 7 (tujuh) Masjid Muhammadiyah yang ada di kota Mojokerto.

Paket bantuan pangan itu ditujukan kepada warga yang terdampak wabah Covid-19, khususnya dari kalangan pengurus, jamaah dan warga sekitar Masjid, dengan pembagian sebagai berikut :

  1. Masjid Darul Aitam Jl KH Mas Mansyur, 130Paket.
  2. Masjid Al Amanah Jl KH Nawawi, 126 Paket.
  3. Masjid At Taqwa Sidomulyo III, 129 Paket.
  4. Masjid Al Anwar Kranggan II, 124 Paket.
  5. Masjid An Nur Jl Empunala, 196 Paket.
  6. Masjid An Nur Jl Bromo, 160 Paket.
  7. Masjid Al Hidayah Jl Brawijaya, 150 Paket.

Acara seremonial dilakukan di Masjid Al Amanah mulai pukul 08.00 s/d 11.00 WIB. Hadir pada kesempatan itu para Pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah (PDM/PDA), Tim MCCC, Lazismu, Pengurus Masjid dan KOKAM kota Mojokerto. Ibu Walikota Mojokerto yang sedianya akan hadir, mendadak batal karena ada kepentingan publik yang sangat urgent, kata Sanoesi.

Paket bantuan ini ditujukan kepada sasaran antara lain Marbot dan jama’ah Masjid, guru TPQ, dan warga sekitar Masjid. Tak ketinggalan guru dan Karyawan Muhammadiyah/’Aisyiyah se-kota Mojokerto, pungkas Sanoesi. (ad)

Kota Mojokerto

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 04 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Mojokerto
BMI 76630 1 04 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Mojokerto
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 04 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Mojokerto
BMI 76640 2 04 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Mojokerto
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 04 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Mojokerto
BMI 76650 3 04 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Mojokerto
QURBAN BMI 77250 4 04 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kota Mojokerto