Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Saturday , 11 July 2020
Breaking News
You are here: Home » Sosial

Category Archives: Sosial

Tanpa Kenal Lelah Bergerak Membantu Warga Yang Membutuhkan di Seantero Lumajang

Lazismu Lumajang dan Muhammadiyah Covid-19 nCommand Center (MCCC) tiada henti menyalurkan bantuan paket sembako bagi warga terdampak wabah mengerikan itu. Sejumlah 800 paket sembako ditebar di 21 Kecamatan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat.

Pada hari Selasa, 30-06-2020 Tim Lazismu meluncur ke dua kawasan yaitu Gucialit dan Ranuyoso. Kegiatan tersebut langsung dikomandani oleh Anggit selaku Kepala Kantor Layanan Lazismu Rowokangkung.

Masruri selaku ketua PCM Gucialit mengucapkan terima kasih kepada Lazismu yang selama ini terus mensuport kegiatan di tempatnya.

“Tentu kami akan terus bersemangat untuk membina para pemuda di Gucialit dan nantinya akan menjadi kader penerus perjuangan kami dan dalam waktu dekat kami juga akan mengoptimalkan Kantor Layanan Lazismu sehingga bisa menopang kegiatan sosial yang ada di Gucialit,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Supriyono selaku pengurus PCM Ranuyoso. “PCM kami yang ada di Ranuyoso ini juga cabang baru berdiri dan Alhamdulillah pergerakan kami juga sangat diterima oleh masyarakat, karena juga didukung Lazismu yang sekaligus kepanjang tangan PDM yang selalu terus mengalir. Hal ini menjadi semangat kami untuk memberi yang terbaik untuk umat,” ungkapnya.

Anggit selaku pemagang komando dalam kegiatan ini mengatakan sinergi dan kebersamaan itu penting walaupun di KLL wajib hukumnya membantu kegiatan Daerah karena Lazismu itu satu kesatuan, mulai dari Pusat sampai ke tingkat KLL, satu komado, sesuai dengan mottonya “Memberi untuk negri”, tambahnya. (Kus)

Menggerakkan Aksi Sayang Yatim di Pamekasan, Madura

Lazismu Pamekasan memberikan santunan kepada 19 anak Yatim di dusun Sawah desa Bicorong Kecamatan Pakong, Selasa, 30 Juni 2020. Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Ketua LAZISMU Pamekasan, Ketua PC Muhammadiyah Pakong dan Manager Lazismu.

Acara yang ditempatkan di salah satu rumah warga ini dalam rangka mempererat tali persaudaraan, juga sebagai wujud dari kepedulian dan sebagai tanggung jawab dari lembaga sosial kemasyarakaran.

Matnin, Ketua Lazismu Pamekasan Menyampaikan, ini adalah amanah dari para muzakki dan munfaqin kepada mustahiq yaitu dalam hal aini anak yatim yang harus disampaikan oleh Lazismu secara amanah, profesional dan transparan. Ujar Matnin.

Ketua PCM Pakong, Mas’udi Menyampaikan Alhamdulillah sejak di launching KL Lazismu Kecamatan Pakong banyak masyarkat yang bisa merasakan manfaat dari hadirnya lazismu di pakong, dan dalam penyaluran program baik itu untuk yatim, lansia, dll kita ke semuanya tidak membedakan karena golongan, organisasi, kelompok, dll. Tujuan kita adalah menebar manfaat kepada yang berhak, artinya tepat sasaran dan tepat guna. Sesuai dengan amanah ZIS yang dititipkan kepada Lazismu. Semoga semakin banyak masyarakat yang menyalurkan ZISnya kepada LAZISMU sehingga sasaran penerima manfaat semakin luas, tutur mas’udi

Bangkitkan Asa dengan Kursi Roda Bagi Anggun, Bocah Kecil Penderita Hidrosefalus di Bojonegoro

Anggun Putri Dwi Anggraeni (4,5 tahun), anak kedua dari pasangan Arif Gunadi (45 tahun) dan Zumaroh (42 tahun) warga RT/RW 02/01Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro adalah penderita Hidrosefalus sejak lahir.

Empat tahun lalu saat usianya 1,2 tahaun bocah kecil ini telah menjalani operasi sedot cairan pada kelainan yang dideritanya melalui Program Jamkesda. Kini sudah tak nampak lagi ada pembengkakan di kepalanya, terlihat biasa seperti gadis kecil normal lainnya.

Namun sejatinya, derita itu masih dialami bocah ini, kepalanya masih terlihat belum mampu menyangga secara normal. Arif Gunadi menuturkan bahwa pasca operasi, di kepala anaknya ditanam selang dari kepala menuju saluran dalam tubuh yang tak bisa dia jelaskan dengan detail.

“Kepalanya perlu penyangga untuk berdiri, berjalan juga masih belum bisa,” terang pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengemudi Ojek ini.

Mengetahui kondisi ini, Lazismu sebuah lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) di Bojonegoro hari ini, Selasa (16/6/20) memberikan donasi sebuah kursi roda di rumah bocah kecil ini dengan harapan bocah kecil ini bisa hidup normal layaknya anak-anak yang lain.

Muntafi’ah salah satu Koordinator Lazismu menyampaikan bahwa berdasar informasi dari warga setempat, akhirnya bantuan ini sampai kepada Anggun, bocah kecil ini.

“Semoga dengan bantuan kursi roda ini, Anggun bisa segera diberikan kemudahan dalam belajar menegakkan kepala hingga bisa berjalan,” do’anya.

Arif Gunadi sang ayah dan keluarga hanya bisa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Lazismu yang telah sudi memberikan bantuan kursi roda ini untuk putri kesayangannya.

“Alhamdulillah, hanya Allah yang bisa memberikan imbalan atas bantuan ini,” tuturnya terharu.

Terimakasih kepada segenap Donatur Lazismu yang telah berpartisipasi membantu pengadaan kursi roda CP, semoga Allah mencatat sebagai amal terbaik.

Mari salurkan Zakat, Infaq dan shodaqoh (ZIS) Anda melalui Lazismu Bojonegoro untuk mendukung program-program keummatan dan kemanusiaan.

  • Rek. Zakat Bank Syariah Mandiri No. 99398 1 13 00 0 00000
  • Rek. Infaq Bank Syariah Mandiri No. 99398 2 13 00 0 00000
  • Konfirmasi WA 081333981130

Santuni Warga Terdampak Covid-19 dan Dirikan Kantor Baru Lazismu di Rowokangkung, Kawasan Langganan Banjir di Lumajang

Sebanyak 20 paket sembako dibagikan oleh Lazismu Lumajang di Kecamatan Rowokangkung, senin 8/06/2020. Kecamatan ini ketika musim penghujang menjadi langganan banjir sehingga aksi sosial Lazismu banyak disasarkan ke kawasan ini. Kini Lazismu kembali hadir untuk membantu warga terdampak Covid-19, khusunya para lanjut usia. Wabah pandemi ini sendiri belum menentu kapan akan berakhirnya.

Kegiatan program ketahanan pangan yang bekerjasama dengan YBM Bank Syariah Mandiri ini langsung dikomandani oleh ketua Pemuda Muhammadiyah Cabang Rowokangkung Aulia Nur Basmalah dan Anggit, kepala Kantor Layanan Lazismu.

Menurut Kuswantoro, Amil Fundraising Lazismu Lumajang, Kantor Layanan di Rowokangkung ini baru didirikan di kabupaten Lumajang guna meningkatkan aksi berbagi memberi untuk negeri. Tim pengelola dan relawan semangatnya sangat tinggi dengan berbagai aksi sosial yang intens sehingga dapat memicu para donatur di kecamatan Rowokangkung untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Lazismu.

Anggit selaku ketua KL Lazismu Rowokangkung menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat tepat dilakukan pada masa sulit. Aksi sosial ini harus ditingkatkan mengingat masih banyak warga yang butuh perhatian dari segi ekonomi, ungkapnya.

Aksi sosial ini bisa meningkatkan ghirah dan menarik para donatur agar kenyalurkan zakat, infaq dan sedekahya ke KL Lazismu di Rowokangkung yang baru saja terbentuk. Ia memamaprkan bahwa sampai sat ini sudah banyak para donatur yang menaruh perhatian kepada Lazismu. Hal itu menjadi penyemangat bagi tim, tandasnya.

Aulia Nur Basmalah selaku Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah menyatakan akan mendukung keberadaan KL Lazismu di Rowokangkung dan akan mengajk para pemuda untuk giat bersedekah. Pemuda Muhammadiyah akan mensupport Lazismu untuk bekerja lebih keras sehingga kebermanfaatan untuk sesama bisa dirasakan, ungakapnya. (Kus/Ad).

Yuk berdonasi melalui Lazismu kabupaten Lumajang..

REKENING BANK

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
QURBAN BMI 77250 4 20 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Lumajang

MCCC-Lazismu Kota Mojokerto Bagikan Lagi Seribu Paket Bantuan Pangan Tahap Ketiga Melalui Masjid

Terus memberi dan berbagi sesuai ajaran agama, tentu sudah menjadi semangat dan karakter beramal bagi para kader Muhammaadiyah dimana pun berada, tak terkecuali Tim Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command center (MCCC) di kota Mojokerto yang didukung oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

Hari ahad ini, 31/05/2020 MCCC bersama Lazismu kembali melaksanakan pembagian 1.015 paket bantuan ketahanan pangan. Paket berupa sembako merupakan tahap ke 3 yang bersifat lokal. Per paket berisi 5 kg beras, 1 lt minyak goreng dan super mi, dengan nilai @ Rp 65.000,- per paket.

Menurut Sanoesi, Pengurus Lazismu kota Mojokerto, aksi ini berawal dari permohonan para Pimpinan Cabang Muhamamdiyah (PCM) di tingkat kecamatan se kota Mojokerto untuk mendapat bagian lagi paket sembako. Permohonan itu telah disetujui oleh MCCC dan pada hari ahad ini telah didistribusikan paket tersebut melalui 7 (tujuh) Masjid Muhammadiyah yang ada di kota Mojokerto.

Paket bantuan pangan itu ditujukan kepada warga yang terdampak wabah Covid-19, khususnya dari kalangan pengurus, jamaah dan warga sekitar Masjid, dengan pembagian sebagai berikut :

  1. Masjid Darul Aitam Jl KH Mas Mansyur, 130Paket.
  2. Masjid Al Amanah Jl KH Nawawi, 126 Paket.
  3. Masjid At Taqwa Sidomulyo III, 129 Paket.
  4. Masjid Al Anwar Kranggan II, 124 Paket.
  5. Masjid An Nur Jl Empunala, 196 Paket.
  6. Masjid An Nur Jl Bromo, 160 Paket.
  7. Masjid Al Hidayah Jl Brawijaya, 150 Paket.

Acara seremonial dilakukan di Masjid Al Amanah mulai pukul 08.00 s/d 11.00 WIB. Hadir pada kesempatan itu para Pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah (PDM/PDA), Tim MCCC, Lazismu, Pengurus Masjid dan KOKAM kota Mojokerto. Ibu Walikota Mojokerto yang sedianya akan hadir, mendadak batal karena ada kepentingan publik yang sangat urgent, kata Sanoesi.

Paket bantuan ini ditujukan kepada sasaran antara lain Marbot dan jama’ah Masjid, guru TPQ, dan warga sekitar Masjid. Tak ketinggalan guru dan Karyawan Muhammadiyah/’Aisyiyah se-kota Mojokerto, pungkas Sanoesi. (ad)

Kota Mojokerto

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 04 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Mojokerto
BMI 76630 1 04 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Mojokerto
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 04 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Mojokerto
BMI 76640 2 04 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Mojokerto
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 04 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Mojokerto
BMI 76650 3 04 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Mojokerto
QURBAN BMI 77250 4 04 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kota Mojokerto

Kado Terindah di Hari Raya Idul Fitri Bagi Ibu Sumisih dan Ibu Sumarni di Surabaya

Ketika takbir masih terus menggema, pada saat semua keluarga berkumpul dan saat semua mengikuti anjuran pemerintah untuk berlebaran di rumah saja, Lazismu kota Surabaya berkesempatan mengunjungi sasaran penerima manfaat.

Kedatangan rombongan dari Lazismu ini tidak lain adalah untuk memberikan “Kado terindah” kepada sahabat Disabilitas, yaitu ibu Sumisih yang bertempat tinggal di Dupak Banderejo II/64 Surabaya, Ahad (24/5/2020). Kado terindah itu berupa sebuah kursi roda bagi ibu yang sudah lama tidak bisa berjalan lagi ini.

Warsono, Pengurus Lazismu Surabaya menyatakan bahwa virus Corona yang telah berpandemi selama ini telah memukul banyak sendi kehidupan masyarakat. Namun hal ini justru menjadikan Lazismu lebih bersemangat lagi guna mengemban amanah dari donatur dan muzaki untuk berbuat terbaik bagi ummat.

“Tidak menyurutkan hati dan langkah kami untuk tetap memberi, meskipun bersamaan dengan hari Raya Idul Fitri, kami tetap menjalankan amanah dari Muzaki,” katanya.

“Ibu Sumisih yang sudah berumur 83 tahun ini tinggal di Dupak Bandarejo 2/64 Surabaya. Beberapa bulan lalu ia terjatuh, dan tulang kakinya patah. Ia pun kesulitan untuk bisa berjalan lagi. Sehingga menurut prosedur program kami ia berhak mendapatkan bantuan kursi roda,” ujar Warsono.

Sementara itu bu Sumisih berharap dengan kursi roda ini ia bisa menikmati hari tuanya sembari mensyukuri karunia hidup. “Di sisa umur saya ini, saya bersyukur kepada Allah masih bisa menghirup udara dan berkumpul dengan keluarga. Kami dan keluarga berdoa semoga pengurus dan Donatur Lazismu Kota Surabaya diparingi (diberikan, Jawa, red) sehat lan waras,” ucapnya dengan gembira namun penuh haru.

Dari rumah ibu Sumisih, Warsono dan rombongan Lazismu segera bergeser ke Jl Dupak Bangunsari VII/8 Surabaya. Tujuannya juga memberikan bantuan kursi roda. Ibu Sumarni (56 tahun) yang tinggal di rumah itu mendapatkan kursi roda dari Lazismu.

“Tiga hari yang lalu saya ditinggal suami untuk selamanya. Kini saya tinggal sebatang kara, dan sudah lama menderita asam urat yang mengakibatkan kaki saya bengkak dan sulit untuk berjalan. Terima kasih kepada bapak-bapak dari Lazismu telah sudi memberikan bantuan kursi roda kepada saya,” ucap bu Sumarni.

“Alhamdulillah, kebahagiaan tersirat dari wajah para penerima bantuan kursi roda. Bantuan ini adalah program Lazismu Kota Surabaya dengan nama “Sahabat Disabilitas”. Tentunya program ini tidak bisa berjalan jika tidak ada dukungan dari para donatur dan Muzaki. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diamanahkan kepada kami untuk menjadi penghubung antara donatur/muzaki dengan mustahik atau pihak yang berhak menerima bantuan” pungkas Warsono.

Jelang Idul Fitri 1441 Hijriyah Lazismu Salurkan Dana Zakat Fitrah dan Fidyah di Tiga Daerah

Sehari menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah, para Amil Lembaga Zakat masih disibukkan dengan kegiatan penghimpunan dan penyaluran zakat, infaq dan shadaqah, tak terkecuali Lazismu. Bagi Amil tidak ada kata libur hingga malam takbiran. Namun demikian prosedur standar kesehatan, kebersihan dan keselamatan tetap diutamakan.

Lazismu kantor perwakilan Jawa Timur pada hari sabtu, 23 Mei 2020, melaksanakan kegiatan penyaluran dana zakat fitrah dan fidyah di tiga Daerah. Penyaluran ditujukan kepada tiga kelompok komunitas sasaran penerima yang mengajukan permohonan kepada Lazismu. Ketiga kelompok tersebut adalah para Guru Ngaji yang tergabung dalam at-Tajdied Center di daerah Sidoarjo (44 orang), aktivis dakwah dan jamaah binaan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sawahan Surabaya (51 orang) dan Korps ustadz/ustadzah Islamic Center “Al-Azhar” Wonsalam Jombang (43 orang). Total sebanyak 138 orang penerima.

Dana zakat dan fidyah yang dirupakan uang dan paket sembako itu diserah terimakan oleh Ketua Lazismu wilayah Jatim drh Zainul Muslimin didampingi sekretaris Aditio Yudono melalui koordinator kelompok / komunitas masing-masing. Dana itu diperoleh dari penghimpunan dan penggalangan zakat dan fidyah secara online yang dilakukan oleh Lazismu secara Nasional (Pusat).

“Ini adalah amanah dari muzaki dan donatur yang harus kami tunaikan dan salurkan kepada para mustahik penerima yang terdiri dari para ustadz/ustadzah Guru ngaji, Da’i/Mubaligh, pegiat da’wah, Pengurus dan Marbot Masjid. Selain itu ada pula warga dhuafa, fakir miskin dan korban PHK” kata Zainul Muslimin ketika menyerahkan dana zakat kepada kelompok Guru Ngaji at-Tajdied di Resto Bunda Nuur, Buduran, Sidoarjo.

Pada hari sabtu itu penyaluran dilakukan secara marathon. Pagi hari tim melakukan pengiriman paket sembako kepada PCM Sawahan di Masjid Istiqomah kawasan Petemon kota Surabaya, yang diterima oleh Abu Askandar selaku Ketua PCM. Siangnya, tim melakukan penyerahan dana zakat kepada para Guru Ngaji at-Tajdied Center di Buduran Sidoarjo dan dilanjutkan penyerahan kepada para ustadz dan ustadzah di Islamic Center Wonosalam Jombang, yang dikuasakan melalui koordinatornya disana.

Islamic Center Wonosalam Jombang

Masjid Istiqomah – PCM Sawahan Surabaya

Blusukan Kampung di Lumajang Untuk Mengantar Bantuan Pangan Tahap Kedua

Penyaluran serentak bantuan pangan tahap kedua yang dilakukan oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang didukung oleh Lazismu berjalan masif di seluruh daerah di Jawa Timur. Salah satunya yang aktif blusukan hingga ke kampung-kampung adalah para relawan dari MCCC-Lazismu kabupaten Lumajang.

Kamis 21-05-2020, MCCC-Lazismu hadir di salah satu lokasi sasaran penerima bantuan yaitu di dusun Tulus Rejo II RT 01 RW 03 kecamatan Tempeh Lor guna membagikan paket bantuan pangan berupa sembako bagi para duafa di sekitaran lingkungan tersebut.

Dalam aksi itu terlihat ketua RT Muhammad Fatoni ikut langsung dalam pembagian tersebut. Fatoni selaku ketua RT menyampaikan bahwa kegiatan Lazismu berupa pembagian sembako dan masker untuk warga di lingkungannya dirasakan sangat membantu, apalagi pada saat kondisi pandemi ini.

Fatoni menceritakan bahwa Lazismu hadir di lingkungan itu tidak hanya kali ini saja saat membagikan paket sembako. Lazismu juga mengadakan penyemprotan disinfektan pada awal virus corona masuk ke Lumajang, tandasnya.

“Saya selaku ketua RT mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang selama ini mendukung kegiatan Lazismu. Saya juga akan mengajak para dermawan di kampung ini untuk berinfak dan bersedekah melalui Lazismu,” ucapnya.

Kuswantoro selaku staf Fundraising Lazismu Lumajang menyampaikan bahwa kegitan sosial ini akan semakin digencarkan dan fokus pada program ketahanan pangan bagi warga yang terdampak covid 19. Sebanyak 10 paket bantuan diantar ke rumah-rumah sasaran penerima, terutama menyasar kepada para janda, warga lanjut usia dan fakir miskin.

Lazismu, kata Kuswantoro, selalu mengajak para donatur dan dermawan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama karena pandemi ini tidak bisa ditentukan sampai kapan akan berakhir. Hanya dengan kepedulian dan aksi kebaikan akan menjadi amal sholeh yang akan dibawa ketika di akhirat nanti, jelasnya.

Kasiati salah satu warga dusun Tulus Rejo Dua RT 01 RW 03 menyatakan gembira karena mendapatkan bantuan. Ia menyampaikan terima kasih atas perhatian Lazismu dan mengucap syukur karena diperhatikan, seraya sambil mendoakan semoga para Amil diberi keberkahan rezeki dan selalu diberi kesehatan sehingga bisa melayani umat dengan maksimal,” ungkapnya. (Kus).

 

 

Lazismu-MCCC Tasharufkan Paket Bantuan kepada 32 Warga Tuna Netra Terdampak Covid-19 di Kabupaten Madiun

Untuk yang ke sekian kalinya kembali Lazismu Kab. Madiun memberikan kepedulian kepada warga difable yang terdampak Covid 19. Saat ini yang menjadi sasaran adalah kelompok Tuna Netra yang tergabung dalam Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI).

Aksi Ta’awun Nasional tahap kedua Muhammadiyah Command Covid-19 Center (MCCC) dan Lazismu Kabupaten Madiun melaksanakan program peduli difable berupa pentasyarufan kepada warga PERTUNI cabang Kab. Madiun yang sangat merasakan dampak covid 19. Selama masa wabah ini mereka tidak mendapatkan pemasukan atau penghasilan dari pekerjaan memijat.

Menurut Indrik Kustantyo, Ketua Lazismu Kabupaten Madiun, pada tahap awal tanggal 22 April 2020 lalu Lazismu dan MCCC telah menyalurkan bantuan Sembako dan uang yang merupakan amanah dari muzaki dan donatur kepada warga 32 Tuna Netra yang berprofesi sebagai tukang pijat yang tersebar di beberapa tempat di Kab. Madiun. Kini pada tanggal 19 Mei 2020 ini Lazismu Kab. Madiun kembali berbagi paket sembako untuk kaum Difabel yang terdampak yakni warga Tuna Netra.

Santoso, salah satu Tuna Netra yang mendapatkan bantuan menyatakan ucapan terima kasih kepada Pengurus Lazismu Kabupaten Madiun yang datang memberikan bantuan ke sekretariat Pertuni Madiun, tepatnya di Griya Sehat Barokah, RT 18 RW 03 Desa Dobo Kecamatan Dolopo.

Santoso juga menceritakan biasanya setiap pemijat Tuna Netra dalam seminggu mendapatkan penghasilan dari 4 hingga 5 pasien yang dipijat. Layanan dari para pemijat Tuna Netra ini berupa pijat urat syaraf, pijat kebugaran dan terapi totok punggung. Akan tetapi saat ini sudah dua minggu lebih ia dan rekan-rekannya tidak mendapat pasien lantaran adanya aturan physical distancing dan kebijakan PSBB yang diterapkan oleh pemerintah. Akibatnya ia dan rekannya mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup karena tidak penya penghasilan.

“Alhamdulillah dengan bantuan Lazismu ini saya dan rekan-rekan yang tergabung dalam PERTUNI Cabang Madiun dapat terbantu. Sekali lagi terima kasih kami ucapkan kepada Pengurus Lazismu Kabupaten Madiun yang telah sudi membantu kami” katanya dengan haru dan gembira. (In/Ad).

Lazismu-MCCC Bergerak Sesuai Protap Salurkan Bantuan Pangan Tahap Kedua di Lumajang

Di bawah komando sinergi Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Lazismu kabupaten Lumajang senantiasa bergerak dalam menangani covid 19 khususnya di bidang ketahanan pangan. Hingga saat ini terus memperhatikan saudara kita yang secara ekonomi terdampak akibat penyebaran virus yang tak menentu kapan berakhirnya.

Dalam aksi serentak se-Jatim dengan tema dengan tema “Dari Muhammadiyah untuk Bangsa”, pada hari Selasa, 19/05/2020, Lazismu-MCCC membagikan 1.500 paket sembako kepada sasaran penerima di Lumajang. Mereka adalah guru non sertifikasi, anak yatim, serta para warga dhuafa yang sangat terdampak wabah Covid-19 ini.

Bantuan dibagikan kepada sasaran melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah se kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Drs Aminudin selaku ketua MCCC dan Drs Muari selaku Ketua Lazismu Lumajang.

Drs Aminudin mengatakan bahwa kegiatan ini akan terus berlangsung sampai pandemi virus covid 19 ini berakhir. Oleh karena itu program ketahanan pangan terus dikuatkan dengan menjalin sinergi dengan berbagai pihak, baik dengan pihak swata, perbankan, Pemerintah Daerah dan menggerakan semua Amal Usaha Muhammadiyah. Selain itu juga menyerukan kepada ummat Islam untuk membayar zakatnya, melalui Lazismu, ungkapanya.

Dia juga menambahkan bahwa kegitan serentak se-Jatim ini menggugah semangat atau ghiroh perjuangan dan dakwah Persyarikatan Muhammadiyah dalam kondisi pandemi seperti ini.

“Ini sebagai catatan sejarah yang tak pernah kita lupakan, bahwa kontribusi kita untuk bangsa yang kita cintai ini betul-betul dirasakan oleh saudara kita yang hari ini sangat membutuhkan,” tandasnya.

Drs Muari selaku Ketua Lazismu Lumajang menekankan kepada semua jajaran staf fundraising untuk selalu giat menawarkan program ke semua kalangan agar bisa membantu dan bersinergi dengan Lazismu guna memperkuat program ketahanan pangan ini,

Selain itu Muari juga membekali para Amil untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan diri dan patuh kepada aturan pemerintah dengan protokoler yang sudah ditetapkan. Sehingga Lazismu tetap bisa berjuang dan bergerak walaupun di tengah pandemi wabah virus Corona seperti ini. (Kus/Ad).