Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 22 Januari 2021
Breaking News
You are here: Home » Kolom ZISKA

Category Archives: Kolom ZISKA

Seputar Zakat Profesi; Dalil dan Ketentuannya

Profesi atau pekerjaan orang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Banyak profesi yang dahulu tidak ada, tapi kini ada karena dianggap penting dan dibutuhkan oleh masyarakat. Zakat profesi yang baru tentu belum dibahas oleh para ulama zaman dahulu. Para ulama kontemporer berpendapat bahwa profesi atau pekerjaan apapun yang mendatangkan penghasilan atau pendapatan itu merupakan obyek zakat. Baik profesi tersebut dikerjakan sendiri ... Read More »

Putusan Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 : Amil Dapat Mendistribusikan Zakat Fitrah Sepanjang Tahun

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah menilai Fikih Zakat Kontemporer disusun sebagai tuntunan yang mengarahkan umat Islam memaksimalkan potensi zakat untuk kesejahteraan sosial. Berdasar Munas Tarjih Muhammadiyah ke-31 dalam fikih zakat kontemporer ini diputuskan bahwa pada prinsipnya harta yang dizakati adalah harta simpanan dan penghasilan. “Selanjutnya, selain adanya zakat profesi, dituntunkan pula bahwa badan usaha komersil (perusahaan) adalah ... Read More »

Zakat Menghidupkan dan Menggerakkan Ekonomi Ummat

Zakat mengajarkan tentang bentuk nyata mewujudkan cita-cita keadilan sosial. Harta kekayaan itu tidak boleh berputar di golongan orang-orang kaya saja. Dengan zakat diharapkan akan mempersempit jurang antara si kaya dengan si miskin. Namun, salah satu keprihatinan saat ini ialah rendahnya kesadaran orang Islam membayar zakat. Bahkan, tak sedikit yang menganggap zakat yang wajib dibayar hanyalah zakat fitrah, padahal masih ada ... Read More »

Berzakat Menentramkan Hati, Memberi Solusi Bagi Permasalahan Ummat

Salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan seorang muslim adalah menunaikan zakat. Hal ini untuk menyucikan hati, diri dan harta. Sebagaimana disebutkan dalam surat At Taubah ayat 103, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.” Orang yang tidak menunaikan zakat sama dengan memakan harta yang batil, karena harta zakat adalah hak orang lain ... Read More »

Indeks Literasi Zakat Warga Muhammadiyah Harus Terus Ditingkatkan

Apa yang diketahui oleh masyarakat tentang zakat? Apakah hanya bentuk spiritual? Atau mimpi bahwa zakat bisa diproyeksikan menjadi penopang kegiatan ekonomi? Peningkatan indeks pendidikan misalnya, kesehatan masyarakat misalnya?” Itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus digali untuk mengetahui seberapa besar indeks literasi masyarakat tentang zakat. Pada hari Sabtu (26/9), Lazismu Pusat mengadakan Press Release & Kajian Webinar daring dengan tema “Indeks Literasi Zakat ... Read More »

Ustadz Zainuddin MZ : “Bolehkah Qurban Patungan?”

Seorang teman pernah bertanya, bolehkah qurban patungan padahal tidak ada tuntunannya dalam Kitab Allah dan sunah Rasulullah saw.? Semestinya saya tidak langsung menjawab boleh atau tidak, melainkan mendefinisikan dulu secara spesifik, qurban apa yang dimaksudkan, jika tidak demikian, maka akan terjadi kesalah fahaman. Inilah sebuah pengalaman jika berdiskusi tentang sesuatu yang belum jelas maksudnya. Karena setiap jenis qurban memiliki aturan ... Read More »

Orang Yang Mengganti Puasa di Luar Bulan Ramadhan dan Yang Boleh Membayar Fidyah

Orang yang diwajibkan berpuasa Ramadhan adalah semua muslimin dan muslimat yang mukallaf. Orang yang tidak diwajibkan berpuasa Ramadhan, dan wajib mengganti puasanya di luar bulan Ramadhan adalah perempuan yang mengalami haidl dan nifas di bulan Ramadlan. Dasar dalam al-Qur’an dan Hadits Dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 184, “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit ... Read More »

Mari Segerakan Menunaikan Zakat Fithri Pada Masa Wabah Covid-19 Saat Ini

Pada masa pandemi wabah Virus Corona 2019 (Covid-19) ini ummat Islam dihimbau untuk menyegerakan membayar Zakat Fitri untuk menolong fakir miskin yang sedang kesulitan dalam hidupnya. Zakat Nafs (jiwa) / Zakat Fithri atau dikenal luas dengan sebutan Zakat Fitrah diwajibkan dibayarkan pada bulan ramadhan sebelum shalat ‘id sebanyak satu sha’(± 2,5 kg / 3,5 liter) beras atau bahan makanan pokok ... Read More »

Amal Ibadah dan Adab Menyambut ‘Idul Adha

Menyambut ‘Idul Adha tentu berbagai hal harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi diri yang gemilang. Apa saja ? Inilah penjelasannya… AKSI QURBAN BERSAMA UNTUK SESAMA Read More »

Apakah Modal Tidak Bergerak Dihitung Zakatnya ?

Assalāmu’alaikum wr. wb. Untuk zakat perdagangan yang harus dibayarkan apakah dihitung dari seluruh modal termasuk harga tanah, bagunan (toko), barang dagangan, dan hasilnya pertahun, atau cukup dengan hasil dari keuntungan per tahun itu? Bagaimana kalau zakat yang dibayar dihitung dari jumlah modal dan keuntungan lebih besar daripada keuntungan dalam satu tahun? Mohon penjelasan. (AA, Jakarta) Wa’alaikumussalām wr. wb. Sebelumnya kami ... Read More »

Mengaqiqahi Diri Sendiri dan Penyembelihan Aqiqah Dalam Acara Qurban

Bolehkah Kita Mengaqiqahi Diri Sendiri dan Melakukan Penyembelihan Aqiqah Dalam Acara Qurban ? Saya tinggal di Jepara yang berbaur di kalangan Muslim tradisional di tempat saya. Saya dimintai pertanyaan tentang mengakikahi diri sendiri ketika sudah besar, akikah itu hukumnya wajib atau sunah pak? Budaya masyarakat jika akikah belum dilaksanakan sejak kecil tapi kalau dewasa diakikahi, padahal akikah tersebut tugas orang ... Read More »

Berniat Membersihkan Harta Untuk Menutup Kerugian

Assalamu’alaikum wr. wb. Saya sebelumnya bekerja di perusahaan swasta PMA yang ada fasilitas dana pensiun dan dana jaminan hari tua. Ketika saya mencairkan kedua dana tersebut, saya dapati ada hasil pengembangan yang cukup besar. Sumber-sumber yang saya kaji menyatakan uang tersebut harus dikeluarkan cara-cara tertentu. Karena pada waktu itu saya sangat membutuhkan dana itu, saya berniat dalam hati akan membersihkan ... Read More »