Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 1 Desember 2020
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan

Category Archives: Bencana & Kemanusiaan

Gempol dan Beji Kabupaten Pasuruan Banjir, Muhammadiyah Buka Dapur Umum

Pada penghujung bulan September 2020 Jawa Timur memasuki muslim penghujan, dan pada awal November 2020 ini terjadi hujan deras di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Pasuruan. Hari Ahad 31 Oktober 2020 hujan deras menggenangi kawasan Beji dan Gempol.

Sebanyak 225 keluarga rumahya terdampak banjir, yaitu tergenang air dengan ketinggian antara 30 cm hingga 1 meter. Beberapa fasilitas umum dan sekolah juga terendam air, tak terkecuali Perguruan (SD-SMP-SMA) Muhammadiyah Gempol.

Warga di kedua kawasan itu, terutama yang hidup berkekurangan merasa kesulitan. Mereka yang bekerja dan berpenghasilan harian terpaksa tidak bekerja karena harus mengatasi rendaman banjir yang menerjang rumahnya.  Hal itu mengetuk hati semua pihak guna turut membantu warga terdampak, terutama Pemerintah Daerah dan juga Muhammadiyah, sebagai organisasi dakwah sosial keagamaan.

Para relawan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah serta Organisasi Otonom di Kabupaten Pasuruan turut hadir guna sedikit meringankan beban warga terdampak banjir. Kehadiran ditunjukkan dengan mendirikan posko Dapur Umum. Setiap hari Dapur Umum Muhammadiyah menyediakan 500-600 nasi bungkus untuk makan siang warga yang rumahnya terendam banjir di kawasan Beji dan Gempol.

Menurut Mukhlis, Ketua LAZISMU Kabupaten Pasuruan yang juga Anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), telah dikerahkan sebanyak 20 orang relawan dari kalangan guru dan warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Mereka bertugas di posko Dapur Umum. Selain memasak makanan, para relawan juga terjun langsung ke rumah-rumah penduduk guna membagikan nasi bungkus untuk kebutuhan makan siang warga.

“Kami juga menerima bantuan dari donatur, apakah itu berupa bahan pokok, sembako maupun uang. Bantuan itu kami wujudkan menjadi nasi bungkus siap makan yang dimasak di Dapur Umum Muhammadiyah yang diadakan secara darurat di perguruan Muhammadiyah Gempol. Setiap hari para relawan terjun ke rumah-rumah warga yang terendam air guna membagikan makanan siap santap” kata Mukhlis ketika diminta informasi tentang kegiatan para relawan di gedung Muhammadiyah Jawa Timur, Kertomenanggal Surabaya (02/11/2020).

“Kami juga berkoordinasi dengan semua pihak bagaimana mengatasi sekolah yang terdampak banjir, terutama menangani peralatan dan perlengkapan sekolah yang rusak terendam air. Semoga ada solusi dari peristiwa ini” harapnya. (Adit)

Turki Diterjang Gempa Bumi, Mari Kita Galang Dana untuk Ringankan Sesama

Gempa bumi mengguncang Turki dan Yunani dengan kekuatan 7 Magnitudo pada Jumat sore (30/10) waktu setempat. Menurut keterangan Ramadhan, Sekretaris Umum Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Turki sekaligus koordinator adhoc bantuan untuk Izmir, gempa bumi terjadi selama beberapa kali sehingga menyebabkan tsunami-tsunami kecil di wilayah pesisir Izmir.

Ada 6-8 gedung yang runtuh dan 13 gedung yang rusak. Menurut data terbaru yang ia sampaikan, gempa bumi ini juga mengakibatkan 79 orang wafat dan 962 luka-luka.

“743 orang dari 962 tadi sudah selesai dari perawatan, mungkin hanya luka ringan. Sedangkan sisanya sebanyak 219 orang masih dirawat dan kemungkinan mereka akan menjadi difabel baru,” jelasnya melalui saluran telepon (2/11/2020).

Mahasiswa Doktoral jurusan Hubungan Internasional tersebut menyebut bahwa PCIM Turki bersama Lazismu menggalang dana untuk korban gempa. Meskipun Pemerintah Turki tidak memberikan sinyal untuk meminta bantuan, namun langkah ini ia anggap untuk merayakan hubungan diplomasi Indonesia dan Turki yang telah berjalan selama 70 tahun.

“Nanti kita akan membelikan masker, face shield, jaket, dan selimut karena di Izmir sebentar lagi akan memasuki musim dingin. Selain itu juga makanan siap saji dan minuman. Kita nanti akan bekerjasama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan juga warga Muhammadiyah di Turki,” imbuhnya.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan ucapan duka mendalam atas musibah gempa bumi dan tsunami yang melanda Turki dan Yunani. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, mengatakan bencana ini menjadi musibah global.

Dilansir dari Republika, Haedar menekankan, masyarakat di Indonesia pernah mengalami hal serupa, merasakan gempa bumi dan tsunami sebagai musibah yang sangat berat. Karenanya, Haedar mengajak seluruh umat Islam dan warga bangsa Indonesia menunjukkan kepedulian.

“Kepedulian dan sikap berbagi dengan semangat kemanusiaan, hadir membangun taawun (tolong-menolong) untuk saudara-saudara kita di Turki dan Yunani. Mudah-mudahan semua cepat berlalu dan kehidupan berjalan menjadi normal kembali,” ujar Haedar di Yogyakarta, Sabtu (31/10) lalu. (Yusuf)

REKENING LAZISMU KEMANUSIAAN

  • Bank Mu’amalat No. 7665 030 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Syariah Mandiri No. 9939 830 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Mandiri 9000008882 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZISKA

Konfirmasi transfer WA : 0856-4610-3255

Sedekah via scan QRIS CIMB Niaga Syariah

Lazismu Bantu Korban Bencana Longsor di Sudimoro, Pacitan

Hujan yang cukup deras pada malam Selasa (26/10/2020), kembali mengakibatkan longsor di beberapa lokasi di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan.

Setidaknya ada dua rumah, milik Mbah Wodikromo dan Agus Deva yang mengalami kerusakan cukup parah. Sehingga pemiliknya harus mengungsi ke tempat lain karena tidak bisa lagi di tempati.

Rumah permanen yang biasa ditinggali Agus Deva dan keluarganya ini jebol pada diding dua kamar tidur dan dua ruangan lainnya. Sehingga praktis tidak mungkin ditempati.

“Sementara saya dan keluarga tinggal di rumah paman, sampai pembersihan dan perbaikan selesai dilakukan”, kata Agus.

Selain itu masih ada, puluhan kubik tanah yang belum bisa dibersihkan, setidaknya sampai Selasa sore (27/10/2020) saat Lazismu Pacitan melihat langsung dan memberikan bantuan ke lokasi kejadian.

Sementara rumah milik Mbah Wodikromo juga jebol di dua tempat. “Satunya kamar tidur saya mas, untung tadi malam saya tidak tidur disitu”, katanya pada team media Lazismu Pacitan.

Selain itu ada dua rumah lain, milik Mbah Nashir dan Mbah Misginem yang juga tertimpa longsor dan kondisinya cukup mengkhawatirkan. Sebab hujan masih terus turun saat Lazismu dan MDMC Pacitan di lokasi bencana.

Lazismu Pacitan, siang itu juga segera menyiapkan bantuan sembako dan Air Lazismu kepada empat keluarga yang harus membersihkan lumpur dan tanah serta bekas tembok yang jebol.

Bantuan diantar langsung oleh Ketua Lazismu Pacitan dan relawan MDMC, Frendirga Abdur Rouf. (Isa)

Indonesia Siaga Bencana, Mari Kita Berkiprah dengan Doa, Ikhtiar dan Donasi

Indonesia, negara dengan sumber daya alam yang melimpah tidak selamanya aman. Terletak di antara dua lempeng aktif Eurasia dan lempeng Indo-Australia dan variasi topografi yang membentang, menjadikan negara ini rentan terhadap bencana.

Banjir, tanah longsor, gempa bumi, hingga tsunami berpotensi terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahkan menyebut negara ini adalah laboratorium bencana terbaik di dunia karena variasi bencana yang terjadi. Namun, apakah masyarakat sudah siap dalam menghadapi bencana?

Talkshow Ranah Publik, hari Selasa pagi tanggal 27 Oktober 2020 pk. 08.00 – 09.00 WIB di Radio Suara Muslim 93,8 FM (Streaming youtube dan OnAir) membahas tema “Indonesia Siaga Bencana”, bersama narasumber M. Rofii, ST, MT, Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur dan Aditio Yudono, Sekretaris LAZISMU Jatim.

Untuk mengikuti dan menyimak, silakan klik tautan youtube di bawah ini…

Untuk berdonasi silakan transfer ke…

REKENING LAZISMU KEMANUSIAAN

  • Bank Mu’amalat No. 7665 030 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Syariah Mandiri No. 9939 830 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Mandiri 9000008882 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZISKA

MDMC Terima Penghargaan BNPB di Tengah Situasi Pandemi Yang Belum Usai

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah hari Selasa (13/10/2020), yang merupakan mitra sinergi LAZISMU, telah menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penghargaan tersebut terkait praktik baik di bidang pengurangan risiko bencana yang telah dijalankan selama ini. Penghargaan dalam rangka peringatan bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Oktober. Tahun ini tema peringatan Bulan PRB adalah “Daerah Punya Aksi Pengurangan Resiko Bencana.

Serah terima penghargaan tersebut dilaksanakan dalam acara puncak Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana yang digelar di Gedung BNPB. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo dan diterima oleh Wakil Bendahara MDMC PP Muhammadiyah, Siti Marhamah.

Menanggapi penghargaan tersebut, Budi Setiawan Ketua MDMC saat dihubungi merasa bersyukur bahwa ini menunjukkan MDMC mampu menjalankan amanat Persyarikatan menjadi lembaga penanggulangan bencana yang senantiasa aktif bergerak untuk masyarakat, mendampingi dan melayani masyarakat terutama pada usaha kesiapan, pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana .

“MDMC sebagai lembaga yang berbasis masyarakat akan terus menggerakkan masyarakat untuk menjadi lebih peduli dan tangguh terhadap bencana. Tentu gerak masyarakat akan menjadi efektif ketika dikoordinasikan secara organisasi. Disinilah MDMC berperan bersama para relawan menggerakkan masyarakat,”katanya.

Sementara itu Koordinator Divisi Pengurangan Resiko Bencana MDMC, Budi Santosa saat ditanya tentang penghargaan yang terkait dengan bidang kerja divisi yang dipimpinnya ini mengatakan bahwa 5 tahun terkahir ini MDMC berkomitmen kuat pada program pengurangan resiko bencana sebagai bagian dari kerja-kerja penanggulangan bencana di Indonesia.

“Mulai tahun 2015 MDMC secara serius melakukan srrangkaian kegiatan program PRB berbasis pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial melalui program-program seperti Satuan Pendidikan Aman Bencana (dari TK Sampai Perguruan Tinggi ), Rumah Sakit Aman Bencana, Jamaah Tangguh Bencana, Masyarakat Tangguh Bencana dan lainnya,” katanya.

Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana tahun ini berlangsung ditengah terjadinya pandemi yang sudah banyak mengubah tatanan dunia ini. Seperti diketahui Covid-19 memaksa umat manusia melakukan perubahan besar-besaran dalam perilaku sehari-hari terutama terkait dengan budaya hidup bersih yang aman dari Covid-19.

Di Indonesia, Covid-19 sudah mewabah sejak bulan Maret 2020 ditandai dengan pengumuman pasien 01 dan 02 oleh Presiden Joko Widodo. Sejak saat itu Muhammadiyah langsung berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 dengan membentuk gugus tugas khusus yaitu Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dengan organ pelaksana utama yaitu Majelis Pembina Kesehatan Umat (MPKU) dan MDMC PP Muhammadiyah didukung sepenuhnya oleh Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) dari sisi pendanaan.

Terkait dengan pencegahan Covid-19 sebagai bagian dari upaya pengurangan resiko bencana,  Muhammadiyah selama ini didukung oleh banyak pihak giat mensosialisasikan protokol pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang melingkupi banyak bidang terutama kesehatan kemudian pendidikan, sosial dan keagamaan dengan menyasar semua kalangan masyarakat di Indonesia. (www.muhammadiyah.or.id)

http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-19835-detail-mdmc-terima-penghargaan-bnpb-di-tengah-situasi-pandemi.html

Desa Kaliuling Longsor, LAZISMU dan MDMC Lumajang Beraksi Kirimkan Bantuan

Pada tanggal 30 September 2020 lalu bencana longsor terjadi di desa Kaliuling kecamatan Tempursari Lumajang. Longsor itu menimpa banyak rumah penduduk desa dan mengakibatkan kerugian material yang besar.

Lazismu bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) hadir ke  yang  dilanda bencana tanah longsor itu, kamis, 8 Oktober 2020. LAZISMU dan MDMC mengadakan aksi bhakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada dua puluh lima warga yang terdampak tanah longsor.

Tampak hadir mendampingi aksi kegiatan itu Poniran Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) beserta Peni Tumitah kepala desa Kaliuling, disamping para relawan LAZISMU MDMC.

Poniran selaku Ketua PRM setempat mengatakan dalam kondisi pandemi seperti ini desanya dilanda bencana tanah longsor. Sebelum tanah longsor terjadi hujan deras selama lima jam.

“Pas malam hari terjadilah longsor yang menimpah sekitar tiga puluh dua kepala keluarga yang rumahnya tertimpa material longsor. Ada yang rusak ringan dan berat. Kami selaku pengurus Muhammadiyah di tingkat Ranting segera berkordinasi dengan LAZISMU dan MDMC untuk bisa meringankan beban saudara kami yang tertimpa musibah ini. Alhamdulillah respon baik dari teman-teman LAZISMU dan MDMC Lumajang segera turun untuk mendistribusikan bantuan,” kata Poniran.

“Kami yang di tingkat Ranting juga selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak desa untuk selalu berkontribusi untuk negeri ini dengan berbagai kegiatan, apa lagi saya disini selain Pimpinan Ranting juga menjadi ketua Paguyuban Seni Reog Ponorogo di Lumajang. Hal ini kami lakukan untuk misi dakwah kultural sehingga Muhammadiyah tidak dianggap anti budaya. Saya berprinsip bahwa hidup dengan ilmu akan mudah, hidup dengan seni akan terasa indah dan hidup dengan Agama akan terarah” imbuhnya.

Peni Tumitah selaku Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih dengan diadakannya aksi baksos ini.

“Warga kami sangat membutuhkan bantuan apalagi dalam kondisi pandemi ini dan kami dari pihak desa bekerjasama dengan LAZISMU tidak hanya sekali ini saja. Pada tahun yang lalu juga menangani warga kami yang juga membutuhkan kaki palsu. Dengan adanya kegiatan sosial yang dilakukan oleh LAZISMU, kami pihak desa sangat terbantu sekali dan mudah-mudahan LAZISMU semakin eksis dan semakin banyak para donaturnya, sehingga bisa semakin banyak juga warga yang terbantu,” kata Peni seraya mengajak jajarannya untuk memberdayakan umat dengan berzakat.

Dia juga menambahkan dalam kejadian longsor ini ada sembilan titik jalan yang tertutup material tanah longsor. Ada tiga puluh dua rumah warga yang juga tertimpa tanah longsor dan itu semua sudah ditangani dengan baik oleh pihak Pemerintah kabupaten Lumajang melalui BPBD.

Desa Kaliuling memang di daerah pegunungan sehingga rawan longsor ketika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi. Oleh karena itu menurut Peni, pihak desa harus bersinergi dengan berbagai pihak dalam penanganan bencana ini termasuk dengan LAZISMU dan MDMC. (Kus)

REKENING LAZISMU LUMAJANG

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang

Kabupaten Lumajang

Salurkan Bantuan Pangan “Paket Kado Ramadhan 1441 Hijriyah” ke Rohingya dan Palestina

MUHAMMADIYAH.ID, ROHINGYA – Di tengah krisis pandemi global, Lazismu sebgai lembaga amil zakat nasional dalam program Ramadan Memberdayakan, telah menyalurkan bantuan bertajuk ketahanan pangan yang secara nasional serentak digaungkan untuk para penerima manfaat.

Sementara selain di dalam negeri, perhatian Lazismu di Ramadan juga tertuju ke Rakhine State, Myanmar, untuk menyalurkan bantuan paket ramadhan ke penerima manfaat. Nasharudin yang berada di lokasi sekaligus mewakili Lazismu mengatakan, dalam penyaluran bantuan ini, Lazismu berkolaborasi dengan Community Initiative Development (CID).

Nashar mengungkapkan secara manajemen kolaborasi Lazismu dan mitra lokal di Myanmar di bawah arahan Padi Global Asia (PGA) dan secara legalitas lapangan di bawah CID.

“Alhamdulillah dengan sinergi ini banyak mendapatkan kemudahan akses dan penerimaan pemerintah dan masyarakat di lapangan serta komunitas lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut Nashar menjelaskan, dalam penyaluran bantuan itu penerima manfaatnya semua adalah Rohingya. Ada 4 titik yang menjadi target penyaluran bantuan paket ramadhan, pertama dua masjid di Dar Paing Camp yakni masjid in Makee Myaing village dan masjid in Nga Pwint Gyi village pada Sabtu, 23 Mei 2020.

Total penerima penerima manfaatnya sekitar 800 dalam bentuk menu buka puasa (iftar) dan 200 di antaranya anak-anak yang membawa pulang untuk makan di rumah. Diperkirakan ada 1000 penerima manfaat iftar. Sedangkan paket ramadan dibagikan untuk 100 kepala keluarga.

“Jika 1 KK terdiri dari 6 anggota keluarga, maka bisa dikatakan 600 orang memperoleh manfaat bantuan paket Ramadan ini,” terangnya mengabarkan dari lapangan yang di Indonesia menunjukkan waktu pukul 01.05 WIB, tanggal 24 Mei 2020. Secara keseluruhan menurutnya, ada 1600 penerima manfaat, sambung Nashar yang juga penanggung jawab CID.

Tepi Barat, Gaza

Sebelumnya Lazismu melalui Muhammadiyah Aid, juga telah menyalurkan paket bantuan Raamdhan untuk warga yang berada di Tepi Barat, Gaza, Palestina. Penanggung Jawab Muhammadiyah Aid, Wachid Rdwan mengatakan, bantuan ke Tepi Barat disalurkan melalui Al-Tsauri Silwan Women Center (AWC) dan bantuan ke Gaza disalurkan melalui International Education Scientific and Cultural Organisation  (IESCO).

Wachid mengatakan, bantuan yang disalurkan sebagai bingkisan Ramadhan diperuntukkan bagi duafa dan warga yang terdampak covid-19, khususnya mereka yang tidak punya penghasilan tetap karena wilayah masing-masing dalam kondisi lockdown. Jumlah dana yang disalurkan sebesar USD 6.500 (enam ribu lima ratus Dolar) untuk Tepi Barat dan USD 6.500 (enam ribu lima ratus dolar) yang dikemas dalam bentuk paket sembako.

Wachid menuturkan, bantuan paket Ramadan ke Pelestina dilakukan sejak 7 Mei sampai 22 Mei 2020 sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita di sana yang tengah bertahan melawan wabah Covid-19. (www.muhammadiyah.id).

Lazismu-MuhammadiyahAid Internasional Salurkan Parcel Bahan Makanan Untuk Warga Terdampak Covid-19 di Palestina

Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan dan ampunan. Saat yang tepat bagi Ummat Islam untuk meningkatkan ibadah dan memperbanyak amal kebaikan.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) mengajak ummat Islam untuk menunaikan Zakat dan memperbanyak amal berupa infaq dan shodaqoh pada bulan nan mulia ini.

Saat ini kiprah Lazismu tidak hanya berkutat dalam permasalahan ummat secara domestik di tanah air, namun juga merambah internasional, khususnya aksi kemanusiaan. Lazismu senantiasa menunaikan amanah dari para donatur dan Muzaki dalam rangka menyalurkan dana zakat infaq dan shodaqoh ke luar negara, seperti di Palestina.

Melalui jaringan MuhammadiyahAid internasional, Lazismu memberikan bantuan pangan kepada warga terdampak Covid-19 di dua wilayah Palestina yang terpisah, yaitu Tepi Barat dan jalur Gaza. Bantuan yang dikemas dalam Food Parcels Project Ramadhan 1441 Hijriyah itu khusus diberikan di negara yang sedang dalam cengkeraman Zionis Israel.

Menurut Edi Surya, Direktur Utama Lazismu Pusat ketika dihubungi melalui jaringan Whatsapp, 16/05/2020, bantuan ke wilayah Tepi Barat atau West Bank disalurkan melalui Al Tsauri Silwan Women Center (AWC), sebuah LSM Palestina yang peduli kepada kehidupan perempuan.

Sedangkan bantuan ke jalur Gaza disalurkan melalui International Education Scientific and Cultural Organisation (IESCO), sebuah LSM untuk sosial, pendidikan dan kesehatan warga Palestina yang berkedudukan di Malaysia.

Edi menambahkan bahwa bantuan disalurkan dalam bentuk bingkisan Kado Ramadhan berupa paket sembako bagi dhuafa dan warga yang terdampak Covid-19, khususnya mereka yang tidak punya penghasilan tetap karena lockdown wilayah masing-masing,

Jumlah dana yang disalurkan adalah sebesar USD 13.000,-, dengan perincian USD 6.500 (enam ribu lima ratus dolar US) untuk wilayah Tepi Barat dan USD 6.500 (enam ribu lima ratus dolar US) untuk sasaran penerima di jalur Gaza.

Harga per paket bantuan dipatok sebesar USD 100 (seratus dolar US) terdiri dari bahan makanan, seperti beras, tepung gandum, minyak goreng, gula, teh dan sebagainya disesuaikan dengan kondisi lokal, jelas Edi.

Aktifitas penyaluran dimulai sejak tanggal 7 sampai dengan 22 Mei 2020 atau 14 hingga 29 Ramadhan 1441 Hijriyah. Edi menginformasikan bahwa selaku PIC atau penanggung jawab program adalah Dr. Wahid Ridwan dari MuhammadiyahAid. Sedangkan mitra kerja adalah tuan Abeer Zayed selaku Director Executive AWC dan pihak IESCO oleh Belal Al Hamadeen selaku Project Manager.

“Inilah kiprah Lazismu melalui MuhammadiyahAid bersama para mitra internasional dalam kancah antar bangsa sebagai wujud nyata berperan dalam problem solving permasalahan keumatan dunia, khususnya dengan aksi kemanusiaan. Muhammadiyah selain Memberi Untuk Negeri juga Untuk Perdamaian Dunia” pungkas Edi Surya. (Adit)

REKENING KEMANUSIAAN LAZISMU

  • Bank Mu’amalat No. 7665 030 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Syariah Mandiri No. 9939 830 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim

Squad Terakhir Penyemprot Disinfektan Dipimpin Langsung Ketua PDM Lumajang

Dalam pencegahan covid-19 Lazismu Lumajang hingga ahad ini, 05/04/2020, masih terus bergerak melakukan penyemprotan disinfektan, khususnya di RT 7 RW 2 Rogoturunan Lumajang.

Kegiatan ini langsung dipimpin oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang Suharyo AP, didampingi oleh ketua Lazismu Drs Muari. Suharyo AP mengatakan alasan dirinya turun langsung untuk melihat kerja para Relawan Lazismu dan MDMC berjuang untuk pecegahan covid 19 ini untuk memberi semangat kepada para Relawan agar selalu memberi kebermanfaatan untuk umat dalam kondisi seperti ini.

Aksi tersebut juga memberi edukasi kepada masyarakat supaya tidak panik, selalu hidup sehat, dan menjaga kebersihan dengan selalu cuci tangan.

“Ini adalah ikhtiar kita menyemprot dengan disinfektan, sambil berdoa kepada Allah supaya wabah ini cepat berlalu,” kta Suharyo AP.

Drs Muari Ketua Lazismu Lumajang merasa istimewa karena kegiatan penyemprotan hari ini langsung dikomandoi oleh ketua PDM sendiri.

“Ini semakin membuat semangat kami menjadi membara untuk mengahadang dan memutus mata rantai penularan covid 19 ini” tandas Muari.

Setelah kegiatan penyemprotan disinfektan, Lazismu Lumajang akan segera mengoptimalkan donasi untuk lumbung pangan sesuai dengan intruksi Lazismu wilayah Jatim

“Alhamdulillah sampai detik ini untuk lumbung pangan sudah mencapai 3 ton dari target Lazismu Lumajang sebesar 10 ton lebih. Mudah-mudahan ini tercapai,” tambah Muari seraya mengajak para donatur untuk bisa menyalurkan sebagian rejekinya untuk saudara kita yang terdampak covid 19. (Kus)

Lazismu-MDMC Telah Menyemprot Desinfektan pada 2.400 Titik di 26 Daerah se-Jatim

Komitmen Muhammadiyah untuk hadir guna memberikan kontribusi dalam penanganan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diwujudkan dalam berbagai bentuk. Selain membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), juga menyediakan 20 RS dalam jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah / Aisyiyah (RSM/A) di seluruh Indonesia.

Melalui Lazismu dan MDMC (Muhammadiyah DIsaster Management Center) beserta AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah), Persyarikatan yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan ini juga melakukan aksi penyemprotan Desinfektan di Indonesia, termasuk di 26 daerah kabupaten / kota di seluruh Jawa Timur.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur drh Zainul Muslimin ketika di Gedung PWM Jatim, Surabaya, menjelaskan, dalam sembilan hari, mulai tanggal 20 hingga 28 Maret 2020 sore, Lazismu bersama MDMC, AMM dan berbagai komunitas peduli se Jawa Timur telah melakukan penyemprotan cairan desinfektan di 2.400 titik lokasi.

Ke-26 Daerah itu antara lain Bojonegoro, Jember, Magetan, Pamekasan, Tuban, Lumajang, Kab Mojokerto, Kab Probolinggo, Lamongan, Kota Probolinggo, Kab. Malang, Bondowoso, Kota Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Kota Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Pacitan, Ponorogo, Kab. Blitar, Kota Kediri, Ngawi, Kota Batu, Surabaya, Kota Pasuruan dan Banyuwangi.

Tempat-tempat yang menjadi sasaran penyemprotan itu antara lain Masjid / musholla (932 titik), sekolah / kampus (575 titik), kantor (124 titik), Klinik / RS (5 titik), panti asuhan (18 titik), rumah penduduk, fasilitas umum (717 titik) bahkan tempat ibadah agama non Muslim (29 titik).

Zainul juga menginstruksikan agar seluruh kantor Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Daerah menghimpun dana ZIS maupun donasi lainnya untuk upaya kemanusiaan ini. Hingga tanggal 28 Maret 2020 sementara telah terkumpul dana sebesar Rp. 351,8 juta se-Jawa Timur dan itu akan bertambah mengingat rekapitulasi senantiasa dilakukan terus menerus.

Sementara itu menurut M. Rofii, Ketua MDMC / MLHPB Jawa Timur, sebanyak 316 relawan telah diterjunkan dalam aksi penyemprotan ini. Mereka berasal dari relawan inti MDMC, dan relawan pendukung dari AMM, MPKU, komunitas masyarakat, dan mahasiswa / mahasiswi dari berbagai kampus di 26 daerah se-Jatim. Total ruangan yang disemprot seluas 783.559 meter persegi. Penyemprotan ini akan terus dilakukan hingga masa tanggap darurat ditetapkan berakhir, kata Rofii. (Adit)

Tidak Hanya Masjid dan Sekolah, Tim Cegah Covid-19 Juga Semprot Desinfektan Kantor Polisi dan Dua Gereja di Lumajang

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lazismu Kabupaten Lumajang terus bergerak dalam upaya pencegahan virus corona (covid -19). Hari Rabu 25-03-2020 tim hadir ke kecamatan Pronojiwo dan langsung disambut oleh Kapolsek IPTU Basuki Rachmad SH beserta jajaranya.

Tim Lazismu dan MDMC dipimpin langsung oleh Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari yang dengan semangat mendampingi squad untuk selalu berjuang dalam aksi pencegahan Covid-19. Aksi yang dilakukan adalah dengan penyemprotan desinfektan kepada sasaran yang dituju. Tidak hanya menyasar Masjid, sekolah dan kantor, tim juga merambah dua gereja yang ada di Pronojiwo. Bahkan kantor dan Pos Polisi juga tak luput dari aksi penyemprotan desinfektan.

Kaposek Pronojiwo IPTU Basuki Rahmad SH mengatakan dengan adanya kehadiran Lazismu yang di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lumajang pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucap terima kasih atas kerjasama yang memberi kemanfaatan.

Menurutnya, sinergi yang erat antara Organisasi Masyarakat. Lembaga Amil Zakat dengan Polri dan masyarakat serta jajaran perangkat desa Sidomulyo merupakan bentuk persatuan yang kuat dalam menghadapi bencana wabah Corona. “Kita bergandeng tangan untuk berjuang dengan satu tujuan guna menekan masalah virus corona yang saat ini sudah merebah ke seluruh negara di dunia ini” ungkap IPTU Basuki.

“Di jajaran kepolisian dengan maklumat kapolri No 2/3.2020 kami sekarang ini lagi gencar-gencarnya untuk menekan penyebaran covid 19. Kita harus antisipasi dengan tidak mengadakan pertemuan masa atau berkumpul. Kalau tidak ada kepentingan lebih baik warga di rumah karena kita harus memutus mata rantai penyebaran covid -19 dengan berbagai cara termasuk yang dilakukan oleh Lazismu ini, agar tidak merebah menular kepada saudara, keluarga,diri kita semua warga pronojiwo,” tandasnya.

IPTU Basuki juga menekankan agar masyarakt menjaga diri, menjaga kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan serta mengatur pola makan yang sehat dan teratur. “Istirahat yang cukup dan jaga jarak dengan orang lain” imbuhnya.

Akhirnya IPTU Basuki mengharapkan kepada para donatur dan dermawan, khusunya di Kabupaten Lumajang untuk mendukung gerakan Lazismu ini dengan mendonasikan sebagian rejekinya ke Lazismu, sehingga semakin banyak yang berdonasi maka akan semakin banyak juga tempat ibadah, ruang publik, sekolah yang diseterilkan.

“Trima kasih kepada dermawan, doantur yang selama ini telah mendukung gerakan Lazismu untuk mencegah covid-19 dan terus ajak teman dekat saudara untuk berdonasi ke Llazismu, dan mudah mudahan tim Lazismu dan MDMC selalu dalam lindungaNya dan diberi kesehatan dalam berjuang di garda depan pencegahan wabah ini” pungkasnya.

Menurut suharyo AP, SH, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang, upaya lazismu ikut berkontribusi dalam menekan penyebaran virus corona di kecamatan Pronojiwo merupakan langkah tepat dan bukti nyata dalam berbagi kepada masyarakat luas. Penyemprotan desinfektan di dua gereja dan Mapolsek ini nenunjukkan bahwa Lazismu terbuka untuk siapapun dan akan selalu memberi untuk negeri, kata ketua PDM Lumajang ini. (Kuswantoro)

Dua Puluh Dua Kantor Lazismu Daerah Lakukan Aksi Penyemprotan Disinfektan Ke Berbagai Fasilitas Umum

Lazis Muhammadiyah se-Jawa Timur dalam menghadapi penyebaran virus Corona 2019 (Covid-19) ini telah melakukan langkah-langkah awal dalam upaya turut berpartisipasi membantu Pemerintah dalam penanggulangan wabah yang semakin meluas. Langkah-langkah tersebut adalah penyemprotan disinfektan ke berbagai fasilitas umum, pengadaam Alat Pelindung Diri (APD) bagi Tim Medis, Kru Ambulance dan Relawan dan penyediaan ransum kemanusiaan, serta siaga ambulance.

Saat ini yang sudah dilakukan oleh Lazismu se-Jawa Timur mulai tanggal 20 hingga 24 Maret 2020, adalah penyemprotan disinfektan di 22 (dua puluh dua) Daerah kabupaten dan kota, dengan menyasar Masjid, sekolah, kantor dakwah, panti suhan dan sebagainya, bahkan gereja. Kedua puluh dua kantor Lazismu Daerah yang telah dan sedang melaksanakan aksi penyemprotan disinfektan itu adalah : Magetan, Ngawi, Ponorogo, Madiun, Bojonegoro, Pacitan, Lamongan, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Nganjuk, Blitar (Kab/kota), Kab. Malang, Mojokerto (Kab/kota), Jember, Kota Pasuruan, Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang dan Pamekasan.

Bersama mitra internal yakni majelis dan lembaga di Muhammadiyah, seperti MDMC, MPKU, AMM dan Kokam, Lazismu bergerak bahu-membahumelakukan aksi penyemprotan disinfektan. Selain itu Lazismu juga menggandeng berbagai komunitas yang peduli terhadap masalah ini.

Foto-Foto Aksi Penyemprotan Disinfektan Kantor Lazismu Daerah se-Jawa Timur :

Bojonegoro

KP Jatim (Sby/Sda)

Jember

Magetan

Pamekasan

 

Tuban

Lumajang

 

Kab Probolinggo

Lamongan

 

Kota Probolinggo

Bondowoso

Kab Mojokerto

Gresik

 

Sidoarjo

Kota Blitar

Tulungagung

Nganjuk

Pacitan

 

Ponorogo

Ngawi

 

Banyuwangi

Surabaya

 

Kota Mojokerto

 

Kab Malang

Kota Pasuruan