Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 19 May 2019
Breaking News
You are here: Home » Even Khusus

Category Archives: Even Khusus

Bersama Gojek dan Gopay, Lazismu Menggairahkan Semangat Berwirausaha Berbasis Digital Bagi Insan Muda di Jawa Timur

Pemberdayaan ekonomi masyarakat harus terus digiatkan guna menciptakan wirausaha-wirausaha baru, khususnya di kalangan anak muda. Pemberdayaan ekonomi tersebut perlu memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Masyarakat terutama insan muda harus didorong agar dapat menemukan bisnis model yang inovatif, kreatif, dan produktif namun dengan biaya yang terjangkau, serta mudah direplikasi dan diimplementasikan di kota lain.

Berkaitan dengan itu maka Lazismu menggandeng Go-jek dan Gopay guna memberdayakan potensi ekonomi kaum muda di 5 kampus di Indonesia. Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk pemanfaatan teknologi keuangan (fintech) berbasis digital melalui Go-pay dan pengembangan kewirausahaan melalui Seminar Wirausaha.

Setelah menggelar roadshow Seminar Wirausaha di beberapa kampus, maka pada hari senin 29 April 2019 tibalah Go-jek dan Go-pay di Jawa Timur, khususnya di kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Seminar Wirausaha bersama Lazismu Jawa Timur, Go-jek dan Go-pay digelar di hall Walidah SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo yang berdekatan dengan kampus UMSIDA.

Peserta Seminar mencapai 200 orang yang sebagian besar adalah mahasiswa-mahasiswi UMSIDA Fakultas Ekonomi Bisnis. Selian itu juga terdapat para wirausahawan binaan Lazismu dan masyarakat umum. Peserta tidak hanya berasal dari Sidoarjo, melainkan dari kota lain seperti Surabaya, Mojokerto, Gresik, Bojonegoro, Lumajang, Madiun dan sebagainya.

Seminar menampilkan 2 orang pembicara, yaitu Ustadz drh. Zainul Muslimin (Ketua Lazismu wilayah Jatim dan Pengusaha) dan Shofi Awanis (Public Affairs Associate Go-jek Indonesia) serta dipandu oleh Muhammad Yani dari UMSIDA. Zainul Muslimin, selain dikenal sebagai Mubaligh dan Ketua Lazismu wilayah Jatim, juga sebagai pengusaha kuliner di Sidoarjo dan peternak di Magetan. Sedangkan Shofi Awanis adalah Official Trainer yang ditugaskan berkeliling Indonesia untuk memberikan pelatihan dan seminar tentang wirausaha berbasis digital.

Dalam seminar itu Zainul Muslimin membeberkan konsep dan kiat-kiat seorang muslim agar menjadi wirausaha yang tangguh dan sukses. Menurutnya, para insan muda harus dilecut semangatnya untuk menjadi calon-calon pengusaha yang bisa membaca peluang pasar dan menggarap potensi bisnis yang sangat luas di hadapan mata. Kuncinya, tambah pengusaha resto dan katering itu, adalah punya mimpi, lakukan dengan segera, jangan mudah goyah apalagi menyerah dan jangan meremehkan doa serta ibadah. Selain itu bisnis harus fokus, benar-benar diurus, secara terus menerus hingga berhasil.

Zainul menegaskan bahwa insan muda harus punya tujuan hidup, mau jadi apa, siapa idolanya dan tidak segan-segan terus belajar, berusaha dan bekerja. Ia mencontohkan seorang Muslim yang sukses sebagai pengusaha, yaitu junjungan ummat Islam, Nabi Muhammad Rasulullah saw dan isteri beliau Khodijah r.a.

Sedangkan Shofi Awanis mengajak peserta seminar untuk memulai sebuah usaha dari mimpi bagaimana menjadi pengusaha sukses dan berkembang. Shofi menampilkan beberapa slide dan video kisah sukses beberapa pengusaha yang memulai usaha dari nol hingga beromzet milyaran Rupiah sebulan dengan produk-produk yang simpel namun dikemas sangat baik hingga disukai pasar

Setelah itu Shofi mengajak audiens untuk mewujudkan mimpi menjadi pengusaha dengan memetakan peluang. Disini audiens diajak untuk merancang sebuah usaha yang kreatif dan inovatif. Tentu semua berawal dari kebiasaan, minat, potensi dan fasilitas yang dimiliki.

Berikutnya menurut Shofi adalah menggali ide bisnis dengan beberapa insipirasi ide usaha. Ada banyak jalan untuk menggali ide bisnis, yaitu mulai dari menjadi perantara, lalu ikut dalam suatu komunitas dan kemudian menjadi pedagang. Dari situ lanjut Shofi seseorang sudah bisa membingkai usaha yang akan fokus digelutinya, mulai dari mengenali potensi diri, memutuskan produk yang tepat, target usaha hingga pemasarannya.

Yang sangat penting di era sekarang ini menurut Shofi adalah pengusaha harus punya asset digital. Shofi memberikan gambaran bahwa bisnis yang tidak  menempatkan digital sebagai asset akan mati secara perlahan. Ada beberapa dasar agar insan wirausaha sukses dalam membangun usaha di era digital, yaitu :

  1. BRAND DAN PEMASARAN. Bangun dan miliki ‘Brand’. Sebuah merek merupakan representasi utama dari bisnis.
  2. ASET DIGITAL. Miliki semua digital aset untuk membuat kehadiran Brand Anda lebih luas dalam dunia pemasaran online.
  3. REPUTASI & KREDIBILITAS. Memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik di mata calon konsumen agar mereka memberikan kepercayaan yang tinggi bagi bisnis/produk.

Lanjut Shofi, beberapa aset digital dalam usaha jika ikut dalam Go-food (Go-jek) sebagai aset bisnisnya yaitu, produk lebih mudah ditemukan, usaha yang memiliki beragam kanal usaha terbukti lebih terpercaya di mata pelanggan dan brand lebih kuat dengan kreasi menu, foto, dan promo yang menarik konsumen. Kemudian yang tidak kalah penting adalah gunakan pembayaran elektronik sebagai aset digital dalam berbisnis, melalui Go-pay.

Yang terakhir, Shofie Awanis memberikan tips dan trik bergabung dengan Go-jek/Go-Food, diantaranya :

  1. Usaha yang bertahan adalah usaha yang unik. a) Jeli dan kreatif mencipta keunikan, karena tidak terbatas hanya pada produk, tapi juga dibangun dari cara berjualan, pilihan bahan baku, dan sebagainya. b) Terus berinovasi produk untuk melihat/memikirkan sesuatu yang biasa melalui cara yang tidak biasa (Out of The Box). c) Bagikan produk Anda kepada orang-orang di sekitar untuk mendapatkan masukan (review). d) Kemas produk Anda dengan rapi, baik, dan menarik. e) Pasarkan produk Anda agar mudah dijangkau konsumen, misalnya dengan dipasarkan melalui Go-Food.
  2. Meraih Laba Optimal. a) Bermitra dengan Go-Food untuk memperluas pemasaran dan distribusi. b) Menawarkan produk/jasa dengan kualitas yang baik. c) Mengemas produk dengan baik dan dapat terjaga selama proses pengiriman. d) Gigih dan pantang menyerah dalam mengembangkan usaha.
  3. Berjualan Dengan Pintar. a) Ciptakan inovasi produk yang sesuai dengan citarasa dan daya beli konsumen. b) Buatlah menu yang jelas dan mudah dipahami, gunakan foto produk yang baik di Go-Food. c) Perhatikan dan tingkatkan kualitas layanan dengan ramah dan cepat menangani pesanan. d) Lakukan pemasaran/promosi dimulai dari mengemas produk Anda dengan menarik, promo diskon, dan lain-lain.
  4. Wajib Bagi Usawahan. Buat rekening yang khusus untuk transaksi usaha saja. Salah satunya dengan Go-Pay. b) Tentukan besaran gaji bulanan untuk pemilik (sebagai imbal hasil atas kerja pemilik yang mengelola usahanya) – sesuai dengan kemampuan usaha. c) Jika kegiatan usaha banyak yang dilakukan di rumah (misalnya untuk produksi dan penyimpanan stok), alokasikan biaya sewa tempat – dari usaha ke pemilik sebagai pemilik rumah. d) Jika ada laba bulanan, tentukan persentase tertentu yang boleh diambil pemilik sebagai deviden atau imbal hasil atas modal yang ditanamkan oleh pemilik.

Acara diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara Imam Fauzi dari Lazismu Jatim dengan Shofi Awanis dari Gojek Indonesia. Peserta tampak terkesan dengan seminar yang membuka mata anak muda itu. Seperti Rudy yang jauh-jauh dari Bojonegoro sangat antusias mengikuti seminar. “InsyaAllah materi seminar sangat berkesan dan membuka fikiran dan wawasan saya untuk membuka usaha dengan memanfaatkan teknologi digital” kata karyawan yang ingin membuka bisnis kuliner ini. (Adit).

 

 

Melejitkan Potensi Usaha Dengan Seminar Wirausaha Gojek-Gopay dan Lazismu pada 29 April 2019.. Ikut Yuuk !

Indonesia menjadi salah satu negara yang diproyeksikan menjadi perekonomian terbesar ke 5 di dunia pada tahun 2045, dengan berbagai faktor pendukung seperti bonus demografi, baik angkatan kerja maupun meningkatnya jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM yang merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 60 juta usaha. Sebagai negara pengguna internet terbesar, ekonomi digital menjadi kunci untuk dapat mentransformasikan potensi tersebut menjadi faktor keunggulan bangsa.

Maka, pemberdayaan ekonomi masyarakat harus memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Masyarakat harus didorong agar dapat menemukan bisnis model yang inovatif, kreatif, dan produktif namun dengan biaya yang terjangkau, serta mudah direplikasi dan diimplementasikan di kota lain.

Dengan semangat awal bahwa inovasi digital adalah langkah untuk mengembangkan ekosistem ekonomi kerakyatan, kini GO-JEK telah berhasil menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1 juta mitra pengemudi, lebih dari 400 ribu merchant UMKM, serta lebih dari 30 ribu penyedia layanan lainnya di 167 kota dan kabupaten di Indonesia. Melalui ekosistem yang dimiliki, GO-JEK membantu UMKM memperluas pasar, menekan biaya operasional serta meningkatkan inklusi keuangan. Program GO-JEK Wirausaha merupakan salah satu bukti dari GO-JEK untuk terus menjadi pendukung pemerintah dalam mengembangkan ekonomi daerah melalui peningkatan kapasitas serta memberikan akses kepada UMKM untuk dapat menikmati layanan digital.

GO-JEK Wirausaha hadir untuk memberikan solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Peningkatan kemampuan pelaku UMKM dilakukan melalui pelatihan tatap muka yang digelar selama 3 jam. Serta, peserta dapat langsung melakukan pendaftaran GO-FOOD dan GO-PAY pada saat pelatihan berlangsung. Sampai saat ini, GO-JEK Wirausaha telah melakukan 7 kali proyek percobaan di 6 kota yaitu Depok, Tangerang, Purwokerto, Bandung, Surabaya, dan Bekasi. Lebih dari 800 pelaku usaha telah mengikuti program pelatihan GO-JEK Wirausaha.

Sedangkan di Jawa Timur kegiatan serupa akan dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019, mulai pukul 08.00 WIB bertempat di Hall SMAMDA Jl. Mojopahit 666-B Sidoarjo.

Sedekah via Gopay – Gojek..

 

Dengan Rakorsus Lazismu se-Jatim Bersiap Menghadapi Bulan Ramadhan Nan Mencerahkan

Ramadhan 1440 Hijriyah sudah semakin dekat. Oleh karena itu perlu persiapan khusus untuk menyambut dan menyemarakannya. Menghadapi hal itu Lazismu se-Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) untuk membahas kegiatan di bulan Ramadhan dan persiapan ibadah Qurban.

Rakorsus dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 30 Maret 2019 dan bertempat di Hall Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo. Acara yang diikuti oleh 90 orang peserta dari 30 Daerah dan 2 KLL wilayah itu menghasilkan beberapa point keputusan, antara lain :

• Target perolehan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Dana Keagamaan Lainnya (ZISKA) Ramadhan 1440 Hijriyah ditetapkan sebesar 40% dari target perolehan ZISKA se-Jatim tahun 2019, yakni Rp. 25,6 M.

• Memaksimalkan program Ramadhan sesuai dengan Term Of Reference (TOR) Lazismu Nasional. Setiap Lazismu Daerah membuat program Ramadhan 1440 H yang disesuaikan dengan kondisi lokal masing-masing. Daftar program Ramadhan Lazismu Daerah harus dikirimkan ke Wilayah paling lambat tanggal 8 April 2019. Adapun kegiatan yang akan digelar di bulan Ramadhan sebagai berikut :

  • Back to Masjid (Bersih-bersih Masjid, Renov Masjid, Bersih-bersih alat sholat, tebar al-Qur’an, Bedah Buku, Kajian Ramadhan, Bazaar Ramadhan, Majlis Taddarus Qur’an, Tausiyah Mubaligh Filantropi, dsb)
  • Kado Ramadhan (Paket Takjil, Paket Sembako, Paket Peduli Guru, Paket School Kit, Bantuan Dai/Mubaligh,  dsb)
  • Mobile Clinic (Layanan Kesehatan kerjasama dengan RS Muhammadiyah / Aisyiyah)
  • Posko Mudikmu Aman (Layanan fasilitas Rehat dan Ibadah saat arus Mudik Lebaran)

• Melaksanakan launching / kampanye serentak pra Ramadhan 1440 Hijriyah se-Jawa Timur di masing-masing Daerah dengan kegiatan kampanye kreatif pada hari ahad tanggal 28 April 2019. Adapun muatan kegiatan antara lain :

  • Penyebaran edaran PP Muhammadiyah tentang Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah 1440 H,
  • Pembagian brosur Lazismu.
  • Penempelan pamflet / spanduk / banner Lazismu.
  • Membuka Booth Layanan
  • Pawai, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini ditempatkan di area dan kawasan strategis seperti Alun-alun, Car Free Day, Pasar, Mall, pusat kota, dan sebagainya.

• Lazismu Wilayah Jawa Timur akan melaksanakan kerjasama acara dengan TV swasta (SBO-TV) membuat acara Kajian Ramadhan sebanyak 6 kali tayang setiap hari Ahad pagi dimulai pada akhir bulan April 2019. Acara ini didukung oleh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

• Lazismu wilayah Jatim memproduksi Air Demineral Lazismu sebanyak 10.000 karton setahun untuk kegiatan tasharuf, yang merupakan kerjasama maklon dengan CV Kinarya Berkah Abadi (produsen air Q-Mas M) Malang. Air Lazismu ini didukung dan didistribusikan seluruh Lazismu Daerah / KLL se-Jatim untuk kegiatan tasharuf mustahik dan yatim-piatu di bulan Ramadhan, Syawwal dan Dzulhijjah 1440 H. Setiap Lazismu Daerah berkontribusi minimal 50 dos di bulan Ramadhan dan 20 dos per bulan diluar bulan Ramadhan.

• Membuka Posko Mudikmu Aman pada H-4 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H di 10 titik (8 Daerah), antara lain :

  • Ngawi (Gedung Dakwah PDM dan Mantingan),
  • Madiun Kab/kota (Masjid Ar-Rohmah),
  • Kota Mojokerto (Ruko By Pass),
  • Kabupaten Malang (Perbatasan Sumber Pucung dan Masjid al-Islah Lawang),
  • Tuban (Bancar),
  • Lamongan (Moropelang Babat),
  • Kota Pasuruan (Pondok Tahfidz),
  • Jember (Klinik ar-Rahmah Bangsalsari).

• Melaksanakan kegiatan Tour Donasi Kemanusiaan dengan menghadirkan 2 orang Syeikh asal Palestina di Jawa Timur terutama di Gresik/Lamongan, Surabaya, Sidoarjo dan beberapa kabupaten dan kota lainnya.

• Sinergi dengan Majelis Tabligh (PWM dan PDM) se-jawa Timur berupa program Mubaligh Filantropi berupa kegiatan pembekalan 400 Mubaligh Muhammadiyah se-Jatim pada tanggal 20 April 2019. Setiap Lazismu Daerah berkontribusi sebanyak 10 jas bagi Mubaligh Daerah masing-masing atau Rp. 1,5 juta.

• Peningkatan kualitas dan kuantitas pelaksanaan Qurban Bersama Untuk Sesama berupa produksi dagin Qurban dalam kemasan kornetmu dan rendangmu, dengan target produksi bisa meningkat dua kali lipat dibanding tahun 1439 H/2018 M. Biaya dan harga hewan qurban akan ditentukan kemudian.

Sebelum pembahasan inti, Rakorsus didahului dengan acara Pembukaan yang diisi dengan sambutan oleh M. Masyhud (Ketua PDM Sidoarjo) selaku tuan rumah, Zainul Muslimin (Ketua Lazismu Jatim) dan Rizaludin Kurniawan mewakili Badan Pengurus Lazismu Pusat. Setelah pembukaan sesi materi penguatan kelembagaan Lazismu disampaikan pula oleh Rizaludin Kurniawan yang juga Direktur Fundraising Lazismu Pusat.

Nah, semoga Ramadhan kali ini semakin berkah dan mencerahkan. (Adit)

Menanti Ramadhan Nan Penuh Berkah, Saatnya Kita Bersiap Diri

Insya Allah 1 Ramadhan 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019 Miladiyah. Itulah awal kita melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh berkah, didalamnya terdapat berkah, ampunan dan pembebasan dari belenggu dan tipudaya syaitan yang terkutuk.

Oleh karena itu hendaknya kita menggunakan momentum Ramadhan ini untuk perbaikan diri agar kehidupan beragama dan berbangsa ini dapat tercerahkan. Selain  itu Ramadhan juga berfungsi sebagai pencerah bagi ummat untuk meningkatkan kualitas spiritual, kepedulian sosial, pemberdayaan dan solidaritas kemanusiaan.

Pada Ramadhan tahun ini Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) kembali hadir dengan program-program aksi bersama untuk sesama, yang bertemakan “RAMADHAN MENCERAHKAN”. Program ini pertama, diharapkan dapat menjadi pencerah bagi setiap muslim untuk beribadah secara sempurna sehingga hati, pikiran, sikap dan tindakan disinari oleh nilai-nilai Islam yang luhur. Dengan kata lain bagaimana beragama yang mencerahkan mampu menjadi penuntun kehidupan kaum muslim.

Kedua, diharapkan bulan Ramadhan tidak hanya menjadi bulan ritual saja oleh ummat Islam, tetapi mampu menjadi alat perubahan untuk dapat berubah kebiasaan kurang baik atau buruk menjadi kebiasaan yang mencerahkan. Maka sangat penting agar bulan ramadhan menjadi momentum agar menjadi agent of change yang merubah orang menjadi baik secara utuh.

Di bulan suci Ramadhan tingkat spiritualitas seorang muslim digembleng agar meningkat kualitasnya. Kepedulian sosialnya ditempa agar menjadi manusia yang gemar membantu dan ringan tangan untuk menolong sesama. Solidaritas kemanusiaannya dirangsang agar menjadi manusia yang peduli terhadap penderitaan orang lain.

Maka dengan semangat Ramadhan Mencerahkan menjadi spirit bagi kaum muslimin untuk berfikir, berbuat dan melakukan tindakan sesuai dengan ajaran Islam yang mencerahkan.

Oleh karena itu menjelang bulan Ramadhan tahun ini Lazismu mengajak kaum muslimin untuk bersiap diri lahir dan batin untuk memasuki ke dalam bulan nan penuh berkah, rahmat dan ampunan dengan sepenuh hati dan segenap jiwa. Tekad “Ibadah Non Stop Sedekah All Out” harus menjiwai kaum muslimin guna mencapai kegemilangan di bulan Rramadhan.

Pada bulan Ramadhan 1440 Hijriyah ini Lazismu hadir dengan program-program yang mengajak kaum muslimin untuk bersama-sama saling membantu dan tolong menolong sebagai konsekuensi logis komitmen menjalankan misi Ramadhan yang mencerahkan bagi umat. Program-program Ramadhan 1440 Hijriyah Lazismu Jawa Timur, antara lain :

Kaum muslimin dapat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqohnya melalui Lazismu sebagai kepedulian bagi sesama. Kami menyediakan rekening untuk transfer donasi, antara lain :

REKENING ZAKAT

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 810 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7663 010 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat

REKENING INFAQ

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 820 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7664 020 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq

REKENING YATIM

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 141 141 a/n Lazismu Jatim Yatim

REKENING WAKAF UANG

  • Bank Mu’amalat No. 7725 050 000 000 000 a/n Waqaf LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
 Atau melalui transfer ke rekening Virtual Account (VA) Lazismu wilayah pembantu Daerah Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur: >>> KLIK

Pukau Para Donatur, Malam Amal Bersama Maher Zain dan Opick Berhasil Galang Dana Rp. 1,7 Milyar Untuk Kemanusiaan

Penampilan Maher Zain dan Opick di Plaza Insan Berprestasi, gedung Kemendikbud, Jakarta pada Selasa malam (19/03/2019) berhasil memukau hadirin Pentas Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” yang diselenggarakan oleh Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Pusat. Pada kesempatan tersebut telah berhasil digalang dana sebesar Rp. 1,7 Milyar atau tepatnya Rp. 1.746.403.000,- untuk program-program kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Lazismu di seluruh Indonesia.

Tampil dengan 6 lagu yang menjadi hit-hitnya, Maher Zain penyanyi Muslim internasional itu sungguh ‘membius’ seribu hadirin yang sebagian besar adalah donatur Lazismu. Selain sebagai penyanyi Maher Zain adalah penulis lagu, dan produser musik berkewarganegaraan Swedia dan berdarah Lebanon. Ketenaran dan kepopuleran Maher Zain mampu menjadi magnit bagi kegiatan penggalangan dana kemanusiaan di tanah air.

Pentas Malam Amal Kemanusiaan Lazismu diawali dengan penampilan artis nasional, Indah Dewi Pertiwi dengan beberapa lagu yang populer di kalangan kaum Muslim. Konser berlanjut dengan lagu-lagu hit Maher Zain seperti Ya Nabi Salam Alayka, InsyaAllah, Thank You Allah dan sebagainya.

Malam Amal yang merupakan kerja bareng Lazis Muhammadiyah (Lazismu) dengan Salam Charity dan Qupro itu benar-benar semakin meriah dan bersemangat dengan tampilnya Opick bersama beberapa lagunya dan aksi penggalangan dana kemanusiaan. Opick begitu bergairah dan berapi-api mengajak dan menyerukan para hadirin untuk memberikan donasinya bagi program-program kemanusiaan yang disokong oleh Lazismu. Dalam 30 menit aksinya Opick telah berhasil mencatat donasi dari para hadirin sebesar Rp. 1,7 Milyar.

Menurut Hilman Latief, Ketua BP Lazismu Pusat, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk program kemanusiaan di Palu, Selat Sunda, Sentani-Papua dan berbagai daerah di Indonesia yang tertimpa musibah bencana alam. (Adit/foto: LambangSB).

 

 

Peduli Kemanusiaan, Lazismu Gelar Malam Amal Bersama Maher Zain, Opick dan Mulan Jameela

Beberapa bulan terakhir Indonesia mengalami musibah besar berupa bencana alam beruntun dibeberapa daerah yang menyebabkan banyak korban jiwa, hilangnya harta benda dan rusaknya berbagai fasilitas umum. Gempa bumi di Lombok, gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah serta tsunami di Selat Sunda, lalu banjir di berbagai daerah, menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi warga yang terdampak bencana. Hilangnya keluarga dan sanak saudara serta harta benda membuat penderitaan semakin dalam sehingga mereka layak mendapat bantuan dan uluran tangan kita demi keberlangsungan kehidupan yang akan datang.

Oleh karena itu guna menghimpun dana dan simpati dari masyarakat luas, Lazismu akan menggelar Konser Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” menghadirkan artis internasional dan nasional. Konser akan digelar pada hari selasa tanggal 19 Maret 2019 malam, mulai pk. 18.30 WIB, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Hadir dan tunjukkan kepedulian Anda dalam: Konser Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” Lazismu bersama Maher Zain, Opick Tombo Ati dan Mulan Jameela.

Untuk bisa berpartisipasidapatkan kupon donasinya senilai Rp. 300,000,- sebagai tanda masuk ke ruang acara. Hubungi nomor panitia :

  • Hafiz: 0852-1649-6732 (WA)
  • Edi: 0812-8392-9000
  • Lya: 0813-13-200-900

Presented by: Lazismu Pusat
Organized by: Qupro.idn

Meningkatkan Kapasitas Amil Agar Semakin Dinamis Berkiprah Mengelola Media Kekinian

Perkembangan teknologi dan dinamika kehidupan masyarakat harus senantiasa direspon oleh para Amil, khususnya Amil Lazismu, termasuk dalam mengelola media kekinian seperti media digital guna mendukung kesuksesan kegiatan fundraising.

Gemilang fundraising 2019 yang digencarkan oleh Lazismu wilayah Jawa Timur (Jatim) tentu harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas yang memadai, khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) para Amil Lazismu. Menyadari hal itu Lazismu wilayah Jatim pada hari Sabtu 23 Februari 2019 menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Filantropi bidang Visual.

Sebanyak 43 orang peserta yang merupakan Amil Lazismu dari berbagai Daerah di Jawa Timur, khususnya staf dan relawan di bidang media memadati ruang pertemuan di Gedung Muhammadiyah Jatim, di Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya. Selama sehari mereka menimba ilmu tentang wawasan media di era kekinian, jurnalistik penulisan, teknik pengambilan gambar secara visual dan editing, oleh para instruktur yang mumpuni di bidangnya.

Pelatihan ini menghadirkan para narusmber yang mumpuni di bidangnya diantaranya Budi Suryanto (Business Accelerating / founder Narana Business Group), Nurfatoni (Pimred portal pwmu.co), Faishol Taselan (Praktisi Media TV) dan dipandu oleh Muhammad Masrukh (Wakil Sekretaris Lazismu Jatim). Selain itu juga hadir Fajar Arifianto Isnugroho (Sham-FM/dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi AWS) dan Nurrudin (Editor pwmu.tv) guna memberikan tambahan ilmu kepada para peserta.

Diharapkan sepulang dari pelatihan mereka bisa membuat video-video berdurasi pendek tentang kegiatan filantropi terutama fundraising dan program pentasharufan di Daerah masing-masing. Kemudian video pendek itu diunggah ke media sosial atau media online agar dapat ditonton oleh pemirsa di dunia maya. Selain itu mereka juga bisa menulis berita dan informasi suatu aktivitas semudah bercerita. (Adit).

  

Partisipasi Ambulan Lazismu Surabaya Dalam Sharing Aksi dan Ilmu “Ambulance Operation : Lifting Moving”

 

Sharing Action dan berbagi pengalaman senantiasa dilakukan oleh para relawan kebencanaan dan kemanusiaan yang tergabung dalam SRPB (Serikat Relawan Penanggulangan Bencana) Jawa Timur. Pada hari ahad pagi 16 Desember 2018 para relawan itu berkumpul di gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur guna sebuah kegiatan Arisan Ilmu bertajuk “Ambulance Operation : Moving Lifting”.

Pemateri utama dalam kegiatan itu adalah Mukhammad Fathoni, S.Kep, MNS, dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Malang. Dalam kesempatan itu Lazismu kota Surabaya juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan 1 unit mobil Ambulan yang dipandu oleh Tazmo Dicky Sulaiman.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para relawan tentang pengoperasian mobil ambulan dalam kondisi kegawat daruratan bencana alam dan musibah lainnya. Para relawan diharapkan dapat memberikan pertolongan kepada korban bencana dan kecelakaan dengan menggunakan mobil ambulan dan mengevakuasinya ke tempat yang aman atau ke rumah sakit.

Hamid, direktur BAZNAS provinsi Jatim sebagai koordinator acara menghargai partisipasi MDMC dan Lazismu kota Surabaya dalam kegiatan sharing ilmu dan aksi ini. Hamid mengharapkan agar kegiatan ini dapat menjadi jembatan amal bagi semua pihak yang turut berpartisipasi mengingat manfaatnya dapat dirasakan bagi peningkatan kapasitas bagi para relawan yang ada di Jawa Timur. (Adit).

Rakernas di Yogyakarta Guna Penguatan Akuntabilitas Untuk Lazismu Berkemajuan

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Amil Zakat infaq dan shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) sore hari ini, 7 Desember 2018, secara resmi dibuka oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir, di pelataran Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kegiatan tahunan ini diselenggarakan dalam rangka mengevaluasi kenierja dan capaian Lazismu selama tahun 2018 dan menyusun program dan anggaran tahun 2019.

Rakernas yang dilaksanakan selama 3 hari, yakni mulai 7 hingga 9 Desember 2018 ini dihadiri oleh sekitar 150 orang peserta, utusan Lazismu wilayah se Indonesia dan Lazismu daerah yang diundang khusus oleh Lazismu Pusat. Selain Rakernas juga dilaksanakan kegiatan Amil Camp yang diikuti sekitar 200 Amil Lazismu seluruh Indonesia. Kedua acara tersebut ditempatkan di Sambi Resort, kawasan Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hilman Latief Ketua Lazismu Pusat mengucapkan selamat datang kepada para peserta Rakernas dan Amil Camp. Sesuai dengan tema Rakernas yaitu Penguatan Akuntabilitas Untuk Lazismu Berkemajuan, Hilmana berharap agar acara ini dapat lebih meningkatkan kapasitas dan wawasan para Amil dan Pengurus Lazismu tentang mengelola lembaga Amil Zakat di era milenial ini. Para Amil dan Pengurus Lazismu di seluruh Indonesia juga diharapkan dapat melakukan penguatan-penguatan terutama setelah acara ini dan kembali ke daerahnya masing-masing.

Sementara itu Ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Haedar Nashir menyambut gembira bahwa pada Rakernas kali ini Lazismu telah menunjukkan pertumbuhan dan kemajuan yang luar biasa. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa LAZISMU mampu menjadi Driving force atau kekuatan pendorong bagi gerakan kedermawanan di Muhammadiyah di masa kini.

Menurutnya, Muhammadiyah secara alamiah tumbuh menjadi besar dan berkembang Amal Usahanya berkat Zakat, Infaq dan shodaqoh. Namun kini perubahan zaman telah mengharuskan Muhammadiyah agar pengelolaan dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh lebih profesional lagi dengan hadirnya lembaga Zakat.

Pada acara pembukaan itu Lazismu juga memberikan penghargaan (Award) kepada beberapa Wilayah dan Daerah atas prestasinya dalam menggerakkan Lazismu di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Ini sebagai upaya Lazismu dalam meningkatkan semangat para Amil di wilayah dan daerah untuk dapat ber-fastabiqul khairat dalam mengelola kantor layanan di tingkat bawah serta mampu memberikan prestasi dan kinerja terbaiknya.

Selepas pembukaan, peserta diajak berkonvoi mobil Lazismu dari kampus UMY menuju ke lokasi acara di kawasan Kaliurang guna mengikuti seluruh rangkaian acara selengkapnya. (Adit).

Bersiap Untuk Audit, Lazismu se-Kawasan Tapal Kuda Gelar Workshop Keuangan

Bertempat di Hotel Transit Pasuruan, Lazismu se-kawasan Tapal Kuda mengadakan kegiatan Workshop. Workshop ini dikhususkan pada Manajemen Keuangan, sesuai dengan kebijakan Lazismu Wilayah Jawa Timut untuk memperkuat bidang itu dalam rangka persiapan audit eksternal.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat sampai dengan Ahad, 30 November – 2 Desember 2018, dengan mendatangkan narasumber tunggal, yaitu Sabar Waluyo, SE, Instruktur Amil tingkat Nasional.

Workshop Manajemen Keuangan yang berbasis excel standart PSAK 109 ini diikuti oleh peserta dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten dan Kota Pasuruan.

Dibuka oleh Ustadz Drs. Abu Nasir M.Pd.I, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pasuruan, dalam sambutannya ia mengatakan, “Suka tidak suka, mau tidak mau, Lazismu akan memasuki industri 4.0 karena itu harus siap”.

Ahmad Ridho Pambudi, Koordinator kegiatan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa workshop ini dilatar-belakangi oleh tekad Lazismu se-Tapal Kuda untuk menyeragamkan pembukuan yang auditable.

Pada hari pertama, diisi dengan prinsip-prinsip dasar akuntansi keuangan zakat, infaq, dan materi ke-Amilan. Sedangkan pada hari kedua, mulai pagi sampai malam hari, diisi dengan latihan mengisi form-form keuangan dari data yang dimiliki masing-masing daerah.

Dengan model seperti itu diharapkan setiba di daerah masing-masing peserta sudah bisa langsung mengaplikasikan materi Workshop. Yang lebih penting lagi, pada tahun 2019, Lazismu Daerah se Koordinator Tapal Kuda telah siap dengan pembukuan keuangan yang terstandardisasi. (Rd).