Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 17 October 2019
Breaking News
You are here: Home » Even Khusus

Category Archives: Even Khusus

Jalin Hubungan Silaturrahim, Lazismu Jatim Kunjungi PPZ-MAIWP di Kuala Lumpur Malaysia

Menjalin silaturrahim, bertukar informasi dan wawasan tentang dunia perzakatan penting dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan saling pengertian terlebih bagi Lembaga Amil Zakat kedua negara, antara Indonesia dan Malaysia.

Senin pagi tanggal 7 Oktober 2019, Badan Pengurus Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) wilayah Jawa Timur (Jatim) mengadakan kunjungan atau lawatan ke Pusat Pungutan Zakat (PPZ) Majelis Agama Islam Wilayah Persekutuan (MAIWP) Malaysia, di Dataran Shamelin Kuala Lumpur.

Kunjungan Badan Pengurus Lazismu Jatim berjumlah 9 orang bersama staf 1 orang pagi itu di gedung Wisma PPZ diterima oleh puan Nur Haliza Abdul Rahman selaku Pengurus Bahagian CSR dan Hubungan Internasional PPZ MAIWP Malaysia beserta team PPZ.

Kunjungan Lazismu yang dipimpin oleh Ketua Lazismu wilayah Jatim drh Zainul Muslimin ini dalam rangka untuk mengetahui dari dekat tentang pengelolaan Zakat khususnya di PPZ MAIWP Kuala Lumpur Malaysia. Sebagai saudara serumpun dengan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia dan Malaysia mempunyai berbagai kesamaan meliputi budaya dan bahasa. Demikian pula dengan permasalahan tentang dunia perzakatan kedua negara memiliki beberapa peramasalahan yang sama pula walau berbeda nuansanya.

Disamping itu Lazismu ingin menggali berbagai informasi dan inspirasi terutama program-program PPZ yang menarik untuk dijalankan di wilayah Jawa Timur. Tidak menutup kemungkinan di masa depan dijalin hubungan kerjasama yang konkrit bagi kedua lembaga berbeda negara mengenai program-program di bidang zakat.

Pada sesi awal diberikan penjelasan oleh puan Nur Haliza tentang keberadaan PPZ-MAIWP sebagai Lembaga Amil Zakat resmi yang beroperasi di wilayah Federal (Persekutuan) Malaysia, yaitu Kuala Lumpur, Putra Jaya dan Labuan. PPZ sendiri adalah lembaga Amil Zakat profesional yang dikelola secara corporate dengan badan hukum swasta bernama Harta Suci, Sdn. Bhd.

Tugas PPZ-MAIWP hanyalah mengumpulkan, memungut dan memberikan penyadaran tentang zakat saja terhadap warga Muslim Malaysia di wilayah Federal (Persekutuan). Untuk wilayah negara bagian (negeri) lainnya memiliki lembaga atau badan Amil zakat dengan otoritas sendiri-sendiri di bawah Sultan negeri (negara bagian).

Sedangkan untuk pentasharufan (penyaluran) dan pengelolaan dana Zakat dilakukan oleh lembaga lain, yaitu Baitul Maal Malaysia dan Yayasan Taqwa. Semua lembaga-lembaga itu berada di dalam Majelis Agama Islam Wilayah Persekutuan (MAIWP) di bawah Parlimen atau Perdana Menteri Malaysia.

Pada sesi kedua dilakukan dialog dan saling bertukar informasi antara kedua lembaga zakat mengenai operasional lembaga, informasi regulasi dan otoritas zakat kedua negara dan program-program PPZ yang menginspirasi, seperti mobile zakat, CSR khaira (transformasi mustahik ke Muzaki), kafalah, layanan dakwah komunitas dan kafalah kematian bagi Muzaki dan sebagainya.

Dialog juga sempat membahas bagaimana kerjasama di bidang zakat pada kedua lembaga guna menangani permasalahan hidup dan kesusahan yang dialami oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Malaysia. Para TKI di luar negeri sebagian besar menghadapi permasalahan hidup yang berat di luar negeri dan hampir sama dengan para mustahik di tanah air sehingga perlu mendapatkan perhatian.

Pada akhir acara seperti biasa pada umumnya dilakukan penyerahan cenderahati (cenderamata) dan beramah mesra (beramah tamah) serta bersesi foto bersama. (Adit).

Melejitkan Aksi Fundraising Kaum Millenial di Jalur Digital

Dunia saat ini dimarakkan dengan berkembangnya teknologi di bidang digital. Kehidupan kaum millenial pun tak lepas dari kemajuan teknologi terkini yang serba digital terutama semakin meluasnya penggunaan smart phone di segala bidang. Semua kebutuhan saat ini bisa diakses hanya dalam genggaman tangan dan sentuhan jari jemari.

Demikian dengan kegiatan bersedekah dan melakukan aksi kedermawanan atau filantropi tak lepas dari teknologi digital. Berzakat, berinfaq dan bersedekah pun dilakukan secara digital melalui hand phone masing-masing orang.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang berkemajuan, Lazismu tak ketinggalan untuk mengupdate dinamika dan perkembangan kehidupan insan masa kini yang semakin dinamis, progresif dan serba cepat. Oleh karena itu Lazismu memfasilitasi masyarakat terutama ummat Islam untuk beramal secara digital melalui laman platform www.matahatimu.org dan www.lazismu.org yang bisa diakses secara mudah dan cepat. Melalui media ini kegiatan fundraising bisa dilakukan dengan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

Guna menindaklanjuti hal itu Lazismu Pusat melakukan ‘roadshow’ untuk meningkatkan kapasitas Amil dalam dunia digital. Setelah Lazismu wilayah Jawa Barat, kini wilayah Jawa Timur menjadi target percepatan dalam urusan digital fundraising. Diselenggarakanlah WORKSHOP DIGITAL FUNDRAISING, dengan tema Melejitkan Aksi Fundraising Amil Millenial di Jalur Digital.

Acara yang diperuntukkan bagi Amil Lazismu Daerah se-Jawa Timur, khususnya bidang media dan fundraising ini dilaksanakan di Hall Gedung Pimpinan Wilaya Muhammadiyah Jatim di Kertomenanggal Surabaya, pada hari Jumat-Sabtu tanggal 13-14 September 2019. Pesertanya 47 orang se-Jatim termasuk 2 orang Amil baru dari Jembrana Bali.

Bertindak sebagai instruktur dari Lazismu Pusat, yaitu: Joko Intarto, Anggota Badan Pengurus, Rizaludin Kurniawan Direktur Fundraising, Muhammad Furqon dan Argo Wibowo selaku staf Digital Media. Materi yang diberikan keapda peserta meliputi Jurnalisme Filantropi Kemanusiaan, Fundamental Fundraising, Digital Fundraising dan Digital Marketing serta praktik aktivasi website fundraising.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, drh. Zainul Muslimin mengharapkan agar workshop ini mampu melejitkan penghimpunan ZIS di seluruh kantor Lazismu Daerah se-Jawa Timur. Dengan hasil penghimpunan yang melesat menjadikan Lazismu mampu menjadi problem solving bagi masyarakat, sehingga dapat menjadi Lembaga Amil Zakat yang semakin terpercaya dan senantiasa berada di hati umat. (Adit).

Mudikmu Aman, Semoga Menyenangkan dan Selamat Sampai di Tujuan

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi ummat Islam di Indonesia sejak dahulu. Moment silaturrahmi ini merupakan mobilitas manusia dengan menggunakan kendaraan bermotor dan angkutan umum yang luar biasa besar yang menempuh jarak dekat maupun jauh menjelang Hari Raya Idul Fitri. Begitu pun arus baliknya.

Memasuki musim mudik lebaran 1440 Hijriyah, Lazismu meluncurkan program Posko Mudikmu Aman. Dengan mengusung motto “Mudikmu Aman Selamat Sampai di Tujuan” posko ini berjumlah 30 titik lokasi se-Jawa. Posko-posko Mudikmu Aman Lazismu tersebut disiapkan sebagai tempat peristirahatan buat para pemudik di tengah perjalanan mudik ke kampung halaman guna merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 1440 Hijriyah.

Titik-titik posko Mudikmua itu terdapat di jalur mudik Lebaran mulai dari Banten, yaitu Merak, Cikampek, Rancaekek, Purwokerto Kebumen, Magelang, Wonosobo, Purbalingga, Temanggung, Cirebon, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Tegal, Ngawi, Madiun, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Malang, Pasuruan, hingga Jember, Jawa Timur.

Di Posko Mudikmu Aman Lazismu ini para pemudik dapat beristirahat dengan tenang dan rileks sambil menikmati layanan kesehatan dan fasilitas lainnya. Para pemudik bisa pula beristirahat sambil menikmati takjil. Juga bisa mengisi energi alias charge telepon selulernya agar bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar.
Harapannya dengan hadirnya Posko MudikMu Aman Lazismu ini membuat perjalanan mudik pulang kampung masyarakat menjadi aman, nyaman dan menyenangkan. (Ad).

Berbagi Kado Ramadhan Bagi Warga Dhuafa, Lansia, Guru Ngaji dan Marbot Masjid

Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kantor Layanan Lazismu (KLL) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) membagikan 150 paket Kado Ramadhan. Tepatnya pada hari Sabtu siang ba’da dhuhur, tanggal 1 Juni 2019, penyerahan Kado Ramadhan dilaksanakan di ruangan Masjid al-Badar Jl. Kertomenanggal IV Surabaya.

Ke-150 paket Kado Ramadhan tersebut khusus diperuntukkan bagi warga dhuafa, petugas keamanan dan Merbot Masjid di kawasan Kertomenanggal Surabaya, Guru Ngaji TPQ di Sidoarjo (komunitas At-Tajdid) dan warga Lanjut usia di kawasan desa Masangan, Sukodono, Sidoarjo.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Lazis Muhammadiyah Jawa Timur, drh Zainul Muslimin dan Purwadji, Takmir Masjid al-Badar. Sebelumnya, acara didahului dengan tausiyah agama yang bertema motivasi diri meraih kesuksesan ramadhan oleh ustadz Munahar dari Majelis Tabligh PWM Jatim.

Walau acara berlangsung sangat sederhana dan singkat tak mengurangi nilai silaturrahim yang terjalin dan suasana gembira menjelang datangnya hari kemenangan. (Ad).

Jadikan Mudikmu Aman dan Menyenangkan, Selamat Hingga ke Tempat Tujuan

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi ummat Islam di Indonesia sejak dahulu. Moment silaturrahmi ini merupakan mobilitas manusia yang luar biasa besar dengan menempuh jarak dekat maupun jauh menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Memasuki musim mudik lebaran 1440 Hijriah, Lazismu meluncurkan program Posko Mudikmu Aman di 30 titik lokasi se-Jawa. Posko Mudikmu Aman Lazismu tersebut disiapkan sebagai tempat peristirahatan buat para pemudik di tengah perjalanan mudik ke kampung halaman guna merayakan Idul Fitri tahun 1440 Hijriyah.

Titik-titik itu (sesuai dengan grafis) mulai dari Banten, yaitu Merak, Cikampek, Rancaekek, Purwokerto Kebumen, Magelang, Wonosobo, Purbalingga, Temanggung, Cirebon, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Tegal, Ngawi, Madiun, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Malang, Pasuruan, hingga Jember, Jawa Timur.

Di Posko Mudikmu Aman Lazismu ini para pemudik dapat beristirahat dengan tenang dan rileks sambil menikmati layanan kesehatan dan fasilitas lainnya. Para pemudik bisa pula beristirahat sambil menikmati takjil. Juga bisa mengisi energi alias charge telepon selulernya agar bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Harapannya dengan hadirnya Posko MudikMu Aman Lazismu ini membuat perjalanan mudik pulang kampung masyarakat menjadi nyaman dan aman. (Ad)

Berikut data posko Mudikmu Aman Lazismu 1440 H :

  1. Posko Mudikmu pelabuhan merak.
  2. Posko Mudikmu simpang jomin Cikampek-karawang
  3. Posko Mudikmu Rancaekek
  4. Posko mudikmu Paremono, Lazismu Magelang, jl Magelang- Yogjakarta
  5. Posko Mudikmu KL PCM Gombong
  6. Posko Mudikmu UM Purwokerto
  7. Posko mudikmu Pekalongan
  8. Posko MudikMu Aman KL PCM Larangan Brebes.
  9. Posko Mudikmu aman Wonosobo
  10. Posko Mudikmu Aman KL PCM Paguyangan Brebes
  11. Posko mudik mu Ngawi
  12. Posko mudikmu Madiun
  13. Posko mudikmu Mojokerto
  14. Posko mudikmu kab Malang
  15. Posko mudikmu Bancar, Tuban
  16. Posko mudikmu Lamongan
  17. Posko mudikmu kota Pasuruan
  18. Posko mudikmu Jember
  19. Lazismu Kab Pemalang.Posko Induk Di masjid Baitul Muttaqien Pesucen (jalur Pantura)
  20. Posko Randudongkal (jalur Selatan Pemalang)
  21. Posko Patung Gatot Subroto Belik (jalur selatan Perbatasan Pemalang- Purbalingga)
  22. Posko Moga (jalur salatan) Pemalang
  23. Posko mudikmu lazismu kab cirebon
  24. Posko mudikmu Lazismu kota tegal
  25. Posko Mudimu Lazismu Kebumen (Posko Induk di Muhammadiyah Islamic Center) MIC Simpang 5 Sruweng Kebumen
  26. Posko Mudikmu Lazismu Temanggung, Jl. MT. Haryono No. 76 Pandean Temanggung
  27. Posko mudikmu aman Purbalingga di Jl raya Gembong
  28. Posko MudikMu Aman KL PCM Bumiayu Brebes
  29. Posko MudikMu Aman KL PCM Ketanggungan Brebes
  30. Posko MudikMu Aman KL PCM Tonjong Brebes

Melejitkan Potensi Usaha Dengan Seminar Wirausaha Gojek-Gopay dan Lazismu pada 29 April 2019.. Ikut Yuuk !

Indonesia menjadi salah satu negara yang diproyeksikan menjadi perekonomian terbesar ke 5 di dunia pada tahun 2045, dengan berbagai faktor pendukung seperti bonus demografi, baik angkatan kerja maupun meningkatnya jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM yang merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 60 juta usaha. Sebagai negara pengguna internet terbesar, ekonomi digital menjadi kunci untuk dapat mentransformasikan potensi tersebut menjadi faktor keunggulan bangsa.

Maka, pemberdayaan ekonomi masyarakat harus memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Masyarakat harus didorong agar dapat menemukan bisnis model yang inovatif, kreatif, dan produktif namun dengan biaya yang terjangkau, serta mudah direplikasi dan diimplementasikan di kota lain.

Dengan semangat awal bahwa inovasi digital adalah langkah untuk mengembangkan ekosistem ekonomi kerakyatan, kini GO-JEK telah berhasil menghubungkan pengguna dengan lebih dari 1 juta mitra pengemudi, lebih dari 400 ribu merchant UMKM, serta lebih dari 30 ribu penyedia layanan lainnya di 167 kota dan kabupaten di Indonesia. Melalui ekosistem yang dimiliki, GO-JEK membantu UMKM memperluas pasar, menekan biaya operasional serta meningkatkan inklusi keuangan. Program GO-JEK Wirausaha merupakan salah satu bukti dari GO-JEK untuk terus menjadi pendukung pemerintah dalam mengembangkan ekonomi daerah melalui peningkatan kapasitas serta memberikan akses kepada UMKM untuk dapat menikmati layanan digital.

GO-JEK Wirausaha hadir untuk memberikan solusi terhadap berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Peningkatan kemampuan pelaku UMKM dilakukan melalui pelatihan tatap muka yang digelar selama 3 jam. Serta, peserta dapat langsung melakukan pendaftaran GO-FOOD dan GO-PAY pada saat pelatihan berlangsung. Sampai saat ini, GO-JEK Wirausaha telah melakukan 7 kali proyek percobaan di 6 kota yaitu Depok, Tangerang, Purwokerto, Bandung, Surabaya, dan Bekasi. Lebih dari 800 pelaku usaha telah mengikuti program pelatihan GO-JEK Wirausaha.

Sedangkan di Jawa Timur kegiatan serupa akan dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019, mulai pukul 08.00 WIB bertempat di Hall SMAMDA Jl. Mojopahit 666-B Sidoarjo.

Sedekah via Gopay – Gojek..

 

Menanti Ramadhan Nan Penuh Berkah, Saatnya Kita Bersiap Diri

Insya Allah 1 Ramadhan 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019 Miladiyah. Itulah awal kita melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh berkah, didalamnya terdapat berkah, ampunan dan pembebasan dari belenggu dan tipudaya syaitan yang terkutuk.

Oleh karena itu hendaknya kita menggunakan momentum Ramadhan ini untuk perbaikan diri agar kehidupan beragama dan berbangsa ini dapat tercerahkan. Selain  itu Ramadhan juga berfungsi sebagai pencerah bagi ummat untuk meningkatkan kualitas spiritual, kepedulian sosial, pemberdayaan dan solidaritas kemanusiaan.

Pada Ramadhan tahun ini Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) kembali hadir dengan program-program aksi bersama untuk sesama, yang bertemakan “RAMADHAN MENCERAHKAN”. Program ini pertama, diharapkan dapat menjadi pencerah bagi setiap muslim untuk beribadah secara sempurna sehingga hati, pikiran, sikap dan tindakan disinari oleh nilai-nilai Islam yang luhur. Dengan kata lain bagaimana beragama yang mencerahkan mampu menjadi penuntun kehidupan kaum muslim.

Kedua, diharapkan bulan Ramadhan tidak hanya menjadi bulan ritual saja oleh ummat Islam, tetapi mampu menjadi alat perubahan untuk dapat berubah kebiasaan kurang baik atau buruk menjadi kebiasaan yang mencerahkan. Maka sangat penting agar bulan ramadhan menjadi momentum agar menjadi agent of change yang merubah orang menjadi baik secara utuh.

Di bulan suci Ramadhan tingkat spiritualitas seorang muslim digembleng agar meningkat kualitasnya. Kepedulian sosialnya ditempa agar menjadi manusia yang gemar membantu dan ringan tangan untuk menolong sesama. Solidaritas kemanusiaannya dirangsang agar menjadi manusia yang peduli terhadap penderitaan orang lain.

Maka dengan semangat Ramadhan Mencerahkan menjadi spirit bagi kaum muslimin untuk berfikir, berbuat dan melakukan tindakan sesuai dengan ajaran Islam yang mencerahkan.

Oleh karena itu menjelang bulan Ramadhan tahun ini Lazismu mengajak kaum muslimin untuk bersiap diri lahir dan batin untuk memasuki ke dalam bulan nan penuh berkah, rahmat dan ampunan dengan sepenuh hati dan segenap jiwa. Tekad “Ibadah Non Stop Sedekah All Out” harus menjiwai kaum muslimin guna mencapai kegemilangan di bulan Rramadhan.

Pada bulan Ramadhan 1440 Hijriyah ini Lazismu hadir dengan program-program yang mengajak kaum muslimin untuk bersama-sama saling membantu dan tolong menolong sebagai konsekuensi logis komitmen menjalankan misi Ramadhan yang mencerahkan bagi umat. Program-program Ramadhan 1440 Hijriyah Lazismu Jawa Timur, antara lain :

Kaum muslimin dapat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqohnya melalui Lazismu sebagai kepedulian bagi sesama. Kami menyediakan rekening untuk transfer donasi, antara lain :

REKENING ZAKAT

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 810 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7663 010 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat

REKENING INFAQ

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 820 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7664 020 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq

REKENING YATIM

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 141 141 a/n Lazismu Jatim Yatim

REKENING WAKAF UANG

  • Bank Mu’amalat No. 7725 050 000 000 000 a/n Waqaf LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
 Atau melalui transfer ke rekening Virtual Account (VA) Lazismu wilayah pembantu Daerah Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur: >>> KLIK

Pukau Para Donatur, Malam Amal Bersama Maher Zain dan Opick Berhasil Galang Dana Rp. 1,7 Milyar Untuk Kemanusiaan

Penampilan Maher Zain dan Opick di Plaza Insan Berprestasi, gedung Kemendikbud, Jakarta pada Selasa malam (19/03/2019) berhasil memukau hadirin Pentas Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” yang diselenggarakan oleh Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Pusat. Pada kesempatan tersebut telah berhasil digalang dana sebesar Rp. 1,7 Milyar atau tepatnya Rp. 1.746.403.000,- untuk program-program kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Lazismu di seluruh Indonesia.

Tampil dengan 6 lagu yang menjadi hit-hitnya, Maher Zain penyanyi Muslim internasional itu sungguh ‘membius’ seribu hadirin yang sebagian besar adalah donatur Lazismu. Selain sebagai penyanyi Maher Zain adalah penulis lagu, dan produser musik berkewarganegaraan Swedia dan berdarah Lebanon. Ketenaran dan kepopuleran Maher Zain mampu menjadi magnit bagi kegiatan penggalangan dana kemanusiaan di tanah air.

Pentas Malam Amal Kemanusiaan Lazismu diawali dengan penampilan artis nasional, Indah Dewi Pertiwi dengan beberapa lagu yang populer di kalangan kaum Muslim. Konser berlanjut dengan lagu-lagu hit Maher Zain seperti Ya Nabi Salam Alayka, InsyaAllah, Thank You Allah dan sebagainya.

Malam Amal yang merupakan kerja bareng Lazis Muhammadiyah (Lazismu) dengan Salam Charity dan Qupro itu benar-benar semakin meriah dan bersemangat dengan tampilnya Opick bersama beberapa lagunya dan aksi penggalangan dana kemanusiaan. Opick begitu bergairah dan berapi-api mengajak dan menyerukan para hadirin untuk memberikan donasinya bagi program-program kemanusiaan yang disokong oleh Lazismu. Dalam 30 menit aksinya Opick telah berhasil mencatat donasi dari para hadirin sebesar Rp. 1,7 Milyar.

Menurut Hilman Latief, Ketua BP Lazismu Pusat, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk program kemanusiaan di Palu, Selat Sunda, Sentani-Papua dan berbagai daerah di Indonesia yang tertimpa musibah bencana alam. (Adit/foto: LambangSB).

 

 

Peduli Kemanusiaan, Lazismu Gelar Malam Amal Bersama Maher Zain, Opick dan Mulan Jameela

Beberapa bulan terakhir Indonesia mengalami musibah besar berupa bencana alam beruntun dibeberapa daerah yang menyebabkan banyak korban jiwa, hilangnya harta benda dan rusaknya berbagai fasilitas umum. Gempa bumi di Lombok, gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah serta tsunami di Selat Sunda, lalu banjir di berbagai daerah, menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi warga yang terdampak bencana. Hilangnya keluarga dan sanak saudara serta harta benda membuat penderitaan semakin dalam sehingga mereka layak mendapat bantuan dan uluran tangan kita demi keberlangsungan kehidupan yang akan datang.

Oleh karena itu guna menghimpun dana dan simpati dari masyarakat luas, Lazismu akan menggelar Konser Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” menghadirkan artis internasional dan nasional. Konser akan digelar pada hari selasa tanggal 19 Maret 2019 malam, mulai pk. 18.30 WIB, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Hadir dan tunjukkan kepedulian Anda dalam: Konser Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” Lazismu bersama Maher Zain, Opick Tombo Ati dan Mulan Jameela.

Untuk bisa berpartisipasidapatkan kupon donasinya senilai Rp. 300,000,- sebagai tanda masuk ke ruang acara. Hubungi nomor panitia :

  • Hafiz: 0852-1649-6732 (WA)
  • Edi: 0812-8392-9000
  • Lya: 0813-13-200-900

Presented by: Lazismu Pusat
Organized by: Qupro.idn

Meningkatkan Kapasitas Amil Agar Semakin Dinamis Berkiprah Mengelola Media Kekinian

Perkembangan teknologi dan dinamika kehidupan masyarakat harus senantiasa direspon oleh para Amil, khususnya Amil Lazismu, termasuk dalam mengelola media kekinian seperti media digital guna mendukung kesuksesan kegiatan fundraising.

Gemilang fundraising 2019 yang digencarkan oleh Lazismu wilayah Jawa Timur (Jatim) tentu harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas yang memadai, khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) para Amil Lazismu. Menyadari hal itu Lazismu wilayah Jatim pada hari Sabtu 23 Februari 2019 menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Filantropi bidang Visual.

Sebanyak 43 orang peserta yang merupakan Amil Lazismu dari berbagai Daerah di Jawa Timur, khususnya staf dan relawan di bidang media memadati ruang pertemuan di Gedung Muhammadiyah Jatim, di Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya. Selama sehari mereka menimba ilmu tentang wawasan media di era kekinian, jurnalistik penulisan, teknik pengambilan gambar secara visual dan editing, oleh para instruktur yang mumpuni di bidangnya.

Pelatihan ini menghadirkan para narusmber yang mumpuni di bidangnya diantaranya Budi Suryanto (Business Accelerating / founder Narana Business Group), Nurfatoni (Pimred portal pwmu.co), Faishol Taselan (Praktisi Media TV) dan dipandu oleh Muhammad Masrukh (Wakil Sekretaris Lazismu Jatim). Selain itu juga hadir Fajar Arifianto Isnugroho (Sham-FM/dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi AWS) dan Nurrudin (Editor pwmu.tv) guna memberikan tambahan ilmu kepada para peserta.

Diharapkan sepulang dari pelatihan mereka bisa membuat video-video berdurasi pendek tentang kegiatan filantropi terutama fundraising dan program pentasharufan di Daerah masing-masing. Kemudian video pendek itu diunggah ke media sosial atau media online agar dapat ditonton oleh pemirsa di dunia maya. Selain itu mereka juga bisa menulis berita dan informasi suatu aktivitas semudah bercerita. (Adit).