Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Monday , 20 May 2019
Breaking News
You are here: Home » Dakwah

Category Archives: Dakwah

Safari Dakwah Imam dari Palestina Untuk Tingkatkan Ukhuwah dan Solidaritas Plus Galang Dana di Jatim

Dua orang Imam dari Gaza, Palestina yaitu Ahmed Saleem Sulaiman Abu Anza dan Yahya Mohammad al-Shafei akan menjadi duta Lazismu wilayah Jawa Timur dalam Tour Safari Dakwah di berbagai Masjid di Jawa Timur. Keduanya akan melaksanakan safari untuk meningkatkan solidaritas dan ukhuwah serta menggalang dana untuk perjuangan rakyat Palestina.

Selama 25 hari, mulai tanggal 5 hingga 30 Mei 2019, mereka akan berkeliling masjid di berbagai daerah kota dan kabupaten di Jawa Timur, khusunya mengisi momen kegiatan Shilat Tarawih dan Sholat Subuh. Berikut ini Jadwalnya :

Khusus Gresik / Lamongan:

Sambut Ramadhan Bagikan Kurma dan Air Minum untuk Takjil ke Takmir Masjid Muhammadiyah di Kabupaten Probolinggo

Prof. Dr. Thohir Luth, MA. menyerahkan secara simbolis program Takjil Lazismu kepada 10 takmir Masjid Muhammadiyah se-Kabupaten Probolinggo. Penyerahan itu dilakukan saat pra acara Pengajian Sang Surya ke-2 di Hall Lila Catering, kawasan kabupaten Probolinggo (5/05/19).

Ketua Dewan Syari’ah Lazismu Jawa Timur saat mau menyerahkan pada perwakilan takmir masjid tersebut mengatakan, “Lazismu harus dibesarkan. Lazismu sepenuhnya bekerja untuk membesarkan Muhammadiyah”

Dalam program takjil yang terdiri atas kurma dan air minum demineral, Lazismu Kabupaten Probolinggo berhasil mengumpulkan 100 kg kurma dan 360 box air minum berbranding Lazismu.

Ahmad Ridho Pambudi Ketua Lazismu Kabupaten Probolinggo mengatakan, “Program kurma dan air LAZISMU, di Kabupaten Probolinggo berhasil kumpulkan 100 kg kurma dan 360 box air demineral LAZISMU untuk ditasharufkan kepada yang berhak menerima. Target kami 100 kg kurma dan 300 box air LAZISMU”. (Kung)

Tarhib Ramadhan, Mengajak Ummat Islam di Malang Raya Melaksanakan Amal-Ibadah Terbaik pada Bulan Nan Mencerahkan

Agenda ahad pagi 28 April 2019, Lazismu kota Malang menggelar Tarhib Ramadhan di kota sejuk itu. Aksi ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah yang akan jatuh pada tanggal 6 Mei 2019.

Menurut Anas Yusuf, Wakil Ketua Lazismu kota Malang, kegiatan bertempat di Car Free Day (CFD) Area Jl. Ijen kota Malang. Acara ini adalah sebagai momentum untuk pengingat akan datangnya bulan suci Ramadhan kepada masyarakat, terlebih warga di Malang Raya. Bersama dengan kalangan lainnya, seluruh Pengurus, Pelaksana dan Relawan Lazismu kota Malang turun ke jalan guna mengkampanyekan Giat Ramadhan 1440 Hijriyah.

Terkait hai ini Lazismu mengajak segenap ummat Islam untuk mempersiapkan diri guna melaksanakan ibadah puasa dan amal ibadah lainnya secara maksimal di bulan Ramadhan.

Salah satu amal ibadah yakni berinfaq, sedekah, dan menunaikan zakat. Berbagai program selama bulan Ramadhan 1440 H juga telah disiapkan oleh Lazismu guna membantu masyarakat menyemarakkan bulan Ramadhan dengan ibadah yang terbaik.

Program-program Lazismu kota Malang, diantaranya adalah : Paket sembako, paket Takjil berbuka puasa bareng bersama yatim dhuafa’, School Kit, dan Peduli Guru Ngaji.

Mari ikut berkontribusi bersama Lazismu untuk Beraksi Bersama Bagi Sesama, Memberi untuk Negeri. (Adit).

Sedekah mudah via QR GOPAY

Rekening Bank Mualmalat Indonesia (BMI) dan Bank Syariah Mandiri (BSM)

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 05 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Malang
BMI 76630 1 05 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kota Malang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 05 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Malang
BMI 76640 2 05 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kota Malang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 05 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Malang
BMI 76650 3 05 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kota Malang
QURBAN BMI 77250 4 05 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kota Malang

Sinergi Lazismu dan Majelis Tabligh Muhammadiyah Guna Mengajak Ummat All Out Beramal Sholeh di Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah

Sinergi antara Lazismu sebagai Lembaga Amil Zakat dan Majelis Tabligh Muhammadiyah selaku koordinator para Mubaligh di Jawa Timur terus dilakukan. Salah satunya adalah kerja bareng dalam bidang dakwah dan filantropi.

Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur (Jatim) dalam Rapat Kerja Wilayah Ketiga (Rakerwil-3), Sabtu 20/04/2019 telah menekadkan diri untuk menjadi salah satu pilar gerakan dakwah Islam Amar Ma’rif Nahi Munkar Muhammadiyah yang mencerahkan ummat. Rakerwil-3 Majelis Tabligh yang diikuti oleh 350 Mubaligh Muhammadiyah se Jatim itu dibuka oleh Ketua PWM Jatim Dr. M. Saad Ibrahim, MA.

Menurut M. Sholihin Fanani, Ketua Majelis Tabligh PWM Jawa Timur beberapa program dibangun dan dimantapkan bersama seluruh Mubaligh dari Jawa Timur antara lain pembentukan kelembagaan dan penetapan metode pengajaran Lembaga Pengembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an (LPTPA) Muhammadiyah. Program penting lainnya adalah peningkatan peran dan kapasitas Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) di seluruh Jawa Timur. Dengan didukung peta dakwah yang telah tersusun diharapkan peran Mubaligh dalam berdakwah di masyarakat luas dapat lebih tertata, terarah dan terukur.

Program sinergi juga dibangun intens bersama Lazis Muhammadiyah (Lazismu). Programnya berupa Gerakan Dakwah Mubaligh bergiat mensyiarkan sadar berzakat, berinfaq dan bershodaqoh (ber-ZIS) selama bulan suci Ramadhan tahun 1440 Hijriyah ini. Para Mubaligh Muhammadiyah se-Jatim berkewajiban untuk menyampaikan materi tentang keutamaan dan kesadaran ummat dalam ber-ZIS ketika berceramah di bulan Ramadhan.

Atas kerja sinergi tersebut Lazismu Jatim telah menyiapkan 400 jas khusus yang akan dipakai oleh para Mubaligh Muhammadiyah berdakwah di bulan  Ramadhan. Pemakaian seragam secara simbolis bagia para Da’i dilakukan oleh Ketua PWM dan Ketua Lazismu Jatim, drh. Zainul Muslimin.

Selain itu Lazismu dan Majelis Tabligh juga berkomitmen untuk mengirimkan para da’i yang berdakwah di daerah atau kawasan terluar dan terpencil selama bulan Ramadhan. Pengiriman para ‘Mujahid Fisabilillah’ itu juga didukung dengan fasilitas bagi Da’i yang bertugas. (Adit).

 

Mari Kita Bantu Tuntaskan Pembangunan Masjid Daerah Minoritas Muslim di Flores Timur, NTT

Pembangunan Masjid al-Munawwaroh di desa Lohayong II Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memasuki bulan kesembilan, sejak dimulai pada pertengahan tahun 2018. Namun demikian pembangunan Masjid di kawasan minoritas Muslim terpencil di Flores ini belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai dan berdiri megah.

Masjid yang membutuhkan anggaran dana sebesar Rp. 2,6 Milyar ini mencapai progres 70% padahal sudah berjalan lama. Tentunya permasalahan kekurangan dana dan material menjadi penyebab terhambatnya penyelesaian pembangunan Masjid.

Masjid ini harus berdiri megah karena merupakan kebanggaan ummat Islam yang minoritas di tengah kepungan mayoritas kaum Nasrani yang sangat kuat. Dengan pembangunan dan pemugaran masjid al-Munawwaroh ini diharapkan aktifitas peribadatan dan dakwah Islam, khususnya di Flores Timur NTT dapat berjalan dengan semarak.

Oleh karena itu mari kita bersama tuntaskan pembangunan Masjid al-Munawwaroh di desa Lohayong II Kecamatan Solor Timur – Kabupaten Flores Timur – Nusa Tenggara Timur. Donasi bisa ditransfer melalui rekening Lazismu Jatim di Bank Mu’amalat No. 7725 050 000 000 000 a/n Waqaf LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim.

Setelah Meninjau Masjid, Donatur Dari Arab Bersedia Tambah Bantuan Lagi Untuk Pembangunan Madrasah di Palang Tuban

 

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur drh Zainul Muslimin pada hari rabu malam (09/04/19) berkesempatan mengantarkan Syeikh Riyadh bin Abou Thalib, sebagai perwakilan yayasan dari Timur Tengah, ke Kabupaten Tuban. Syeikh asal Arab Saudi itu menjadi dari donatur utama pembangunan masjid Abdurrahman bin Auf dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah-2 di Palang, Tuban yang menjadi pendampingan Lazismu wilayah Jatim.

Gedung peribadatan dan pendidikan yang telah diresmikan pada bulan Desember 2018 lalu itu pembangunannya menelan dana sebesar Rp. 800 juta lebih. Sebanyak 60%-nya dibantu oleh donatur dari Arab Saudi tersebut. Gedung ini menempati tanah di area kompleks perguruan Muhammadiyah Palang, Kabupaten Tuban. Penggunaan bangunan yang dikerjakan selama 3 bulan ini selain untuk tempat ibadah (Masjid) juga terdapat 8 ruang kelas bagi kegiatan belajar mengajar SD Muhammadiyah-2 Palang dan Taman Pendidikan al-Qur’an.

Alhamdulillah, setelah meninjau bangunan dan menandatangani prasasti, donatur dari Arab Saudi itu bersedia memberikan bantuan dana lagi untuk penambahan bangunan kelas bagi Madrasah dan Pondok Tahfidzul Qur’an Muhammadiyah di Palang, Tuban. Donatur dari Arab tersebut tampak puas dan gembira atas hasil pembangunan gedung yang diluar dugaannya.

Menurut Syeikh Riyadh walau pihaknya hanya memberikan bantuan sebesar Rp. 500 juta, ternyata Panitia mampu merampungkan pembangunan dan bahkan mengusahakan penambahan dana Rp. 300 juta lebih agar bangunan lekas rampung. Kualitas bangunannya pun dinilai bagus dan baik oleh Syeikh Riyadh. Oleh karena itu ia pun berjanji akan menambah bantuan dana untuk membangun gedung Pondok Tahfidz. Alhamdulillah.. (Adit)

Gelar Safari Dakwah Imam Palestina Dalam Aksi Ramadhan Nan Mencerahkan 1440 Hijriyah di Jawa Timur

Pada bulan Ramadhan 1440 Hijriyah mendatang Lazismu akan mendatangkan 2 (dua) orang Imam dari Palestina guna melakukan safari dakwah ke berbagai Daerah di Jawa Timur. Kedua Imam itu adalah Ahmed Saleem Abu Anza dan Yahya Mohammad Al-Shafei dari Ramallah, Tepi Barat.

Lazismu bekerjasama dengan takmir Masjid di daerah yang ditunjuk sebagai tempat kegiatan Peduli Palestina. Selain diisi dengan Sholat Tarawih, Subuh, tausiyah dan informasi ten-tang perjuangan Palestina juga akan diiringi dengan penghim-punan amal atau penggalangan dana guna membantu program kemanusiaan dan pendidikan Lazismu di Palestina.

Diharapkan kegiatan dapat menjalin silaturrahim, memperkuat solidaritas dan menjaga saling pengertian dan pemahaman ummat Islam Indonesia mengenai kondisi rakyat Palestina yang sebenarnya.

Lazismu Dukung Pembangunan RS Indonesia di Hebron, Palestina

Kiprah Lazismu untuk rakyat Palestina semakin luas. Selain mendukung program kemanusiaan, sosial dan pendidikan, Lazismu juga akan menyokong program kesehatan, yaitu pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) di Palestina.

Program pembangunan RSIH itu diinisiasi oleh berbagai organisasi Islam Indonesia yang tergabung dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebagian donasi Peduli Pelstina dari Lazismu akan disalurkan untuk pembangunan fasilitas vital bagi rakyat Palestina ini.

Lokasi tanah yang akan dibangun Rumah Sakit Islam Indonesia itu berjarak tidak sampai satu kilometer dengan Masjid Nabi Ibrahim di Hebron. Pembangunan rumah sakit ini merupakan langkah seluruh eksponen di dalam MUI mendukung Palestina. (Adit)

Gebyar Tasharruf 200 Mustahik Warnai Hari Libur Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Surabaya

Bertepatan dengan momen libur Isro’ Mi’roj, Rabu, 3/4/2019 Lazismu Surabaya kembali menyelenggarakan acara pentasyarufan atau penyerahan paket bantuan sosial.

Kali ini berupa beasiswa untuk SD SMP SMA SMK dan PT sebanyak 170 orang, satu sepeda pancal melalui program Ayo Sekolah, Rek! 2 unit rombong usaha melalui program Pemberdayaan Ekonomi, 7 unit kursi roda melalui program Tebar 1000 Kursi Roda untuk Sahabat Disabilutas dan Penderita Stroke, serta BOT atau bantuan operasional kepada 30 TPQ.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Lazismu Surabaya Sunarko, S. Ag.,M.Si. dalam sambutannya. “Alhamdulillah, Lazismu Kota Surabaya sejak berdiri th 2007 bisa istiqomah. Ada banyak program utama yang selama ini dilaksanakan. Pertama bidang pendidikan.

Lanjut Sunarko, dalam bidang ini Lazismu menyalurkan dana beasiiswa pendidikan kepada siswa tidak mampu dari SD, SMP, SMA, SMK, dan PT. Dalam bidang sosial Lazismu telah menyalurkan bantuan LAPD, nasi bungkus jumat, bantuan kursi roda, sepeda pancal, serta ZIS kepada para mustahiq di bulan Romadhon.

Juga dalam bidang ekonomi Lazismu melakukan pemberdayaan dengan menyalurkan bantuan berupa dana usaha BMW atau Bina Mandiri Wirausaha. Tidak kurang dari 200 orang telah menerima bantuan dana usaha ini.

Dalam bidang sosial Lazismu juga telah menyalurkan bantuan untuk benah rumah, masjid, dan sekolah. Selain itu, telah pula disampaikan bantuan operasional untuk sejumlah TPQ Muhammadiyah Surabaya. Tentu semuanya terlaksana berkat kepercayaan para muzakki serta donatur yang dengan ikhlas menyerahkan donasi kepada Lazismu” pungkas Sunarko.

Sementara itu, Ketua PDM Surabaya, Dr. H. Mahsun Jayadi, M. Ag. dalam sambutannya menyampaikan program sosial pendidikan dan dakwah seperti ini sudah dimulai sejak Muhammadiyah didirikan KH Ahmad Dahlan lebih dari seabad lalu. Kita bersyukur Muhammadiyah terus istiqomah dalam bidang kemanusiaan ini sebagai misi utamanya. Lazismu adalah bagian dari elemen Muhammadiyah yang terus melaksanakan program kepedulian ini. Doakan agar kami, khususnya para relawan Lazismu, bisa menjalankan amanat ini secara profesional dan tepat sasaran.”

Acara gebyar pentasyarufan ini dilaksanakan di Aula Gedung PDM, Jl. Wuni 9, Surabaya dan dihadiri tidak kurang dari 200 orang penerima manfaat. Hadir pula Camat Krembangan Bp. Agus TJ dan Kasi Kesra Kecamatan yang mengantar tiga orang warganya penderita stroke dan lumpuh guna menerima bantuan kursi roda. (AH)

Menyapa Warga Terdampak Banjir di Ponorogo Dengan Sepenuh Hati

Menyapa dan membangun silaturrahim dengan warga terdampak (penyintas) bencana tidak hanya sekali datang lalu menghilang. Namun harus istiqomah dan berkelanjutan sepenuh hati. Muhammadiyah Ponorogo melalui Lazismu berupaya terus hadir di tengah warga agar senantiasa sabar dan tabah dalam menghadapi bencana.

Pada hari Rabu 3 April 2019 Pimpinan Daerah Muhammadiyah beserta lembaga dan ortomnya mengadakan kegiatan amal berupa bakti sosial yang disenggarakan di Paju Ponorogo. Kegiatan tersebut didukung oleh Lazismu. Lokasi baksos itu adalah titik yang mengalami musibah banjir pada 6 maret 2019 silam.

Mulai saat terjadi bencana Muhammadiyah Ponorogo ikut andil dalam misi kemanusiaan ini, dari awal sampai akhir, termasuk dalam evakuasi korban, menyediakan tempat pengungsian, memantau lokasi, mendirikan dapur umum hingga mensuplai kebutuhan logistik.

Tak hanya datang kemudian pulang, setelah banjir dan penangananya selesai, Muhammadiyah masih ada untuk warga masyarakat yang terdampak, seperti yang dilakukan hari ini walau sudah sekitar satu bulan banjir terjadi, Muhammmadiyah hadir untuk memberikan bantuan lanjutan kepada eks. Korban terdampak banjir.

Kegiatan dilakukan dengan serangkaian acara termasuk pengajian, pengobatan gratis dan juga pemberian sembako. Antusisme masyarakat paju sangat luarbiasa, terlihat dari kupon yang dibagikan oleh panitia tersalurkan secara merata. Bahagia dan haru terlihat dari wajah masyarakat yang hadir karena mereka merasa terbantu dalam kegiatan bakti sosial pasca bencana di Paju Ponorogo ini.

“Terimakasih kepada PDM Ponorogo yang telah membantu masyarakat paju dengan mengadakan bantuan sosial pasca banjir, semoga kegiatan ini dapat berimbas langsung kepada mmasyarakat terkait kesehatan dan perekonomianya” Siti Nurhayati, S.Pd selaku Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Paju.

Ketua MMDMC Ponorogo Harun Arafat juga menyampaikan bahwa Baksos yang diselenggarakan di paju merupakan tindak lanjut dari respon Muhammadiyah terhadap banjir yang terjadi pada 6 maret 2019 yang lalu. Ini merupakan suatu wujud pentasarufan dana yang terhimpun melalui Lazismu Ponorogo yang diwujudkan dalam bentuk bakti sosial.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian operasi sosial penanggulangan bencana banjir yang terjadi di Ponorogo utamanya di Paju. Rangkaian acara ini diinisiasi oleh PDM Ponorogo beserta lembaga maupun Ortom dengan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pemberian sembako, pengajjian dan juga kesehatan” Zhulkarnain Asyahhifa, M.Hum selaku ketua Lazismu Ponorogo

Harapan kedepan semoga mmasyarakat menjadii waspada dini terhadap bencana banjir dan smoga dengan kegiatan ini mampu meringankan masyarakat terutama dibidang ekonomi, kesehatan dan keagamaan. (Fandi)

MDMC-Lazismu Aksi Bersama Bersih-bersih Sampah Dalam Geruduk Bromo

Aksi bersama MDMC-LAZISMU dan  berbagai komunitas relawan kabupaten Probolinggo bertajuk Gruduk Bromo berlangsung meriah. Kegiatan ini dalam rangka berpartisipasi pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Hari Peduli Sampah Nasional yang diselenggarakan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Sekitar 300 relawan dari berbagai elemen hadir. Tidak terkecuali MDMC Kabupaten Probolinggo yang mengirim 20 relawannya ke kegiatan tersebut.

Mereka memunguti sampah yang bertebaran di mana-mana. Puntung rokok, botol, plastik yang dibuang sembarangan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kegiatan bersih-bersih sampah ini merupakan agenda rutin yang dilakukan di lautan pasir dan B 29 Argosari. Kegiatan rutin tersebut diselenggarakan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Tahun ini, MDMC kabupaten Probolinggo yang baru saja dilantik tanggal 26/2/2019 kemarin ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat untuk penanganan sampah di lingkungan Gunung Bromo. Ahmad Nafi’ Faruqy selaku Ketua MDMC Kabupaten Probolinggo menjelaskan, “Kegiatan ini penting sebagai bagian dari perkenalan, dakwah, dan partisipasi Muhammadiyah dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.”

Sebelumnya, sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang dibacakan oleh perwakilan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah ini guna membangun kesadaran dalam pengelolaan sampah dan juga mendorong partisipasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Kegiatan ini merupakan aksi nyata pertama MDMC yg dilakukan setelah pelantikan. Momentum ini merupakan pengenalan bagi masyarakat probolinggo dan juga dinas terkait atas kehadiran MDMC.

Di akhir acara, dalam acara ramah tamah, Murdiono, SH, Kapala Bidang Wilayah I Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengucapkan terima atas dukungan dan partisipasi aktif MDMC Kabupaten Probolinggo di kegiatan ini.

Beliau pun juga berharap ke depan bisa ada kerja sama antara MDMC dengan pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dalam penyelamatan lingkungan dan hutan.
(Rulik).