Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 2 Desember 2020
Breaking News
You are here: Home » Dakwah

Category Archives: Dakwah

GowesMu dan Tasharuf Bantuan Pangan dalam Milad Muhammadiyah ke-108 di Kota Madiun

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Madiun bersama dengan LAZISMU, MCCC serta AUM dan AUA menyelenggarakan kegiatan gowes yang dilaksanakan pada hari Ahad, 22 November 2020. Peserta gowes meliputi karyawan karyawati Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Amal Usaha ‘Aisyiyah (AUA) serta segenap masyarakat umum Kota Madiun.

Rute gowesmu dimulai dan berakhir di ICM JL. Sumatra No. 6 – 10 dan berjalan sejauh 15 km dengan rute Pahlawan Street Center, Taman Kali Bantaran, Tugu Pendekar, Stadion serta Ngrowo Bening. Kegiatan gowesmu ini juga dihadiri Wali Kota Madiun Drs. H. Maidi SH, MM, M.Pd. Dalam acara ini wali kota mengucapkan selamat atas pertambahan usia yang dicapai organisasi Muhammadiyah. “Semoga di usia yang semakin dewasa ini, Muhammadiyah semakin membawa manfaat bagi umat.” Tuturnya.

Selain kegiatan gowes juga diadakan berbagai macam lomba seperti lomba tenis meja, lomba keagamaan, lomba menulis quotes, lomba pendidikan dan lomba menulis sejarah AUM dan AUA. Kegiatan lomba ini dimulai pada tanggal 17 November 2020. Puncak acara pada tanggal 22 November 2020 diadakan pembagian bantuan pangan berupa sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan terdampak pandemic Covid-19.

Total sembako yang dibagikan adalah 125 paket. Pembagian sembako ini menjadi agenda rutin Lazismu yang bekerja sama dengan MCCC. Penerima sembako ini telah melalui hasil survey yang diadakan sebelum tanggal 22 November. Bagi mereka yang tidak lolos hasil survey maka belum berhak menerima sembako tersebut.

Seperti semboyan Lazismu yaitu Memberi Untuk Negeri, dimasa pandemi ini Lazismu yang bekerja sama dengan MCCC semakin gencar untuk terus berbagi kepada masyarakat umum. Dalam momentum milad Muhammadiyah tak hanya paket sembako yang diberikan, tapi juga vitamin C dan masker untuk mendukung himbauan Pemerintah Kota Madiun. Bapak Wali Kota juga berpesan agar masyarakat Kota Madiun tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Kegiatan pada hari Ahad tersebut dimulai dari jam 06.00 sampai jam 11.00. Acara di mulai dengan pengajian Ahad pagi, berlanjut dengan acara gowesmu dan diakhiri dengan pembagian sembako. Walikota Madiun juga turut memberikan sambutan dan mengapresiasi berbagai program dan kegiatan yang telah disumbangkan organisasi Muhammadiyah. Walikota pun berharap kedepannya sinergi antara Pemerintah Kota Madiun dan organisasi Muhammadiyah semakin erat. Sesuai dengan tema Milad Muhammadiyah tahun ini yaitu, Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri. (Lazismu Kota Madiun)

Bertabligh dan Berdakwah Berkemajuan di Era Milenial

Cara dakwah milenial kini sedang dikembangkan oleh berbagai organisasi keagamaan dan masyarakat. Mereka menyesuaikan perkembangan di masyarakat yang berubah akibat majunya dunia digital. Kecepatan dalam mengakses informasi merupakan kebutuhan yang tak dapat dihindari di era milenial.

Di era globalisasi yang serba instan dengan teknologi ini kita dipermudah dalam penyampaian dakwah. Seperti apa strategi dan metode dakwah yang mampu kita lakoni ?

Yuk ikuti talkshow Ranah Publik Selasa 24 November 2020 pukul 08.00 – 09.00 di Radio Suara Muslim FM 93,8 bersama Ustadz Dr. H.M. Sholihin Fanani, M.PSDM, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, dengan tema: Dakwah dan Tabligh Berkemajuan di Era Millenial.

Klik link di bawah ini untuk rekaman videonya..

Mengajak Para Pekerja Mandiri Dhuafa Agar Cinta Masjid Dalam Syukuran Milad ke-108 Muhammadiyah di Magetan

Milad Muhammadiyah ke-108 menjadi momentum bagi LAZISMU untuk semakin peduli kepada kaum dhuafa. Maka sudah selayaknya momen Milad ini menjadi tanda syukur bagi insan Persyarikatan untuk lebih banyak memberi kepada mereka yang membutuhkan.

Oleh karena itu LAZISMU kabupaten Magetan mengadakan pembagian paket sembako kepada para pekerja mandiri, rabu 18 November 2020. Mereka yang mendapatkan paket bantuan antara lain tukang becak, ojek konvensional, pedagang cilok, dan juru parkir. Selain itu juga diberikan paket yang sama kepada warga disabilitas.

Menurut Yakub Trijuna Kaharudin, anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah Magetan, paket bantuan Sembako bulanan untuk dhuafa yang selama ini dibagikan secara langsung ke jalanan, mulai bulan ini yang masuk dalam momentum Milad Muhammadiyah ke 108 dikemas dengan nuansa baru. Pembagian setiap bulan akan dilakukan pada tanggal 18. Para mustahik penerima bantuan dikumpulkan di Masjid Markas al-Khoir al-Islami, yang berlokasi di Jl Mayjend Sungkono no 75, Magetan.

“Para mustahik kita undang untuk hadir mulai jam 2 siang. Setelah regiatrasi, para mustahik kita berikan sarung dan baju koko plus masker. Kemudian kita persilahkan untuk istirahat sejenak sambil ngopi atau ngeteh di serambi Masjid. Sembari menunggu semua mustahik hadir, Takmir masjid Al-Khair Al-Islami memberikan sambutan sekaligus motivasi kepada para mustahik. Acara kemudian dilanjutkan sholat Ashar berjamaah. Setelah itu 100 paket sembako baru kita berikan untuk bekal para mustahik pulang” jelas Yakub.

Ketua LAZISMU Magetan, Nanang Aryono S.sos, mengutip pesan PWM Jatim Nadjib Hamid, mengatakan bahwa momentum Milad Muhammadiyah ini ia mengajak kalangan insan Persyarikatan untuk merevitalisasi lagi fungsi Masjid-masjid Muhammadiyah sebagai pusat kegiatan umat dan juga sebagai penjaga imam dan ekonomi ummat.

“Mengapa ditempatkan di Masjid? Agar para mustahik yang kita bantu tidak lupa akan agamanya. Oleh sebab survei yang kita lakukan selama ini, para pekerja mandiri yang kita bantu amat sangat minim sekali untuk beribadah di masjid. Masih sangat jarang ajakan kepada mustahik-mustahik tersebut untuk beribadah di Masjid. Itulah mengapa menjadikan salah satu faktor pertimbangan sehingga teman-teman LAZISMU Magetan dalam program santunan dhuafa kita tetapkan Masjid sebagai tempat pelaksanaannya” jelas Nanang. (Adit)

[dividr]

Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri

Gerak Cepat Perbaiki Atap Masjid Darussalam di Kota Madiun, Demi Kenyamanan Beribadah Bagi Ummat

Respon cepat guna menghimpun donasi dilakukan oleh LAZISMU Kota Madiun. Begitu mengetahui bahwa kondisi atap Masjid Darussalam mengalami kerusakan maka segera ditempuh berbagai langkah, termasuk menghimpun dana untuk perbaikan. Langkah kongkrit itu dilakukan untuk menghadapi musim penghujan yang sebentar lagi akan tiba, atap masid Darussalam harus segera dilakukan perbaikan agar tidak mengalami kendala dan halangan bagi ummat Islam dalam beribadah.

“Karena kondisi bangunan sudah berusia lama dan perlu perbaikan maka kami bersepakat untuk mengganti atap atau genteng yang sudah rusak dengan yang baru” ungkap Khoirul Huda selaku ketua takmir Masjid Darussalam kota Madiun.

Menurut Khoirul Huda Masjid Ini dibangun sejak tahun 1940, maka tak heran jika atap masjid Darussalam sudah mengalami kerusakan. Atap merupakan salah satu hal penting dari masjid karena dengan adanya atap masjid, maka masjid akan terlihat indah, rapi dan nyaman dipandang mata. Atap masjid juga merupakan pelindung masjid dari hujan dan panas. Dengan dilakukannya perbaikan, Khoirul Huda berharap jama’ah masjid akan menjadi lebih nyaman dalam beribadah.

Ajakan Khoirul untuk berdonasi itu pun mendapat respon positif. Dana yang didapat bersumber dari infaq masjid, para donatur, sumbangan dari masyarakat, dan bantuan dari banyak pihak. LAZISMU Kota Madiun membuka kesempatan bagi para donatur dan muzzaki untuk ikut berdonasi via transfer maupun tunai. Sampai saat ini donasi yang terkumpul sebesar Rp 33 juta dari jumlah total biaya Rp 57 juta yang diperlukan untuk perbaikan.

Bagi para donatur yang ingin menambah donasi dan mau ikut serta dalam membangun rumah di surga untuk membangun masjid Darussalam bisa menyalurkan donasinya melalui rekening LAZISMU Kota Madiun di Bank Jatim Syariah No 6121000241 a.n. Infaq Lazismu Kota Madiun, konfirmasi ke nomor Hp. 0856 4822 1262. (Lazismu Kota Madiun)

BPKH dan Lazismu Salurkan Bantuan Operasional 1000 Masjid di 10 Provinsi

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Lazismu mengadakan kerjasama penyaluran bantuan operasional 1000 masjid di 10 provinsi dengan kasus covid-19 tertinggi di Indonesia. Program ini dimulai dengan adanya kick off secara daring pada hari Rabu (14/10/2020).

Kick off ini dihadiri oleh Hilman Latief, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat; Rahmat Hidayat, BPKH; dan perwakilan Lazismu Wilayah yang melaksanakan program. 10 wilayah yang menjadi sasaran program ini antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Banten, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, dan Papua.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai untuk pembiayaan operasional masjid dan honor untuk pengurus, terutama yang terdampak oleh pandemi covid-19. Dalam press releasenya, Ardhi Lutfi Kautsar, PIC program kerjasama ini berharap melalui kerjasama penyaluran bantuan operasional masjid ini umat Islam akan semakin meningkat keyakinannya.

“Semoga kita semua semkain sadar akan ajaran Islam rahmatan lil ’alamin dan tolong menolong dalam kebajikan, sehingga umat Islam dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dalam bentuk saling mambantu sesama manusia,” tulisnya dalam press release.

Hilman Latief dalam sambutannya ketika kick off mengucapkan terima kasih kepada BPKH atas kepercayaan yang diberikan kepada Lazismu, baik dalam program bantuan operasional 1000 masjid maupun program-program lain. Ia menyebut tim Lazismu di berbagai wilayah dan daerah telah siap melakukan berbagai tahapan mulai dari verifikasi data, cek lapangan, konfirmasi, sampai persiapan dan eksekusi.

“Ini menjadi pembelajaran yang baik bagi kami baik di tingkat pusat maupun wilayah dan daerah dalam melaksanakan program-program kemaslahatan. Program ini akan kami kelola dan laksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan, sehingga mampu memberikan manfaat kepada masyarakat luas sebagaimana yang kita inginkan. Dengan program ini tim di daerah menjadi lebih solid, tertib, dan dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Rahmat Hidayat menyebut kolaborasi BPKH dengan Lazismu ini memberi makna yang berarti baik kepada kedua lembaga dan juga kepada masyarakat. Hal ini juga membuat peran BPKH semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat.

“Ini akan menjadi syiar yang kuat sekaligus memiliki dampak yang nyata. Sehingga, program-program BPKH juga semakin dikenal, misalnya program haji muda. Antrean haji semakin kesini semakin panjang, sehingga ketika seseorang mendaftarkan haji pada usia 40, ia akan berangkat pada usia 60-70, itu adalah usia yang tidak fit. Maka, kalau bisa mendaftar haji sejak usia muda,” jelasnya. (Yusuf / wwwlazismu.org)

 

https://lazismu.org/blog/lazismu-pusat-45/post/bpkh-dan-lazismu-salurkan-bantuan-operasional-1000-masjid-di-10-provinsi-2032

Bersama Organisasi Kepemudaan, LAZISMU Giatkan Gerakan Peduli Warga Dhuafa di Tempeh, Lumajang

Sinergi aksi dengan organisasi kepemudaan dijalin oleh LAZISMU. Ahad, tanggal 27 September 2020, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Tempeh bersama LAZISMU kabupaten Lumajang mengadakan aksi bhakti sosial.

Aksi Bhakti Sosial membagikan sembako 15 paket. Selain itu dalam rangka menjaga keselematan pada era pandemi aksi Baksos juga membagikan masker, hadsanitazer, dan vitamin, serta baju layak pakai, di desa Pandan Wangi, dusun Krajan Satu, kecamatan Tempeh. Dalam kegiatan yang dikomandani langsung oleh ketua PCPM Tempeh, Eri Kuswardiyanto, tampak ikut mendampingi Amin, Kaur Keuangan Desa Pandan Wangi, Kepala Dusun Kerajan Satu serta jajaran pimpinan PCPM tempeh.

Eri Kuswardiyanto ketua PCPM Tempeh mengatakan bahwa kegiatan tersebut sengaja diarahkan ke daerah pinggiran kabupaten. Hal ini sebagai bentuk keprdulian aktivis Pemuda Muhammadiyah Tempeh dalam penanganan pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga reda.

“Untuk mengugah ghiroh semangat dakwah Persyarikatan Muhammadiyah kami telah mengagendakan kegiatan bhakti sosial yang kami gilir di tiap Ranting yang ada di Tempeh. Tentunya akan kami sinergikan dengan LAZISMU selaku Lembaga Amil Zakat resmi milik Muhammadiyah. Selain itu PCPM Tempeh juga akan menggerakan program kaleng 3-S di struktur kepengurusan supaya gerakan berbagi ini bisa terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan selain kegiatan sosial seperti ini, ke depan PCPM tempeh ingin mempunyai Amal Usaha sendiri sehingga bisa menopang misi dakwah Persyarikatan mengingat pemuda adalah sebagei generasi penerus, pelangsung dan penyempurna Muhammadiyah. Sebagei pemuda harus menjadi kader yang militan, tahan uji dan tidak gampang mengeluh walaupun dalam keadaan sulit, tandasEri.

Amin selaku Kaur Keuangan desa Pandan Wangi menyampaikan terima kasih banyak kepada PCPM Tempeh dan LAZISMU yang sudah berkenan hadir guna memberikan bantuan kepada warga desa.

“Mudah mudahan ini bisa bermanfaat bagi warga di desa kami yang sangat membutuhkan. Apa lagi dalam kondisi pandemi seperti ini, masker, vitamin serta handsanitazer memang sangat dibutuhkan” kata Amin.

“Kami juga berharap agar kegiatan seperti ini ke depan bisa terus disinergikan dengan Pemerintah Desa sehingga bantuan bisa tepat sasaran. Kami mengapresiasi kegiatan positif seperti ini, semoga Pemuda Muhammadiyah ke depan semakin berinofatif dalam aksi aksi sosial bagi masyarakat. Dan untuk LAZISMU semoga semakin banyak para donatur yang menitipkan sebagian rejekinya, baik itu zakat, infak dan sedekah sehingga semakin banyak saudara kita yang membutuhkan bisa terbantu, sehingga kesetaraan ekonomi itu bisa terwujud. Mari bersama LAZISMU kita memberi untuk negri,” ungkapnya. (Kus)

REKENING LAZISMU LUMAJANG

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang

Mewujudkan Sebuah Kampung Mandiri dan Berdaya di Mayang, Jember

Mewujudkan sebuah kampung yang mandiri bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh kerja keras dan ketelatenan membina masyarakat menuju keberdayaan diri. Dengan tekad dan semangat pengabdian masyarakat, Lazismu beraksi bersama untuk sesama dengan kemandirian warga di sebuah kampung di Jember.

Lazismu Jember berkesempatan meresmikan kampung mandiri (26/09/2020) di Dusun Lengkong Barat, Desa Mrawan, Kec. Mayang. Peresmian ini diikuti dengan beragam kegiatan seperti bagi-bagi paket sembako, penyuntikan hewan ternak, pemberdayaan masyarakat, sampai mengajar matematika anak-anak di dusun tersebut. Program ini akan berlangsung selama 6 bulan ke depan.

Paket sembako yang dibagikan untuk warga sekitar ada 15 paket. Yang isiannya terdapat seperti beras, minyak, mie instan dan gula. Peruntukkannya tentu bagi warga dhuafa dan kurang mampu khususnya yang sudah lansia. Bantuan paket sembako ini diharapkan mampu membantu meringankan beban mereka. Badri selaku koordinator di dusun tersebut mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada donatur Lazismu Jember.

Sementara itu, di tempat yang sama Lazismu Jember bersama PDHI Jember (Persatuan Dokter Hewan Indonesia) memberikan bantuan suntikan kepada hewan ternak sapi milik warga. Hewan ternak diberi suntikan berupa vitamin dan obat cacing. Dokter Puput selaku perwakilan PDHI Jember mengatakan kerja sama dengan Lazismu ini merupakan kerja sosial untuk masyarakat sekaligus edukasi.

“Ya kami ingin warga pemilik hewan ternak bisa teredukasi dengan benar, dan hasil ternaknya bisa sehat dan optimal”, tukasnya.

Rangkaian kegiatan yang lain adalah pemberdayaan masyarakat. Dengan membagikan ayam kampung dan juga lele. Harapannya tentu masyarakat yang diberi bisa berdaya-guna. Ketahanan pangannya terjamin dan juga menghasilkan. Abdul Khamil, Kepala Kantor Lazismu dikonfirmasi perihal ini mengatakan setidaknya dimulai dulu dari yang sederhana dan warga bisa, jika sudah terbiasa akan dimassifkan pemberdayaan ini,

“Tentu kita mau lihat dulu kesungguhan warga di sini dengan uji coba, rugi pun juga tak masalah semisal ada yang mati akan tetap kami suplai terus selama masih ada kemauan untuk belajar dan berkembang”, ungkapnya.

Kegiatan ditutup dengan mengajar matematika bagi anak-anak warga di dusun. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Lazismu Jember dengan Gemartika (Gerakan Gemar Matematika). Owner Gemartika, Dyan Riza, mengatakan bahwasanya gerakan ini untuk mengeliminasi persepsi matematika itu sebuah momok menakutkan bagi anak-anak,

“Dengan pengajaran yang fun dan menyenangkan matematika bisa diterima semua orang termasuk anak-anak, maka dari itu kami ingin membuat bahwa matematika itu bisa disukai anak-anak sejak dini”, tutupnya. (yf / www.lazismujember.org)

Bersama Lazismu kita beraksi bersama untuk sesama. Transfer Donasi ZISKA..

Rekening

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 16 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Jember
BMI 76630 1 16 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Jember
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 16 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Jember
BMI 76640 2 16 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Jember
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 16 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Jember
BMI 76650 3 16 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Jember

 

Lazismu Dukung Gerakan Tetap Bermasker ‘Aisyiyah wilayah Jawa Timur

Pandemi karena Covid-19 belum berakhir, upaya dari individu maupun keluarga masih sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus.⁣

Data terbaru Covid-19 di Jawa Timur per tanggal 22 September 2020 sudah mencapai 41.417 jiwa dengan rincian pasien sembuh 31.978 jiwa dan meninggal dunia sebesar 3.015 jiwa. Berdasarkan data tersebut Jawa Timur  menempati peringkat ke tiga dengan tambahan kasus harian positif Covid-19 terbanyak di Indonesia. Dilansir dari laman infocovid19jatimprov.go.id. Jawa Timur mendapat tambahan kasus positif baru sebanyak 368 jiwa.

Upaya individu dan keluarga dalam pencegahan penularan Covid-19 antara lain: Menjaga diri tetap sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menghindari kerumunan, melakukan 3 M (Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Memakai masker, Menjaga jarak), dan melakukan isolasi untuk usia rentan yaitu lebih dari 50 tahun dan anak kurang dari 5 tahun dan juga yang mempunyai penyakit bawaan lain (DM, hipertensi dll).

Melihat kondisi tersebut dra Siti Dalilah Chandrawati M.Ag, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Timur menghimbau kepada seluruh anggota ‘Aisyiyah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (3M) yang salah satunya adalah memakai masker di setiap aktivitasnya. Himbauan tersebut telah dilakukan sejak awal era pandemic Covid-19 dan ditegaskan lagi dalam upacara gerakan memakai masker pada tanggal 17 Agustus 2020.

Pada saat ini menurut bu Dalilah ditindaklanjuti dalam sebuah kegiatan “GERAKAN TETAP BERMASKER” dengan membagi 100.000 masker serta menggerakkan seluruh elemen ‘Aisyiyah dan masyarakat untuk konsisten memakai masker. Aksi itu juga didasari dengan banyaknya para ilmuwan dan tenaga medis di seluruh dunia yang mengadakan riset dalam rangka mengatasi pandemi yang masih meluas, salah satunya mengenai penggunaan masker kain untuk mencegah Covid-19. ⁣

Oleh karena itu Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur mengadakan Gerakan Tetap Bermasker pada hari ahad 27 September 2020 serentak bersama Aisyiyah di 38 Daerah kabupaten dan Kota se-Jawa Timur. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam era kehidupan baru atau new reality dan mencegah pertambahan penderita Covid-19 di Jawa Timur.

Gerakan tetap bermasker Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Timur untuk umat ini juga didukung oleh LAZISMU, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah.⁣ (Adit)


Selengkapnya Anda bisa menyimak penjelasan gerakan ini dalam bincang special yang disiarkan di Radio Suara Muslim FM 93,8 dan streaming youtube pada hari Ahad 27 September 2020 pukul 08.00-09.00 WIB.⁣ Silahkan klik tautan di bawah ini..

Pandemi Belum Berakhir, Janganlah Terlena dan Terbuai, Bersama LAZISMU Terus Berikhtiar dan Bersedekah

Tuntutan ekonomi dan pelonggaran pembatasan sosial mengakibatkan masyarakat semakin mengabaikan protokol kesehatan yang ditetapkan.⁣

Hingga Ahad (13/9) kemarin, masih terjadi tambahan ratusan pasien COVID-19 di Jawa Timur. Selain klaster kantor, penyebaran virus Corona di dalam keluarga juga menjadi kekhawatiran baru.⁣

Pandemi belumlah berakhir, maka dari itu janganlah kita terlena dan terbuai.

Ikuti Siaran on-air dan online streaming (recorded by youtube) RANAH PUBLIK (15 September 2020) di Radio Suara Muslim FM dan SuaraMuslim-TV Surabaya, dengan pembicara dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes ⁣(Direktur RS ‘Aisyiyah Siti Fatimah Sidoarjo⁣) dan drh. Zainul Muslimin⁣ (Ketua Lazismu wilayah Jatim⁣).

Silakan klik.. 

DONASI KE REKENING LAZISMU INFAQ

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 820 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7664 020 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq
  • Bank Syariah Mandiri No. 9000 005 557
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR

Berbagi Mukena kepada Warga Kampung Kecik di Kota Madiun

Lazismu Kota Madiun bekerjasama dengan PDA (Pimpinan Daerah Aisyiyah) Kota Madiun membagikan mukena ke warga di Kelurahan Demangan Kota Madiun, 19 Juli 2020, dalam Program Tasharruf Mukena. Kali ini pembagian mukena di pusatkan pada warga Kampung Kecik. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada status ekonomi warga Kampung Kecik yang berada di strata menengah ke bawah. Profesi sebagian besar warga adalah PRT (Pembantu Rumah Tangga), buruh dan ibu rumah tangga.

“Mereka sangat berterima kasih dengan adanya bantuan mukena ini semoga bisa meningkatkan semangat beribadah di tengah pandemi ini” ujar Yulis, selaku anggota PDA yang menjadi perantara warga Kampung Kecik. Pembagian mukena ini diterima dengan gembira oleh warga Kampung Kecik.

Program ini akan dilaksanakan secaraberkala, dengan sasaran yang lebih luas. Seperti ojek online perempuan, istri tukang becak, dan warga lain yang membutuhkan. Dikarenakan pandemi Covid-19 ini penyaluran ke masjid-masjid dan musholla yang berada di swalayan dan mall masih ditunda terlebih dulu, karena mengikuti anjuran pemerintah yang melarang adanya alat ibadah di Mushola dan Masjid. Pemerintah menganjurkan untuk membawa alat ibadah sendiri-sendiri guna meminimalisir persebaran Covid-19.

“Semoga dengan pembagian mukena ini penerima manfaat bisa lebih khusyuk dalam beribadah” papar Adi mewakili Badan Pelaksana Lazismu Kota Madiun. (Bella)

Aksi Peduli Untuk Tingkatkan Semangat Guru Ngaji TPA di Rowokangkung, Lumajang

Kantor Layanan Lazismu (KLL) di Rowokangkung Lumajang walaupun keberadaanya belum seumur jagung dan baru berdiri tapi kegiatannya nyata dirasakan oleh umat. Hal itu terlihat dalam aksi Peduli Guru Taman Pendidikan al-Qur’an, jumat 03-07-2020, khususnya di TPA Mujahidin dan TPA Umar bin Khotob di kecamatan yang sering menjadi langgan banjit itu.

Anggit selaku ketua KLL Rowokangkung mengatakan kegiatan peduli guru ngaji ini perlu ditingkatkan, karena mereka ini adalah para pencetak kader bangsa yang loyal kepada negri ini. Lazismu sebagai Lembaga Amil Zakat harus memperhatikan kesejahteraan mereka. “Mudah-mudahan para donatur juga simpati dan mendukung program program Lazismu ini” ungkapnya.

Pada kegiatan ini ditasyarufkan uang sejumlah 1,2 juta Rupiah kepada 16 guru ngaji yang mengajar di TPA Mujahidin dan TPA Umar bin Khotob dengan harapan semoga sedikit bantuan ini bisa membuat semangat berdakwah mereka meningkat.

Nunuk Sugiarsih, seorang guru TPA Mujahidin, mengucapkan banyak terima kasih kepada Lazismu dan para doantur, yang sudah memperhatikan keberadaan mereka selama ini. Ia berharap semoga hal ini bisa menjadikan semangat untuk mencerdaskan anak-anak kader bangsa, tuturnya

“Mudah-mudahan para relawan Lazismu selalu di beri kelancaran dan kesehatan sehinngga bisa terus berkiprah untuk kepentingan umat, dan kami yang ada di TPA akan terus mengajak para wali santri ketika membayar zakat, infaq dan shodaqohnya untuk langsung ke Kantor Layanan Lazismu Rowokangkung. Insya alloh terpercaya dan acuntable.” kata Nunuk.

“Apa lagi Rowokangkung adalah kawasan pertanian, maka zakat pertanianya juga wajib di keluarkan dan para petugas Lazismu juga siap menjemput zakat dan donasi ke rumah-rumah para Muzaki,” pungkasnya. (Kus).

Mari membayar zakat dan infaq-sedekah melalui Lazismu kab. Lumajang..

Transfer ke REKENING

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
QURBAN BMI 77250 4 20 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Lumajang

Menyapa Warga Mualaf Suku Tengger di Lereng Gunung Semeru, Senduro, Kabupaten Lumajang

Lazismu Kabupaten Lumajang bersama Kantor Layanan (KL) di Senduro kembali mengadakan aksi sosial. Kali ini membagikan 40 paket sembako di desa kandangan dusun krajan RW 01 dan desa Kandang Tempus dusun Kayu Enak kecamatan Senduro. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu 13-06-2020 ini dilakukan sambil menyapa para Mualaf suku Tengger yang ada di desa tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut para pengelola KL Lazismu Senduro yang diwakil oleh Arofiq, para Amil Fundraising Lazismu Lumajang dan ketua RW 01, Saikhu.

Arofiq relawan Lazismu KL Senduro mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja menyasar ke dua dusun itu. Dusun yang tempatnya berada di pinggiran kecamatan Senduro ini banyak warga yang perlu mendapatkan uluran tangan, ungkap Arofiq.

Sebanyak 40 kepala keluarga yang sebagian besar adalah Mualaf suku Tengger yang berada di lereng gunung Semeru ini mendapatkan paket bantuan ini. Suku Tengger adalah masyarakat Jawa Hindu yang masih keturunan kerajaan Mojopahit. Mereka hidup bercocok tanam dan menetap di sekitar gunung Semeru dan Bromo, Jawa Timur.

Arofiq juga menjelaskan bahwa kawasan binaan KL Lazismu Senduro ini sangat kompleks permasalahan hidupnya. Banyak Mualaf yang perlu mendapatkan perhatikan, baik dari sisi pertahanan aqidah dan secara ekonomi.

“Mudah-mudahan dengan zakat dan infaq dari para Muzaki dan Donatur yang kita salurkan ini ke depan bisa memberdayakan dengan baik kehidupan mereka. Kami juga melihat dukungan para donatur sangat antusias dan selama ini mensuport kegiatan kami. Insya Allah harapan itu semua akan terwujud,” harapnya.

Saikhu selaku ketua RW dan mewakili warga Mulaf Suku Tengger sangat bersukur dengan kegiatan Lazismu di dusunnya.

“Bantuan ini sangat membantu warga kami yang memang sangat membutukan, apalagi dampak Covid-19 ini sangat menganggu sektor ekonomi di kalangan bawah, khususnya yang bermata pencaharian tidak tetap,” jelas Saikhu.

“Kami pun juga akan mengajak para dermawan untuk selalu menyisikan zakat mal, infaq dan sedekahnya untuk disalurkan ke Lazismu kalau kita lihat selama ini lembaga yang paling amanah dan akuntabel, baik dalam pencatatan dan pentasarufan,” tambahnya.

Seraya sambil mendoakan semoga perjuangan para mujahid lazismu selalu di beri kelancaran dalam setiap kegiatan dan dakwanya selalu dalam lindunganya sehingga bisa meningkatkan motivasi untuk memahami indahnya bersodaqoh,imbuhnya.

Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari selalu mengingatkan kepada para relawan agar selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi yang tidak menentu ini. Apalagi Pemerintah akan menerapkan pola new normal. Ketika kesehatan terjaga dan semangat itu terus bergelora insya Alloh kegiatan Lazismu akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tandasnya.

“Yang terpenting selalu berinovasi untuk memberi yang terbaik dengan gerakan zakat yang meberdayakan,” pungkas Muari.