Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 26 January 2020
Breaking News
You are here: Home » Dakwah

Category Archives: Dakwah

Senangnya Orang Tua Malik, Anak Yang Menderita Hidroculypalus di Tulungagung Menerima Bantuan Kursi Roda dari Lazismu

Gebyar Milad Muhammadiyah tidak hanya dirasakan oleh warga Persyarikatan Muhammadiyah saja. Setiap insan yang bersentuhan dengan Muhammadiyah juga turut mengharubiru larut dalam gema perhelatan tahunan organisasi Dakwah Islam itu.

Itulah yang dirasakan oleh pasangan Karyani dan Maryam, warga kota Tulungagung. Anaknya yang bernama Malik (7 tahun), yang merupakan penderita hidroculypalus, mendapatkan bingkisan sebuah kursi roda.

Penyerahan kursi roda oleh lazismu dilakukan langsung oleh Bupati Tulungagung, Drs. H. Maryoto Bhirowo MM pada acara Tabligh Akbar di GOR Lembu Peteng, Tulungagung, 12/01/2020. Penyerahan itu disaksikan oleh Prof. Dr. M. Din Syamsuddin, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, yang hadir memberikan tausiyah pada momen akbar itu. Sekitar 5.000 an pasang mata hadirin warga Muhammadiyah TulungAgung pun ikut menyaksikan.

Maryam, ibu Malik, merasa senang dan gembira menerima bantuan tersebut. Ia seakan tak percaya bisa memiliki kursi roda bagi buah hatinya yang tengah menderita sakit parah. Berkali-kali ia berucap syukur kepada Allah SWT dan berterima kasih atas kepedulian dari Muhammadiyah Tulungagung, khususnya Lazismu.

Selain berbagi kursi roda, Lazismu juga memberikan bantuan dana operasional TPQ kepada 10 Masjid Muhammadiyah di kabupaten Tulungagung. Per Masjid mendapat bantuan operasional TPQ senilai 600.000 rupiah. Milad Muhammadiyah, memang merupakan momen pencerahan dan kebahagiaan bagi semua, tidak hanya warga Muhammadiyah saja. (Hen/Adit).

Mari terus dukung aksi-aksi kemanusiaan Lazismu, khususnya di kabupaten Tulungagung.. Donasi anda dapat ditransfer ke rekening kami…

REKENING BANK

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 38 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Tulungagung
BMI 76630 1 38 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Tulungagung
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 38 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Tulungagung
BMI 76640 2 38 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Tulungagung
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 38 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Tulungagung
BMI 76650 3 38 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Tulungagung
  • BSM = Bank Syariah Mandiri
  • BMI = Bank Muamalat Indonesia

Dukung Pembangunan Dua Masjid, Lazismu Jatim Berihlah Dakwah ke Jembrana dan Buleleng, Bali

Ghirah beragama Islam kaum Muslimin di daerah dan kawasan minoritas Muslim pulau Dewata, Bali sungguh tinggi. Semangat juang dakwah yang membara, kuat memegang aqidah dan istiqomah dalam beribadah membuat keberadaan umat Islam di Bali, walau kecil namun kuat dan kokoh menghadapi gempuran adat dan budaya serta perkembangan dinamika masyarakat. Keberadaan mereka yang minoritas ini perlu mendapatkan dukungan dan bantuan dari saudara seiman dan sekeyakinan, terutama ummat Islam dari pulau Jawa.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur, turut serta memberikan perhatian dan kepedulian kepada warga Muslim di daerah dan kawasan-kawasan minoritas dan 3-T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Tidak hanya ketika terjadi bencana alam yang menimpa kawasan itu, namun perhatian kepada pengembangan dakwah Islam juga menjadi titik fokus. Salah satunya adalah pembangunan sarana ibadah, yakni masjid.

Dengan dukungan dari para donatur dan Muzaki Lazismu Jatim memberikan bantuan kepada dua Masjid di pulau Dewata, Bali. Kedua masjid itu adalah masjid An-Nur di kota Negara Kabupaten Jembrana dan masjid al-Manar di kota Singaraja kabupaten Buleleng. Masjid an-Nur berada di pantai Selatan dan masjid al-Manar berada di pantai utara Bali. Kedua daerah itu merupakan kawasan tempat tinggal minoritas Muslim yang keberadaannya sudah cukup lama ada di pulau Bali sejak sebelum kemerdekaan negara ini.

Melalui kegiatan Rihlah Dakwah Lazismu Jatim ke pulau Dewata pada tanggal 11-12 Januari 2020, penyerahan bantuan dana pembangunan kedua masjid itu dilakukan. Tidak hanya menyerahkan dana bantuan, Lazismu juga mengajak serta Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr M Saad Ibrahim, MA dan Prof Dr Thohir Luth, MA, selaku wakil Ketua PWM Jatim. Kedua tokoh Muhammadiyah Jatim itu juga hadir untuk memberikan tausiyah atau pengajian kepada warga Muhammadiyah dan warga Muslim di sekitar masjid itu.

Penyerahan dana bantuan sebesar Rp. 107.000.000,- untuk masjid an-Nur Jembrana dilaksanakan pada acara Pengajian Silaturrahim, sabtu siang, 11 Januari 2020 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jembrana. Gedung Dakwah tersebut berada satu komplek dengan masjid an-Nur, yang beralamat di Jl. Kalimutu, kota Negara. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Ketua PWM Jatim Dr. M. Saad Ibrahim, MA, kepada penasehat Muhammadiyah Jembrana, Anshori Hasbullah disaksikan oleh sekitar 100 warga Muhammadiyah Jembrana dan jamaah Masjid.

Sedangkan dana bantuan untuk masjid al-Manar sebesar Rp. 105.000.000,- diserahkan pada Pengajian Ahad Pagi di halaman Perguruan Muhammadiyah, Jl. Jatayu Singaraja yang juga satu komplek dengan masjid al-Manar. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua PWM Jatim Prof. Dr. Thohir Luth, MA, kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng, M. Ali Susanto di hadapan sekira 300 warga Muhammadiyah Buleleng dan jamaah Masjid. Dalam kesempatan itu Prof Dr Thohir Luth, MA turut menambahkan sumbangan sebesar Rp. 10.000.000,- untuk masjid al-Manar. (Adit)

Santapan Rohani Plus Jasmani Berpadu Dengan Aksi Donor Darah Untuk Sesama di Lumajang

Dalam kehidupan setiap insan harus senantiasa berimbang, antara jasmani dan rohani. Keselarasan itu harus senantiasa dipelihara agar hidup ini sejahtera dan bahagia dunia dan akhirat. Kegiatan berdimensi dunia dan akhrat itulah yang tengah digiatkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Lumajang. Dengan dukungan dari Lazismu maka kegiatan multi dimensi itu pun terlaksana.

Terselenggaralah Pengajian Ahad Pagi warga Muhammadiyah Lumajang beserta semua jajaran PCM, organisasi otonom dan Amal Usahanya, pada tanggal 5 Januari 2020. Pengajian yang juga disertai dengan sarapan pagi bersama itu dihadiri oleh sekitar 600 orang undangan dan hadirin.

Tidak hanya Ngaji sebagai santapan rohani dan sarapan pagi sebagai santapan jasmani, dalam acara tersebut juga ada kegiatan sosial, yaitu Donor Darah. Aksi untuk sesama yang digeber Lazismu ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lumajang. Puluhan hadiri setelah ngaji dan sarapan pagi pun antre untuk mendonorkan darahnya.

Acara semakin marak dengan kegiatan tambahan, berupa Bazaar ibu-ibu ‘Aisyiyah guna meningkatkan Usaha Mikro di dalam tubuh Persyarikatan.

H Aminudin selaku seketaris PDM Lumajang menyampaikan dalam sambutanya menekankan bahwa Pengajian Ahad Pagi ini harus kita dukung penuh dan wajib bagi PCM, PCA, ORTOM, serta AUM. Pimpinan dan warga Muhammadiyah tiap bulan wajib hadir. Hal itu untuk menujukan bahwa syiar dakwah Muhammadiyah benar-benar ada dan gebyar, tandasnya.

Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari menyampaikan rasa sukur bahawa Pengajian Ahad Pagi yang sudah berjalan tiga kali ini sangat meriah dan semua yang hadir sangat berantusias mengikuti. Oleh karena itu Lazismu selalu hadir mendukung, pungkasnya. (Kus).

Liburan Asyik dan Seru Santri PontrenMu Tahfidz al-Fajar Bersama Lazismu ke Pantai Sowan

Liburan sekolah menjadi sebuah hari-hari yang menyenangkan bagi anak-anak, terutama para santri dan pelajar. Seperti itulah yang dirasakan oleh 41 santri Pondok Pesantren Tahfidz Muhammadiyah al-Fajar (PontrenMu) Kapas hari ini.

Hari Senin pagi ini,  tanggal 30 Desember 2019, Santri dan Ustadz PontrenMu al-Fajar yang didukung oleh Lazismu mengadakan kegiatan Rihlah ke pantai Sowan, Tuban. Acara yang berlangsung selama sehari ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada para santri agar lebih giat lagi untuk menimba ilmu dan belajar.

Di Pantai Sowan ini anak-anak santri PontrenMu bisa melepas penat dan menghirup hawa pantai yang segar. Mereka juga bebas berlari-lari, bermain pasir di sepanjang pantai sekaligus menikmati deburan ombak yang mengalir tenang. Ketika saat rehat tiba, telah siap hidangan makan siang untuk disantap bersama-sama. Seru dan asyik kata mereka riang gembira.

PontrenMu al-Fajar merupakan salah satu pondok tahfidz binaan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah di Bojonegoro. Di pesantren ini para santri setiap hari berkegiatan menghapal al-Qur’an disamping tugas belajar di sekolah formal. Selain itu mereka juga dididik menjadi kader-kader dakwah Islam yang militan dan berkemajuan.

Mari berbagi keceriaan kepada sesama yang membutuhkan bersama Lazismu dengan menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah anda :

  • Rekening Zakat Bank Syariah Mandiri No. 99398 1 13 00 000 000
  • Rekening Infaq Bank Syariah Mandiri No. 99398 2 13 00 000 000

Konfirmasi sms/wa 082287889799

Semarakkan Milad ke-107 Muhammadiyah di Tuban dengan Khitan Masal dan Pengobatan Gratis

Semangat memberi untuk negeri senantiasa didengungkan dan digiatkan serta dihidup-hidupkan oleh Persyarikatan Muhammadiyah melalui Lazismu, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah. Aksi bersama untuk sesama pun digelar untuk menyemarakkan Milad ke-107 Muhammadiyah.

Ahad pagi (29/12/2019) beberapa peserta khitanan dan pengobatan gratis sudah duduk rapi di barisan kursi tunggu di halaman Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 5 Widang, Tuban. Jarum jam menunjuk pada pukul 07.00 WIB mereka pun mempersiapkan diri untuk acara khitanan massal dan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban, Lazismu dan Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban (RSMT).

Rezki Ramadhan (10 tahun), menjadi peserta pertama yang datang bersama ayahnya, Ali Mahfudz. Rezki tidak sendiri, beberapa temannya yang sama-sama dari kecamatan Laren Lamongan berangkat pagi-pagi agar dikhitan paling awal.

“Kebijakan kami, siapa yang datang duluan, maka dia yang dikhitan. Anak-anak ini seminggu sebelumnya juga mengirimkan berkas melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Widang, agar datanya bisa masuk. Kuota 24 anak yang di khitan dan, 126 yang mengikuti pengobatan gratis” ujar Ketua Panitia pelaksana, Adnan.

Menurut Adnan, data yang mengikuti khitan dan pengobatan tidak hanya dari Tuban saja. “Tercatat, ada yang dari kota sekitar, yaitu Lamongan.”

Pembukaan acara ini dimulai pukul 08.30 pagi, dibuka oleh Ketua PDM Tuban, Nurul Yakin SH, dan selesai pada pukul 13.00 WIB. Proses khitan berlangsung dengan cepat karena tim dari Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban menerjunkan tim kesehatan yang handal dan cekatan.

“Sebanyak 20 orang kita terjunkan, untuk khitanan ada 6 tenaga medis. Jika satu anak durasinya 20 menit sekali durasi 3 anak bisa dikhitan dan untuk pengobatan dikerahkan 14 tenaga medis,” ujar Kepala Perawat RSMT, Agus Wijaya.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke 107 ini berjalan dengan lancar. Setelah dikhitan, peserta yang usianya dari 4 sampai 12 tahun ini mendapatkan hadiah senilai Rp. 300.000,- per anak yang terdiri dari tas, sarung, school kit, baju koko serta uang saku.

“Alhamdulillah, bisa berjalan dengan sukses. Tanpa ada kendala. Saya ikut bahagia melihat anak-anak yang semula sedih dikitan, lalu menjadi bahagia setelah mendapatkan bingkisan. Melalui acara ini, semarak Milad Muhammadiyah ini terasa, sebagai bukti kepedulian kita terhadap kaum dhuafa,” ujar Ketua Panitia, Adnan.

Pihak RSMT pun turut berbahagia dengan acara ini, “Alhamdulillah kegiatan khitanan massal berjalan lancar,” tambah Kepala Perawat, Agus Wijaya. Menurutnya, ini merupakan kegiatan kesekian kalinya dalam sinergi RSMT dengan Lazismu. “Semoga selalu bisa bersinergi agar kemandirian dalam bersyarikat ini makin lama makin baik,” harapnya.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Tuban, Drs Muzayin mengatakan bahwa acara ini dihadiri dari berbagai kalangan di pembukaannya, seperti dari Ranting NU Tegalrejo, Muspika Kecamatan Widang dan perangkat desa setempat. Ia berharap program khitan dan pengobatan ini tidak berhenti di tahun 2019 saja.

“Semoga pada tahun depan kita bisa menyelenggarakan khitanan Massal ini di lokasi yang berbeda, melibatkan partisipasi seluruh PCM dan ORTOM Muhammadoyah se kabupaten Tuban,” pungkasnya. (Mlk)

Zakat, infaq dan shodaqoh anda sangat bermanfaat bagi membantu mereka yang sangat membutuhkan… Salurkan donasi anda melalui Lazismu..

Transfer ke Rekening kami..

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 37 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Tuban
BMI 76630 1 37 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Tuban
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 37 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Tuban
BMI 76640 2 37 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Tuban
  • BSM Bank Syariah Mandiri
  • BMI Bank Muamalat Indonesia

Libur Telah Tiba, Lazismu Ajak Anak-anak di Ponorogo Berkhitan Ceria

Akhir tahun, Lazismu tetap sibuk dalam aksi bersama memberi untuk negeri. Pada hari Sabtu, 28 Desember 2019, Lazismu Ponorogo bekerjasama dengan Balai Kesehatan Umum (BKU) Al Manar menggelar khitanan, bertajuk Khitan Ceria. Kegiatan itu dilaksanakan di Unversitas Muhammadiyah Ponorogo.

Kegiatan ini dilaksanakan tepat di hari liburan sekolah, sehingga mengusung konsep khitan ceria spesial liburan dengan tema “Peduli dan berbagi, untuk genarasi muda yang sehat jasmani dan rohani”.

Dari awal pendaftaran khitan Ceria, antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini sungguh luar biasa, terlihat dari banyaknya orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya untuk mengikuti khitan. Akan tetapi karena kegiatan ini masih perdana dilakukan, maka untuk program awal ini Lazismu ponorogo membatasi peserta khitan ceria ini hanya sejumlah 10 anak.

Semangat dan upaya Lazismu dan BKU Al-Manar mengadakan kegiatan ini merupakan bentuk kepekaan sosial dan juga sebagai ladang untuk menyerukan dakwah Islam. Sasaran khitan ceria ini, kami prioritaskan adalah masyarakat kurang mampu, dhuafa atau mereka yang mempunyai kendala untuk mengkhitankan anaknya.

Khitan ceria ini di dampingi oleh dr. Wida Pratiwi Oktavia dan Tim Medis yang sudah bekerja secara proffesional di bidang khitan, Sehingga pelaksanaan khitan berjalan lancar hingga acara selesai.

Selain dikhitan, peserta juga mendapatkan bingkisan berupa sarung, baju koko, peci dan paket makanan sehat. Orang tua wali juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, selain mendapatkan edukasi mengenai khitan juga kegiatan ini bersifat gratis sehingga mereka merasa terbantu.

Beberapa peserta khitan mengaku bahwa mereka senang mengikuti khitan masal ini, tetapi ada juga peserta yang mengatakan bahwa mereka “deg deg an” karena ini adalah momen pertama yang pernah ia ikuti.

“Kegiatan ini merupakan program khitan Ceria ini perdana yang dilaksanakan oleh Lazismu Ponorogo. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap bisa membantu masyarakat dalam hal khitan. Kami juga merancang kegiatan ini akan menjadi program rutin setelah melihat kebermanfaatan dan animo masyarakat yang cukup baik”. ujar Zhulkarnain Asyahifa, M.Hum., Selaku Ketua Lazismu daerah Kabupaten Ponorogo.

“Kami juga mengapresiasi toko tas Bhaskara yang ikut mensupport acara khitan Ceria dan segala pihak yang ikut serta dalam mensukseskan kegiatan ini” tambahnya.

dr. Wida pratiwi berharap, sinergitas bersama Lazismu Ponorogo agar terus berlanjut, sehingga kegiatan khitan Ceria ini tidak hanya dilakukan sekali, tetapi ada kelanjutan program di liburan mendatang sehingga kebermanfaatanya bisa merata. dan Insya Allah team kita akan siap mendampingi.

Tim khitan dari BKU Al-Manar, semuanya adalah alumni Fakultas Ilmu Kesehatan-FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang bersifat lintas generasi. Oleh karena itu jika sewaktu-waktu Lazismu membutuhkan, insyaAllah, BKU Al-Manar siap membantu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada donatur yang telah menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqohnya melalui Lazismu” pungkas Zulkarnain. (By-Pon)

Mari terus peduli kepada sesama bersama Lazismu…

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 30 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Ponorogo
BMI 76630 1 30 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Ponorogo
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 30 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Ponorogo
BMI 76640 2 30 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Ponorogo
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 30 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Ponorogo
BMI 76650 3 30 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Ponorogo
QURBAN BMI 77250 4 30 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Ponorogo
  • BSM Bank Syariah Mandiri
  • BMI Bank Muamalat Indonesia

Dengan Dukungan Lazismu dan Klinik Muhammadiyah, SD Kreatif di Lumajang Gelar Khitanan Masal

Sinergi dengan lembaga pendidikan terus dilakukan oleh Lazismu. Mengedukasi dan menenamkan kepada generasi penerus bangsa tentang pentingnya kepedulian kepada sesama sejak dini.

Masih dalam rangka menyemarakkan Milad ke-107 Muhammadiyah, SD Kreatif Lumajang, Lazismu dan Klinik Muhammadiyah mengadakan khitan masal pada hari sabtu 21/12/2019. Kegiatan bertempat di halaman SD Kreatif. Menurut Sudirman, panitia pelaksana, dalam khitan yang diikuti oleh 20 peserta ini berasal dari berbagai sekolah khususnya siswa SD kreatif, MI Muhammadiyah Tempeh Lor serta Kutab al-Azar dan sekolah lainya.

Sejak pagi kedua puluh anak itu menunggu antrian untuk dikhitan. Para orang tua menemani anaknya ketika proses khitan berlangsung, beberapa diantaranya berupaya menenangkan sang anak karena menjerit dan menangis ketika dikhitan. Setelah dikhitan mereka pun menerima bingkisan dari Lazismu.

Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang M Taufiq menyampaikan salut dan sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh SD Kreatif bersinergi dengan berbagai pihak. Ia pun menghimbau untuk setiap ada kegiatan selalu bersinergi antar lembaga termasuk dengan Lazismu sebagai sentral pengalangan dan zakat, infaq dan shodaqoh.

Kepala sekolah SD Kreatif Rohmad Adi Waluyo menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas sinergi Lazismu dan Klinik Muhammadiyah yang mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar. Ia juga mengatakan bahwa kegitan ini akan dilaksanakan setiap tahun untuk mengenalkan SD Kreatif ke masyarakat luas ungkapnya. Tampak hadir dalam acara bertema sosial ini jajaran PDM Lumajang, dr Halimi Maksum dan Drs Muari ketua Lazismu Lumajang. (Kus).

Temui Wakil Bupati Nganjuk Lazismu Unjuk Produk Daging Qurban Kemasan Siap Saji

Wakil bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengapresiasi kehadiran Jajaran Pengurus Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Nganjuk di Rumah Dinas Jalan Basuki Rahmad nomor 02 Nganjuk, Rabu sore (04/12/19).

Terlebih kehadiran Pengurus Lazismu sangat Istimewa dengan membawa serta sampel produk daging sapi kemasan siap saji.

“Terima kasih ini Produk barunya sangat kami apresiasi, kami (Pemda) mendukung untuk terus dikembangkan” ujar pria yang akrab dipanggil Kang Marhaen.

Ketua Lazismu Nganjuk Juwari mengatakan bahwa ini adalah pertemuan kali kedua dalam rangka menjalin kemitraan dengan Pemerintah dan sosialisasi program serta promosi produk baru Lazismu.

“Kedatangan kali ini mengenalkan produk baru daging kalengan siap saji” ujar Juwari Ketua Lazismu Nganjuk.

Lebih lanjut menurut Juari, selain bersilaturrahiim, kehadirannya yang disertai jajaran Pimpinan Muhammadiyah menyampaikan dinamika dan pencapaian program Lazismu selama setahun terakhir.

“Yah semacam Laporan akhir tahun dan sharing gagasan untuk prospek Lazismu kedepan” imbuhnya.

Wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Nganjuk Ustadz Slamet menambahkan, sejak kepemimpinan Bupati sebelumnya Lazismu telah menjalin kerjasama dan menggelar bakti masyarakat bersama di sejumlah kawasan di pelosok Nganjuk. “Kami melanjutkam tradisi baik sebelumnya yang sudah berjalan” pungkas pegawai pensiunan Kementerian Agama di Nganjuk itu.

Sejak tiga tahun terakhir Lazismu Jawa Timur telah menerima Hewan Qurban dari para Donatur dan mengemasnya dalam bentuk Daging kalengan siap saji yang diberi label ‘kornetmu’ dan ‘Rendangmu’ disalurkan kepada kaum dhuafa, fakir miskin dan sejumlah daerah dan kawasan terdampak bencana alam. (M.Rois)

MDMC Kabupaten Pamekasan Dikukuhkan, Siap Menjadi Korps Relawan Yang Tanggap dan Tangguh

Rangkaian Milad Muhammadiyah ke-107 di Kabupaten Pemekasan di dengan kegiatan Aksi Sosial, Pengukuhan Relawan Kebencanaan, Pelantikan Organisasi Kemahasiswaan dan Orasi Kebangsaan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, (25/11/19). Kegaiatan tersebut sepenuhnya didukung oleh Lazismu.

Pada hari senin pagi itu dikukuhkan 30 orang Relawan Kebencanaan yang tergabung dalam Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Penanggulangan Bencana dan 20 orang Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tingkat Kabupaten Pamekasan. Mereka para Relawan Kebencanaan dan Aktivis organisasi kemahasiswaan Muhammadiyah itu akan mengemban peran, tugas dan fungsinya masing-masing di masyarakat.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pamekasan Daeng Ali Taufik bertindak mengukuhkan dan melantik keberadaaan korps relawan Muhammadiyah ini. Surat Keputusan (SK) pun dikeluarkan oleh PDM agar keberadaan MDMC sah dan formil.

Bertempat di Pendopo Wakil Bupati Pamekasan, acara yang dihelat pada hari efektif itu berlangsung cukup meriah. Tak kurang 300 orang hadirin memadati Pendopo (Balai Pertemuan) orang nomor dua di Pamekasan. Selain para undangan, pejabat pemerintah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, aktivis Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah dan perwakilan Lazismu, MDMC dan IMM tingkat wilayah juga hadir.

Menurut Khairul Jannah, Manager Lazismu yang juga sekeretaris MDMC Pamekasan, Lazismu mempelopori dan mendukung penuh keberadaan MDMC sebagai bagian dari sinergi bersama untuk aksi-aksi kemanusiaan. Menurutnya, kaum muda Muslim di Pamekasan harus diwadai dengan kegiatan-kegiatan positif yang bertujuan untuk memupuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan. “MDMC siap menjadi Relawan yang tanggap dan tangguh dalam menangani kebencanaan khususnya di pulau Madura” katanya.

Kegiatan didahului dengan sambutan dari tuan rumah Wakil Bupati Pemekasan dan aksi sosial penyerahan santunan kepada 30 orang dhuafa dan anak yatim. Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e menyambut baik kehadiran MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center). Lembaga Muhammadiyah yang bertugas dalam hal kebencanaan ini diharapkan akan bisa melakukan sinergi dengan Pemkab dalam menangani bencana alam, khususnya di Pamekasan.

Setelah pengukuhan Relawan MDMC dan DPC IMM acara diakhiri dengan orasi kebangsaan oleh Sunanto, atau dikenal dengan Cak Nanto selaku Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah.

Dalam orasinya Cak Nanto mengajak warga Muhammadiyah di Kabupaten Pamekasan untuk senantiasa bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi untuk mengisi peran-peran keummatan dan kebangsaan. Janganlah warga Muhammadiyah saling berecah-pecah karena suatu perbedaan yang tidak prinsip. “Bagi Muhammadiyah NKRI itu harga hidup, bukan harga mati. Oleh karena itu harus dihidup-hidupi dengan dakwah yang rahmatin lil’alamin” kata Cak Nanto.

Persyarikatan Muhammadiyah yang besar ini, menurut pria asli Sumenep Madura, harus bisa berdakwah secara luwes dan menyesuaikan perkembangan jaman, baik dakwah bil lisan, bil hal hingga bil siyasah. Sehingga dakwah Muhammadiyah bisa diterima oleh masyarakat luas, khususnya di Madura dengan secara terbuka dan damai, lanjutnya.

Cak Nanto mengapresiasi sinergi dan kolaborasi antara MDMC dan Lazismu untuk membantu masyarakat yang ditimpa kesusahan dan hidup dalam kesengsaraan. “Ya seperti inilah dakwah Muhammadiyah yang riil di masyarakat, kolaborasi dan sinergi bersama untuk menolong sesama yang membutuhkan. Salurkan energi kita untuk kemanfaatan dan kebaikan, bukan untuk kebencian. Insya Allah Muhammadiyah akan semakin besar dan kaya karena menolong sesama” pungkasnya. (Adit)

Kunjungi PCIM Malaysia di Kuala Lumpur, Lazismu Jatim Ajak Sinergi Dakwah Komunitas

Lazismu wilayah Jawa Timur berkesempatan mengunjungi komunitas warga Muhammadiyah di negeri jiran, Malaysia, tanggal 6 Oktober 2019. Kunjungan yang bertajuk RIHLAH DAKWAH ini dilangsungkan di salah satu Ranting Muhammadiyah di kawasan Kampung Baru, Kuala Lumpur (KL), yang berada dibawah Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia.

Kampung Baru adalah sebuah kawasan di KL, ibukota Malaysia, yang warganya banyak berasal dari Indonesia. Kebanyakan penduduk di kampung ini adalah warga Indonesia yang berasal dari Minang (Padang) dan Jawa Timur, khusunya Lamongan.

Rombongan Lazismu wilayah Jawa Timur yang dipimpin Ketuanya drh Zainul Muslimin tiba di TPA Ar-Rihlah Wisma Sabaruddin di jalan Raja Alang, Kampung Baru, KL setelah naik MRT dari penginapan di Central Market.

Wisma Sabaruddin adalah salah satu rumah susun sewa di Kampung Baru yang banyak dihuni oleh warga pendatang dari Indonesia. Wisma itu selain berisi rumah susun (flat) juga menyediakan fasilitas umum yang bisa dipakai oleh penghuninya untuk kegiatan mengaji (TPA), tempat belajar kelompok bagi anak-anak, perkumpulan, pembinaan keagamaan dan sebagainya.

Di tempat yang berukuran 3 x 10 meter itu dilaksanakan pengajian warga Muhammadiyah dan pertemuan antara Badan Pengurus Lazismu Jatim dengan jajaran PCIM Malaysia beserta beberapa Lembaga/Majelis, Ortom dan Ranting (PRIM) dibawah PCIM. Sekira 40 orang warga Muhammadiyah di KL menghadiri kegiatan itu.

Rombongan Lazismu Jatim berjumlah 13 orang diterima oleh ustadz Yulius Abdul Muis selaku Wakil dari PCIM Malaysia. Pada awal acara, sambutan diberikan oleh ustadz Yulius yang sangat gembira dan senang menerima kedatangan saudara-saudara se-organisasi dari tanah air untuk berilaturrahim. Kemudian acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh drh Zainul Muslimin tentang pentingnya bersinergi dan bekerjasama dalam rangka meraih predikat menjadi umat yang terbaik.

Setelah tausiyah, pada Ahad pagi itu, pertemuan dilanjutkan dengan berdialog banyak hal menyangkut aktifitas dakwah yang bertujuan untuk menjalin hubungan silaturrahim antara Lazismu Jatim dengan PCIM Malaysia. Sesi dialog itu berlangsung sangat mesra (akrab), gayeng, penuh kekeluargaan dan diselingi dengan diskusi yang hangat. Kedua pihak saling menjajaki kerjasama dan sinergi dakwah, terutama antara Lazismu Jatim dengan Kantor Layanan Istimewa Lazismu (KLIL) Malaysia di Kuala Lumpur.

Drh Zainul Muslimin Ketua Lazismu Jatim menawarkan program pengemasan qurban dalam kaleng berupa rendang atau kornet, dan juga ransum makanan siap santap untuk bencana dan kemanusiaan. Warga Muhammadiyah yang ingin berqurban ke tanah air cukup menitipkan dananya melalui Lazismu untuk dibelikan ternak, dipotong dan dagingnya diolah menjadi makanan dalam kaleng.

Pada kesempatan itu hadirin juga dipersilahkan mencicipi oleh-oleh berupa rendang qurban dalam kaleng yang dibawa dari Surabaya. Semua hadirin mendapatkan masing-masing 1 kaleng untuk dibawa pulang.

Zainul juga menawarkan pengiriman ustadz atau mubaligh untuk berdakwah dan mendampingi warga Muhammadiyah di Malaysia pada bulan puasa atau Ramadhan. Tawaran itu mendapat sambutan hangat dari PCIM Malaysia, bahkan mereka meminta dilatih dalam hal manajemen teknis pengelolaan lembaga zakat (Lazismu).

Selain itu Pengurus Lazismu Jatim lainnya juga memberikan motivasi dan inspirasi dalam berbisnis. Budi Suryanto, anggota Pengurus Lazismu Jatim, menjajagi kemungkinan bisnis garmennya bisa dikerjasamakan dengan warga Muhammadiyah di KL maupun jaringan di tanah air.

Yulius, wakil PCIM mengatakan bahwa, semangat dakwah dan beraktifitas warga Muhammadiyah di perantauan sangat tinggi. Jika tidak ada kesibukan atau halangan mereka pasti datang menghadiri acara atau pertemuan yang digelar PCIM. Ustadz Yulius berharap agar setelah pertemuan ini ada tindak lanjut konkrit untuk syiar dakwah Muhammadiyah di KL.

Setelah penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak, pada akhir acara ustadz Zainul memberikan bantuan dari Lazismu Jatim sebesar Rp. 10 juta untuk keperluan gedung dakwah di Kuala Lumpur Malaysia. (Adit).