Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 17 October 2019
Breaking News
You are here: Home » Pendidikan

Category Archives: Pendidikan

Lazismu Fasilitasi Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Probolinggo untuk Menjadi Besar

Penyerahan secara simbolis bantuan Majelis Dikdasmen PWM Jatim bersama LAZISMU yang diserahkan oleh Ibu Dra. Hj. Arbaiyah Yusuf, MA Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jatim kepada Ibu Rini Lestari Sentosa, SH. Kepala SMA Muhammadiyah 3 Probolinggo didampingi H. Ahmad Ridho Pambudi, SPd. (Ketua LAZISMU Kabupaten Probolinggo) dan Zaenal Arfin, suami Ibu Arbaiyah.

Setelah membantu pembangunan SD Muhammadiyah 1 Paiton dan SD Muhammadiyah 2 Pendil pada 21 Juli yang lalu, LAZISMU Kabupaten Probolinggo kembali memberi bantuan mebelair, meja dan kursi pada SMA Muhammadiyah 3 Kabupaten Probolinggo di Gending.

Sekaligus, dalam penyerahan bantuan mebelair tersebut, LAZISMU Kabupaten Probolinggo memfasilitasi secara penuh kegiatan Penguatan Kapasitas dan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan Sekolah Muhammadiyah se Kabupaten Probolinggo. Kegiatan dilaksanakan di Perguruan Muhammadiyah Pendil dengan menghadirkan nara sumber Ibu Dra. Hj. Arbaiyah Yusuf, MA., hari Sabtu (03/08/2019)

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan dari Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur uang sebesar Rp 5.000.000,-

Saat memberikan sambutan, satu-satunya perempuan dalam jajaran pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur ini mengucapkan terima kasih secara khusus pada LAZISMU Kabupaten Probolinggo yang telah sangat mendukung Dikdasmen dalam menjalankan roda Amal Usahanya.

“Terima kasih kepada LAZISMU Kabupaten Probolinggo yang telah memberi sumbangsih besar pada dunia pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Probolinggo,” ucap Ibu Dra. Hj. Arbaiyah Yusuf, MA. Lanjutnya, “Para Kepala Sekolah enggak usah ragu, dekati terus Kung Ridho (Panggilan Ketua LAZISMU Kabupaten Probolinggo. Red) agar terus memberikan dukungannya pada sekolah panjenengan.” kata bu Arbaiyah sambil tersenyum. (Krd).

Bagikan 170 Paket School Kit Untuk 19 Sekolah Muhammadiyah di Sidoarjo

Pendidikan masih menjadi tumpuan perhatian bagi semua pihak, tak terkecuali bagi Lembaga Amil Zakat, terutama Lazismu. Sektor pendidikan merupakan investasi yang nyata bagi proses pencerdasan kehidupan bangsa.

Lazismu Sidoarjo mulai dari tanggal 22 hingga 26 Juli 2019 ini telah membagikan paket School Kit, yaitu bantuan tas dan peralatan sekolah kepada murid-murid Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah (SD/SMP-M) di kabupaten Sidoarjo. Di dalam tas tersebut terdapat buku dan alat tulis yang dibutuhkan oleh para murid.

Menurut Rofik, Staf Lazismu Kabupaten Sidoarjo, paket Schoo Kit dibagikan kepada 170 murid yang sebagian besar dari keluarga kurang mampu di 19 perguruan SD dan SMP Muhammadiyah di kabupaten penghasil udang tersebut. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian Lazismu dalam bidang pendidikan yang menjadi salah satu pilar program.

Dengan bantuan ini Lazismu Sidoarjo berharap dapat menjadi motivasi dan pelecut semangat bagi para murid untuk lebih giat dalam belajar dan menuntut ilmu. Oleh karena itu dukungan dari donatur dan semua pihak tentu menjadi daya dorong bagi terlaksananya program peduli pendidikan ini. (Adit).

Bantu Sepeda Pancal Agar Aris, Rayhan dan Zaki Sehat dan Ceria Pergi ke Sekolah

Lembaga Amil zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Surabaya melaksanakan pentasyarufan Bantuan Sepeda Pancal di Ruang Aula PDM Surabaya, jalan Wuni 9 Surabaya, Ahad (21/7/2019).

Ketua Lazismu Kota Surabaya, Sunarko mengatakan, bantuan sepeda pancal ini diberikan kepada anak-anak yang rentan putus sekolah. “Program ini kami beri nama Ayo Sekolah Rek!,” jelasnya.

“Alhamdulillah, pagi hari ini ada tiga anak yang mendapatkan bantuan sepeda pancal yakni Aris Setiaji, tinggal di jalan Kunti 1/37 Surabaya. Anak Rayhan tinggal di Kapas Jaya Kenjeran Surabaya, dan Anak Zaki tinggal di Ke dinding Lor Wijaya Kusuma Kenjeran Surabaya,”katanya.

“Dengan Bantuan sepeda pancal ini mereka lebih semangat dalam belajar dan menuntut ilmu yakni bersekolah. Jangan sampai putus ditengah jalan. Bantuan ini hanya penyemangat untuk mereka agar tetap bersekolah apapun kondisinya, Lazismu Kota Surabaya siap membantu,” ungkap Sunarko.

“Selain itu pergi sekolah dengan bersepeda pancal itu menyehatkan tubuh dan membuat jiwa ceria dan riang gembira, serta ramah lingkngan. Oleh karena itu kami juga menghimbau agar orang tua tidak mengijinkan anaknya yang masih pelajar dan belum cukup umur naik motor. Mari membudayakan anak kita jalan kaki jika dekat dan bersepeda pancal ke sekolah” tambah Sunarko.

Kepada Lazismu Kota Surabaya, Ananda Aris Setiaji mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas bantuan sepeda pancal itu. “Besok sekolah saya bisa naik sepeda pancal ini, senang sekali mendapatkan bantuan ini,” ujarnya.

“Alhamdulillah, semoga sepeda ini bermanfaat bagi kami, kami mengucapkan terima kasih kepada donatur Lazismu Kota Surabaya, semoga njenengan sehat, rezekinya dilancarkan oleh Allah,” kata Aris.

“Bagi donatur atau pembaca bisa menyalurkan bantuan ZISnya melalui BANK SYARIAH MANDIRI No. 99398 2 01 00 0 00000 A/n.Infaq LAZISMU kota Surabaya dan BANK MUAMALAT No. 76640 2 01 00 0 00000 a/n.Infaq LAZISMU Kota Surabaya,” pungkasnya. (bp / www.lazismu.org)

 

Lazismu Gencarkan Program Pendidikan Tinggi di Palestina

Guna membantu generasi Palestina untuk meningkatkan kualitas SDM, dalam bidang pendidikan Lazis Muhammadiyah (LAZISMU) menggandeng International Educational Science and Cultural Organization (IESCO), sebuah LSM internasional yang menangani masalah-masalah Palestina.

Seperti kita ketahui dari media bahwa warga Palestina yang tinggal di Gaza terus menghadapi blokade yang berkepanjangan dan perang yang berulang-ulang. Pendudukan Israel yang membabi buta menyebabkan kemiskinan, perampasan hak dan pengangguran yang tinggi.

Universitas Islam Gaza (IUG) telah berusaha melakukan yang terbaik untuk berinvestasi dalam meningkatkan kualitas SDM dan kapasitas kaum muda Palestina, pria dan wanita. UIG memfasilitasi akses penuh ke pendidikan tinggi untuk pemuda yang membutuhkan pendidikan sebagai sarana penting untuk memungkinkan mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan stabilitas ekonomi dan psikososial.

Tujuan utama dari program antara LAZISMU dan IESCO serta UIG ini adalah untuk berinvestasi dalam pendidikan dan pemberdayaan pemuda untuk memungkinkan mereka membangun karir di masa depan dengan harapan dapat berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan dan ketergantungan pada bantuan bantuan asing khususnya di Gaza.

Program ini juga mensponsori kaum muda pria dan wanita Palestina yang kurang beruntung di Gaza dan memberdayakan mereka untuk memiliki akses ke pendidikan tinggi adalah tujuan strategis investasi untuk pasar tenaga kerja lokal dan global yang lebih baik.

Nah, peran LAZISMU adalah memberikan bantuan keuangan bagi para mahasiswa pascasarjana dan memberdayakannya sehingga dapat menyelesaikan pendidikan tinggi mereka. Selain itu program juga memungkinkan para pemuda yang kurang beruntung ini menjadi profesional dan mandiri secara sosial dan ekonomi.

Oleh karena itu IESCO dan IUG sangat menghargai bantuan keuangan dari LAZISMU guna mendukung pendidikan tinggi di Palestina. Sebagai awal program ini, 7 orang mahasiswa pascasarjana yang membutuhkan bantuan dari berbagai disiplin ilmu dapat melanjutkan pendidikan mereka. Mereka sangat berterima kasih atas sumbangan dermawan dari Indonesia melalui LAZISMU yang ditujukan untuk mencapai tujuan program ini pada tahun 2018.

Donasi ini membuka pintu harapan bagi para mahasiswa yang membutuhkan untuk menjadi maju dan profesional. Ketujuh mahasiswa S2 Palestina, yaitu : Hanady E M Redwan, Nasser H A Shkerat, Eyad S H Alareer, Nahed O M Aseda, Eyad A M abu Hassna, Sadi S M Abu-Amra dan Sara O M Alnajjar merasa berterima kasih kepada LAZISMU. Masing-masing dari mereka menerima bantuan antara 1.000 hingga 2.600 euro.

Mereka bangga karena diberi kesem-patan untuk melanjutkan pendidikan pascasar-jana mereka dengan harapan dapat membang-un masa depan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri, keluarga dan bangsa Palestina. (IESCO)

Serahkan Bantuan Peduli Guru di Blitar

 

Program Peduli Guru yang merupakan kerjasama Lazismu Pusat dengan Alfamart mulai dtasharufkan di beberapa Daerah di Jawa Timur, Termasuk kota dan Kabupaten Blitar. Sebanyak 70 orang guru di Kota dan Kabupaten Blitar, mendapatkan tunjangan dengan total sebesar Rp. 35 juta, atau masing-masing Guru menerima sebesar Rp. 500 ribu plus bingkisan kornetmu.

Lazismu dan Alfamart Tasharufkan Tunjangan Peduli Guru di Gresik

Program Peduli Guru yang merupakan kerjasama Lazismu Pusat dengan Alfamart mulai dtasharufkan di beberapa Daerah di Jawa Timur, salah satunya Gresik. Sebanyak 38 guru di Campureajo dan Bawean, Kabupaten Gresik, mendapatkan tunjangan dengan total sebesar Rp. 19 juta, atau masing-masing Guru menerima sebesar Rp. 500 ribu dan bingkisan kornetmu.

Penyerahan tunjangan Peduli Guru di Gresik itu dilakukan di Masjid KH. Ahmad Dahlan Sidayu bersamaan dengan acara Lazismu berupa Baksos Pengobatan Sambut Ramadhan 1440 Hijriyah, pada ahad pagi, 28 April 2019.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 13 Campurejo Gresik, Nurul Wakhidatul Ummah, S.Kom merupakan salah satu guru yang menerima bantuan ini. “Alhamdulillah. Saya secara pribadi menyampaikan terimakasih karena selama ini kinerja kami sebagai guru dihargai,” ungkapnya.

Wakil Ketua Lazismu Gresik, Taufiqurrahmah, S.Kom, menyatakan program peduli guru yang merupakan program Lazismu secara nasional yang bekerjasama dengan Alfamart ini sangat bermanfaat, khususnya bagi para pejuang tanpa tanda jasa. Donasi yang terkumpul dari para pelanggan Alfamart diwujudkan dalam bentuk bantuan pendidikan seperti Save our School, Bantuan School Kit dan Peduli Guru.

“Semoga bantuan ini dapat menjadi pemacu semangat para pahlawan tanpa tanda jasa guna menelurkan generasi generasi emas yang membanggakan,” harapnya.

Ketua Lazismu Jawa Timur, drh. Zainul Muslimin menyatakan bahwa program bantuan pendidikan dengan Alfamart ini merupakan program sinergi secara nasional. Donasi Alfamart yang terkumpul didistribusikan secara merata di seluruh wilayah di Indonesia.

“Di Jawa Timur, tahun ini ada 3 kabupaten yang menerima bantuan Peduli Guru, yaitu Kota Blitar, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Gresik. Sedangkan untuk Save Our School,  yang menerima adalah SD di Kota Madiun dan SMK di Kabupaten Tulungagung,” ujarnya.

Diharapkan dengan bantuan pendidikan Lazismu Alfamart ini dapat melecut semangat para insan pendidik untuk terus beristiqomah untuk mengabdi demi pencerdasan dan pembinaan budi pekerti generasi bangsa. (Adit/Lisna).

Serahkan Beasiswa Bagi Anak Penyintas Bencana di Banaran Ponorogo

Lazismu Jawa Timur berkesempatan memberikan beasiswa pendidikan kepada 14 penyintas (korban) musibah tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo yang terjadi pada tahun 2017 silam.

Penyerahan beasiswa dilakukan oleh Ketua Lazismu Jatim Zainul Muslimin dan ditemani Bagian keuangan Lazismu Jatim Imam Fauzi di Balai Desa Banaran, Ahad (3/2/19).

Hadir dalam penyerahan di antaranya Camat Pulung Kosnendar, Kades Banaran Sarnu,dan Ketua PCM Pulung Mukalam beserta Ketua Lazismu Ponorogo Zulkarnaen.

Imam Fauzi mengatakan, total beasiswa yang diserahkan Rp 96 juta. Beasiswa tersebut diberikan kepada penyintas yang orangtuanya meninggal dunia lantaran tertimbun longsor.

“Penerima beasiswa pendidikan Lazismu Jatim ini berjumlah 14 orang. Mereka terdiri atas tujuh siswa SD, tiga siswa SMP/MTs, dua siswa SMA dan dua mahasiswa,” katanya ketika dihubungi PWMU.CO di Gedung Muhammadiyah Jatim, Senin (4/2/19).

Imam menlanjutkan, adapun nominal beasiswa yang diberikan untuk siswa SD senilai Rp 5 juta, SMP Rp 7 juta, dan siswa SMA Rp 9 juta. Sedangkan, untuk mahasiswa Rp 11 juta.

“Penyerah beasiswa pendidikan segaja baru kita lakukan sekarang untuk memastikan agar beasiswa yang diberikan ini tepat sasaran,” tandasnya. (Aan/pwmu.co)

Salurkan Beasiswa Kepada 137 Siswa dan 6 Mahasiswa di Kota Surabaya

AHAD, 20 Januari 2019 bertempat di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl. Wuni no. 9 Surabaya Lazismu kota Surabaya kembali merealisasikan pentasyarufan bagi dhuafa berupa Bantuan 2 unit rombong, 1 unit mesin jahit, 5 unit kursi roda, Bantuan Operasional TPQ pada 25 TPQ binaan Lazismu dan pemberian Bea Siswa Pendidikan melalui program Ayo Sekolah, Rek!. Total seluruh dana yang ditasyarufkan pagi ini sebesar Rp. 52.589.000,- (Lima puluh dua juta lima ratus delapan puluh sembilan ribu rupiah).

Pentasyarufan khusus bea siswa hari ini adalah beasiswa untuk periode Oktober, Nopember dan Desember 2018 dimana secara rinci Bea Siswa SD sebanyak 69 siswa, SMP 37 siswa, SMA 31 siswa dan S1 sebanyak 6 orang. Total keseluruhan 137 Siswa dan 6 Mahasiswa.

Alhamdulillah, Lazismu Kota Surabaya ditahun 2019 ini bisa menaikan anggaran pada 143 (SD s. d S1). Jika sebelumnya SD Rp. 50.000/bulan, SMP Rp.70.000/bulan, SMA Rp. 100.000 dan S1 Rp. 250.000. Pada tahun 2019 Lazismu Kota Surabaya bisa menaikkan pada masing penerima beasiswa @ Rp. 50.000. Sehingga besar beasiswa tahun 2019 SD Rp. 75.000/bln, SMP Rp. 100.000/bln, SMA Rp. 150.000/bln dan S1 menjadi Rp. 300.000/bulan.

Beasiswa Sang Surya Untuk Mendukung Generasi Kita Mencapai Pendidikan Yang Lebih Tinggi

Pendidikan adalah kunci utama menuju kehidupan berkemajuan di masa depan. Oleh karena itu generasi muda kita didorong agar senantiasa bergairah menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Menyadari hal itu Lazismu Jawa Timur memberikan dukungan bagi generasi muda Islam untuk dapat berkuliah di Peguruan Tinggi, khususnya dari keluarga kurang mampu. Melalui program beasiswa pendidikan “Sang Surya” Lazismu Jatim, pada tanggal 14 Desember 2018 berkesempatan memberikan beasiswa kepada 2 orang mahasiswa yang sedang berkuliah di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Mereka adalah Imam Chambali dan Difaus Shidqi mahasiswa jurusan Syariah asal desa Jemundo, Taman, Sidoarjo.

Penyerahan beasiswa bertepatan dengan pembukaan “Pelatihan Mahasiswa Kader Lazismu” yang diselenggarakan oleh Kantor Layanan Lazismu Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Beasiswa diserahkan oleh drh. Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, disaksikan oleh Wakil Rektor UM Surabaya Dr. Mahsun Jayadi, Imam Hambali, MEI, Wakil Ketua Lazismu Jatim dan Mulyono Najamuddin, Kepala KLL UM Surabaya. Kedua orang mahasiswa tersebut juga diangkat menjadi kader Lazismu yang bertugas mensosialisasikan program-program Lazismu, khususnya di lingkungan kampus. (Adit).

 

Lirik Sekolah Pinggiran, Lazismu Ponorogo Berikan Bantuan Paket School Kit

Sabtu, 3 November 2018, Lazismu ponorogo beserta relawan berkunjung ke MI Muhammadiyah Sooko untuk membagikan paket school KIT.

Pendidikan merupakan faktor penting dalam kehidupan manusia, darisanalah tercipta generasi muda berkualitas yang mempu menyumbang kesejahteraan bangsa. Salah satu pendidikan yang harus dilalui oleh seseorang adalah pendidikan formal, seperti sekolah, dsb. Akan tetapi perlu digarisbawahi bahwa saat ini banyak siswa sekolah (Terutama di daerah pinggiran) yang bersemangat dalam menimba ilmu, akan tetapi selalu terbentur dengan keterbatasan, entah itu keterbatasan biaya, fasililitas atau keterbatasan pemahaman orangtua tetang pentingnya pendidikan.

Lazismu ponorogo dengan programnya yaitu SOS (Save Our School) berusaha membangun sekolah – sekolah di daerah pinggiran melalui pendekatan IDE (Integrated Development for Education). Lazismu menyasar ke sekolah pinggiran di kawasan ponorogo yang masih banyak siswa berada dalam keterbatasan

Sasaran kegitan kali ini adalah MI Sooko, mengapa kami memusatkan perhatian di sooko, karena di daerah Sooko merupakan merupakan daerah yang rawan akan kristenisasi, terbukti dengan adanya gereja besar yang berdiri disana, juga beberapa kawasan sudah menjadi kaum kristiani. Selain itu, akses jalan menuju sooko terbilang cukup jauh dari kota dan butuh kesabaran untuk sampai pada titik lokasi. Karena itu Lazismu ponorogo mengambil inisiatif untuk melaksanakan agenda disana.

Pada tanggal 3 November 2018, lazismu ponorogo berkunjung ke MI Sooko untuk melaksanakan aksinya dalam menjadikan sekolah pinggiran menjadi sekolah unggulan. Dalam kesempatan tersebut lazismu ponorogo bersama dengn relawan dari mahasiswa UNMUH Ponorogo (Kak ima) dari Fakultas Pendidikan, yang akan membagikan ilmunya pada siswa di MI Sooko.

Antusiasme siswa MI Sooko dalam menyambut kedatangan Lazismu sangat luar biasa, semua siswa dari kelas 1 sampai 6 berjejer rapi di dalam masjid guna menanti kedatangan Lazismu ponorogo. Acara pertama yang dilakukan adalah “Mendongeng” dengan tema “Benih Kejujuran” yang disampaikan oleh Kak ima. Dengan alat peraga berupa uku lele dan juga boneka, kak ima menyampaikan dongeng dengan penuh keceriaan dan penghayatan, sehingga pesan moral tersampaikan baik kepada para siswa di MI Muhammadiyah Sooko.

Tak hanya itu, setelah selesai mendongeng, kak ima juga bernyanyia bersama para siswa agar tercipta suasana bahagia dalam diri mereka, keudian di akhir mendongeng, kak ima juga memberikan hadiah kepada para siswa yang bisa menjawab pertanyaan- pertanyaanya.

Sampai di penghujung acara, setelah rentetan acara pendekatan kepada para siswa telah usai kini Lazismu Ponorogo memberikan “PAKET SCHOOL KIT” berupa peralatan sekolah, yang disampaikan langsung oleh guru pengajar di MI Sooko

“Kami mengucapkan terimakasih kepada lazismu yang hari ini telah melaksanakan kegiatan di sekolah yaitu pembagian paket school kit dan juga mendongeng yang sangat bermanfaat bagi para siswa kami, semoga kedepanya lazismu ponorogo selalu memberikan kebermanfaatan yang lebih luas lagi” (Guru pengajar MI Sooko).

Dalam kegiatan kali ini, lazismu ponorogo berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan khususnya di sekolah pinggiran. Lazismu Ponorogo, Memberi untuk negeri. (Lazismu Ponorogo)