Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Minggu , 24 Januari 2021
Breaking News
You are here: Home » Inspirasi

Category Archives: Inspirasi

Prof Hilman Latief, Ph.D : Gerakan Filantropi Islam di Indonesia Semakin Meningkat dan Bergairah

Saat ini gerakan filantropi tidak hanya menjadi bagian dari masyarakat lokal, namun juga menjadi wacana bagi masyarakat kelas menengah bahkan kelas menengah atas. Keterlibatan warga Indonesia dalam mendukung gerakan filantropi Islam belakangan menjadi sangat kuat. Selain dibingkai dengan regulasi yang semakin baik, ada gairah yang semakin meningkat di masyarakat dalam memsukseskan gerakan filantropi Islam. Gerakan filantropi islam mulai dilirik oleh ... Read More »

Drh Zainul Muslimin : “Alhamdulillah Akhir Tahun 2020 Tanpa Pesta Pora, Mari Awali Tahun 2021 Dengan Semakin Peduli Terhadap Penderitaan Sesama”

Akhir bulan Desember 2020 bukan hanya sekedar akhir tahun, tapi juga akhir dekade. Selama sepuluh tahun terakhir kita disuguhi begitu banyak ragam peristiwa. Menguras energi bangsa. Mestinya berbuah hikmah. Begitu banyak yang telah dikorbankan. Sayang jika hanya menghasilkan sumpah serapah. Sedikit melegakan pada 31 Desember tahun 2020 ini diakhiri tanpa pesta pora. Ratusan milyar Rupiah APBD yang biasanya hangus dimakan ... Read More »

Prof Hilman Latief : “Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) untuk Ketangguhan Ekonomi Umat dan Pembangunan Berkelanjutan

Pandemik Covid-19 memberikan dampak kepada masyarakat tidak hanya pada masalah kesehatan, melainkan juga pada masalah sosial dan ekonomi. Bulan-bulan krusial (Maret-Juli 2020) telah menjadikan masyarakat mengalami ‘hibernasi’ karena semakin rendahnya mobilitas ekonomi masyarakat. Pada akhir juli 2020, Kemnaker mencatat terdapat 3,5 juta orang di PHK atau dirumahkan. Pandemik berdampak pada penghasilan masyarakat. Terjadilah perubahan pada model perilaku usaha termasuk perubahan perilaku konsumsi. Nah apakah pandemik juga berdampak ... Read More »

Prof Hilman Latief, Ph.D : “Rakernas Harus Membuat LAZISMU Lebih Ramping”

Lazismu akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada hari Jumat & Sabtu (4-5/12) secara daring. Rakernas dengan tema “Digitalisasi Filantropi untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu & Pencapaian SDGs” ini berisikan agenda musyawarah untuk menentukan kegiatan dan program selama satu tahun kedepan. Hilman Latief, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat berharap agar Rakernas ini dapat membuat Lazismu menjadi lebih solid. Selain itu, ... Read More »

Rayakan Milad ke-108, Muhammadiyah Terus Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri

Hari ini Persyarikatan Muhammadiyah merayakan Miladnya yang ke-108. Tema yang diusung pada milad kali ini adalah “Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri”. Sebuah komitmen tinggi pada masa kini bagi Organisasi Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan. Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, tema diangkat untuk mempertegas gerak, sikap, dan kebijakan ... Read More »

SEMANGAT HARI PAHLAWAN, Jadilah Pahlawan Penyelamat Generasi dari Bahaya Narkoba

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. World Drugs Reports 2018 menyebutkan 275 juta penduduk di dunia atau 5,6% dari penduduk dunia (usia 15-64 tahun) pernah mengonsumsi narkoba. Pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di kalangan generasi Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Bahkan bisa dikatakan saat ini Indonesia dalam kondisi darurat narkoba. Indonesia saat ini dianggap ... Read More »

Agus Edi Sumanto : “BANK ZISKA Solusi Jitu Atasi Rentenir yang Merajalela”

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang dimiliki oleh mayoritas warga di Indonesia. Sebanyak 90% pengusaha merupakan golongan UMKM ini. Sebagian besar merupakan usaha yang sangat kecil sekali, boleh dibilang gurem atau mikro. Hampir setiap pasar dihuni oleh pedagang-pedagang tradisional dan peda-gang lokal yang bermodal kecil. Merekalah yang justru memainkan ekonomi di ting-kat bawah, yakni menjadi penghubung ... Read More »

Dengan Kaki Palsunya Slamet Efendi Bertekad Menggapai Masa Depannya Yang Cerah

Alhamdulillah Lazismu kabupaten Lumajang bisa mengantar kembali Slamet Efendi untuk mengambil kaki palsunya yang sudag jdi ke Bengkel Kaki Palsu Sucipto di Pandaan Pasuruan. Senyum Slamet semakin cerah karena kini ia bisa berjalan normal, setelah delapan bulan mengurung diri akibat menjadi korban begal sadis yang mengakibatan kaki kanannya putus dan jari tangan kirinya hilang. Semoga bantuan kaki palsu dari para ... Read More »

Mengedukasi Warga Agar Sadar Bahaya Covid-19 dengan Mobil Keliling di Kabupaten Probolinggo

Edukasi Covid-19 dengan Mobil Keliling dilakukan sebagai bagian dari program-program edukasi yang dilakukan oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Probolinggo. Pada tanggal 16 April 2020 Tim Mobil keliling bergerak ke 6 titik kawasan. Edukasi Covid-19 dengan Mobil Keliling dilakukan di 6 titik. Titik pertama dengan komandan Ketua PCM Paiton, Sigit Prasetyo, ST, adalah Kecamatan Paiton, Kotaanyar dan Kuripan. Titik ... Read More »

Lazismu Sudan bagikan Bantuan Pangan Bagi Mahasiswi Indonesia yang ter”Lock Down” di Asrama Putri Kampus International University Of Africa (IUA) Khartoum

  Kader Muhammadiyah senantiasa cepat tanggap dalam setiap permasalahan umat, tidak terkecuali di luar negara, termasuk di Sudan. Kebijakan lockdown yang diterapkan secara tiba-tiba untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona oleh pihak asrama putri kampus International university of Africa (IUA) Sudan tanpa ada konfirmasi sebelumnya, mengakibatkan para mahasiswi Indonesia yang bertempat tinggal di asrama putri itu mengalami kesulitan, khususnya dalam ... Read More »

Joko Intarto : “RS Siti Fadilah Supari Palu Sulteng, Perlawanan di Balik Nama”

Media Barat memberinya gelar tokoh revolusi. Majalah ‘’The Economist’’ London menempatkan Siti Fadilah sebagai tokoh yang memulai revolusi dalam menyelamatkan dunia dari dampak penyakit pandemik. Dialah satu-satunya menteri dari negara berkembang yang berani melawan hegemoni WHO (World Health Organization). Dan menang. Namun wanita pemberani itu dipaksa kalah di pengadilan. Di negerinya sendiri. Sungguh tragis. Wanita pejuang itu tak lain adalah ... Read More »

dr Zainul Muslimin : “Hentikan Narasi-narasi Negatif, Mari Menebar Kebajikan dan Kebaikan”

 Saya mengamati berbagai update sta-tus media sosial (medsos) milik te-man dan rekan yang bertebaran sepanjang waktu. Tentunya teman di dunia maya dan beberapa teman di dunia nyata. Berbagai update status mulai dari berbagi informasi tentang tren gaya hidup, kuliner, tour-wisata, info kesehatan, kabar lalu lintas, politik, budaya dan sebagainya atau sekedar berbagi link apapun temanya. Namun ada dan bahkan banyak ... Read More »