Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 22 Januari 2021
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga

Category Archives: Kiprah Lembaga

LAZISMU Raih Baznas Award Sebagai LAZNAS Dengan Kategori Pertumbuhan Pengumpulan ZIS Terbaik Tahun 2020

Baznas Award kembali digelar, Senin (14/12/20). Bedanya kali ini dilaksanakan secara daring disiarkan melalui zoom dan kanal youtube. Gelar penghargaan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Baznas dengan tujuan untuk memberikan apresiasi atas kinerja Organisasi Pengelola Zakat di seluruh Indonesia. Selain itu Baznas juga mendorong optimalisasi dan profesionalitas pengelola zakat nasional, mendorong kreatifitas dan inovasi kerja, mempererat tali silaturahmi, dan ... Read More »

Rakernas LAZISMU Tebar Award dan Rumuskan 6 Divisi Kerja Unggulan Guna Dukung Program-program SDGs”

Tema Rakernas Lazismu 2021 adalah “Digitalisasi Filantropi untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu & Pencapaian SDGs”. Ini adalah mimpi Lazismu yang setidaknya, pada tahun 2030 sudah bisa dihitung dampak dan kontribusi Lazismu terhadap SDGs. Hal ini disampaikan oleh Hilman Latief, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat dalam Pembukaan Rakernas Lazismu secara daring pada Jumat (4/12). Ia menyebut bahwa ada beberapa program yang ... Read More »

Gelar Rakernas Secara Daring Bertema Digitalisasi Filantropi Untuk Penguatan Tata Kelola Lazismu & Pencapaian SDGs

Menyongsong pergantian tahun 2020 dan menuju ke tahun 2021 berbagai langkah telah dilakukan oleh LAZISMU. Salah satunya adalah dengan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LAZISMU 2021. Rakernas diadakan sebagai upaya memperkuat konsolidasi, sinergi dan akuntabilitas LAZISMU secara Nasional. Rakernas dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu, tanggal 4-5 Desember 2020 secara Daring melalui media Zoominar dari Yogyakarta dan diikuti oleh seluruh ... Read More »

Susun RAPB 2021 LAZISMU se-Jatim Bertemu dalam Pra Rakerwil di UMLA Lamongan

Akhir tahun 2020 sebentar lagi tiba. Selanjutnya akan memasuki tahun 2021. Selayaknya sebagailembaga yang kredibel dan terpercaya LAZISMU mempersiapkan pergantian tahun tersebut dengan sebaik-baiknya. Tentunya persiapan itu diisi dengan perencanaan untuk langkah dan kinerja pada tahun 2021. Oleh karena itu LAZISMU Jawa Timur mengadakan kegiatan Pra Rapat Kerja Wilayah (Pra Rakerwil) yang diikuti oleh para Badan Pengurus LAZISMU Daerah se-Jawa ... Read More »

Perbincangan tentang Zakat Untuk Kemajuan Ummat antara LAZISMU Jawa Timur dengan Muhammadiyah Association of Singapore

Gerakan Zakat dan Kedermawanan (filantropi) berbasis Agama dianggap dapat mengatasi permasalahan kontemporer manusia. Nilai-nilai sosial yang terdapat di dalamnya merupakan bagian dari sifat-sifat prososial manusia. Zakat sesungguhnya bukan hanya sekadar melaksanakan perintah Agama semata dan kedermawanan sesungguhnya bukan hanya sekadar memberikan kebaikan. Namun lebih dari itu kita melihat adanya pembelaan bagi kaum mustad’afin atau kaum dhuafa. Keterlibatan masyarakat, negara, lembaga ... Read More »

Tingkatkan Kinerja LAZISMU yang Semakin Kredibel, SDM Baru Keuangan Digembleng dengan BIMTEK Laporan Keuangan Teraudit

Alhamdulillah LAZISMU se-Jatim bahwa pada bulan Oktober tahun 2020 ini sebanyak 28 kantor LAZISMU (Wilayah dan Daerah se Jatim) telah dilakukan Audit eksternal atas laporan keuangan 2019 oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) AR Utomo Jakarta. Kemudian untuk tahun 2021 LAZISMU Jawa Timur menargetkan seluruh kantor LAZISMU Daerah dapat teraudit laporan keuangan tahun 2020 secara eksternal oleh KAP. Sehingga semakin menunjukkan ... Read More »

Pembekalan Amil LAZISMU se-Kawasan AG Raya di Gurah, Kabupaten Kediri

Sebanyak 30 orang Amil LAZISMU se-Kabupaten Kediri dan kawasan AG Raya (Kediri, Nganjuk, Blitar dan Tulungagung) selama sehari mendapatkan pembekalan, 14 November 2020. Kegiatan bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah di Jl Seruji, Gurah, Kabupaten Kediri. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kediri, Achmad Fanani Sumali, dalam sambutannya bermaksud mengembangkan dakwah Persyarikatan di Daerahnya yang didukung oleh LAZISMU. Oleh karena itu LAZISMU ... Read More »

Amil LAZISMU se-Jatim Digembleng dengan Bimtek Digital Fundraising Campaign di Lumajang

Kegiatan fundraising secara online kini menjadi primadona dalam penggalangan dana sosial, kemanusian dan keagamaan bagi lembaga Amil Zakat dan lembaga filantropi di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi digital yang sangat pesat harus direspon dan didukung dengan ketersediaan SDM yang memadai. Oleh karena itu LAZISMU wilayah Jawa Timur merasa perlu meningkatkan program fundraising secara online guna meraih target ZISKA tahun 2020 yang ... Read More »

Sinergi LAZISMU bersama MLO-AUM di Kabupaten Probolinggo Susun Proker 2021

Bersinergi kita kuat, itulah yang menjadi tekad bersama dalam mengemban amanah ummat. Bersama Pimpinan Daerah Muhamadiyah Kabupaten Probolinggo, LAZISMU susun program kerja 2021. Penyusunan program dilaksanankan di MI Muhammadiyah Sumberbulu, Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo 18/10/20. Dilaksanakannya penyusunan program LAZISMU bersama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo beserta seluruh Mejelis, Lembaga, Organisasi Otonom (MLO), dan Amal Usaha (AUM) ini diharapkan bisa menyamakan ... Read More »

LAZISMU se-Jatim Jalani Audit Laporan Keuangan Tahun 2019 di Kala Pandemi Tengah Berlangsung

Sebagai wujud komitmen Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas lembaga kepada publik dan ummat Islam di Indonesia, pada tanggal 19-24 Oktober 2020 di Sidoarjo, dilaksanakan kegiatan Audit atas Laporan Keuangan tahun 2019. Audit ini dilakukan atas laporan keuangan tahun 2019 pada kantor Lazismu se-Jawa Timur, baik kantor perwakilan wilayah,kantor perwakilan wilayah ... Read More »

Majelis Pelayanan Sosial dan LAZISMU Mantapkan Program Muhammadiyah Senior Care di 9 Daerah di Jawa Timur

Program Muhammadiyah Senior Care (MSC) atau Panti Lanjut Usia (Lansia) akan dilancarkan di 9 Daerah di Jawa Timur. Program dari Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Muhammadiyah yang sudah menasional ini akan didukung oleh LAZISMU, Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Majelis Tabligh Persyarikatan Muhammadiyah sebagai mitra sinergis. Pensirnegian program MSC itu dikoordinasikan dalam Rapat Sinergi antara Majelis Pelayanan Sosial (MPS), LAZISMU ... Read More »

LAZISMU dan MPS Bersinergi Menangani Warga Lansia Dengan Program Muhammadiyah Senior Care (MSC) di Jawa Timur

Jumlah populasi dan umur harapan hidup lanjut usia (lansia) semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kementerian Kesehatan mencatat adanya peningkatan jumlah lansia dari 18 juta jiwa (7,6%) pada 2010 menjadi 25,9 juta jiwa (9,7%) pada 2019. ⁣ ⁣ Jumlahnya diprediksi akan terus meningkat hingga 48,2 juta jiwa (15,8%) pada 2035.⁣ Dengan meningkatnya umur harapan hidup maka sangat penting untuk memperbaiki kualitas ... Read More »