Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Monday , 25 March 2019
Breaking News
You are here: Home » News

Category Archives: News

Menanti Ramadhan Nan Penuh Berkah, Saatnya Kita Bersiap Diri

Insya Allah 1 Ramadhan 1440 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019 Miladiyah. Itulah awal kita melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh berkah, didalamnya terdapat berkah, ampunan dan pembebasan dari belenggu dan tipudaya syaitan yang terkutuk.

Oleh karena itu hendaknya kita menggunakan momentum Ramadhan ini untuk perbaikan diri agar kehidupan beragama dan berbangsa ini dapat tercerahkan. Selain  itu Ramadhan juga berfungsi sebagai pencerah bagi ummat untuk meningkatkan kualitas spiritual, kepedulian sosial, pemberdayaan dan solidaritas kemanusiaan.

Pada Ramadhan tahun ini Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) kembali hadir dengan program-program aksi bersama untuk sesama, yang bertemakan “RAMADHAN MENCERAHKAN”. Program ini pertama, diharapkan dapat menjadi pencerah bagi setiap muslim untuk beribadah secara sempurna sehingga hati, pikiran, sikap dan tindakan disinari oleh nilai-nilai Islam yang luhur. Dengan kata lain bagaimana beragama yang mencerahkan mampu menjadi penuntun kehidupan kaum muslim.

Kedua, diharapkan bulan Ramadhan tidak hanya menjadi bulan ritual saja oleh ummat Islam, tetapi mampu menjadi alat perubahan untuk dapat berubah kebiasaan kurang baik atau buruk menjadi kebiasaan yang mencerahkan. Maka sangat penting agar bulan ramadhan menjadi momentum agar menjadi agent of change yang merubah orang menjadi baik secara utuh.

Di bulan suci Ramadhan tingkat spiritualitas seorang muslim digembleng agar meningkat kualitasnya. Kepedulian sosialnya ditempa agar menjadi manusia yang gemar membantu dan ringan tangan untuk menolong sesama. Solidaritas kemanusiaannya dirangsang agar menjadi manusia yang peduli terhadap penderitaan orang lain.

Maka dengan semangat Ramadhan Mencerahkan menjadi spirit bagi kaum muslimin untuk berfikir, berbuat dan melakukan tindakan sesuai dengan ajaran Islam yang mencerahkan.

Oleh karena itu menjelang bulan Ramadhan tahun ini Lazismu mengajak kaum muslimin untuk bersiap diri lahir dan batin untuk memasuki ke dalam bulan nan penuh berkah, rahmat dan ampunan dengan sepenuh hati dan segenap jiwa. Tekad “Ibadah Non Stop Sedekah All Out” harus menjiwai kaum muslimin guna mencapai kegemilangan di bulan Rramadhan.

Pada bulan Ramadhan 1440 Hijriyah ini Lazismu hadir dengan program-program yang mengajak kaum muslimin untuk bersama-sama saling membantu dan tolong menolong sebagai konsekuensi logis komitmen menjalankan misi Ramadhan yang mencerahkan bagi umat. Program-program Ramadhan 1440 Hijriyah Lazismu Jawa Timur, antara lain :

Kaum muslimin dapat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqohnya melalui Lazismu sebagai kepedulian bagi sesama. Kami menyediakan rekening untuk transfer donasi, antara lain :

REKENING ZAKAT

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 810 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7663 010 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat

REKENING INFAQ

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 820 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7664 020 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq

REKENING YATIM

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 141 141 a/n Lazismu Jatim Yatim

REKENING WAKAF UANG

  • Bank Mu’amalat No. 7725 050 000 000 000 a/n Waqaf LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
 Atau melalui transfer ke rekening Virtual Account (VA) Lazismu wilayah pembantu Daerah Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur: >>> KLIK

Aksi Puisi Amal Untuk Kemanusiaan, Dari Lamongan Untuk Bangsa

Ramai dan Meriah. Itulah kesan yang tampak di area Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, pada Jumat sore (22/03/2019) saat Lazismu Lamongan bersama Rumah Baca Cahaya mengadakan kegiatan sosial. Acara yang bertajuk Charity Poetry, itu adalah aksi Puisi Amal untuk kemanusiaan dalam rangka memperingati hari puisi sedunia dan aksi kemanusiaan bersama.

“Charity Poetry, atau puisi amal ini meliputi banyak agenda, diantaranya Lomba menulis puisi, lomba menggambar anak anak, Kampanye ZIS, Santunan anak Yatim Piatu, Galang Donasi Kemanusiaan dan lain-lain,” ungkap Irvan Shaifullah, Manager Lazismu Lamongan saat ditemui setelah acara.

Irvan melanjutkan bahwa acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan kesadaran membayar zakat sekaligus bercengkrama bersama keluarga dengan membeca buku, menulis puisi, menggambar dan lain-lain. “Support akam gerakan edukasi kepada masyarakat harus ditingkatkan dan didukung, baik secara Kolaboratif maupun secara partisipatif, makanya Lazismu menggandeng Komunitas Rumah baca Cahaya untuk menggembirakan pengetahuan dan aksi sosial kemanusiaan,” lanjutnya.

Waryono, pengelola sekaligus pendiri Rumah Baca Cahaya mengungkapkan apresiasinya kepada Lazismu Lamongan atas kerjasama nya dalam menggembirakan kemanusiaan dan literasi. “Saya mewakili teman teman relawan RBC, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Lazismu Lamongan, saya meyakini betul Kemanusiaan dan Literasi tidak akan bisa dipisahkan, keduanya harus menjadi tulang punggung bangsa, terutama di wilayah pantura,” ungkapnya.

Tidak hanya lomba dan Kampanye ZIS. Dalam acara tersebut, Lazismu Lamongan juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu sejumlah 20 anak. “Saya terima kasih kepada Lazismu, Semoga saya dan teman teman tambah semangat belajar dan Sekolah,” ungkap hamid, salah satu penerima manfaat School Kids Lazismu Lamongan. (Lazismu Lamongan / pwmu.co).

Berdonasi melalui Lazismu kantor wilayah pembantu Lamongan :

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 19 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lamongan
BMI 76630 1 19 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lamongan
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 19 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lamongan
BMI 76640 2 19 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lamongan
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 19 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lamongan
BMI 76650 3 19 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lamongan
QURBAN BMI 77250 4 19 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Lamongan
WAQAF BMI 77260 5 19 00 0 00000 Waqaf LAZISMU Kab Lamongan
  • BSM = Bank Syariah Mandiri
  • BMI = Bank Muamalat Indonesia

Pukau Para Donatur, Malam Amal Bersama Maher Zain dan Opick Berhasil Galang Dana Rp. 1,7 Milyar Untuk Kemanusiaan

Penampilan Maher Zain dan Opick di Plaza Insan Berprestasi, gedung Kemendikbud, Jakarta pada Selasa malam (19/03/2019) berhasil memukau hadirin Pentas Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” yang diselenggarakan oleh Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Pusat. Pada kesempatan tersebut telah berhasil digalang dana sebesar Rp. 1,7 Milyar atau tepatnya Rp. 1.746.403.000,- untuk program-program kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Lazismu di seluruh Indonesia.

Tampil dengan 6 lagu yang menjadi hit-hitnya, Maher Zain penyanyi Muslim internasional itu sungguh ‘membius’ seribu hadirin yang sebagian besar adalah donatur Lazismu. Selain sebagai penyanyi Maher Zain adalah penulis lagu, dan produser musik berkewarganegaraan Swedia dan berdarah Lebanon. Ketenaran dan kepopuleran Maher Zain mampu menjadi magnit bagi kegiatan penggalangan dana kemanusiaan di tanah air.

Pentas Malam Amal Kemanusiaan Lazismu diawali dengan penampilan artis nasional, Indah Dewi Pertiwi dengan beberapa lagu yang populer di kalangan kaum Muslim. Konser berlanjut dengan lagu-lagu hit Maher Zain seperti Ya Nabi Salam Alayka, InsyaAllah, Thank You Allah dan sebagainya.

Malam Amal yang merupakan kerja bareng Lazis Muhammadiyah (Lazismu) dengan Salam Charity dan Qupro itu benar-benar semakin meriah dan bersemangat dengan tampilnya Opick bersama beberapa lagunya dan aksi penggalangan dana kemanusiaan. Opick begitu bergairah dan berapi-api mengajak dan menyerukan para hadirin untuk memberikan donasinya bagi program-program kemanusiaan yang disokong oleh Lazismu. Dalam 30 menit aksinya Opick telah berhasil mencatat donasi dari para hadirin sebesar Rp. 1,7 Milyar.

Menurut Hilman Latief, Ketua BP Lazismu Pusat, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk program kemanusiaan di Palu, Selat Sunda, Sentani-Papua dan berbagai daerah di Indonesia yang tertimpa musibah bencana alam. (Adit/foto: LambangSB).

 

 

Manfaatkan Teknologi GOJEK dan GO-PAY, Lazismu Dorong Peningkatan Zakat, Infak & Sedekah Digital

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Hilman Latief, M.A., Ph.D menyatakan antusiasme Lazismu dalam menjalin kerjasama dengan GOJEK dan GO-PAY. “Kami senang bisa berkolaborasi dengan GOJEK, apalagi dunia terus berubah dengan cepat. Karena itu akselerasi tekonologi untuk pertumbuhan ZIS adalah salah satu solusi untuk memudahkan masyarakat yang muslim dalam berdonasi ZIS. Alhamdulillah dalam usia 107 tahun Muhammadiyah masih hidup bahkan terus tumbuh, tentu bagaimana 50 tahun ke depan kita juga tetap bisa eksis maka upaya-upaya mengadopsi perubahan-perubahan serta perkembangan teknologi ke depan senantiasa bisa adapted,” pungkasnya.

JAKARTA, 19 Maret 2019 – Kemajuan teknologi mendorong pertumbuhan ekonomi dengan lebih banyak pilihan pada masyarakat. Para perintis uang elektronik telah mengembangkan jangkauannya untuk memberi kemudahan kepada masyarakat. Kali ini, GOJEK dan GO-PAY bersinergi dengan Lazismu mengajak masyarakat untuk berzakat, berinfak dan bersedekah secara elektronik.

Kolaborasi filantropi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara GOJEK, GO-PAY dan Lazismu. “Pertama kali diluncurkan pada 2015, GOJEK telah berkembang menjadi super app yang membentuk ekosistem untuk saling menghubungkan jutaan konsumen dengan jutaan mitra pengemudi, mitra usaha (merchant) dan penyedia layanan (service provider). Kami selalu mencari cara bagaimana bisa membantu masyarakat menawarkan berbagai kemudahan, termasuk dalam berdonasi,” tutur Nila selaku Chief Corporate Affairs GOJEK.

Pihaknya bangga dan merasa terhormat dapat bekerjasama dengan Lazismu yang memiliki jangkauan luas di 29 provinsi, 200 kabupaten kota dan 528 kantor layanan. “Kami sangat senang bekerja sama dengan Lazismu karena kami melihat kesamaan misi dalam menciptakan dampak sosial untuk Indonesia. Dalam penyaluran zakat, infak, dan sedekah (ZIS), Lazismu memiliki berbagai program untuk pemberdayaan masyarakat dan distribusi serta transparansinya tidak perlu diragukan,” tambah Nila.

Dalam kesempatan itu, Ketua Badan Pengurus Lazismu Hilman Latief, mengapresiasi kolaborasi Lazismu, GOJEK dan GO-PAY dalam memberikan kemudahan pada masyarakat untuk berdonasi. Lazismu senantiasa mencari cara baru bagaimana mempermudah masyarakat berdonasi, termasuk memperkenalkan metode zakat, infak dan sedekah non-tunai yang berkerja sama dengan GO-PAY.

Melalui metode pembayaran zakat, infak dan sedekah non-tunai ini, akan tercatat dalam sistem kami sehingga menjadi lebih transparan. “Termasuk upaya kami juga dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat,” jelas Hilman.

Lebih lanjut kata Hilman, dana yang terhimpun dari donasi melalui GO-PAY akan dimanfaatkan kepada mereka yang membutuhkan lewat program-program pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak dan sedekah. “Lazismu senantiasa mendorong setiap inovasi yang berupaya memudahkan orang untuk berzakat zakat melalui berbagai layanan digital, baik digital banking, melalui e-commerce maupun financial technology,” tuturnya.

Menurutnya, GOJEK dan GO-PAY merupakan mitra strategis dalam mencapai tujuan tersebut karena keduanya memiliki jumlah pengguna dan jangkauan yang luas.

Sementara itu, Galuh Chandra Kirana, SVP Marketing GO-PAY mengatakan lewat kerjasama ini metode pembayaran lewat GO-PAY bisa langsung terintegrasi dengan aplikasi Lazismu. “Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan metode scan QR dari GO-PAY yang akan langsung masuk ke rekening Lazismu.

Kode QR kami sediakan meliputi berbagai kota di Indonesia dengan kode yang berbeda setiap wilayah, sehingga masyarakat bisa memilih kota tujuan mereka berdonasi,” kata Galuh. Galuh melanjutkan, kode QR yang berbeda di tiap kota ini juga memungkinkan Lazismu untuk mengetahui jumlah donasi dari masing-masing wilayah.

GO-PAY sendiri telah memperkenalkan inovasi sedekah digital sejak Bulan Suci Ramadhan tahun 2018 lalu melalui kerjasamanya dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Inisiatif ini kemudian dilanjutkan dalam pengumpulan dana untuk korban bencana gempa di Lombok, gempa dan tsunami di Palu-Donggala, serta tsunami di Banten dan Lampung, bekerjasama dengan BAZNAS dan Kitabisa.com. Pada Februari lalu, GO-PAY kembali mengukuhkan komitmennya dalam mengembangkan potensi sedekah digital dengan menggandeng Filantropi Indonesia. Sejak April 2018 hingga Februari 2019, donasi digital GO-PAY telah membantu mengumpulkan Rp 13 miliar dari sekitar 131.000 donatur.

GOJEK Beri Pelatihan Wirausaha Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah

Dalam kolaborasi ini, GOJEK juga menunjukkan komitmennya dengan memberikan pelatihan wirausaha di berbagai kampus Muhammadiyah di Kota Jakarta, Solo, Malang, Yogyakarta, dan Makassar. Melalui program GOJEK WIRAUSAHA, mahasiswa akan diberi pelatihan bagaimana menjadi seorang pengusaha handal yang mampu memanfaatkan keberadaan teknologi.

GOJEK WIRAUSAHA merupakan program pelatihan tatap muka untuk memberikan pembekalan mengenai bagaimana memulai bisnis dengan baik. Selain itu program ini memiliki keistimewaan yaitu memberikan akses langsung kepada para pelaku UMKM untuk masuk ke ekonomi digital lewat platform GOJEK. Setelah pelatihan para pelaku usaha dapat mendaftarkan usahanya ke dalam platform GO-FOOD dan GO-PAY.

“Kami melihat Muhammadiyah merupakan organisasi sosial yang memiliki peran penting dalam pendidikan. Populasi mahasiswa Muhammadiyah yang sangat besar dengan semangat berinovasi tinggi berpotensi besar untuk mendorong pemanfaatan teknologi sehingga memberikan dampak positif yang signifikan. Ini menjadi bentuk awal kerja sama GOJEK dengan Lazismu, ke depannya kami berharap kolaborasi bisa semakin erat sehingga dampak positif teknologi bisa semakin dirasakan dalam ekosistem Lazismu atau Muhammadiyah” tutup Nila.

● GOJEK, GO-PAY dan Lazismu perkenalkan cara berbagi yang “kekinian” yaitu melalui apps dan menggunakan layanan pembayaran digital.
● GOJEK berikan pelatihan wirausaha ke mahasiswa Universitas Muhammadiyah di 5 kota
● GOJEK berikan perluas pengetahuan dampak teknologi ke mahasiswa Universitas Muhammadiyah di 5 kota

Menghadirkan Oase Bagi Warga Terdampak Puting Beliung di Kabupaten Probolinggo

LAZISMU hadir di lokasi bencana puting beliung di Desa Tambakrejo dan Desa Curahtulis Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo (17/03/2019). Kehadiran LAZISMU ini dalam rangka menyerahkan 107 paket sembako dan pakaian layak pakai. 107 paket dibagikan ke Desa Tambakrejo sejumlah 34 paket dan 74 paket dibagikan di Desa Curahtulis.

Pembagian paket sembako dan pakaian layak pakai ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo. Beliau mengatakan pada masyarakat agar menyikapi secara positif bencana yang menimpa 2 Desa ini. Dengan sikap positif akan menimbulkan aura positif sehingga bisa bangkit kembali dengan cepat. Misalnya, pertemuan silaturahmi ini.

“Mari, kita sikapi positif bencana ini,” kata Fauzi, S.Pd.I, Ketua PDM Kabupaten Probolinggo. Lanjutnya, “Sikap positif akan menimbulkan aura positif untuk segera bangkit.”

Selain membagikan paket sembako dan pakaian layak pakai, team LAZISMU bersama team MDMC kerja bakti membersihkan material bangunan dr rmh Pak Bambang. Pembersihan ini dilakukan karena sebentar lagi akan dibangunkan hunian mungil 6m × 3m oleh Muhammadiyah dari dana yang digali LAZISMU beserta relawan MDMC.

Ahmad Ridho Pambudi, Ketua Lazismu kabupaten Probolinggo mengatakan, “Hunian mungil ini dibangun agar keluarga Pak Bambang bisa menjalani kehidupannya dengan lebih baik.” (KR)

Banjir Bandang Terjang Sentani, Jayapura, Papua, Mari Kita Bantu Sesama

Info dari BNPB (www.bnpb.go.id) hujan deras yang mengguyur daerah Jayapura telah menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua pada Sabtu 16/3/2019 pukul 21.30 WIT. Hujan deras turun sejak pukul 18.00 WIT.

Akibatnya 9 kelurahan di Kecamatan Sentani diterjang banjir bandang yaitu Kelurahan Barnabas Marweri, Piter Pangkatana, Kristian Pangakatan, Didimus Pangkatana, Andi Pangkatana, Yonasmanuri, Yulianus Pangkatana, Nelson Pangkatan, dan Nesmanuri. Banjir masuk ke rumah-rumah warga dan rumah sakit. Jalan berubah menjadi aliran permukaan yang deras.

Evakuasi dan pendataan masih dilakukan. Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban diintensifkan untuk mencari korban. Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan belum semua daerah terdampak dijangkau karena tertutup pohon, batu, lumpur dan material banjir banjir bandang. Data sementara 50 orang meninggal dunia dan 59 luka-luka. (BNPB/fotro : Antara)

Sehubungan dengan itu maka Lazismu kembali membuka dompet donasi kemanusiaan dan kebencanaan. Donasi dana dapat ditransfer melalui rekening :

  • Bank Mu’amalat No. 7665 030 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Syariah Mandiri No. 9939 830 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Alamat Posko Bencana Jatim : Jl. Kertomenanggal 4/1 Surabaya, telp. 031 843 7191.

Lazismu Benahi Rumah Bu Emok di Tuban Yang Habis Terbakar

Lazismu Tuban pada hari Sabtu (16/03/2019) melaksanakan kegiatan benah rumah yang mengalami kebakaran. Rumah milik ibu Imroatun Nisa atau biasa di panggil ibu Emok itu harus diperbaiki total. Untuk aksi ini Lazismu bersinergi bersama Aisyiyah cabang Palang, MDMC, BAKESOS dan Pemuda Muhammadiyah guna mempercepat proses benah rumah agar segera bisa ditempati kembali.

Kebakaran ini terjadi pada hari Ahad (10/03/2019) malam puku 20.30 WIB. Ibu Emok menceritakan, bahwa pada waktu itu ia pergi keluar rumah. Kebetulan pulsa listrik habis, kemudian ia dan suami keluar rumah untuk membeli pulsa listrik dan mampir ke rumah Kepala Desa untuk mengurus Kartu Keluarga. Esoknya suami harus ke Lamongan guna mengurus dokumen untuk pengangkatan Guru K2.

Sementara itu anak bu Emok main ke rumah tetangga karena takut tinggal di rumah yang cuma diterangi lilin. Waktu itu sebelum bu Emok keluar ia menyalakan lilin yang ditaruh di atas lemari plastik. Celakanya lemari plastik itu berisi barang yang mudah terbakar. Ketika lilin habis meleleh kemudian api membakar lemari plastik itu. Api kemudian menjadi besar, cerita bu Emok sambil menitikkan air mata.

Muzayin, Ketua Lazismu Tuban, mengatakan bahwa benah rumah ini dikerjakan dengan dibantu warga. Rumah dirubah total untuk menghilangkan rasa trauma pada anak-anak ibu Emok yang masih kecil.

Lazismu Tuban sigap berkoordinasi dengan Ortom, dan Lembaga Muhammadiyah guna menghimpun bantuan. Untuk rumah yang terbakar ini Lazismu telah berkoordinasi dengan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah, BAKESOS, MPS dan MDMC di Palang untuk bergerak bersama. “Kita akan selalu bersinergi bersama untuk kepentingan umat” kata Muzain.

Target aksi benah rumah ini memakan waktu 4 hari. Ketika rampung rumah bisa ditempati kembali. Sebelumnya, pada hari Senin (11/03/2019) Lazismu sudah mendatangi lokasi kebakaran dan memberikan bantuan awal untuk kebutuhan sehari-hari ibu Emok se-keluarga yang mana bantuan itu diterima oleh anak ibu Emok karena ibu Emok dan suami keluar mengurus dokumen-dokumen yang ikut terbakar. (Malik/Adit)

INNALILLAHI WAINNAILAIHI ROJI’UN

Dunia kemanusiaan kembali berduka. Penembakan terjadi di salah satu masjid di Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3/2019) siang. Insiden berdarah ini berlangsung di Masjid Al Noor, pusat Kota Christchurch, dan Masjid Linwood, di pinggiran kota. Penembakan yang berlangsung selama 20 menit ini menimbulkan banyak korban. Puluhan orang dilaporkan tewas dan luka-luka.

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Maneger Nasution mengutuk keras aksi biadab ini. “Terorisme itu musuh agama dan kemanusiaan. Karena itu siapa pun pelaku teror, ia adalah musuh agama dan kemanusiaan,” tuturnya. Dunia kemanusiaan mengutuk keras atas aksi terorisme dan tindakan tidak beradab tersebut.

Maneger berharap kasus ini bisa segera menemui titik terang. “Aparat setempat harus mengusut tuntas siapa pun pelaku dan dibalik aksi keji itu. Mereka laik dihukum dengan sangat berat dan keras. Mereka penjahat keagamaaan dan kemanusiaan,” ujarnya.

Pemerintah Selandia Baru, juga diminta bisa memastikan agar umat beragama bebas mengamalkan agamanya. Dan, memastikan bahwa peristiwa yang sama tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

“Pemerintah Indonesia harus memastikan bahwa kasus terorisme di Selandia Baru itu tidak terinportasi ke Indonesia yang berpotensi mengganggu keguyuban nasional. Publik dalam negeri mampu menahan diri, tidak terprovokasi. Hindari main hakim sendiri,” pungkas Maneger.

Terkait dengan korban, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ada enam warga negara Indonesia yang tengah berada di Masjid Al Noor Christchurch saat penembakan terjadi. Tiga WNI dipastikan selamat dan bisa dikontak. Kemenlu berusaha memastikan tiga WNI lainnya. (ribas / www.suaramuhammadiyah.id).

Belasungkawa dan dukacita yang sangat mendalam kita sampaikan atas tragedi penembakan kaum Muslimin di Masjid Selandia Baru yang kejam dan biadab, jumat 15 Maret 2019. Innalillahi wa innailaihi roji’un, atas gugurnya 49 orang umat Islam.

Atas tragedi itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan siaran press, dengan uraian sebagai berikut:

PERNYATAAN PERS PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH TENTANG TRAGEDI PENEMBAKAN DI MASJID CHRISTCHURCH SELANDIA BARU (Nomor: 101/PER/I.0/J/2019)

Bismillahirrohmanirrohim

Sehubungan dengan tragedi penembakan di Masjid al-Noor, Lindwood,  Christchurch Selandia Baru, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan:

  1. Menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas tragedi penembakan di Masjid al-Noor, yang menewaskan puluhan Muslim. Mereka yang wafat adalah syahid yang mendapatkan tempat terhormat di hadapan manusia dan Allah azza wa jalla. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran. Kepada umat Muslim Selandia Baru agar tetap tegar dan tidak surut selangkahpun dalam berislam dan berdakwah di Selandia Baru.
  1. Mengutuk keras penembakan yang sesungguhnya merupakan pembantaian dan aksi teroris yang sangat biadab serta permusuhan terhadap umat Islam, apapun motifnya dan siapapun pelakunya.
  1. Mendesak Pemerintah Selandia Baru agar segera mengusut tuntas motif dan pelaku pembantaian maupun dalangnya serta memberikan hukuman yang seberat-beratnya. Pemerintah Selandia Baru agar meningkatkan keamanan dan melindungi seluruh warga negara khususnya umat Islam agar dapat hidup damai dan menjalankan ajaran agama dengan aman.
  1. Mengapresiasi pernyataan tegas dan sikap cepat Pemerintah Indonesia yang mengambil langkah diplomatis dan mendesak agar segera melakukan langkah-langkah diplomasi lebih lanjut dan tindakan kemanusiaan untuk membantu, mengevakuasi, dan menyelamatkan warga Indonesia yang menjadi korban.
  1. Menghimbau umat Islam Indonesia untuk bersikap tenang, tidak membuat pernyataan yang memperkeruh suasana, dan melakukan langkah–langkah yang kontra produktif. Umat Islam Indonesia hendaknya menggalang solidaritas dan melakukan doa bersama untuk keselamatan dan mendukung perjuangan dakwah Muslim di Selandia Baru.

Nasrun Min Allah wa fathun qarib. Jakarta, 08  Rajab  1440 H/15  Maret 2019 M.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah : Ketua, Prof. Dr. Bahtiar Effendy, MA (NBM 744 626) dan Sekretaris Umum, Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed (NBM 750 178).

Peduli Kemanusiaan, Lazismu Gelar Malam Amal Bersama Maher Zain, Opick dan Mulan Jameela

Beberapa bulan terakhir Indonesia mengalami musibah besar berupa bencana alam beruntun dibeberapa daerah yang menyebabkan banyak korban jiwa, hilangnya harta benda dan rusaknya berbagai fasilitas umum. Gempa bumi di Lombok, gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah serta tsunami di Selat Sunda, lalu banjir di berbagai daerah, menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi warga yang terdampak bencana. Hilangnya keluarga dan sanak saudara serta harta benda membuat penderitaan semakin dalam sehingga mereka layak mendapat bantuan dan uluran tangan kita demi keberlangsungan kehidupan yang akan datang.

Oleh karena itu guna menghimpun dana dan simpati dari masyarakat luas, Lazismu akan menggelar Konser Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” menghadirkan artis internasional dan nasional. Konser akan digelar pada hari selasa tanggal 19 Maret 2019 malam, mulai pk. 18.30 WIB, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Hadir dan tunjukkan kepedulian Anda dalam: Konser Malam Amal Kemanusiaan “Melayani Negeri Sepenuh Hati” Lazismu bersama Maher Zain, Opick Tombo Ati dan Mulan Jameela.

Untuk bisa berpartisipasidapatkan kupon donasinya senilai Rp. 300,000,- sebagai tanda masuk ke ruang acara. Hubungi nomor panitia :

  • Hafiz: 0852-1649-6732 (WA)
  • Edi: 0812-8392-9000
  • Lya: 0813-13-200-900

Presented by: Lazismu Pusat
Organized by: Qupro.idn

Penarik Becak Plus Muadzin Ini Gembira Ketika Menerima Bingkisan Dari Lazismu

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Surabaya terus memberikan bantuan sembako dalam program Lazismu Peduli Dhuafa (LAPD) dengan sasaran : One Day One Recipient atau satu hari satu penerima manfaat,

Pada hari Kamis (7/3/2019) Lazismu bertandang ke rumah penerima manfaat atas nama Saru’i. Pria kelahiran Bangkalan Madura 12 Juni 1953 ini pekerjaannya adalah mengayuh Becak. Penghasilan yang diterimanya tidak menentu setiap harinya. Disamping itu dia mempunyai tugas menjadi tukang adzan Subuh (Muadzdzin) di Musholla Al-Kholil, dekat rumahnya.

Saru’i dengan gembira berucap terimakasih kepada Lazismu Surabaya atas kepeduliannya. “Saya bersyukur atas rezeki ini. Ini rezeki yang tidak disangka-sangka. Terimakasih sekali lagi, ini rumah kami dengan ukuran 3 x 10 meter persegi, rumah yang sangat sederhana sekali,” ujar pria berusia 66 tahun itu.

“Setiap hari saya menarik becak. Terkadang kalau ada orang yang minta bantuan memperbaiki pintu atau rumah saya kerjakan. Alhamdulillah, meskipun penghasilan tidak menentu yang terpenting bisa buat beli ikan, nasi dan lauk pauk,” kata pria yang tinggal di Bulak Banteng Lor Gg Pratama 3/9 Surabaya itu. (habibie).

Bagi Donatur bisa menyalurkan ZIS-nya melalui :

  • BANK SYARIAH MANDIRI (99398 2 01 00 0 00000) An. Infaq LAZISMU kota Surabaya
  • BANK MUAMALAT (76640 2 01 00 0 00000) An. Infaq LAZISMU Kota  Surabaya.