Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 14 July 2020
Breaking News
You are here: Home » News

Category Archives: News

Jelang Audit Laporan Keuangan, Lazismu se-Jatim Gelar Workshop di Malang dan Magetan

Sebagai wujud komitmen Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas lembaga kepada publik dan ummat Islam di Indonesia, setiap tahun dilaksanakan kegiatan Audit atas Laporan Keuangan. Audit tahun 2020 ini dilakukan atas laporan keuangan tahun 2019 pada kantor Lazismu se-Indonesia, baik kantor perwakilan wilayah,kantor perwakilan wilayah pembantu daerah dan kantor layanan.

Kantor Lazismu se- Jawa Timur yang akan diaudit sebanyak 28 kantor Daerah dan kantor Layanan tingkat wilayah. Laporan Keuangan tahun 2019 Kantor-kantor Lazismu itu akan diaudit dan diperiksa oleh Tim Auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dari Jakarta.

Sebagai persiapan audit dan penguatan penerapan sistem keuangan, maka dilaksanakan Workshop Audit Laporan Keuangan yang terbagi dalam dua kawasan. Untuk Lazismu se-Jatim kawasan timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Pamekasan, kota Pasuruan, Kab. Blitar, Kota/kab. Probolinggo, Banyuwangi, Kota/Kab. Mojokerto, Jember, Lumajang, Kota/kab. Malang dan Batu diadakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Juli 2020 di gedung B.A.U. kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Telogo Mas kabupaten Malang.

Pembukaan Workshop dihadiri oleh Prof. DR. Thohir Luth, MA Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang juga sebagai Dewan Syariah Lazismu Jatim, drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, beberapa Pengurus Lazismu Jatim dan peserta Workshop.

Dalam sambutannya Prof Thohir Luth menyambut baik upaya Lazismu untuk terus menjaga kepercayaan dan amanah dari Muzaki dan Donatur. Menurutnya kepercayaan atua trust merupakan bagian terpenting dari kiprah untuk meningkatkan Persyarikatan menjadi organisasi yang modern, berkemajuan dan kredibel. Para Amil Lazismu harus terus menjaga dengan penuh kehati-hatian dana dari ummat untuk meningkatkan taraf kehidupan ummat, harapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah jatim. Menurutnya upaya ini adalah bentuk kongkrit para Amil untuk memantaskan diri sebagai pemegang amanah dana zakat yang dapat dipercaya dan kredibel. Oleh karena itu laporan keuangan yang teraudit oleh KAP pada seluruh kantor Lazismu di Indonesia adalah merupakan bukti bahwa Lazismu memang layak menjadi Lembaga Amil Zakat yang terpercaya di mata publik, katanya.

Sedangkan untuk Lazismu Daerah kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Gresik, Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Tulungagung diadakan pada hari berikutnya, yakni ahad 12 Juli 2020 di gedung Graha Sedamu, kabupaten Magetan. Bertindak selaku instruktur dan pemandu Workshop adalah Eny M. Wijayanti, Badan Pengurus (BP) Lazismu Pusat dan Moh. Syaifuddin Ali Sahidu, BP Lazismu perwakilan wilayah Jatim.

Menurut Ali Sahidu, Anggota BP Lazismu perwakilan wilayah Jatim yang membidangi keuangan dan pembukuan, diharapkan dengan Workshop ini semua kantor Lazismu Daerah memiliki kesiapan dalam menghadapi Audit atas Laporan Keuangan 2019, baik format laporan keuangan yang standar maupun kerapian dalam mengarsip berkas-berkas bukti transaksi.

Dengan audit yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2020 ini, Ali Sahidu kembali berharap predikat dan opini Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) atas Laporan Keuangan 2019 dari KAP kembali diraih oleh Lazismu se-Jawa Timur. Dengan demikian Lazismu se-Jawa Timur semakin kredibel, terpercaya dan dapat meningkatkan pelayanan kepada Muzaki dan Donatur serta Mustahik, katanya. (Ad)

Audit Laporan Keuangan, Bukti Kongkrit LAZISMU yang Kredibel dan Berkemajuan

Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) diwajibkan untuk menyampaikan laporan pelaksanaan pengelolaan zakat, infaq, dan dana sosial keagamaan lainnya kepada BAZNAS dan pemerintah melalui kementerian Agama Republik Indonesia setiap 6 (enam) bulan dan akhir tahun. Laporan keuangan tahunan harus diaudit secara syariat oleh Kementerian Agama dan melalui proses audit keuangan oleh akuntan publik.

Pemeriksaan laporan keuangan, merupakan tuntutan regulasi bagi Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk dilakukan setiap tahun dan disampaikan sesuai dengan amanah regulasi. Disamping pelaporan kepada Kementerian Agama Republik Indonesai melalui Badan Amil Zakat Nasional, sebagai LAZNAS, LAZISMU juga berkewajiban menyampaikan laporan kepada donatur, mitra kerjasama, dan masyarakat umum sebagai wujud transparansi atau keterbukaan informasi publik.

Menurut Edi Surya, Dirut LAZISMU Pusat di Menteng Raya Jakarta saat dihubungi melalui jaringan WA, 11/07/2020, audit juga dimaksudkan untuk mewujudkan visi besar LAZISMU “Menjadi Lembaga Amil Zakat yang terpercaya” melalui salah satu misi “Optimalisasi pengelolaan dana ZISKA yang amanah, transparan dan professional”. Untuk saat ini, audit sudah menjadi kebutuhan organisasi dalam mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Sesuai dengan Renstra LAZISMU 2015-2020, bahwa pada tahun 2020 LAZISMU menargetkan terlaksananya audit pada 80% dari total wilayah. Jika pada tahun ini jumlah kantor wilayah sebanyak 28 wilayah, maka target audited pada tahun 2020 adalah 22 wilayah.

Berdasarkan evaluasi dari pemeriksaan/audit tahun sebelumnya, perlu dilakukan perbaikan pada beberapa tahapan untuk mempercepat proses persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian laporan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) seperti: pembentukan tim khusus penyusun laporan bagi LAZISMU di setiap tingkatan, standarisasi format penyajian laporan keuangan, lokasi pemeriksaan, dan sebagainya.

Audit LAZISMU secara nasional atas Laporan Keuangan 2019 yang dilaksanakan pada medio Juli – Agustus 2020 bertujuan untuk :

  1. Mewujudkan visi dan misi organisasi;
  2. Melaporkan kepada donatur, mitra, dan masyarakat umum;
  3. Memastikan bahwa transaksi yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan;
  4. Meningkatkan kepercayaan donatur dan mitra.

Dengan audit ini diharapkan LAZISMU secara Nasional meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sehingga dapat meningkatkan kredibilitas di mata publik, khususnya Muzaki, Donatur dan Stake Holder lainnya. (Ad)

Lazismu dan Gojek Distribusikan Bantuan Paket Ketahanan Pangan di Kota Malang

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) bersama Gojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa melaksanakan pendistribusian paket ketahanan pangan di beberapa kota di Indonesia, yang salah satunya di kota Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 450 paket bantuan pangan terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan kornet dibagikan kepada sasaran penerima antara lain; Guru, warga dhuafa, marbot Masjid dan pengemudi Ojek online yang berada di kota wisata Malang. Bantuan tersebut merupakan partisipasi dan langkah nyata Gojek corporate sebagai penyedia jasa layanan transportasi berbasis aplikasi online dalam penanganan warga terdampak Covid-19, khususnya di Jawa Timur.

Kegitan Seremoni dan penyaluran paket bantuan dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl Gajayana kota Malang, sabtu pagi, 04/07/2020. Hadir dalam kesempatan itu Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, Perwakilan Gojek, para Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan ‘Aisyiyah (PDA) kota Malang, serta undangan dan para penerima bantuan.

Ketua PDM kota Malang, Dr. Abdul Haris MA dalam sambutannya menyatakan bahwa Muhammadiyah senantiasa mengajak ummat Islam beramal nyata yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk menghimpun dana bantuan dan disalurkan kepada mereka yang berhak. Untuk itu pimpinan Muhammadiyah bersama jajarannya, termasuk Lazismu senantiasa menjaga amanah dan kepercayaan dari donatur dan Muzaki.

Sementara itu, Reynando, atau yang akrab dipanggil Rio, perwakilan Gojek Malang Raya sangat menyembut baik kegiatan ini dan merupakan bentuk kepedulian kedua belah pihak, Lazismu dan Gojek, untuk turut berperan serta membantu warga terdampak pandemi Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan.

“Gojek selalu bekerjasama dengan para mitra terpercaya, termasuk dengan Lazis Muhammdiyah untuk kegiatan aksi kemanusiaan, yang salah satunya adalah memberikan bantuan pangan kepada warga terdampak Covid-19 di kota Malang. Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan dan semakin erat di masa mendatang” kata Rio.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tepat pada peringatan Milad (HUT) Lazismu yang ke-18. Lazismu didirikan pada tanggal 4 Juli 2002 sebagai bentuk respon Muhammadiyah guna menggerakkan potensi zakat ummat Islam dan pengelolaan dana filantropi di Indonesia. Oleh karena itu selain menyambut baik aksi bersama Gojek ini, ia juga menekankan para Amil Lazismu untuk terus berkerja keras dan meningkatkan giat fundraising guna membantu saudara-saudara kita yang masih berada di garis kemiskinan.

“Semakin banyak perolehan ZIS yang dihimpun oleh Lazismu maka akan semakin banyak orang atau mereka yang membutuhkan ditolong dengan dana ZIS. Maka pertumbuhan Lazismu, baik dari segi kantor layanan dan jumlah Amil harus ditingkatkan dan dimasifkan agar semakin banyak yang dibantu dan ditolong akan semakin mempercepat penanganan masalah kemiskinan di negeri kita” kata Zainul dengan semangat.

Disamping itu Zainul mengajak semua pihak untuk saat ini memikirkan kegiatan Qurban yang salah satunya juga untuk mengatasi ketersediaan pangan yang berkelanjutan. Lazismu wilayah Jawa Timur telah melaksanakan program Qurban Kemasan selama 4 tahun, yakni daging qurban diwujudkan dalam bentuk makanan dalam kleng, kornet dan rendang. Untuk itu ia mengajak semua pihak untuk turut serta lebih mensukseskan program Qurban untuk ketahanan pangan yang manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Salah satu penerima manfaat program Lazismu bersama Gojek, Sana’i, seorang marbot Masjid yang difabel ini merasa senang dan gembira telah dibantu oleh Lazismu-Gojek. Ia, disamping bertugas di Masjid, juga seorang loper koran yang turut merasakan dampak Covid-19.

“Terima kasih, Lazismu dan Gojek telah peduli kepada warga yang membutuhkan seperti saya ini. Pendapatan saya sebagai loper koran hanya Rp 20 – 30 ribu per hari. Ketika pandemi wabah ini hampir tidak berpenghasilan sama sekali dari pengantaran koran, karena kondisi yang tidak memungkinkan saya untuk mengantar koran ke rumah-rumah pelanggan. Apalagi beberapa waktu lalu diberlakukan PSBB” cerita Sana’i.

Menurut Anas Yusuf, Wakil Ketua Lazismu Kota Malang, pada tahap pertama ini dibagikan 305 paket bantuan pangan, sedangkan sisanya 145 paket akan dibagikan pada hari Kamis, 09/07/2020. Kegiatan penyaluran ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, yakni hadirin menjaga jarak, cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker.

Anas menambahkan bahwa ia dan rekan-rekan Amil Lazismu di kota Malang merasa bangga mendapat kepercayaan dari pihak Gojek (Nasional) untuk mendistribusikan paket bantuan kepada sasaran penerima yang salah satunya adalah pengemudi ojek yang terdampak Covid-19. Kepercayaan ini diwujudkan dalam bentuk pendistribusian yang tepat sasaran sesuai dengan data yang telah dihimpun. (Ad)

On TV..

Aksi Peduli Untuk Tingkatkan Semangat Guru Ngaji TPA di Rowokangkung, Lumajang

Kantor Layanan Lazismu (KLL) di Rowokangkung Lumajang walaupun keberadaanya belum seumur jagung dan baru berdiri tapi kegiatannya nyata dirasakan oleh umat. Hal itu terlihat dalam aksi Peduli Guru Taman Pendidikan al-Qur’an, jumat 03-07-2020, khususnya di TPA Mujahidin dan TPA Umar bin Khotob di kecamatan yang sering menjadi langgan banjit itu.

Anggit selaku ketua KLL Rowokangkung mengatakan kegiatan peduli guru ngaji ini perlu ditingkatkan, karena mereka ini adalah para pencetak kader bangsa yang loyal kepada negri ini. Lazismu sebagai Lembaga Amil Zakat harus memperhatikan kesejahteraan mereka. “Mudah-mudahan para donatur juga simpati dan mendukung program program Lazismu ini” ungkapnya.

Pada kegiatan ini ditasyarufkan uang sejumlah 1,2 juta Rupiah kepada 16 guru ngaji yang mengajar di TPA Mujahidin dan TPA Umar bin Khotob dengan harapan semoga sedikit bantuan ini bisa membuat semangat berdakwah mereka meningkat.

Nunuk Sugiarsih, seorang guru TPA Mujahidin, mengucapkan banyak terima kasih kepada Lazismu dan para doantur, yang sudah memperhatikan keberadaan mereka selama ini. Ia berharap semoga hal ini bisa menjadikan semangat untuk mencerdaskan anak-anak kader bangsa, tuturnya

“Mudah-mudahan para relawan Lazismu selalu di beri kelancaran dan kesehatan sehinngga bisa terus berkiprah untuk kepentingan umat, dan kami yang ada di TPA akan terus mengajak para wali santri ketika membayar zakat, infaq dan shodaqohnya untuk langsung ke Kantor Layanan Lazismu Rowokangkung. Insya alloh terpercaya dan acuntable.” kata Nunuk.

“Apa lagi Rowokangkung adalah kawasan pertanian, maka zakat pertanianya juga wajib di keluarkan dan para petugas Lazismu juga siap menjemput zakat dan donasi ke rumah-rumah para Muzaki,” pungkasnya. (Kus).

Mari membayar zakat dan infaq-sedekah melalui Lazismu kab. Lumajang..

Transfer ke REKENING

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
QURBAN BMI 77250 4 20 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Lumajang

Tanpa Kenal Lelah Bergerak Membantu Warga Yang Membutuhkan di Seantero Lumajang

Lazismu Lumajang dan Muhammadiyah Covid-19 nCommand Center (MCCC) tiada henti menyalurkan bantuan paket sembako bagi warga terdampak wabah mengerikan itu. Sejumlah 800 paket sembako ditebar di 21 Kecamatan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat.

Pada hari Selasa, 30-06-2020 Tim Lazismu meluncur ke dua kawasan yaitu Gucialit dan Ranuyoso. Kegiatan tersebut langsung dikomandani oleh Anggit selaku Kepala Kantor Layanan Lazismu Rowokangkung.

Masruri selaku ketua PCM Gucialit mengucapkan terima kasih kepada Lazismu yang selama ini terus mensuport kegiatan di tempatnya.

“Tentu kami akan terus bersemangat untuk membina para pemuda di Gucialit dan nantinya akan menjadi kader penerus perjuangan kami dan dalam waktu dekat kami juga akan mengoptimalkan Kantor Layanan Lazismu sehingga bisa menopang kegiatan sosial yang ada di Gucialit,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Supriyono selaku pengurus PCM Ranuyoso. “PCM kami yang ada di Ranuyoso ini juga cabang baru berdiri dan Alhamdulillah pergerakan kami juga sangat diterima oleh masyarakat, karena juga didukung Lazismu yang sekaligus kepanjang tangan PDM yang selalu terus mengalir. Hal ini menjadi semangat kami untuk memberi yang terbaik untuk umat,” ungkapnya.

Anggit selaku pemagang komando dalam kegiatan ini mengatakan sinergi dan kebersamaan itu penting walaupun di KLL wajib hukumnya membantu kegiatan Daerah karena Lazismu itu satu kesatuan, mulai dari Pusat sampai ke tingkat KLL, satu komado, sesuai dengan mottonya “Memberi untuk negri”, tambahnya. (Kus)

Menggerakkan Aksi Sayang Yatim di Pamekasan, Madura

Lazismu Pamekasan memberikan santunan kepada 19 anak Yatim di dusun Sawah desa Bicorong Kecamatan Pakong, Selasa, 30 Juni 2020. Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Ketua LAZISMU Pamekasan, Ketua PC Muhammadiyah Pakong dan Manager Lazismu.

Acara yang ditempatkan di salah satu rumah warga ini dalam rangka mempererat tali persaudaraan, juga sebagai wujud dari kepedulian dan sebagai tanggung jawab dari lembaga sosial kemasyarakaran.

Matnin, Ketua Lazismu Pamekasan Menyampaikan, ini adalah amanah dari para muzakki dan munfaqin kepada mustahiq yaitu dalam hal aini anak yatim yang harus disampaikan oleh Lazismu secara amanah, profesional dan transparan. Ujar Matnin.

Ketua PCM Pakong, Mas’udi Menyampaikan Alhamdulillah sejak di launching KL Lazismu Kecamatan Pakong banyak masyarkat yang bisa merasakan manfaat dari hadirnya lazismu di pakong, dan dalam penyaluran program baik itu untuk yatim, lansia, dll kita ke semuanya tidak membedakan karena golongan, organisasi, kelompok, dll. Tujuan kita adalah menebar manfaat kepada yang berhak, artinya tepat sasaran dan tepat guna. Sesuai dengan amanah ZIS yang dititipkan kepada Lazismu. Semoga semakin banyak masyarakat yang menyalurkan ZISnya kepada LAZISMU sehingga sasaran penerima manfaat semakin luas, tutur mas’udi

Lazismu Mengajak Anda Giat Bersedekah, Manfaatkan Waktumu Hijrah Bersama Bank Muamalat

LAZISMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Bersama Bank Muamalat Indonesia, Lazismu (Jawa Timur) mengajak anda, kaum muslimin dan muslimat, untuk menjadi bagian dari problem solving atau pemecahan permasalahan umat melalui program-program keumatan dan kemanusiaan.

Program-program keumatan itu antara lain sebagai berikut :

Ransum Kemanusiaan

Penyediaan makanan kaleng siap saji yang sangat pas untuk kondisi kemanusiaan. Korban bencana alam, bekal Da’i di daerah terpencil dan terisolir, dhuafa yang terpukul ekonomi akibat Covid19 akan sangat membutuhkan Ransum Kemanusiaan ini.

Cepat tersedia, mudah disalurkan, cepat dikonsumsi, aman buat kesehatan, bisa menjangkau daerah terpencil dan terjauh sekalipun.

Untuk berdonasi silakan klik..

Indonesia Mendengar

Banyak generasi bangsa yang memiliki gangguan pendengaran. Program ini memberikan bantuan unit dan instalasi alat bantu dengar agar mereka bisa mendengar lebih baik, mendengarkan kalam Allah, belajar dengan lebih baik untuk masa depan mereka

Untuk berdonasi silakan klik..

Lelahku Bahagiamu

Dukungan nyata terhadap upaya pencegahan penyebaran, penanggulangan pandemi covid-19 dengan penyediaan APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis dan dokter, alkohol, sanitiser, desinfectan untuk rumah sakit, masjid, sekolah, panti asuhan.

Menerjukan Relawan yang melakukan penyemprotan masjid, panti asuhan, sekolah dan faslitas umum, serta sebagai garda depan distribusi APD dan bahan sanitasi.

Untuk berdonasi silakan klik..

Lumbung Pangan Kemanusiaan

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat menjaga jarak, stay at home dan mengurangi aktifitas diluar rumah. Hal ini menyebabkan ekonomi masyarakat menegah kebawah terganggu, khususnya yang mengandalkan penghasilan harian dari berjualan, karyawan yang dirumahkan, penjual PKL yang tidak bisa berjualan, guru mengaji, Da’i, dan yang lainnya.

Lumbung Pangan Kemanusiaan hadir untuk membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Untuk berdonasi silakan klik..

 

Rekening

  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)

Sedekah

Qurban

Menjaga Ketahanan Pangan para Guru Sekolah Islam Terdampak Covid-19 di Sidoarjo

Sebanyak 65 orang guru yang mengabdi di perguruan (SD-SMP-SMA) Muhammadiyah Porong dan 20 orang guru di SD Muhammadiyah Krembung kabupaten, Sidoarjo, mendapatkan bantuan pangan dari Lazismu Jatim, selasa, 23/06/2020.

Bantuan yang merupakan CSR zakat dari Bank CIMB Niaga Syariah itu diberikan guna menjaga ketahanan pangan bagi para guru yang terdampak Covid-19. Lazismu mempunyai program Bhakti Guru yang bertujuan memperhatikan dan memberikan kepedulian kepada guru, khususnya yang kurang mampu.

Bagaikan gayung bersambut, bank CIMB Niaga Syariah mempunyai program kepedulian terhadap penanganan warga terdampak covid-19, khususnya di Jawa Timur. Oleh karena itu, bank yang berpusat di Malaysia itu mengamanahkan CSR nya melalui Lazismu wilayah Jawa timur.

Menurut drh Zainul Muslimin, ketua Lazismu wilayah Jawa timur, program Bhakti Guru ini memang salah satu program Lazismu yang dilaunching pada pertengahan bulan Maret 2020 lalu. Program ini sebenarnya bertujuan untuk mengangkat taraf hidup para guru khususnya yang ada di sekolah Islam di berbagai daerah. Namun pada masa covid-19 ini lebih diarahkan untuk membantu para guru yang terdampak pandemi wabah ini.

“Bersama pihak bank CIMB Niaga Syariah, Lazismu turut serta meringankan beban saudara kita, para guru terdampak Covid-19, yang kali ini berada di kabupaten Sidoarjo. Program Bhakti Guru ini memang bertujuan untuk memberikan perhatian kepada insan pendidik yang mengabdi khususnya di sekolah Muhammadiyah dan juga mengetuk hati para donatur dan Corporate untuk berpartisipasi membantu saudara sesama yang membutuhkan” kata Zainul ketika menyerahkan bantuan di perguruan Muhammadiyah Porong, Sidoarjo.

Satu paket bantuan pangan terdiri dari 10 kg beras ditambah gula, minyak goreng dan kornet. Bantuan itu diterima oleh para guru di perguruan Muhammadiyah Porong, yang saat ini merasakan beban paling berat dalam kehidupanya. Pada masa Covid-19 ini sekolah tempat mengabdi terpaksa harus diliburkan selama 3 bulan ini. Selama libur sekolah terkendala dalam menarik iuran SPP kepada orang tua dan wali murid dikarenakan mereka juga menjadi warga yang terdampak wabah virus Corona ini, jelas Zainul.

Penyaluran dilakukan di dua tempat, yakni perguruan (SD-SMP-SMA) Muhammadiyah, Jl. Raya Kesambi Porong, dan SD Muhammadiyah Jl. Raya Lemujut, Krembung, Sidoarjo. Acara didahului dengan acara seremoni berupa sambutan Pengurus Sekolah dan Ketua Lazismu Jatim. Para guru yang hadir dalam acara penyaluran tersebut tampak senang dan gembira karena merasa diperhatikan kebutuhannya.

Sementara itu Jelita, Account Officer CIMB Niaga Syariah Cabang Surabaya Darmo yang dihubungi melalui jaringan WhatsApp, mengatakan bahwa pihaknya merasa berterima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan Lazismu Jatim, terutama dalam menyalurkan bantuan bagi warga terdampak Covid-19. Ini adalah kali kedua, pertama pada bulan Ramadhan 1441 H lalu di Surabaya dan saat ini di Sidoarjo. Ia merasa dibantu menyalurkan kepada sasaran penerima yang lebih membutuhkan. Ke depan Jelita berharap agar kerjasama ini dapat berkesinambungan dan berkelanjutan dalam berbagai program, harapnya. (Adit)

Aksi Perdana Layanan Perbaikan Instalasi Listrik Gratis, Kolaborasi CV Prigesh Elektrikal dan Lazismu Lamongan

Lazismu Lamongan terus berupaya memfasilitasi dan menggelorakan semangat memberi, berbagi dan mengabdi di tengah masyarakat terus dilakukan.

Bersama CV Prigesh Elektrikal Kontraktor dan Mekanikal Engineering, Lazismu Lamongan membuka layanan Jumat berkah untuk membantu perbaikan instalasi listrik gratis bagi masjid, sekolah, dan rumah dhuafa.

“Inisiasinya dari teman teman muda di Prigesh dan Lazismu, kemudian kami eksekusi bersama dan Alhamdulilah mulai Jumat ini, kami sudah bergerak untuk membantu melakukan perbaikan listrik di sekolah sekolah dan masjid,” kata Moh Harbul Fijar, Amil Lazismu Lamongan pada Jum’at, 19/06/2020, ketika beraksi di Pondok Pesantren Pataan, Kec Sambeng.

“Kebetulan permintaan yang masuk pertama kali dari Sekolah, Masjid dan Pondok Pesatren di Sambeng ini, jadi Minggu lalu kita survey lebih dulu dan hari ini kita eksekusi,” ungkapnya.

Di areal Pondok Pesantren ini masih banyak sudut-sudut bangunan yang gelap gulita ketika malam tiba. Oleh karena itu perlu dipasang saluran listrik dan lampu penerangan yang baru. Di sepanjang halaman pondok, lampu penerangan juga banyak yang mati sehingga dilakukan penggantian lampu dan pengecekan instalasinya. Tim instalator CV Prigesh dibantu relawan Lazismu telah bekerja dengan cekatan dan teliti.

M Rofiq, perwakilan dari Prigesh Elektrikal Kontraktor menyampaikan ucapan terimakasih atas support Lazismu dalam program bersama kali ini.

“Kami berterima kasih atas support dari Lazismu, obrolan-obrolan kecil kami ternyata dapat mendatangkan kebaikan bagi sesama. Semoga istiqomah ke depan membantu sesama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ramiso pengasuh Pondok Pesantren Pataan-Sambeng mengaku mendapatkan manfaat banyak dari program ini.

“Kami berterima kasih banyak, Allah yang membalas kebaikan teman teman semua. Insya Allah dampak dan manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat banyak, terutama membantu penerangan di sekitar pondok dan masjid,” sambungnya.

“Saya berharap program ini tetap Istiqomah dilakukan sebab dapat langsung dirasakan oleh masyarakat luas,” pungkas Ramiso. (Irv)

MARI berdonasi zakat, infaq dan sedekah melalui LAZISMU Lamongan..

Transfer melalui Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 19 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lamongan
BMI 76630 1 19 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lamongan
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 19 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lamongan
BMI 76640 2 19 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lamongan
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 19 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lamongan
BMI 76650 3 19 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lamongan
QURBAN BMI 77250 4 19 00 0 00000 Qurban LAZISMU Kab Lamongan

Baca juga..

Salurkan Bantuan Kesehatan kepada Keluarga Dengan Gangguan Pengelihatan di Kedungpring Lamongan

Menyapa Warga Mualaf Suku Tengger di Lereng Gunung Semeru, Senduro, Kabupaten Lumajang

Lazismu Kabupaten Lumajang bersama Kantor Layanan (KL) di Senduro kembali mengadakan aksi sosial. Kali ini membagikan 40 paket sembako di desa kandangan dusun krajan RW 01 dan desa Kandang Tempus dusun Kayu Enak kecamatan Senduro. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu 13-06-2020 ini dilakukan sambil menyapa para Mualaf suku Tengger yang ada di desa tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut para pengelola KL Lazismu Senduro yang diwakil oleh Arofiq, para Amil Fundraising Lazismu Lumajang dan ketua RW 01, Saikhu.

Arofiq relawan Lazismu KL Senduro mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja menyasar ke dua dusun itu. Dusun yang tempatnya berada di pinggiran kecamatan Senduro ini banyak warga yang perlu mendapatkan uluran tangan, ungkap Arofiq.

Sebanyak 40 kepala keluarga yang sebagian besar adalah Mualaf suku Tengger yang berada di lereng gunung Semeru ini mendapatkan paket bantuan ini. Suku Tengger adalah masyarakat Jawa Hindu yang masih keturunan kerajaan Mojopahit. Mereka hidup bercocok tanam dan menetap di sekitar gunung Semeru dan Bromo, Jawa Timur.

Arofiq juga menjelaskan bahwa kawasan binaan KL Lazismu Senduro ini sangat kompleks permasalahan hidupnya. Banyak Mualaf yang perlu mendapatkan perhatikan, baik dari sisi pertahanan aqidah dan secara ekonomi.

“Mudah-mudahan dengan zakat dan infaq dari para Muzaki dan Donatur yang kita salurkan ini ke depan bisa memberdayakan dengan baik kehidupan mereka. Kami juga melihat dukungan para donatur sangat antusias dan selama ini mensuport kegiatan kami. Insya Allah harapan itu semua akan terwujud,” harapnya.

Saikhu selaku ketua RW dan mewakili warga Mulaf Suku Tengger sangat bersukur dengan kegiatan Lazismu di dusunnya.

“Bantuan ini sangat membantu warga kami yang memang sangat membutukan, apalagi dampak Covid-19 ini sangat menganggu sektor ekonomi di kalangan bawah, khususnya yang bermata pencaharian tidak tetap,” jelas Saikhu.

“Kami pun juga akan mengajak para dermawan untuk selalu menyisikan zakat mal, infaq dan sedekahnya untuk disalurkan ke Lazismu kalau kita lihat selama ini lembaga yang paling amanah dan akuntabel, baik dalam pencatatan dan pentasarufan,” tambahnya.

Seraya sambil mendoakan semoga perjuangan para mujahid lazismu selalu di beri kelancaran dalam setiap kegiatan dan dakwanya selalu dalam lindunganya sehingga bisa meningkatkan motivasi untuk memahami indahnya bersodaqoh,imbuhnya.

Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari selalu mengingatkan kepada para relawan agar selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi yang tidak menentu ini. Apalagi Pemerintah akan menerapkan pola new normal. Ketika kesehatan terjaga dan semangat itu terus bergelora insya Alloh kegiatan Lazismu akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tandasnya.

“Yang terpenting selalu berinovasi untuk memberi yang terbaik dengan gerakan zakat yang meberdayakan,” pungkas Muari.