Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 5 April 2020
Breaking News
You are here: Home » News

Category Archives: News

Memberikan Bantuan kepada Pak Guru Eko di Surabaya, Yang Kini Sudah Tidak Bisa Mengajar Lagi

Sudah menjadi fitrah manusia untuk hidup saling peduli dan tolong-menolong. Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah Kota Surabaya dalam berbagai kesempatan senantiasa melaksanakan amanah dari para donatur. Kali ini diberikan kepada pak Guru Eko (Eko Sumantoyo), di rumahnya Jl Manyar Sabrangan 3 no. 46 Surabaya, Jumat (3/4/2020).

Hadir dalam pemberian bantuan kepada Pak Guru Eko Tim Lazismu Surabaya, antara lain pengurus ; Sunarko, Abdul Hakim, beserta para Amil ; Warsono, Tasmo dan Cak Aan. Bantuan berupa santunan uang, madu dan lainnya diberikan langsung oleh Ketua Lazismu Kota Surabaya Sunarko SAg MSi.

Sunarko, mengucap syukur kepada Allah SWT, di tengah wabah COVID-19 ini Lazismu masih bisa melaksanakan amanah umat.

“Kami, tim Lazismu Kota Surabaya menyampaikan amanah umat berupa uang sebesar Rp 7.136.000,- dan titipan bantuan barang dari donatur lainnya,” katanya.

“Bapak Guru Eko merupakan seorang Guru Honorer di SDN Kertajaya 1 Surabaya, dia sudah mengabdi di sana selama 22 tahun,” ungkap Sunarko.

Masih menurut Sunarko, pak Guru Eko saat ini tidak bisa bekerja lagi, karena pendarahan otak yang dideritanya.

“Saat ini Bapak Guru Eko sedang sakit, hanya bisa berbaring di rumah padahal dia sebagai tulang punggung keluarga,” ucap Ketua Lazismu Surabaya itu.

“Kami berharap kepada seluruh pembaca, donatur bisa tetap membantu dan menyalurkan sebagian rezekinya untuk meringankan beban Bapak Guru Eko dan Keluarganya. Bapak/Ibu bisa menyalurkan bantuan melalui Lazismu Kota Surabaya,” tandasnya.

“Terima kasih atas perhatian dan bantuan bapak-bapak semua. Hanya gusti Allah yang bisa membalas amal kebaikan bapak-bapak semua” kata bu Siti, isteri pak Eko.

“Semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala menerima amal ibadah kita ini. Lazismu senantiasa Memberi untuk Negeri, melayani dengan sepenuh hati,” tutupnya. (Abdul Hakim-Sby).

Lazismu Secara Nasional Salurkan Rp 6,1 Milyar Untuk Penanganan Covid-19

Prof Hilman Latief

Sehubungan dengan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang telah menjadi masalah global dan masih belum bisa terkendali penanganan dan pencegahannya, maka Lazismu telah mengeluarkan kebijakan dan melakukan berbagai langkah berpartisipasi membantu Negara untuk menangani wabah ini.

Ketua Lazismu Pusat Prof Hilman Latief, PhD, di Yogyakarta, 1 April 2020, menyatakan bahwa sampai dengan tanggal 31 Maret 2020, dalam penanggulangan Covid-19 Lazismu telah bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal Muhammadiyah.

“Bersama internal Muhammadiyah, lembaga yang terkait antara lain : Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) sebagai tim ad hoc Covid 19, Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU), LPB (Lembaga Penanggulangan Bencana), Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM), Aisyiyah dan lainnya.” ungkap Hilman Latief.

“Selain itu terdapat Lembaga eksternal dan corporate yang menjadi mitra antara lain BNPB, Wardah (PT Paragon), Alfa Mart, Alfamidi, Kelola Mina Laut, dan lain-lain.” tambah Hilman.

Lazismu, Hilman melanjutkan, telah mengeluarkan kebijakan untuk mengkonversi sebagian programnya untuk bersinergi dengan program Covid-19. Karena itu, spending anggaran yang dikeluarkan Lazismu untuk Covid-19 sudah mencapai Rp 6,1 milyar. Sementara penghimpunan baru mencapai Rp 2.8 milyar. Pembelanjaan Baju Pelindung juga belum semua terpenuhi karena menunggu penghimpunan dana khusus Covid-19.

Program lain yang urgent untuk medapat dukungan dari para donatur adalah penguatan kapasitas rumah sakit Muhammadiyah / ‘Aisyiyah yang ditunjuk pemerintah setempat menjadi mitra untuk pelayanan medis bagi penderita Covid-19.

Secara nasional dalam program penyemprotan desinfektn telah dilakukan penyemprotan di 9.991 titik se Indonesia, antara lain : 1.352 sekolah, 2.873 Masjid/tempat ibadah, 1.219 kantor, 140 Panti Asuhan dan 4.407 rumah warga. Sementara pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) mencapai 31.303 pcs, dan hand sanitizer 173.156 buah.

Dan saat ini Lazismu bersiap untuk memasuki ketahanan pangan bagi warga terdampak secara ekonomi dan memberdayakan mitra binaan untuk pengadaan bahan pokok. Sebanyak 31.215 paket bantuan telah disalurkan kepada warga terdampak, sementara ratusan ribu warga terdampak lainnya masih menunggu ketersediaan paket bantuan dari penghimpunan donasi yang masuk.

INSTRUKSI penanganan Covid-19

Sebelumnya pada tanggal 19 Maret 2020 lalu Prof Hilman Latief, Ketua BP Lazismu Pusat di kantor Lazismu Pusat, Menteng Jakarta, telah menginstruksikan kepada Pengurus LAZISMU di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah-langkah strategis.

Pertama, melakukan fundraising terkait Covid-19, kedua bersinergi dengan Tim Covid-19 Muhammadiyah setempat. Ketiga melakukan gerakan aksi nyata membantu masyarakat ta’awun dengan membersihkan fasilitas publik (tempat ibadah, sekolah dan kantor persyarikatan) dan keempat melakukan penggalangan dan penyaluran dana, serta pelaporan kegiatan dikoordinasikan oleh LAZISMU Wilayah.

Dalam menghadapi darurat bencana wabah virus Corona Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat juga telah mengeluarkan Maklumat yang ditujukan kepada seluruh Pengurus Lazismu di seluruh Indonesia antara lain :

  • Penggalangan dana terus dilakukan oleh Lazismu secara masif.
  • Pengadaan APD dapat melibatkan kelompok-kelompok binaan terdampak seperti UMKM, masyarakat difabel yang mengelol industri.
  • Mempersiapkan skema untuk ketahanan pangan : pengadaan paket makanan siap saji dan kebutuhan pokok.
  • Mengidentifikasi kelompok penerima manfaat yang terdampak secara ekonomi, seperti lansia, pekerja / buruh harian, guru honorer, para asatidz, da’i, mahasiswa / pelajar yang tidak bisa pulang kampung dan lain-lain.
  • Mengkonversi berbagai program Lazismu seperti pemberdyaaan ekonomi, pertanian, home industri, bakti guru, santunan dan lain-lain menjadi program yang memiliki relevansi dengan penanggulangan dampak Covid-19.
  • Mempersiapkan ruang yang dapat dijadikan gudang untuk kepentingan penyediaan dan distribusi bahan makanan pokok yang diperlukan.
  • Mengkampanyekan pembyaran zakat maal, zakat fitrah, infaq dan shodaqoh di awal Ramadhan untuk pengadaan pangan dhuafa selama bulan Ramadhan
  • Bekerjasama dengan Baznas dan LAZ lainnya di wilyah/daerah masing-masing (co-branding) untuk mengakselerasikan program penanggulangan Covid-19.
  • Tetap disiplin melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan kepada Lazismu secara struktural dan berkala.

Bantu Pak Tarmidi Pedagang Bakso Terdampak Kondisi Wabah Virus Corona

Namanya Pak Tarmidi aslinya Kalitidu Bojonegoro, hampir setiap hari beliau mangkal di depan sebuah perkantoran yang juga tepat di depan masjid Al Badar, kawasan Kertomenanggal Surabaya, Jawa Timur.

Setiap hari beliau melayani orang-orang kantor yang istirahat makan siang atau jamaah masjid yang kebetulan habis sholat dhuhur, namun hari ini dia tampak lesu.

“Bagaimana Pak jualannya, sepi atau ramai,” tanya kru Lazismu

“Suepi banget mas,” jawabnya dengan logat khas Jawa Timuran.

“Turunnya apa sampai separoh Pak,” tanya kru Lazismu lagi.

“Kok separoh, nggak ada Ustadz,” jawab Pak Tarmidi sambil terbata-bata. Maksudnya tidak ada separoh yang tejual pada hari ini.

Sungguh tak kuasa menahan air mata untuk tidak meleleh, apalagi melihat Pak Tarmidi yang jalannya terseret-seret dan bicaranya sulit ditangkap karena pernah kena stroke.

Memang sudah mulai seminggu ini tidak ada sama sekali kegiatan di perkantoran itu, bahkan karyawan kantor banyak yang diliburkan dan hanya menyisakan karyawan yang piket jaga.

Melihat hal itu Ahmad Saifu, Anggota Badan Pengurus Lazismu Jatim, selepas sholat Ashar, 24/03/2020, segera bergegas mengambil paket sembako yang ada di kantor Lazismu yang berada di seberang Masjid Al-Badar Kertomenanggal untuk diserahkan kepada pak Tarmidi.

“Ini pak, ada sedikit bantuan dari Lazismu untuk Bapak, semoga dapat membantu” kata Ahmad Saifu.

“Oh, nggeh pak, matur nuwun (oh ya pak, terima kasih, red) bantuannya. Alhamdulillah” ungkap pak Tarmidi setengah kaget. Dengan mata berkaca-kaca, ia pun melihat isi bingkisan di dalam dua tas kresek yang diberikan kepadanya. Ada beras, gula, minyak goreng, kornet dan rendang dalam kaleng, dan juga makanan kemasan lainnya.

“Lho kok buanyak banget isinya pak ustad” katanya setelah melihat isi dalam paket.

“Bapak istirahat saja di rumah selama kondisi wabah begini. Nanti kalau bingkisannya habis bilang ya” sambung Ahmad Saifu, Anggota BP Lazismu Jatim.

Menurut Ahmad Saifu, Lazismu wilayah dan daerah-daerah di Jatim saat ini memang sedang mengusahakan cadangan paket sembako atau lumbung pangan bagi menangani warga terdampak Covid-19 khususnya secara ekonomi. Paket itu akan dibagikan pada pertengahan April 2020 dan memasuki bulan Ramadhan 1441 Hijriyah.

Tentu banyak Tarmidi-Tarmidi lain di sekitar kita, baik itu yang profesinya Ojol, buruh harian, pedagang asongan ataupun penjual jajanan sekolah yang juga diliburkan.

Mari menjadi SOLUSI UNTUK SESAMA ANAK NEGERI.

Lazismu menggalang dana untuk memberikan sembako dan cadangan makanan bergizi kepada orang-orang yang terkena dampak ekonomi secara langsung akibat pembatasan sosial dalam rangka menghadang penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Lazismu akan membagikan paket makanan kemasan yang bergizi dalam bentuk sembako dan makanan siap saji, sehingga mudah dikonsumsi.

Dengan pemberian cadangan makanan ini diharapkan akan meringankan beban pekerja harian ini pada masa pembatasan sosial.

Ayo bantu bagi-bagi cadangan makanan untuk para pekerja harian yang terkena imbas pembatasan sosial akibat merebaknya virus Covid-19.

REKENING LAZISMU ZAKAT

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 810 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7663 010 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat

Lazismu Instruksikan Setiap Kantor Daerah Membuat Lumbung Pangan dan Sediakan Ransum Kemanusiaan

Wabah Corona yang mendera tanah air diperkirakan akan memakan waktu yang sangat lama, bisa lebih dari satu bulan. Pemerintah, baik pusat maupun lokal telah mengadakan berbagai pembatasan sebagai upaya pencegahan, beberapa daerah bahkan telah dikarantina.

Dengan adanya berbagai pembatasan, baik berkumpul, berkerumun, jarak bersosilisasi maupun anjuran agar tinggal di rumah saja membuat sebagian dari warga masyarakat kita terancam dari segi perekonomiannya.

Mereka yang mempunyai penghasilan tetap sebagai karyawan atau pegawai tentu tidak terlalu menjadi masalah, apalagi para aghniya (orang kaya) yang mempunyai cadangan dana yang sangat cukup. Namun bagaimana dengan mereka yang berpenghasilan harian dari sektor informal, tentu mereka akan menderita dan kesusahan.

Jumlah mereka yang terimbas kondisi wabah virus Corona secara ekonomi ini terbilang tidak sedikit. Sehari-hari mereka sudah dalam keadaan susah hidupnya, ditambah lagi dengan keadaan ancaman wabah penyakit yang semakin membuat mereka tertekan dan perlu perhatian seksama dari semua pihak.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) wilayah Jawa Timur, yang berkedudukan di Gedung Muhammadiyah Jatim, Jalan Kertomenanggal IV/1 Surabaya, pada tanggal 30 Maret 2020, telah mengeluarkan instruksi agar setiap kantor Lazismu Daerah tetap buka dan beroperasi selama kondisi wabah virus Corona. Sebagai protapnya, para Pengurus dan Amil Lazismu harus senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan diri, serta semaksimal mungkin mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19.

Surat edaran yang ditanda tangani oleh Katua drh Zainul Muslimin dan Aditio selaku sekretaris mewajibkan Kantor Lazismu Daerah untuk membuat lumbung pangan (stok logistik) serta mempersiapkan ransum kemanusiaan siap saji bagi warga terdampak jika kondisi menjadi semakin darurat. Lazismu harus mengupayakan ketersediaannya cukup hingga bulan Ramadhan 1441 H mendatang.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur drh Zainul Muslimin di sela-sela penyerahan bantuan kepada pengemudi ojek online di Resto Bunda Nuur Buduran Sidoarjo, 31/03/20, menyerukan kaum muslimin untuk giat bersedekah dan menyegerakan menunaikan zakatnya, terutama zakat maalnya. Demikian pula dengan zakat profesi bisa disalurkan melalui berbagai saluran di Lazismu, baik melalui layanan ambil zakat maupun transfer bank, dan QR code.

Penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh serta dana kemanusiaan (ZISKA) semakin diintensifkan melalui berbagai saluran dan cara penghimpunan yang memperhatikan kesehatan dan keselamatan Amil. Amil Lazismu diharapkan dapat mengedukasi para donatur dan muzaki agar dapat membayar ZISKA melalui transfer bank, mobile banking, QR code dan lain sebagainya

Sementara itu aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan oleh tim relawan gabungan di bawah koordinasi Lazismu Daerah menuru Zainul tetap dilaksanakan dan maksimal hingga tanggal 11 April 2019 saja. Setelah tanggal itu tim Relawan diistirahatkan dan Lazismu Daerah mengedukasi AUM dan masyarakat untuk dapat melakukan penyemprotan secara mandiri.

Sebanyak 37 kantor Lazismu Daerah setelah edaran itu wajib memfokuskan kepada penggalangan dana ZISKA dan pengadaan logistik Sembako untuk Lumbung Pangan dan mengupayakan ransum kemanusiaan siap saji produk Lazismu.

Surat edaran Lazismu Wilayah Jatim : 037 edaran covid19

 

 

Bakti Sosial di Lumajang Pun Diwujudkan Dalam Aksi Semprot Desinfektan

Lazismu kabupaten Lumajang bersama MDMC hadir di lingkungan RT 1 RW 3 dusun Tulus Rejo 2 kecamatan Tempeh, sabtu 28-03-2020. Kehadiran rombongan tim untuk mengadakan kegiatan bakti sosial bagi warga. Namun karena saat ini dalam masa tanggap darurat bencana wabah virus Corona (Covid-19) maka bakti sosial dilakukan dalam bentuk penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga.

Ketua RT Muhammad Fatoni dan sejumlah tokoh masyarakat menyambut baik kegiatan tersebut. Ia selaku ketua RT sangat mengapresiasi atas sinergi yang telah dilakukan antara Lazismu-MDMC dan lingkungan RT 1 tempatnya.

“Kegiatan aksi ini sangat ditunggu oleh warga kami untuk penyemprotan disinfektan. Sebetulnya akan kami laksanakan hari rabu kemarin. Namun dengan adanya sinergi bersama Lazismu maka kami undur pada hari sabtu ini” kata Fathoni.

Fathoni merasa sangat bersyukur bahwa penyemorotan ini bisa dilakukan di wilayahnya, mengingat di Lumajang sudah ada seorang warga yang terpapar positif virus corona.

“Mudah-mudahan ikhtiar bersama yang kita lakukan ini bisa efektif dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin tak terkendali” tambahnya.

Kuswantoro selaku amil Lazismu Lumajang mengatakan bahwa dalam beberapa hari ini penyemprotan sudah dilakukan oleh Tim Lazismu-MDMC ke tempat-tempat dan fasilitas umum yang menjadi sasaran. Kali ini dilakukan di lingkungan yang notabene banyak warganya yang menjadi donatur Lazismu. Oleh karena itu Kuswantoro langsung berkoordinasi dengan pihak RT dan malah sangat disambut dengan baik.

“Alhamdulillah kami ucapkan banyak terima kasih kepada para donatur dan dermawan yang selama ini telah mendukung aksi kami Tim Lazismu-MDMC dalam pencegahan Covid 19 mudah-mudahan menjadi amal jariyah kelak di akhirat nanti” pungkas Kuswantoro. (Kus/Ad)

Lazismu-MDMC Telah Menyemprot Desinfektan pada 2.400 Titik di 26 Daerah se-Jatim

Komitmen Muhammadiyah untuk hadir guna memberikan kontribusi dalam penanganan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diwujudkan dalam berbagai bentuk. Selain membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), juga menyediakan 20 RS dalam jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah / Aisyiyah (RSM/A) di seluruh Indonesia.

Melalui Lazismu dan MDMC (Muhammadiyah DIsaster Management Center) beserta AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah), Persyarikatan yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan ini juga melakukan aksi penyemprotan Desinfektan di Indonesia, termasuk di 26 daerah kabupaten / kota di seluruh Jawa Timur.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur drh Zainul Muslimin ketika di Gedung PWM Jatim, Surabaya, menjelaskan, dalam sembilan hari, mulai tanggal 20 hingga 28 Maret 2020 sore, Lazismu bersama MDMC, AMM dan berbagai komunitas peduli se Jawa Timur telah melakukan penyemprotan cairan desinfektan di 2.400 titik lokasi.

Ke-26 Daerah itu antara lain Bojonegoro, Jember, Magetan, Pamekasan, Tuban, Lumajang, Kab Mojokerto, Kab Probolinggo, Lamongan, Kota Probolinggo, Kab. Malang, Bondowoso, Kota Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Kota Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Pacitan, Ponorogo, Kab. Blitar, Kota Kediri, Ngawi, Kota Batu, Surabaya, Kota Pasuruan dan Banyuwangi.

Tempat-tempat yang menjadi sasaran penyemprotan itu antara lain Masjid / musholla (932 titik), sekolah / kampus (575 titik), kantor (124 titik), Klinik / RS (5 titik), panti asuhan (18 titik), rumah penduduk, fasilitas umum (717 titik) bahkan tempat ibadah agama non Muslim (29 titik).

Zainul juga menginstruksikan agar seluruh kantor Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Daerah menghimpun dana ZIS maupun donasi lainnya untuk upaya kemanusiaan ini. Hingga tanggal 28 Maret 2020 sementara telah terkumpul dana sebesar Rp. 351,8 juta se-Jawa Timur dan itu akan bertambah mengingat rekapitulasi senantiasa dilakukan terus menerus.

Sementara itu menurut M. Rofii, Ketua MDMC / MLHPB Jawa Timur, sebanyak 316 relawan telah diterjunkan dalam aksi penyemprotan ini. Mereka berasal dari relawan inti MDMC, dan relawan pendukung dari AMM, MPKU, komunitas masyarakat, dan mahasiswa / mahasiswi dari berbagai kampus di 26 daerah se-Jatim. Total ruangan yang disemprot seluas 783.559 meter persegi. Penyemprotan ini akan terus dilakukan hingga masa tanggap darurat ditetapkan berakhir, kata Rofii. (Adit)

Tidak Hanya Masjid dan Sekolah, Tim Cegah Covid-19 Juga Semprot Desinfektan Kantor Polisi dan Dua Gereja di Lumajang

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lazismu Kabupaten Lumajang terus bergerak dalam upaya pencegahan virus corona (covid -19). Hari Rabu 25-03-2020 tim hadir ke kecamatan Pronojiwo dan langsung disambut oleh Kapolsek IPTU Basuki Rachmad SH beserta jajaranya.

Tim Lazismu dan MDMC dipimpin langsung oleh Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari yang dengan semangat mendampingi squad untuk selalu berjuang dalam aksi pencegahan Covid-19. Aksi yang dilakukan adalah dengan penyemprotan desinfektan kepada sasaran yang dituju. Tidak hanya menyasar Masjid, sekolah dan kantor, tim juga merambah dua gereja yang ada di Pronojiwo. Bahkan kantor dan Pos Polisi juga tak luput dari aksi penyemprotan desinfektan.

Kaposek Pronojiwo IPTU Basuki Rahmad SH mengatakan dengan adanya kehadiran Lazismu yang di bawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lumajang pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucap terima kasih atas kerjasama yang memberi kemanfaatan.

Menurutnya, sinergi yang erat antara Organisasi Masyarakat. Lembaga Amil Zakat dengan Polri dan masyarakat serta jajaran perangkat desa Sidomulyo merupakan bentuk persatuan yang kuat dalam menghadapi bencana wabah Corona. “Kita bergandeng tangan untuk berjuang dengan satu tujuan guna menekan masalah virus corona yang saat ini sudah merebah ke seluruh negara di dunia ini” ungkap IPTU Basuki.

“Di jajaran kepolisian dengan maklumat kapolri No 2/3.2020 kami sekarang ini lagi gencar-gencarnya untuk menekan penyebaran covid 19. Kita harus antisipasi dengan tidak mengadakan pertemuan masa atau berkumpul. Kalau tidak ada kepentingan lebih baik warga di rumah karena kita harus memutus mata rantai penyebaran covid -19 dengan berbagai cara termasuk yang dilakukan oleh Lazismu ini, agar tidak merebah menular kepada saudara, keluarga,diri kita semua warga pronojiwo,” tandasnya.

IPTU Basuki juga menekankan agar masyarakt menjaga diri, menjaga kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan serta mengatur pola makan yang sehat dan teratur. “Istirahat yang cukup dan jaga jarak dengan orang lain” imbuhnya.

Akhirnya IPTU Basuki mengharapkan kepada para donatur dan dermawan, khusunya di Kabupaten Lumajang untuk mendukung gerakan Lazismu ini dengan mendonasikan sebagian rejekinya ke Lazismu, sehingga semakin banyak yang berdonasi maka akan semakin banyak juga tempat ibadah, ruang publik, sekolah yang diseterilkan.

“Trima kasih kepada dermawan, doantur yang selama ini telah mendukung gerakan Lazismu untuk mencegah covid-19 dan terus ajak teman dekat saudara untuk berdonasi ke Llazismu, dan mudah mudahan tim Lazismu dan MDMC selalu dalam lindungaNya dan diberi kesehatan dalam berjuang di garda depan pencegahan wabah ini” pungkasnya.

Menurut suharyo AP, SH, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang, upaya lazismu ikut berkontribusi dalam menekan penyebaran virus corona di kecamatan Pronojiwo merupakan langkah tepat dan bukti nyata dalam berbagi kepada masyarakat luas. Penyemprotan desinfektan di dua gereja dan Mapolsek ini nenunjukkan bahwa Lazismu terbuka untuk siapapun dan akan selalu memberi untuk negeri, kata ketua PDM Lumajang ini. (Kuswantoro)

PT Kelola Mina Laut Serahkan Bantuan Untuk Relawan Lazismu dan Warga Terdampak Bencana Covid-19

Peran serta korporat sangat diperlukan dalam upaya menghadapi dan menanggulangi gencarnya wabah virus Corona (Covid-19). Dukungan mereka sedikit banyak sangat menentukan kesuksesan negeri ini keluar dari bencana nasional ini.

Hal ini ditunjukkan oleh PT Kelola Mina Laut (KML) selaku produsen makanan olehan dalam kemasan yang berkedudukan di Gresik, Jawa Timur. PT KML turut mendukung pergerakan relawan Lazismu di Jawa Timur yang berjibaku turun lapangan dalam upaya pencegahan Covid-19. Bentuk dukungannya adalah dengan memberikan sumbangan makanan olahan ikan laut dalam kemasan (forzen food) untuk para relawan Lazismu.

Bantuan bahan makanan frozen food seberat 400 kg itu diserahkan secara simbolis oleh Faris Ma’ani manager logistik PT KML kepada ketua Lazismu Jawa Timur, drh Zainul Muslimin di kantor PW Muhammadiyah Jawa Timur, Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya, 24/03/20.

“Terima kasih kepada PT KML, selaku perusahan makanan terkemuka di Indonesia atas dukungan dan bantuannya kepada Lazismu. Insya Allah bantuan ini akan kami teruskan kepada ratusan relawan Lazismu dan MDMC yang sampai saat ini masih gencar melakukan penyemprotan desinfektan di berbagai daerah di Jatim. Bantuan juga akan kami salurkan kepada mereka yang berhak menerima, terutama yang paling terdampak wabah ini, yakni warga miskin.” kata Zainul ketika menerima bantuan.

Sementara itu Faris Ma’ani, mewakili PT KML menyampaikan, bahwa bantuan ini adalah merupakan bentuk kepedulian pihak korporat, terutama dalam menghadapi ancaman bencana di Indonesia.  “Alhamdulillah PT Kelola Mina Laut kali ini kembali berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Ini adalah kesekian kalinya PT KML berpartisipasi dalam hal kebencanaan, semenjak bencana gempa bumi hingga tsunami yang terjadi di tanah air. Semoga bantuan ini bermanfaat” katanya.

Zainul Muslimin menambahkan bahwa kepedulian dari semua pihak terutama perusahaan atau korporat ini patut diapresiasi dan menjadi bukti bahwa dengan kebersamaan dan saling tolong menolong negeri ini akan bisa keluar dari krisis dan musibah. Zainul juga membuka pintu seluas-luasnya bagi siapa saja, individu atau kelompok dan komunitas, terutama pihak korporat untuk memberikan bantuan dan dukungan dalam menanggulangi kebencanaan dan masalah kemanusiaan di Indonesia. (Adit)

 

Dua Puluh Dua Kantor Lazismu Daerah Lakukan Aksi Penyemprotan Disinfektan Ke Berbagai Fasilitas Umum

Lazis Muhammadiyah se-Jawa Timur dalam menghadapi penyebaran virus Corona 2019 (Covid-19) ini telah melakukan langkah-langkah awal dalam upaya turut berpartisipasi membantu Pemerintah dalam penanggulangan wabah yang semakin meluas. Langkah-langkah tersebut adalah penyemprotan disinfektan ke berbagai fasilitas umum, pengadaam Alat Pelindung Diri (APD) bagi Tim Medis, Kru Ambulance dan Relawan dan penyediaan ransum kemanusiaan, serta siaga ambulance.

Saat ini yang sudah dilakukan oleh Lazismu se-Jawa Timur mulai tanggal 20 hingga 24 Maret 2020, adalah penyemprotan disinfektan di 22 (dua puluh dua) Daerah kabupaten dan kota, dengan menyasar Masjid, sekolah, kantor dakwah, panti suhan dan sebagainya, bahkan gereja. Kedua puluh dua kantor Lazismu Daerah yang telah dan sedang melaksanakan aksi penyemprotan disinfektan itu adalah : Magetan, Ngawi, Ponorogo, Madiun, Bojonegoro, Pacitan, Lamongan, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Nganjuk, Blitar (Kab/kota), Kab. Malang, Mojokerto (Kab/kota), Jember, Kota Pasuruan, Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang dan Pamekasan.

Bersama mitra internal yakni majelis dan lembaga di Muhammadiyah, seperti MDMC, MPKU, AMM dan Kokam, Lazismu bergerak bahu-membahumelakukan aksi penyemprotan disinfektan. Selain itu Lazismu juga menggandeng berbagai komunitas yang peduli terhadap masalah ini.

Foto-Foto Aksi Penyemprotan Disinfektan Kantor Lazismu Daerah se-Jawa Timur :

Bojonegoro

KP Jatim (Sby/Sda)

Jember

Magetan

Pamekasan

 

Tuban

Lumajang

 

Kab Probolinggo

Lamongan

 

Kota Probolinggo

Bondowoso

Kab Mojokerto

Gresik

 

Sidoarjo

Kota Blitar

Tulungagung

Nganjuk

Pacitan

 

Ponorogo

Ngawi

 

Banyuwangi

Surabaya

 

Kota Mojokerto

 

Kab Malang

Kota Pasuruan

Bentuk Fast Response Skuad Team, MDMC dan Lazismu Siap Layani Penyemprotan Disinfektan di Berbagai Daerah di Jawa Timur

Persebaran virus korona (Covid-19) yang kian masif saat ini mulai menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Pemerintah menyebut kasus positif Virus Corona per Rabu (18/3) mencapai 227 orang, dengan 19 orang meninggal dunia dan 11 dinyatakan sembuh. Walau sebagian besar daerah di Jawa Timur belum dinyatakan kejadian luar biasa namun kewaspadaan yang serius dan ekstra harus dilakukan.

M. Rofi’i, Ketua MDMC Jawa Timur, mengatakan upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Jawa Timur dan juga sebagai salah satu mitigasi bencana, tim utama MDMC bergerak dengan Lazismu Jawa Timur membentuk satgas Fast Response Team (Tim Respon Cepat) untuk Penyemprotan Disinfektan.

Drh Zainul Muslimin Ketua Lazismu Jawa Timur mengatakan bahwa penyemprotan dimulai dari Gedung Amal Usaha Muhammadiyah, Masjid/musholla dan juga menyasar ke Fasilitas Umum. harapanya apa yang dilakukan Lazis Muhamamdiyah dan MDMC bisa menginspirasi semua pihak untuk melakukan hal yang sama.

Tentunya yang dilakukan oleh Lazismu Jawa Timur tidak seberapa dibanding dengan persoalan yang ada sekarang. “Setidaknya kita melakukan sesuatu untuk negeri ini sesuai dengan tagline Lazismu “Memberi Untuk Negeri”.

Menurut Zainul saat ini sudah siap skuad team dari 12 (duabelas) kantor Lazismu dan MDMC Daerah di Jawa Timur yang siap melayani penyemprotan disinfektan ke Masjid dan Musholla serta sekolah, pondok pesantren dan perguruan, yaitu : Bojonegoro, Pamekasan, Probolinggo (Kab/kota), Magetan, Lamongan, Nganjuk, Mojokerto (Kab/kota), Lumajang, Sidoarjo dan Surabaya. (Teg/Ad)