Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 19 September 2019
Breaking News
You are here: Home » News

Category Archives: News

Setelah Salurkan 20.000 liter, Dengan Dukungan Donatur Lazismu Akan Gerojok lagi 120.000 liter air ke 6 Kecamatan di Bojonegoro

Bersama dengan Asian Moslem Charity Foundation AMCF Lazismu telah bergerak di berbagai daerah di Jawa timur yang kekeringan dan kekurangan air bersih, terutama di Bojonegoro.

Melihat banyaknya kecamatan yang mengalami kekeringan, maka Lazismu Bojonegoro pun turut serta membantu warga untuk menghadapi dan mengatasi bencana kekeringan ini.

Lazismu berencana menyalurkan 120.000 Liter air untuk mengatasi bencana kekeringan selama seminggu ked di 6 kecamatan yang terletak di Bojonegoro.

Musim kemarau yang tak kunjung berakhir makin memperparah keadaan di beberapa kecamatan di kabupaten yang dibelah oleh sungai Bengawan solo itu. Hujan yang belum kunjung turun membuat bencana kekeringan semakin mempengaruhi kondisi kehidupan warga.

Hal ini tentu saja menyulitkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik untuk mandi, mencuci, masak dan sebagainya.

Melihat hal itu, maka Lazismu Bojonegoro pun turut serta membantu warga dalam menghadapi bencana kekeringan ini. Lazismu berencana menyalurkan 120.000 Liter air untuk mengatasi bencana kekeringan selama seminggu ked di 6 kecamatan yang terletak di Bojonegoro. Aksi ini bekerja sama dengan AMCF.

Kegiatan pun dimulai hari ini, Senin,16 September 2019 Lazismu menyalurkan 20.000 Liter air di kecamatan Tambak rejo, tepatnya di desa Gamongan. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Warga terlihat senang dan merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan penyaluran air bersih ini. Seperti yang diungkapkan oleh perwakilan warga pak Jiran bahwa kekeringan tahun ini yang paling parah dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Rochmad selaku Kaur Kesejahteraan rakyat desa Gamongan juga mengungkapkan bahwa selama ini belum ada yang memberikan bantuan air di desanya. Warga akhirnya banyak yang mencari air ke desa-desa tetangga yang jaraknya cukup jauh. “Kami juga berharap agar desa kami dapat bantuan truk tangki agar setiap kekeringan kami mampu mencarikan sumber air dan mempermudah kami untuk menyalurkanya ke masyarakat” harapnya. (Sar)

Mari turut serta membantu saudara kita yang terkena bencana kekeringan di kabupaten Bojonegoro.

Japfa Comfeed Salurkan 65.000 Butir Telur untuk Peningkatan Gizi Protein Hewani bagi Anak Panti Asuhan dan Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah di Jatim

PT Japfa Comfeed Indonesia melalui Lazismu Jawa Timur (Jatim) turut berpartisipasi dalam program peningkatan gizi protein hewani bagi anak Yatim di Panti Asuhan dan para Santri di Pondok Pesantren. Bentuknya adalah pemberian bantuan telur segar.

Sebanyak 65.000 butir telur segar dikirim dari Japfa Comfeed kepada Lazismu Jatim. Penyerahan bantuan telur dari perusahaan pakan ternak tersebut dilaksanakan di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim, Kertomenanggal Surabaya, senin malam (16/09/19).

Menurut drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jatim, telur-telur segar dengan total berat 4,1 ton yang diangkut dengan 2 truk ini adalah sebagian dari kiprah Japfa Comfeed dalam Gerakan Makan 100 juta Telur yang merupakan program Corporate Social Responcibility (CSR) perusahaan itu.

Begitu tiba telur-telur tersebut kemudian didistribusikan kepada puluhan Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Muhammadiyah di berbagai daerah di Jatim, seperti Lamongan, Malang, Surabaya, Jombang, Gresik, Sidoarjo dan sebagainya.

Zainul menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada PT Japfa Comfeed Indonesia atas bantuan dalam rangka meningkatkan gizi anak Panti Asuhan dan santri Pondok Pesantren tersebut. Lazismu, menurutnya senantiasa terbuka dan siap sedia menjadi mitra terpercaya bagi siapapun dalam berbagai aksi bersama untuk menebar kebaikan dan kemanfaatan serta kemanusiaan. (Adit)

Semarakkan bulan Muharram dengan Menyantuni Anak Yatim dan Warga Fakir Miskin

Dalam rangka memeriahkan bulan Muharram 1441 Hijriyah Lazismu Pamekasan Bekerjasama dengan Masjid Quba Menyelenggarakan acara santunan untuk yatim sebanyak 71 Anak dan warga fakir miskin 20 Orang.

Dukungan yang luar biasa dari para dermawan turut mensukseskan aksi sosial ini.

Acara yang dilaksanakan pada hari ahad, 15 September 2019 ini dalam rangka menyantuni anak yatim dan fakir miskin. Santunan yang diberikan berbentuk uang dalam amplop.

Dimulai dari lepas shalat subuh sampai selesai kegiatan ini dihadiri oleh ketua takmir masjid, Drs. Imam Santoso,M.Si, Manager Lazismu Pamekasan, Khairul Jannah,S.Pd.I,M.M, dan juga beberapa para dermawan yang ikut terlibat mensukseskan acara ini. Juga tampak hadir Direktur MJTV beserta timnya untuk meliput kegiatan ini. (Khj)

Lazismu Bersinergi Aksi Bersama Dalam Baksos di Masjid Remaja Surabaya

Melakukan aksi secara bersama tentu akan terasa ringan, pekerjaan pun tercapai sesuai rencana. Begitu pula dengan aksi bersama untuk menebar kebaikan dan kemanfaatan sangat efektif jika dikerjakan dengan bersinergi.

Lazismu senantiasa menggalang aksi sosial bersama dengan berbagai komunitas, organisasi, pihak swasta dan para muzaki serta donatur. Dukungan bersama dari berbagai kalangan sangat penting guna membangun energi kebaikan bagi sesama.

Bakti sosial yang diselenggarakan pada Ahad pagi ini (15/09/19) di masjid Remaja Kenjeran Surabaya merupakan salah satu bentuk jalinan sinergi yang erat antara Lazismu, organisasi wanita ‘Aisyiyah, IKAHA KBHIMu Majelis Tabligh Muhammadiyah, dan RS Muhammadiyah Surabaya.

Kegiatannya meliputi layanan pemeriksaan kesehatan gratis plus pemberian obat, pemberian Sembako kepada pasien TBC dan kajian Ahad pagi.

Menurut Sunarko, ketua Lazismu Surabaya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan. Terlebih kepada penderita TBC yang didampingi oleh kader TB Care ‘Aisyiyah Surabaya, Lazismu memberikan santunan dan bantuan kebutuhan pokok yang bisa mengurangi beban ekonominya. (Adit).

Melejitkan Aksi Fundraising Kaum Millenial di Jalur Digital

Dunia saat ini dimarakkan dengan berkembangnya teknologi di bidang digital. Kehidupan kaum millenial pun tak lepas dari kemajuan teknologi terkini yang serba digital terutama semakin meluasnya penggunaan smart phone di segala bidang. Semua kebutuhan saat ini bisa diakses hanya dalam genggaman tangan dan sentuhan jari jemari.

Demikian dengan kegiatan bersedekah dan melakukan aksi kedermawanan atau filantropi tak lepas dari teknologi digital. Berzakat, berinfaq dan bersedekah pun dilakukan secara digital melalui hand phone masing-masing orang.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang berkemajuan, Lazismu tak ketinggalan untuk mengupdate dinamika dan perkembangan kehidupan insan masa kini yang semakin dinamis, progresif dan serba cepat. Oleh karena itu Lazismu memfasilitasi masyarakat terutama ummat Islam untuk beramal secara digital melalui laman platform www.matahatimu.org dan www.lazismu.org yang bisa diakses secara mudah dan cepat. Melalui media ini kegiatan fundraising bisa dilakukan dengan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran.

Guna menindaklanjuti hal itu Lazismu Pusat melakukan ‘roadshow’ untuk meningkatkan kapasitas Amil dalam dunia digital. Setelah Lazismu wilayah Jawa Barat, kini wilayah Jawa Timur menjadi target percepatan dalam urusan digital fundraising. Diselenggarakanlah WORKSHOP DIGITAL FUNDRAISING, dengan tema Melejitkan Aksi Fundraising Amil Millenial di Jalur Digital.

Acara yang diperuntukkan bagi Amil Lazismu Daerah se-Jawa Timur, khususnya bidang media dan fundraising ini dilaksanakan di Hall Gedung Pimpinan Wilaya Muhammadiyah Jatim di Kertomenanggal Surabaya, pada hari Jumat-Sabtu tanggal 13-14 September 2019. Pesertanya 47 orang se-Jatim termasuk 2 orang Amil baru dari Jembrana Bali.

Bertindak sebagai instruktur dari Lazismu Pusat, yaitu: Joko Intarto, Anggota Badan Pengurus, Rizaludin Kurniawan Direktur Fundraising, Muhammad Furqon dan Argo Wibowo selaku staf Digital Media. Materi yang diberikan keapda peserta meliputi Jurnalisme Filantropi Kemanusiaan, Fundamental Fundraising, Digital Fundraising dan Digital Marketing serta praktik aktivasi website fundraising.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, drh. Zainul Muslimin mengharapkan agar workshop ini mampu melejitkan penghimpunan ZIS di seluruh kantor Lazismu Daerah se-Jawa Timur. Dengan hasil penghimpunan yang melesat menjadikan Lazismu mampu menjadi problem solving bagi masyarakat, sehingga dapat menjadi Lembaga Amil Zakat yang semakin terpercaya dan senantiasa berada di hati umat. (Adit).

Suplai Air Bersih ke Berbagai Desa Terdampak Kekeringan di Magetan

Jawa Timur berstatus “Siaga” terhadap kekeringan atas kemarau panjang tahun ini. Kekurangan air bersih melanda berbagai kawasan. Salah satunya, bencana kekeringan yang terjadi di kabupaten Magetan telah berlangsung beberapa bulan ini.

Setidaknya ada 3 Kecamatan di Kabupaten Magetan yang mengalami kekeringan cukup parah (Data BPBD Magetan : Kecamatan Parang, Lembeyan dan Karas). Di 3 kecamatan yang cukup parah tersebut, banyak dari warga yang harus berjalan hingga 5km untuk mendapatkan air bersih dari sumber yang masih bisa dijangkau.

Bantuan air bersih yang diberikan pihak Pemerintah Daerah belum menjangkau semua daerah terdampak kekeringan yang ada di kabupaten Magetan.

Sehingga pada hari Ahad 8 September 2019, Lazismu Magetan menggandeng komunitas WIN Romawi (komunitas motor Win karisedenan Madiun meliputi ponorogo, Madiun, Magetan dan Ngawi) kembali mendistribusikan bantuan air bersih.

Menurut Nanang, Ketua Lazismu Magetan, sebanyak 2 tangki bantuan air bersih dikirim ke desa Kuwon kecamatan Karas. Kapasitas per tangki sebanyak 7.500 liter air. Pengiriman itu dilakukan mengingat kawasan terdampak kekeringan yang semakin bertambah, setelah pekan sebelumnya Lazismu Magetan juga mendistribusikan air bersih ke desa Trosono kecamatan Parang kabupaten Magetan.

Total hingga hari ini, Lazismu Magetan telah mengirimkan 12 tangki air bersih ke pelosok Magetan. Rencanannya bantuan distribusi air bersih akan terus dilakukan hingga musim penghujan tiba. (Yakub)

Dapat Sumbangan Mobil dari Pengusaha Catering, Lazismu Kabupaten Probolinggo Semakin Dinamis Gerak Langkahnya

Sukses berbisnis di bidang Catering dan Even Organizer membuat Ibu Hj. Lila Umami senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Lila Catering yang ditekuninya sejak puluhan tahun silam kini berkembang menjadi perusahaan Catering terkemuka di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Probolinggo.

Sebagai wujud syukur itu Ibu Lila senantiasa mendukung dan menyokong berbagai kegiatan syiar dakwah Islam di daerahnya. Berbagai Pengajian dan aktifitas dakwah dilaksanakan di tempatnya sekaligus ia memberikan dukungan penuh.

Untuk kesekian kalinya Ibu Lila mendukung gerak langkah Lazismu Kabupaten Probolinggo. Setelah mempermudah dalam penyediaan kantor, kini sebuah mobil Innova disumbangkan kepada Lazismu untuk mendukung berbagai kiprah filantropi.

Maka pada momen Pengajian Sang Surya Muhammadiyah mobil itu diserahterimakan oleh Ibu Lila kepada Lazismu Kabupaten Probolinggo. Bantuan itu diterima secara simbolis oleh Ahmad Ridho Pambudi, selaku Ketua Lazismu Kabupaten Probolinggo (4/09/19) di Hall Lila Catering, Jalan Raya Deandles, Dringu, Probolinggo.

Penyerahan bantuan mobil operasional itu disaksikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah DR. Abdul Mu’ti yang menjadi pembicara pada Pengajian Sang Surya, dan drh. Zainul Muslimin, selaku Ketua Lazismu wilayah Jatim.

Kung Ridho, panggilan akrab Ketua Lazismu Kabupaten Probolinggo berharap semoga dengan bantuan mobil ini gerak langkah lembaga menjadi semakin dinamis untuk melayani ummat, terutama Muzaki dan Mustahik di daerahnya. Kepercayaan terhadap Lazismu semakin meningkat dan Lazismu dapat menjadi daya dorong bagi kegiatan dakwah yang inspiratif dan mencerahkan, harapnya. (Adit).

 

Kerjasama Fintech Syariah dengan Supertext Swedia

Perubahan teknologi mampu memobilisasi orang dengan kecanggihan perangkat digital. Sebagai wujud revolusi industri 4.0 semua yang terlibat di dalamnya baik untuk menggunakan, mengkonsumsi, menyebarkan dan bertransaksi memerlukan suatu lensa agar dapat diteropong nilai guna dan perkembangannya. Di bidang industri keuangan baik yang syariah dan konvensional juga terhubung bagaimana agar ada landasan dalam memanfaatkan teknologi digital.

Dalam lensa yang lebih khusus, lembaga-lembaga filantropi turut memanfaatkannya juga untuk beradaptasi dan berinovasi bagaimana memaparkan suatu program yang berkelindan dengan strategi penghimpunan.

Beruntung bagi lembaga amil zakat nasional seperti Lazismu, pada 30 Agustus 2019 di KBRI Stockholm, Swedia, mendapat kesempatan untuk mengenalkan zakat. Di hadapan Dubes RI untuk Kerajaan Swedia, Bagas Hapsoro, melalui PT. PIN (Permata Intan Nusantara) melakukan penjajakan dengan pendahuluan perikatan kerjasama dengan Supertext.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan LoI (Letter of Intent) antara PT. PIN (Permata Insan Nusantara) yang menggandeng Lazismu dengan pihak mitra kerjasama yaitu Supertext Swedia. Penandatanganan dilakukan oleh CEO PT. PIN, Muhammad Jafar dengan CEO Supertext, Mr. Martin Jacobson. Disaksikan juga oleh Direktur Fundraising dan Kerjasama Lazismu, Rizaludin Kurniawan dan Dubes RI untuk Kerajaan Swedia, Bagas Hapsoro, ikatan pendahuluan ini resmi dijajaki.

“Penandatanganan LoI ini merupakan Teken LoI, PT. PIN Gandeng Lazismu Kerjasama Fintech Syariah dengan Supertext langkah penting untuk membangun landasan bagi teknologi finansial syariah yang bermanfaat bagi anggota Muhammadiyah dan rakyat Indonesia pada umumnya,” kata Dubes Bagas setelah penandatanganan.

CEO dan Pendiri Supertext, Mr. Martin Jacobson menekankan kembali keunggulan teknologi komunikasi yang disediakan Supertext untuk kemanfaatan bagi anggota Muhammadiyah dan komunitasnya.

“Nilai yang sangat penting adalah komitmen Supertext untuk menyediakan transfer teknologi dan berbagi pengalaman bagi PT. PIN.”, tambah Dubes Bagas.

Dari penandatanganan itu, ada hal-hal pokok yang berisi antara lain: satu, upaya mengembangkan program aplikasi pengiriman pesan bagi anggota Muhammadiyah dan komunitas dengan mengkombinasikan landasan teknologi finansial PT. PIN dan landasan teknologi komunikasi Supertext termasuk dalam aktivasi digital dan promosi.

Kedua, mengembangkan layanan teknologi finansial syariah bagi anggota Muhammadiyah dan komunitas, seperti zakat, infak, sedekah, wakaf, kurban, aqiqah, haji, umrah, pengumpulan dana anggota, dan wisata halal. Sementara itu, detail teknis ikatan kerjasama pendahuluan ini, akan diatur dalam perjanjian kerjasama yang kembali akan ditandatangani dalam waktu dekat, demikian rilis ini disampaikan melalui laman resmi kementerian luar negeri pada 30 Agustus 2019. (na)

Bersama Organisasi Perempuan ‘Aisyiyah, Lazismu Menyalurkan Paket Bantuan Kepada Penderita TBC di Surabaya

Lazismu bersama ‘Aisyiyah kota Surabaya senantiasa bersinergi dan bekerjasama dalam program TB (Tuberchulosis) Care. Sinergi itu dilakukan oleh Lazismu dalam rangka mengurangi beban penderitaan yang dialami oleh warga Surabaya yang menderita penyakit TB, khusunya yang kondisi ekonominya tidak mampu atau fakir-miskin.

Kiprah organisasi perempuan ‘Aisyiyah dalam gerakan dakwah dan pemberdayaan berbasis filantropi fokus membantu masyarakat dalam pencerahan agama dan kesehatan. ‘Aisyiyah juga berupaya membantu masyarakat dari himpitan jerat kemiskinan.

Salah satu program nasional yang menjadi andalan adalah penanggulangan Tuberculosis (TB) dalam pembangunan kesehatan di Indonesia guna pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs) untuk menurunkan angka penyebaran penyakit menular.

Sebagai langkah kongkritnya, pada hari Rabu, tanggal 28 Agustus 2019, Lazismu dan ‘Aisyiyah melakukan kunjungan sekaligus bakti sosial kepada tiga warga penderita TB di Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan Surabaya, Jawa Timur.

Selain menyampaikan bantuan dana pengobatan dan bingkisan sembako, Lazismu yang diwakili oleh Badan Pengurus (BP) Abdul Hakim (Wakil Ketua BP) dan Warsono (Anggota BP) bersama kader TB Aisyiyah Surabaya melakukan pendampingan agar ketiga penderita TB tersebut terus dapat menjaga kebersihan, meminum obat sesuai petunjuk dokter, serta tidak lupa untuk tetap beribadah dan berdoa agar penyakit yang diderita segera pulih. (Adit)

Lazismu Bantu Warga Desa Terpencil Guna Atasi Kekurangan Air pada Kemarau Panjang di Bojonegoro

Musim kemarau yang berkepanjangan membuat resah warga dusun Donggi, desa Ngrandu, kecamatan Kedungadem Bojonegoro. Kedatangan kemarau yang lebih awal membuat debit air terus menipis dan sampai hari ini hujan belum turun dan dirasakan oleh warga di kawasan itu.

Untuk kebutuhan mandi, minum, dan kebutuhan sehari-hari warga harus mencari air di luar desa dengan jarak yang cukup jauh. Bahkan mereka harus rela merogoh kantong guna membeli air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan tahunan telah menjadi ‘sahabat’ yang selalu dirasakan di dusun tersebut. Berbagai upaya sudah ditempuh oleh warga melalui perangkat desa. Bahkan pernah melakukan pengeboran tanah sampai kedalaman 100 meter guna mendapatkan air. Namun air tidak keluar juga dari sumur bor.

Melihat kondisi tersebut Lazismu Bojonegoro segera bergerak. Sebenarnya setiap tahun Lazismu telah memberikan layanan bantuan air bersih ke dusun tersebut.

Menurut Rudy, Amil Lazismu Bojonegoro, bantuan air untuk tahun ini tetap harus dilakukan lagi karena belum ada jalan lain. Maka pada hari Selasa, tanggal 27 Agustus 2019 Lazismu Bojonegoro menyalurkan air bersih. Sebanyak 3 truk dikerahkan dengan kapasitas tandon air 5.000 dan 2.000 liter.

Kegiatan ini dimulai dilaksanakan pada pukul empat sore hingga berakhir pada pukul satu dini hari. Warga desa pun sangat antusias mengantre guna mendapatkan air bersih sebanyak 2-3 ember per keluarga.

Priyanto, wakil dari warga masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan air dari Lazismu. Ungkapan spontan dari warga yang paling berkesan kali ini adalah, “Aku mampeh mas” (ungkapan kepuasan yang luar biasa dalam bahasa lokal). Wajar saja, karena biasanya warga cuma mendapat 1 tangki air bersih, kini bisa dapat 2 tangki.

Rudy selaku Amil mengajak semua lapisan masyarakat yang mampu untuk berbagi bersama Lazismu dengan menyalurkan Zakat Infaq dan Shadaqah guna membantu warga mengatasi kekurangan air bersih di berbagai kawasan terpencil di kabupaten Bojonegoro tersebut. “Bantuan dari kita sebesar apapun akan sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan” katanya. (Adit/Sart)