Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 14 July 2020
Breaking News
You are here: Home » Filantropi

Category Archives: Filantropi

Lazismu dan Gojek Distribusikan Bantuan Paket Ketahanan Pangan di Kota Malang

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) bersama Gojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa melaksanakan pendistribusian paket ketahanan pangan di beberapa kota di Indonesia, yang salah satunya di kota Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 450 paket bantuan pangan terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan kornet dibagikan kepada sasaran penerima antara lain; Guru, warga dhuafa, marbot Masjid dan pengemudi Ojek online yang berada di kota wisata Malang. Bantuan tersebut merupakan partisipasi dan langkah nyata Gojek corporate sebagai penyedia jasa layanan transportasi berbasis aplikasi online dalam penanganan warga terdampak Covid-19, khususnya di Jawa Timur.

Kegitan Seremoni dan penyaluran paket bantuan dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl Gajayana kota Malang, sabtu pagi, 04/07/2020. Hadir dalam kesempatan itu Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, Perwakilan Gojek, para Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan ‘Aisyiyah (PDA) kota Malang, serta undangan dan para penerima bantuan.

Ketua PDM kota Malang, Dr. Abdul Haris MA dalam sambutannya menyatakan bahwa Muhammadiyah senantiasa mengajak ummat Islam beramal nyata yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk menghimpun dana bantuan dan disalurkan kepada mereka yang berhak. Untuk itu pimpinan Muhammadiyah bersama jajarannya, termasuk Lazismu senantiasa menjaga amanah dan kepercayaan dari donatur dan Muzaki.

Sementara itu, Reynando, atau yang akrab dipanggil Rio, perwakilan Gojek Malang Raya sangat menyembut baik kegiatan ini dan merupakan bentuk kepedulian kedua belah pihak, Lazismu dan Gojek, untuk turut berperan serta membantu warga terdampak pandemi Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan.

“Gojek selalu bekerjasama dengan para mitra terpercaya, termasuk dengan Lazis Muhammdiyah untuk kegiatan aksi kemanusiaan, yang salah satunya adalah memberikan bantuan pangan kepada warga terdampak Covid-19 di kota Malang. Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan dan semakin erat di masa mendatang” kata Rio.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tepat pada peringatan Milad (HUT) Lazismu yang ke-18. Lazismu didirikan pada tanggal 4 Juli 2002 sebagai bentuk respon Muhammadiyah guna menggerakkan potensi zakat ummat Islam dan pengelolaan dana filantropi di Indonesia. Oleh karena itu selain menyambut baik aksi bersama Gojek ini, ia juga menekankan para Amil Lazismu untuk terus berkerja keras dan meningkatkan giat fundraising guna membantu saudara-saudara kita yang masih berada di garis kemiskinan.

“Semakin banyak perolehan ZIS yang dihimpun oleh Lazismu maka akan semakin banyak orang atau mereka yang membutuhkan ditolong dengan dana ZIS. Maka pertumbuhan Lazismu, baik dari segi kantor layanan dan jumlah Amil harus ditingkatkan dan dimasifkan agar semakin banyak yang dibantu dan ditolong akan semakin mempercepat penanganan masalah kemiskinan di negeri kita” kata Zainul dengan semangat.

Disamping itu Zainul mengajak semua pihak untuk saat ini memikirkan kegiatan Qurban yang salah satunya juga untuk mengatasi ketersediaan pangan yang berkelanjutan. Lazismu wilayah Jawa Timur telah melaksanakan program Qurban Kemasan selama 4 tahun, yakni daging qurban diwujudkan dalam bentuk makanan dalam kleng, kornet dan rendang. Untuk itu ia mengajak semua pihak untuk turut serta lebih mensukseskan program Qurban untuk ketahanan pangan yang manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Salah satu penerima manfaat program Lazismu bersama Gojek, Sana’i, seorang marbot Masjid yang difabel ini merasa senang dan gembira telah dibantu oleh Lazismu-Gojek. Ia, disamping bertugas di Masjid, juga seorang loper koran yang turut merasakan dampak Covid-19.

“Terima kasih, Lazismu dan Gojek telah peduli kepada warga yang membutuhkan seperti saya ini. Pendapatan saya sebagai loper koran hanya Rp 20 – 30 ribu per hari. Ketika pandemi wabah ini hampir tidak berpenghasilan sama sekali dari pengantaran koran, karena kondisi yang tidak memungkinkan saya untuk mengantar koran ke rumah-rumah pelanggan. Apalagi beberapa waktu lalu diberlakukan PSBB” cerita Sana’i.

Menurut Anas Yusuf, Wakil Ketua Lazismu Kota Malang, pada tahap pertama ini dibagikan 305 paket bantuan pangan, sedangkan sisanya 145 paket akan dibagikan pada hari Kamis, 09/07/2020. Kegiatan penyaluran ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, yakni hadirin menjaga jarak, cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker.

Anas menambahkan bahwa ia dan rekan-rekan Amil Lazismu di kota Malang merasa bangga mendapat kepercayaan dari pihak Gojek (Nasional) untuk mendistribusikan paket bantuan kepada sasaran penerima yang salah satunya adalah pengemudi ojek yang terdampak Covid-19. Kepercayaan ini diwujudkan dalam bentuk pendistribusian yang tepat sasaran sesuai dengan data yang telah dihimpun. (Ad)

On TV..

Lazismu Mengajak Anda Giat Bersedekah, Manfaatkan Waktumu Hijrah Bersama Bank Muamalat

LAZISMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Bersama Bank Muamalat Indonesia, Lazismu (Jawa Timur) mengajak anda, kaum muslimin dan muslimat, untuk menjadi bagian dari problem solving atau pemecahan permasalahan umat melalui program-program keumatan dan kemanusiaan.

Program-program keumatan itu antara lain sebagai berikut :

Ransum Kemanusiaan

Penyediaan makanan kaleng siap saji yang sangat pas untuk kondisi kemanusiaan. Korban bencana alam, bekal Da’i di daerah terpencil dan terisolir, dhuafa yang terpukul ekonomi akibat Covid19 akan sangat membutuhkan Ransum Kemanusiaan ini.

Cepat tersedia, mudah disalurkan, cepat dikonsumsi, aman buat kesehatan, bisa menjangkau daerah terpencil dan terjauh sekalipun.

Untuk berdonasi silakan klik..

Indonesia Mendengar

Banyak generasi bangsa yang memiliki gangguan pendengaran. Program ini memberikan bantuan unit dan instalasi alat bantu dengar agar mereka bisa mendengar lebih baik, mendengarkan kalam Allah, belajar dengan lebih baik untuk masa depan mereka

Untuk berdonasi silakan klik..

Lelahku Bahagiamu

Dukungan nyata terhadap upaya pencegahan penyebaran, penanggulangan pandemi covid-19 dengan penyediaan APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis dan dokter, alkohol, sanitiser, desinfectan untuk rumah sakit, masjid, sekolah, panti asuhan.

Menerjukan Relawan yang melakukan penyemprotan masjid, panti asuhan, sekolah dan faslitas umum, serta sebagai garda depan distribusi APD dan bahan sanitasi.

Untuk berdonasi silakan klik..

Lumbung Pangan Kemanusiaan

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat menjaga jarak, stay at home dan mengurangi aktifitas diluar rumah. Hal ini menyebabkan ekonomi masyarakat menegah kebawah terganggu, khususnya yang mengandalkan penghasilan harian dari berjualan, karyawan yang dirumahkan, penjual PKL yang tidak bisa berjualan, guru mengaji, Da’i, dan yang lainnya.

Lumbung Pangan Kemanusiaan hadir untuk membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Untuk berdonasi silakan klik..

 

Rekening

  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)

Sedekah

Qurban

SEPAKAT bersama Lazismu Bagikan Paket Bantuan Sembako di Jember

DPW. SEPAKAT atau Dewan Pengurus Wilayah Serikat Pekerja Telkomsel Jawa Timur melaksanakan donasi bantuan sembako untuk masyarakat dhuafa melalui Lazismu, 20/05/20. Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 20 tahun berdirinya SEPAKAT yang bersamaan dengan bulan penuh berkah, Ramadhan 1441 Hijriyah.

Dengan mengusung tema “Membantu Sesama Mengulurkan Tangan untuk Sesama”, bantuan sembako pun didistribusikan kepada sasaran penerima di kabupaten Jember melalui Lazismu, sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional yang terpercaya.

Sebanyak 100 paket sembako senilai Rp 10.000.000 (Sepuluh juta rupiah) terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan, kecap dan kornetmu dibagikan kepada 100 masyarakat penerima manfaat yang tersebar diantaranya 60 paket di Kecamatan Sumberjambe, 30 paket di Kecamatan Pakusari dan 10 paket di Kecamatan Sumbersari yang dilaksanakan secara bertahap hari Rabu dan Kamis (20-21 Mei 2020).

Hendy Harnoko, selaku Ketua DPW SEPAKAT Jawa Timur menyampaikan melalui WA Grup bahwa, “Donasi sembako ini merupakan bagian dari kepedulian seluruh pekerja Telkomsel yang tergabung dalam SEPAKAT serta memperingati 20 tahun berdirinya SEPAKAT. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang sangat membutuhkan ditengah pandemi corona”.

“Disampaikan juga apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Lazismu Jember atas kolaborasi penyaluran donasi tersebut” begitu Hendy mengapresiasi.

Abdul Khamil Kepala Kantor Lazismu Jember menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari SEPAKAT (Serikat Pekerja Telkomsel) Jawa Timur untuk membantu mendistribusikan bantuan sembako bagi masyarakat dhuafa yang ada di Kabupaten Jember. Paket dibagikan sesuai data yang telah dihimpun bersama dengan Lumbung Pangan Berbasis Masjid yang ada dan ditasyarufkan langsung kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.
“Lokasi pentasyarufan kami bagi menjadi 3 tempat sesuai dengan data yang ada, yaitu di Kecamatan Sumberjambe, Pakusari dan Sumbersari, yang dilaksanakan bersama lumbung pangan masjid terdekat, sehingga data penerima sasaran benar-benar telah terverifikasi dilapangan” katanya lagi.

“Ini adalah salah satu bentuk kedermawanan dari sebuah perkumpulan serikat pekerja yang peduli dan memberi perhatian kepada sesama yang saat ini tengah menderita. Tentu bantuan ini sangatlah bermanfaat bagi penerima manfaat yaitu warga terdampak Covid-19 yang membutuhkan di 3 kawasan sesuai dengan data” puji Abdul Khamil.

“Insya Allah kami akan senantiasa melaksanakan semua amanah donatur dan muzaki agar donasi dan sumbangan tersampaikan dengan tepat sasaran” pungkasnya. (lazismu jember)

#ZakatHebat
#MemberiUntukNegeri
#Covid-19
#BackToMasjid
#Lazismu

Sinergi Kepedulian Terhadap Warga Terdampak Covid-19 antara Bank Syariah Mandiri dan Lazismu di Lumajang

Lazismu dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Lumajang terus bergerak dalam mengatasi dampak pandemi wabah virus Corona yang semakin hari tidak menentu penyebaranya. Sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak terus dilakukan.

Hari ini, Rabu, 20/05/2020, bertempat di kantor Bank Syariah Mandiri Jl Jendral S Parman Lumajang, Lazismu melakukan kerja sama dengan Laznas YBM Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Lumajang dalam penyaluran paket bantuan pangan. YBM Bank Syariah Mandiri membantu dana ketahananan pangan sebesar 10 juta Rupiah, untuk dirupakan paket beras @5 kg per paket.

Serah terima bantuan tersebut dilakukan oleh bapak Rawi mewakili YBM Bank Syariah Mandiri kepada Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari beserta Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang Suharyo AP.

Suharyo AP, ketua PDM Lumajang mengatakan bahwa sinergi ini harus dibangun untuk kepentingan umat yang lebih luas. Pada saat pandemi yang semakin tidak menentu ini umat perlu perhatian dari semua pihak, tak terkecuali pihak swasta, khususnya kalangan perbankan yang bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat.

“Mari bersama-sama bergandeng tangan untuk meringankan beban sauadara kita” kata Suharyo AP.

“Dan hari ini sangat istimewa, karena YBM BSM bisa membatu sesama untuk berta’awun untuk negeri melalui Lazismu. Apalagi di bulan yang penuh barokah, bulan penuh nikmat dan maunahnya sangat terasa manfaatnya. Walaupun bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi untuk menuju hari kemenangan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa berkah dan manfaat nantinya,” tandas Suharyo.

Menabung dan Bermitra dengan BSM

Sementara itu Abdulah Nadzib selaku kepala cabang BSM Lumajang lewat jaringan WhatsApp mengatakan bahwa Bank Mandiri Syariah berusaha mengaplikasikan sabda Rasulullah SAW, yaitu : Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah 1) Engkau memasukan rasa bahagia ke dalam hati seorang mukmin atau, 2) Engkau hilangkan kesusahan hidupnya atau, 3) Engkau membayarkan hutangnya, atau 4) Engkau hilangkan kelaparannya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada ber-i’tikaf di masjid Nabawi selama sebulan lamanya. Dan siapa yang menahan marahnya maka Allah akan tutupi auratnya. Barangsiapa yang menahan marahnya padahal ia bisa menumpahkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat. Dan barangsiapa berjalan bersama saudaranya sampai ia memenuhi kebutuhannya, maka Allah akan mengokohkan kedua kakinya di hari ketika banyak kaki-kaki terpeleset ke api neraka”. (HR. Ath Thabrani 6/139, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/575).

Bantuan ini merupakan hasil ziswaf perusahaan PT Bank Syariah Mandiri dan seluruh pegawai di seluruh Indonesia. Abdulah Nadzib berharap agar manfaat yang diterima masyarakat akan lebih besar jika Mandiri Syariah semakin tumbuh, dan berkembang dari peran serta masyarakat untuk menjadi nasabah Mandiri Syariah.

“Menabung dan bermitra dengan Bank Mandiri Syariah sama saja telah ikut andil berbagi kepada umat dan lebih berkah” katanya. (Kus/Ad)

CIMB Niaga Syariah Peduli Bantu Penanganan Covid-19

Dukungan dari kalangan perbankan untuk penanganan wabah virus Corona yang dilakukan oleh Lazismu bersinergi dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Jawa Timur mulai berdatangan.

Pada hari senin siang tanggal 27 April 2020 bertempat di kantor CIMB niaga Syariah Jl Darmo Surabaya dilakukan serah teriman bantuan untuk penanganan covid-19. Sumbangan sebesar Rp. 4 juta dari bank CIMB Niaga Syariah itu diserah terimakan secara simbolis oleh Arjo Laksono kepala cabang Darmo Surabaya kepada Wakil Ketua Lazismu Jatim Dr Agus Edi Sumanto.

“Ini adalah bentuk kepedulian dari CIMB Niaga Syariah untuk membantu warga terdampak covid-19 melalui lembaga Amil Zakat di Jawa Timur. Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin” jelas Arjo Laksono kepala cabang bank CIMB Niaga Syariah Surabaya Darmo.

“Barokallah. Bantuan ini akan mendukung program ketahanan pangan MCCC yang menjadi fokus kami saat ini. Insya Allah akan disalurkan kepada warga terdampak yang membutuhkan. Kami senantiasa terbuka bekerjasama dengan siapapun guna beraksi bersama untuk kemanusiaan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.” kata Dr Agus Edi Sumanto wakil ketua Lazismu wilayah Jatim.

Menurut rencana sumbangan ini akan diwujudkan dalam bentuk paket bingkisan ramadhan, terutama sembako, yang akan disalurkan kepada warga terdampak covid-19, beberapa hari menjelang hari raya idul Fitri. (Ad)

Alim Markus Bos PT Maspion Group Dukung Aksi Sosial MCCC PWM Jatim

Dukungan dari dunia usaha terhadap penanganan dampak sosial virus Corona patut diapresiasi. Hari rabu pagi, 22 April 2020, pengusaha Jawa Timur yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Tionghoa Surabaya (PMTS) dengan pelopornya PT Maspion Group berkunjung ke kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Jl Kertomenanggal IV/1 Surabaya.

Kunjungan PMTS dan PT Maspion Group ini dipimpin oleh Boss utamanya sendiri yaitu Alim Markus. Pengusaha yang masih terlihat dinamis dan semangat di kala senja itu menyampaikan bantuan sebanyak 1.500 paket aneka bingkisan dan 5 ton beras melalui PWM Jatim atau Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC).

“Ini adalah sebagai wujud partisipasi dari banyak pengusahadi yang tergabung dalam masyarakat Tionghoa Surabaya bersama Maspion Group untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak kondisi wabah Corona terutama di Jawa Timur. Kami titipkan kepada Muhammadiyah karena kami tahu persis dan kenal betul bahwa Muhammadiyah itu sering menolong banyak orang dan semoga banyak pahalanya,” kata Alim dengan bersemangat didampingi putranya Halim.

Dr Saad Ibrahim, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menerima secara simbolis bantuan dari Alim Markus tersebut didampingi oleh Prof. Zainuri, Dr Syamsuddin, Dr Biyanto dan Sekretaris Tamhid Masyudi. Hadir puluhan media meliput acara tersebut.

“Kami atas nama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kepercayaan dari pak Alim Markus pimpinan Maspion Group dan jug rekan-rekan pengusaha Tionghoa lainnya. InsyaAllah akan kami salurkan kepada yang berhak menerima, karena Muhammadiyah sendiri mempunyai program sosial atas kondisi wabah Corona ini berupa MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center). Semoga wabah ini cepat berlalu dan tanah air Indonesia kembali normal seperti sediakala.” ucap Saad Ibrahim.

Sumbangan dari paguyuban masyarakat Tionghoa dan PT Maspion untuk masyarakat dhuafa ini rutin dilakukan setahun sekali melalui perkumpulan, lembaga-lembaga Islam dan yayasan sosial lainnya, juga melalui instansi Pemerintah.

Kunjungan singkat Alim Markus bersama rombongan Maspion Group itu pun diakhiri dengan janji bos perusahaan ternama penghasil produk-produk elektronik dan pecah belah di Jawa Timur.

“Saya selaku pengusaha berjanji dan sudah dipesan oleh Ibu Gubernur Jatim akan berusaha untuk tidak mengadakan PHK di lingkungan PT Maspion Group. Kami mohon doanya agar perusahaan bisa terus beroperasi. Karena saya tahu kondisi saat ini begitu mengkhawatirkan, dimana para buruh atau pekerja bisa tidak makan jika di PHK” janji Alim yang diamini seluruh hadirin.

Di hadapan Ketua PWM Jatim Dr Saad Ibrahim, Alim Markus juga berucap bahwa suatu saat dirinya akan pergi haji dan mengucap syahadat. Namun waktunya ia belum tahu. Janji itu juga diamini oleh Dr Saad Ibrahim seraya berkata bahwa semoga hidayah dari Allah SWT itu segera turun dan pak Alim Markus memeluk Islam. Aamiin. (Ad)

 

 

 

 

 

Sinergi YBM-PLN dan Lazismu Bantu Ketersediaan Pangan Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Lumajang

Lazismu Lumajang dan YBM PLN UP3 Jember menjalin sinergi kerja sama dalam mengatasi pandemi Covid-19 saat ini. Kerjasama itu diwujudkan pada kamis 9-04-2020 yang bertempat di Gedung Dakwa Muhammadiyah Lumajang.

Pada kesempatan itu diadakan serah terima bantuan sebanyak 2,5 ton beras atau setara Rp 25 juta yang merupakan sumbangan dari YBM PLN UP3 Jember kepada Pengurus Lazismu untuk disalurkan kepada warga terdampak Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri ketua Lazismu Lumajang Drs Muari, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Suharyo AP, koordinator MCCC Lumajang Drs Aminudin dan perwakilan dari YBM PLN UP3 Jember dalam hal ini Manager, Hamzah, beserta jajaranya.

Drs Muari, Ketua Lazismu Lumajang sangat menyambut baik bantuan ini dan mengucapkan terima kasih kepada YBM PLN atas kepercayaan yang diberikan kepada Lazismu. Selama ini YBM PLN selalu bekerja sama dalam aksi-aksi Lazismu mengatasi permasalahan umat, ungkapnya.

Ketika pada tahun 2019 lalu di Lumajang bagian utara dilanda kekeringan, YBM PLN juga kerja sama dengan Lazismu. Dan sekarang dalam penanganan covid 19 juga bekerja sama dengan Lzismu. Mudah-mudahan sinergi ini dapat terus berlanjut untuk kegiatan-kegiatan berikutnya di masa mendatang, kata Muari.

Hamzah, Manager PLN UP3 Jember menyatakan, YBM PLN telah memberikan bantuan senilai 25 juta atau beras 2,5 ton untuk masyarakat yang berhak melalui Lazismu Lumajang dengan teriring salam dan doa dari insan PLN agar semua warga masyarakat Lumajang diberikan kesabaran dalam menghadapi wabh ini.

“Ini adalah sebagai wujud kepedulian dari insan PLN kepada warga terdampak, khususnya dalam situasi dan kondisi wabah covid-19. Semoga bentuan ini bisa bermanfaat dan marilah kita berdoa bersama agar situasi ini segera berakhir. Kami juga mohon doanya semoga insan PLN yang tetap bekerja dan bertugas non stop 24 jam diberikan kesehatan dan dilindungi oleh Allah SWT. Aamiin” kata Hamzah, Manager PLN UP3 Jember.

Suharyo AP ketua PDM mengapresiasi kerja sama ini dan sangat positif utuk kebaikan umat. PDM Lumajang beserta seluruh elemen termsuk Lazismu kini sedang melakukan upaya membantu masyarakat, mulai dari aksi penyemprotan disinfektn ke berbagai tempat, pengadaan hand sanitizer dan kini menyediakan kebutuhan sembako bagi warga yang membutuhkan, pungkasnya. (Kus)

PT SJAP Probolinggo Sumbang 1,2 Ton Makanan Dalam Kaleng Untuk Relawan dan Tenaga Medis

Partisipasi dan dukungan dari dunia usaha dalam turut serta menangani Covid-19 patut diapresiasi. Semangat filantropreneurship dan partnership antara Lembaga Amil Zakat (LAZ) dengan Corporate atau perusahaan harus terus ditingkatkan.

PT Surya Jaya Abadi Perkasa (SJAP) selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dalm kemasan, rabu 8 April 2020 memberikan sumbangan melalui Lazismu jatim. Perusahaan yang berlokasi di kabupaten Probolinggo itu memberikan bantuan makanan jamur kancing dalam kaleng merk Rodeo Mushroom, sebanyak 4.800 kaleng atau seberat 1,2 ton.

Penyerahan bantuan dilakukan di kantor pabrik PT SJAP di Banjar Selatan, Banjarsari, Kec. Sumberasih, Probolinggo oleh Direkturnya, Cipto Santosa kepada drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur.

Sumbangan makanan jamur dalam kaleng ini akan ditujukan kepada para relawan cegah Covid-19 yang ada di lapangan dan para tenaga medis yang ada di RS, khususnya RS Muhammadiyah/Aisyiyah di Jawa Timur.

Ketua Lazismu wilayaha Jatim, drh Zainul Muslimin menyatakan terima kasih kepada PT SJAP Probolinggo yang telah menyumbang bahan makanan untuk nutrisi para relawan dan medis yang kini tengah berjuang di garis depan penanganan Covid-19. Semoga partisipasi dari PT SJAP ini mampu menjadi contoh bagi corporate lainnya dan juga menginspirasi semua pihak untuk turut serta terlibat aktif dalam misi kemanusian bersama Lazismu.

Direktur PT Surya Jaya Abadi Perkasa Cipto Santosa mengungkapkan bahwa perusahaannya dalam wabah covid-19 turut merasakan perjuangan para relawan dan medis di garis depan pencegahan wabah ini. Oleh karena itu ia menitipkan sumbangan kepada Lazismu agar diteruskan kepada mereka yang dituju.

Mengenai sumbangan perusahaan berupa bahan makanan jamur dalam kaleng, Cipto Santosa menjelaskan bahwa jamur kancing membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat bermanfaat bagi imunitas dalam menghadapi covid-19. Jamur itu non kolesterol dan terdapat anti oksidan sehingga baik untuk dikonsumsi.

Zainul dalam kata penutupnya menyampaikan bahwa Lazismu Jatim akan segera mendistribusikan bantuan ini tepat ke sasaran sehingga bisa dipergunakan oleh para relawan dan medis meningkatkan asupan nutrisinya.

“Semoga para relawan dan tenaga medis yang tengah berjuang senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Aamiin” pungksnya. (Adit)

PT Kelola Mina Laut Serahkan Bantuan Untuk Relawan Lazismu dan Warga Terdampak Bencana Covid-19

Peran serta korporat sangat diperlukan dalam upaya menghadapi dan menanggulangi gencarnya wabah virus Corona (Covid-19). Dukungan mereka sedikit banyak sangat menentukan kesuksesan negeri ini keluar dari bencana nasional ini.

Hal ini ditunjukkan oleh PT Kelola Mina Laut (KML) selaku produsen makanan olehan dalam kemasan yang berkedudukan di Gresik, Jawa Timur. PT KML turut mendukung pergerakan relawan Lazismu di Jawa Timur yang berjibaku turun lapangan dalam upaya pencegahan Covid-19. Bentuk dukungannya adalah dengan memberikan sumbangan makanan olahan ikan laut dalam kemasan (forzen food) untuk para relawan Lazismu.

Bantuan bahan makanan frozen food seberat 400 kg itu diserahkan secara simbolis oleh Faris Ma’ani manager logistik PT KML kepada ketua Lazismu Jawa Timur, drh Zainul Muslimin di kantor PW Muhammadiyah Jawa Timur, Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya, 24/03/20.

“Terima kasih kepada PT KML, selaku perusahan makanan terkemuka di Indonesia atas dukungan dan bantuannya kepada Lazismu. Insya Allah bantuan ini akan kami teruskan kepada ratusan relawan Lazismu dan MDMC yang sampai saat ini masih gencar melakukan penyemprotan desinfektan di berbagai daerah di Jatim. Bantuan juga akan kami salurkan kepada mereka yang berhak menerima, terutama yang paling terdampak wabah ini, yakni warga miskin.” kata Zainul ketika menerima bantuan.

Sementara itu Faris Ma’ani, mewakili PT KML menyampaikan, bahwa bantuan ini adalah merupakan bentuk kepedulian pihak korporat, terutama dalam menghadapi ancaman bencana di Indonesia.  “Alhamdulillah PT Kelola Mina Laut kali ini kembali berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Ini adalah kesekian kalinya PT KML berpartisipasi dalam hal kebencanaan, semenjak bencana gempa bumi hingga tsunami yang terjadi di tanah air. Semoga bantuan ini bermanfaat” katanya.

Zainul Muslimin menambahkan bahwa kepedulian dari semua pihak terutama perusahaan atau korporat ini patut diapresiasi dan menjadi bukti bahwa dengan kebersamaan dan saling tolong menolong negeri ini akan bisa keluar dari krisis dan musibah. Zainul juga membuka pintu seluas-luasnya bagi siapa saja, individu atau kelompok dan komunitas, terutama pihak korporat untuk memberikan bantuan dan dukungan dalam menanggulangi kebencanaan dan masalah kemanusiaan di Indonesia. (Adit)

 

Aisyah dan Faisal, Murid PAUD di Bojonegoro Sangat Senang Menjadi Filantropis Cilik

Aisyah tampak ceria, karena pagi itu ia mendapat kejutan yang luar biasa. Sebuah kaleng celengan diterima gadis kecil itu dari kakak-kakak yang datang ke sekolahnya. Begitu pun Faisal, teman sekelas Aisyah, yang dengan sigap dan cepat mengambil sebuah kaleng yang diberikan kepadanya.

Tak ketinggalan teman-teman Aisyah dan Faisal satu kelas, pagi itu masing-masing mendapatkan sebuah kaleng. Betapa riuh keadaan kelas pada pagi itu. Kaleng apakah gerangan ?

“Hore aku sekarang bisa bersedekah seperti aya dan ibu,” teriak Faisal. “Aku juga bisa,” balas Aisyah tak mau kalah. Keduanya larut dalam kegembiraan yang polos anak-anak seusianya.

Langit senin pagi itu sangat cerah bercampur dengan senyuman siswa-siswi PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Klepek, Bojonegoro, 24 Februari 2020. Pada pagi itu kakak-kakak LAZISMU Bojonegoro mengajak para siswa-siswi PAUD ABA Klepek untuk gemar bersedekah sejak dini, dengan menjadi Filantropis Cilik.

Ya, program Filantropi Cilik memang menyasar kepada bocah-bocah kecil yang lucu itu. Dengan sebuah kaleng infaq mereka bisa belajar bersedekah sejak dini.

“Sehari Sedekah Seribu, atau 3-S, jika lebih makin banyak pahalanya” kata kak Rudi dari LAZISMU memotivasi anak-anak krucil PAUD ABA yang didampingi ibunda dan ustadzahnya.

Rudi, Amil Lazismu yang juga manager Fundrising Lazismu Bojonegoro menjelaskan manfaat akan bersedekah dan berbagi sejak dini kepada para orang tua dan wali murid.

“Insya Allah dengan bersedekah harta kita makin berkah dan hidup akan menjadi tentram dan bermakna. Itulah indahnya hidup berIslam,” semangat Rudi pagi begitu mengena di hati orang tua dan wali murid.

Orang tua dan Wali murid PAUD ABA pun menjadi jelas dan gamblang mendapat paparan dari Rudi dan Tim Filantropis Cilik Lazismu Bojonegoro tentang keutamaan bersedekah.

“Ingin sekolahmu didatangi Tim Filantropis Cilik Lazismu Bojonegoro? Silahkan menghubungi call center Lazismu melalui telpon/sms/wa di nomor HP 0822 8788 9799” pungkas Rudi kepada redaksi web Lazismu Jatim. (Sar/Ad)