Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 1 Desember 2020
Breaking News
You are here: Home » Filantropi

Category Archives: Filantropi

Partisipasi LAZISMU dalam “Aksi Bersama Untuk Sesama” FOZ dan BAZNAS di Kabupaten Lumajang

LAZISMU kabupaten Lumajang turut berpartisipasi dalam aksi bersama Forum Organisasi Zakat (FOZ) Lumajang. Aksi bersama itu berwujud membagikan 1000 paket santunan bagi anak fakir miskin dan duafa selama bulan November 2020 ini. Kegiatan seremoni simbolis Aksi Bersama itu dilaksanakan pada hari ahad 15 November 2020 itu bertempat di Pendopo Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, ketua Basnas Kabupaten Lumajang, dan Pimpinan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang tergabung di FOZ, serta jajaran Forum komunikasi Pimpinan Daerah tampak hadir dalam kegiatan tersebut. FOZ di Lumajang ini terdiri 7 Lembaga Amil Zakat (LAZ), seperti LAZISMU, NU-Care, BMSI, Saku Yatim, Yatim Mandiri, BAZNAS dan BMH.

Menurut Kuswantoro, Amil LAZISMU kabupaten Lumajang, aksi bersama untuk sesama ini sudah digagas sejak 1,5 bulan yang lalu dan alhamdulillah bahwa kegiatan bisa terealisasi dengan target dana yang terkumpul bisa tercapai. Santunan yang diberikan sebesar Rp 250 ribu, yang terdiri dari uang tunai Rp 100 ribu dan Rp 150 ribu berupa paket sembako, kata Kuswantoro.

Anggaran santunan ini didapat dari BAZNAS sebesar Rp 100 juta dan sisanya Rp 150 juta digalang para LAZ anggota FOZ dari para donaturnya. Penggalangan dana ini didapat dari seluruh lapisan masyarakat termasuk donatur tetap dan donatur insidentil.

“Semoga program aksi bersama untuk sesama seperti ini akan menjadi agenda tahunan LAZ, FOZ dan BAZNAS di Kabupaten Lumajang, termasuk LAZISMU tidak akan absen dan terus aktif berperan serta” tambah Kuswantoro. (Adit)

 

Mari Bantu Bu Darmi di kota Pasuruan Merehab Rumahnya yang Rapuh Parah dan Hampir Roboh

Musim hujan adalah berkah bagi alam dan seisinya, termasuk manusia. Tetapi hujan juga sering menjelma menjadi bencana. Hujan deras menimbulkan banjir, tak terkecuali air sungai welang yang berada didaerah perbatasan kota dan kabupaten pasuruan juga sempat meluap.

Ibu Sudarmi (65 tahun), janda sejak 2010 ditinggal suaminya meninggal dunia, tak mempunyai anak atau pun keluarga yang menemani. Tinggal sendiri di rumah berukuran 3 x 15 m.

Untuk menyambung hidup Ibu Sudarmi pada kalanya membuat kue kecil untuk di jual, meskipun jualan kuenya kadang habis dan terkadang masih ada sisanya. Tetangga sering memperhatikan kondisinya dengan memberi makan. Selain jualan kue kecil Bu Sudarmi juga mendapatkan imbalan uang dari tetangganya yang meminta tolong untuk membantu mencuci.

Pada musim hujan ini, Ibu Sudarmi yang tinggal di jalan Slaga Gg. II No. 31 RT. 4 RW. 2 Kelurahan Pekuncen Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruanharus susah payah mencari tempat untuk berteduh dan menyelamatkan barang-barangnya dari air hujan. Ini dilakukan Ibu Sudarmi karena atap rumahnya sudah rapuh dan sebagian besar sudah mengalami kerusakan yang parah.

Seperti tinggal di daerah pinggiran sungai welang pada saat banjir sudah surut, orang-orang masyarakat disibukan dengan membersihkan rumahnya. Ibu Sudarmi meskipun tidak tinggal disana, tetaplah harus disibukan membersihkan rumahnya dari genangan air hujan yang masuk rumahnya.

Informasi ini dari penjelasan dan keterangan langsung dari Ibu Sudarmi kepada tim Lazismu Kota Pasuruan yang datang untuk asesmen.

Ini saatnya pahlawan-pahlawan Filantropis hadir untuk membantu Ibu Sudarmi. Melalui Program Rehap Rumah Lazismu Kota Pasuruan. Memberi bantuan berupa perbaikan dan renovasi rumah Ibu Sundarmi, Janda miskin yang tinggal sendirian agar mereka bisa memperoleh tempat tinggal yang layak huni.

Bantu Rehab Rumah Ibu Sudarmi melalui rekening Kemanasian Lazismu Kota Pasuruan Bank Syariah Mandiri 7676 7777 97 atau ke Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH). Konfirmasi donasi melalui WA: 085745557494 atau datang langsung kantor Jalan KH. Wachid Hasyim 202 Kota Pasuruan.

Wakaf Tunaimu, Gerak Produktif Membangun Ummat Berkemajuan

Kini program-program wakaf tunai atau wakaf uang akan menjadi salah satu pilar Persyarikatan Muhammadiyah dalam menggerakkan dana ummat. Sejak 8 Oktober 2020 lalu Persyarikatan Muhammadiyah telah mengantongi Surat Tanda Bukti Pendaftaran Nazhir (STBPN) dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) dengan nomor 3.3.00262. Pimpinan Pusat Muhammadiyah pun sebelumnya telah menetapkan susunan Pengelola Wakaf Tunai Muhammadiyah dengan SK PP Muhammadiyah nomor 011/KEP/I.0/K/2020 yang diketuai oleh drs. Zafrullah Salim, MH.

Menurut Rizaluddin Kurniawan, M.Si, Direktur Fundraising LAZISMU Pusat yang juga sebagai Wakil Sekretaris Pengelola Wakaf Tunai Muhammadiyah, ketika dihubungi melalui jaringan pribadi WA (31/10/2020), mengatakan bahwa dengan STBPN dari BWI ini Persyarikatan Muhammadiyah mempunyai sudah landasan legal formal guna menghimpun wakaf uang dari ummat Islam yang akan dikelola menjadi wakaf produktif. Selama ini Muhammadiyah telah menerima jutaan hektar tanah wakaf seluruh Indonesia yang dipergunakan untuk kemaslahatan ummat, seperti Masjid, perguruan dan lainnya.

Saat ini Muhammadiyah akan lebih meningkatkan pengelolaan tanah wakaf, khususnya tanah wakaf yang masih belum dikembangkan, dengan didukung dana wakaf tunai atau wakaf uang ke arah pengelolaan yang produktif. Sehingga pokok wakafnya tetap namun keuntungannya bisa dipergunakan untuk kebermanfaatan ummat.

“Tugas Pengelola Wakaf Tunai Muhammadiyah yang telah mendapatkan STBPN dari BWI adalah menghimpun dan mengelola dana wakaf tunai, membuat panduan pengelolaan dana wakaf tunai, membuat skema-skema investasi wakaf tunai, dan mendayagunakan atau menyalurkan hasil usaha/investasi pengelolaan dana wakaf tunai guna sebesar-besarnya kepentingan Persyarikatan Muhammadiyah dan umat” kata Rizal menjelaskan.

“Wakaf di Persyarikatan ini pada dasarnya harus produktif. Maka kita sebagai Nazhir harus berhati-hati. Jangan sampai wakaf terbengkalai, atau malah hilang. Menurut data Majelis Wakaf dan Kehartaabendaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, saat ini Persyarikatan Muhammadiyah menerima wakaf umat sebanyak 1,7 juta hektar. Mayoritas wakaf khusus berupa tanah untuk pemanfaatan pendidikan, masjid, kesehatan dan sebagainya. Tanah-tanah ini masih ada yang belum dikembangkan dan diproduktifkan. Maka sekaranglah saatnya Muhammadiyah membuat Gerakan khusus Wakaf Tunai/Uang. Dana itu bisa langsung diproduktifkan dan tentunya diperuntukan bagi usaha-usaha yang aman. Salah satunya sukuk wakaf yang dijamin 100% oleh negara” lanjut Rizal.

“Jika kita bisa melahirkan proyek-proyek bergaransi aman dan untung, tentu banyak pewakif yang tertarik. Kalau kita lihat Sukuk Pemerintah ini imbal hasilnya kecil, cuma 5.5%/tahun, tapi ada jaminan 100% dana pewakif balik jika mengambil wakaf temporer. Nah disinilah saatnya kita, selaku insan pergerakan Persyarikatan, bisa merencanakan bisnis yang benar dan baik, clear and clean dengan mitigasi resiko yang sangat kecil bahkan resiko 0%. Atau kalaupun ada resiko, Nazhir masih sanggup menanggulanginya. Apakah ada bisnis seperti itu ? Tentu ada, dan banyak yang sudah melakukannya. Saya kira wakaf tunai atau uang ini akan menarik asalkan aman dan menguntungkan” tambah Rizal.

“Saat ini kita baru susun panduan, berikutnya akan kita launching program-program investasi wakaf tunai Muhammadiyah. InsyaAllah dengan program wakaf tunai ini kita mampu membangun ummat berkemajuan sebagai penopang utama kejayaan bangsa. Para Fundraiser Muhammadiyah siap bergerak menggugah para hartawan dan aghniya untuk berbuat kebaikan dengan berzakat, berinfaq-sedekah dan berwakaf tentunya” pungkas Rizaluddin Kurniawan dengan semangat membaja. (Adit)

STBPN dari BWI untuk Persyarikatan Muhammadiyah.

CSR PT Indana Paint Malang Melalui LAZISMU Untuk Percantik Masjid, Sekolah dan Fasum di Magetan

Sinergi filantropi terus dijalin oleh LAZISMU dengan berbagai korporat atau perusahaan. Sinergi itu dalam rangka memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat yang merupakan kewajiban dan tanggung jawab perusahaan dimana pun berada.

PT Indana Paint Malang, yang merupakan produsen cat lokal di Malang, pada hari jumat nan penuh berkah ini (16/10/2020), menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui LAZISMU kabupaten Magetan.

Bantuan CSR senilai Rp 36 juta itu diberikan dalam bentuk cat. Rencananya cat-cat seberat 1,2 ton itu akan dipergunakan untuk mempercantik Masjid, Musholla dan Sekolah serta berbagai fasilitas umum yang ada di kabupaten Magetan.

Serah terima CSR dilakukan di kantor PT Indana Paint di kawasan Pakis, Malang, dari perwakilan perusahaan Sulis Hariadi selaku kepala gudang kepada Yakub Trijuna Kaharudin, mewakili LAZISMU Kabupaten Magetan.

Yakub mengatakan bahwa LAZISMU mengucapkan terima kasih kepada PT Indana Paint atas CSR yang diberikan untuk mengecat atau mempercantik tempat ibadah dan sarana pendidikan yang ada di Magetan.

“InsyaAllah kami akan salurkan amanah ini kepada Masjid, Musholla dan Sekolah dengan harapan agar kondisi fasilitas umum itu menjadi baik dan cantik. Kerjasama dan hubungan sinergi yang baik ini semoga dapat terus terjalin. Dengan CSR ini kebermanfaatan PT Indana Paint bagi masyarakat ini akan semakin terasakan, walaupun jaraknya sangat jauh, yakni Malang dan Magetan” kata Yakub.

Sulis Hariadi, kepala gudang PT Indana Paint menyampaikan pesan dari pimpinan perusahaan bahwa CSR ini diberika sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat, tidak hanya di kawasan Malang Raya saja, namun juga kabupaten lain yang memerlukan.

“Pesan dari pimpinan PT Indana Paint Malang, bagi Persyarikatan Muhammadiyah apa saja akan diberikan, karena kami percaya kredibilitas Muhammadiyah yang amanah dan terpercaya jika menyalurkan bantuan. Jikalau kurang kapanpun bisa tambah lagi. Yang terpenting perusahaan ini tidak sekedar berbisnis untuk mencari untung saja melainkan juga menyisihkan sebagian keuntungan untuk bersedekah kepada yang membutuhkan dan menebar kemanfaatan kepada masyarakat luas. Semoga usaha perusahaan ini menjadi lancar dan semakin laris” ucap Sulis menirukan ucapan pimpinannya.

Setelah sampai di Magetan nanti, Yakub akan segera berkoordinasi dengan timnya untuk membagikan bantuan ini ke beberapa Masjid dan sekolah. Selain itu beberapa fasilitas umum juga akan disasar untuk dicat agar terlihat bersih, rapi dan indah. (Adit)

Bersama Bank Muamalat Tasarufkan Paket Bantuan Lumbung Pangan Untuk Keluarga Terdampak Covid-19 di Jawa Timur

Jalinan sinergi dalam aksi-aksi filantropi untuk kemanusiaan senantiasa dijalin oleh LAZISMU bersama para mitra. Salah satu diantaranya adalah dengan Bank Muamalat. Melalui program Lumbung Pangan Kemanusiaan, Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan LAZISMU hadir untuk membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan di masa Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini.

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat menjaga jarak, tinggal di rumah (stay at home) dan mengurangi aktifitas diluar rumah. Hal ini menyebabkan ekonomi masyarakat menegah kebawah terganggu, khususnya yang mengandalkan penghasilan harian dari berjualan, karyawan yang dirumahkan, penjual PKL yang tidak bisa berjualan, guru mengaji, Da’i, dan yang lainnya.

Bank Muamalat selaku lembaga keuangan bank yang terpercaya turut serta dalam penggalangan donasi untuk keluarga terdampak Covid-19. Hasil donasi diamanahkan kepada LAZISMU untuk ditasarufkan kepada keluarga-keluarga yang terdampak dan terpapar Covid-19 di Surabaya, Sidoarjo dan daerah lainnya di Jawa Timur.

Hingga tanggal 5 September 2020 ini sebanyak 36 paket dari donatur Bank Muamalat telah diamanahkan melalui LAZISMU. Paket dibagikan kepada keluarga-keluarga yang hidup berkekurangan karena kehilangan penghasilan atau terkena PHK dan terdampak Covid-19 di beberapa kawasan di Surabaya. Demikian pula dengan para guru yang “Terpapar” Covid-19 di salah satu kecamatan di kota Pahlawan tak luput dari penyaluran bantuan Lumbung Pangan ini.

Drh Zainul Muslimin, Ketua LAZISMU wilayah Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada Bank Muamalat Indonesia atas kerjasama dan kepercayaannya menyalurkan paket donasi Lumbung Pangan melalui LAZISMU.

“Kerjasama LAZISMU dengan Bank Muamalat ini sudah terjalin mesra dan saling menebar kemanfaatan untuk sesama. Tidak hanya di sektor keuangan, melalui program Lumbung Pangan Kemanusiaan, LAZISMU dan Bank Muamalat mengajak ummat Islam dan masyarakat pada umumnya untuk berperan serta menjadi bagian dari solusi di masa Pandemi. Yaitu gemar bersedekah dan menebar kebaikan bagi sesama” kata Zainul Muslimin di Gedung Muhammadiyah Jatim, Jl. Kertomenanggal IV, Surabaya, 8/9/2020.

Sementara itu Winny Wijayanti dari Bank Muamalat Mayjend Sungkono Surabaya, menyatakan bahawa kiprah ini adalah sebagai bentuk kepedulian Bank Muamalat dalam mensikapi kondisi pandemi yang belum juga usai.

“Kami merasa mempunyai tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini. Dengan langkah ini semoga dapat mengurangi beban masyarakat yang menderita dan terdampak virus Corona. Kita semua berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir dan kondisi cepat pulih kembali, serta roda perekonomian dapat berjalan dengan baik dan lancar” kata ibu Wenny ketika mengamanahkan paket sembako melalui LAZISMU.

“Insya Allah Bank Muamalat selalu hadir untuk ummat dan masyarakat, senantiasa berupaya untuk menjaga amanah nasabah dan donatur dengan baik dan menggerakkan ekonomi bangsa ini agar bertumbuh dan berkembang.” pungkasnya. (Adit)

 

Paket Cinta Bagi Raga Yang Terdera Pandemi Corona

Mari kita ringankan beban penderitaan dan kuatkan imun keluarga yang terdera Pandemi Corona..

Pandemi di tanah air ini belumlah usai. Angka-angka jumlah warga yang terpapar virus Corona justru semakin meningkat. Banyak keluarga-keluarga yang menjadi korban, baik yang meninggal dunia maupun yang dirawat di rumah sakit serta mengisolasi mandiri.

Perlu langkah penyedaran, penguatan dan pendampingan bagi masyarakat agar pandemi tidak semakin menjadi-jadi. Disamping itu berbagai bantuan sangatlah dibutuhkan.

Lazismu mengajak anda untuk berdonasi PAKET CINTA bagi sesama yang menderita terpapar virus Corona dan hidupnya serba berkekurangan.

Paket donasi berupa pemberian makanan dan minuman yang menambah gizi dan nutrisi serta memperkuat imunitas tubuh bagi keluarga-keluarga yang rentan dan terdera virus Corona.

Mari berdonasi untuk PAKET CINTA bagi sesama yang terdera dan terdampak pandemi. Donasi Anda bisa mulai dari Rp. 25.000,-.

Transfer ke rekening LAZISMU Jawa Timur..

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191
  • Bank Syariah Mandiri No. 9000 005 557
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500

Konfirmasi transfer donasi ke : 0812 3158 446

Scan QR code :

Selamat Berdonasi.. Berkasi Bersama Untuk Sesama.. Memberi Untuk Negeri…

MERDEKA Berzakat dan Bersedekah, Bebaskan Diri Dari Belenggu Kekikiran

Negara kita berdiri atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan didorong dengan keinginan yang luhur oleh para pendiri bangsa, ulama’, pejuang dan para penegak Republik Indonesia untuk meraih kemajuan dan kesejahteraan.. Mari kita wujudkan rasya syukur nikmat kemerdekaan ini dengan terus membangun pilar kemajuan dan menebar amal kebajikan..

MERDEKAkan harta kita dengan berzakat, berinfaq dan bersedekah.. Jauhkan diri dari sifat kikir, tamak dan loba.. Mari wujudkan kehidupan bangsa Indonesia yang berkemajuan..

REKENING ZAKAT LAZISMU

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat
  • Bank Syariah Mandiri No. 9000 009 994
  • Bank Muamalat No. 7710 015 630 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (ZAKAT)

REKENING INFAQ LAZISMU

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq
  • Bank Syariah Mandiri No. 9000 005 557
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR

Lazismu dan Gojek Distribusikan Bantuan Paket Ketahanan Pangan di Kota Malang

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) bersama Gojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa melaksanakan pendistribusian paket ketahanan pangan di beberapa kota di Indonesia, yang salah satunya di kota Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 450 paket bantuan pangan terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan kornet dibagikan kepada sasaran penerima antara lain; Guru, warga dhuafa, marbot Masjid dan pengemudi Ojek online yang berada di kota wisata Malang. Bantuan tersebut merupakan partisipasi dan langkah nyata Gojek corporate sebagai penyedia jasa layanan transportasi berbasis aplikasi online dalam penanganan warga terdampak Covid-19, khususnya di Jawa Timur.

Kegitan Seremoni dan penyaluran paket bantuan dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl Gajayana kota Malang, sabtu pagi, 04/07/2020. Hadir dalam kesempatan itu Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, Perwakilan Gojek, para Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan ‘Aisyiyah (PDA) kota Malang, serta undangan dan para penerima bantuan.

Ketua PDM kota Malang, Dr. Abdul Haris MA dalam sambutannya menyatakan bahwa Muhammadiyah senantiasa mengajak ummat Islam beramal nyata yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk menghimpun dana bantuan dan disalurkan kepada mereka yang berhak. Untuk itu pimpinan Muhammadiyah bersama jajarannya, termasuk Lazismu senantiasa menjaga amanah dan kepercayaan dari donatur dan Muzaki.

Sementara itu, Reynando, atau yang akrab dipanggil Rio, perwakilan Gojek Malang Raya sangat menyembut baik kegiatan ini dan merupakan bentuk kepedulian kedua belah pihak, Lazismu dan Gojek, untuk turut berperan serta membantu warga terdampak pandemi Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan.

“Gojek selalu bekerjasama dengan para mitra terpercaya, termasuk dengan Lazis Muhammdiyah untuk kegiatan aksi kemanusiaan, yang salah satunya adalah memberikan bantuan pangan kepada warga terdampak Covid-19 di kota Malang. Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan dan semakin erat di masa mendatang” kata Rio.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tepat pada peringatan Milad (HUT) Lazismu yang ke-18. Lazismu didirikan pada tanggal 4 Juli 2002 sebagai bentuk respon Muhammadiyah guna menggerakkan potensi zakat ummat Islam dan pengelolaan dana filantropi di Indonesia. Oleh karena itu selain menyambut baik aksi bersama Gojek ini, ia juga menekankan para Amil Lazismu untuk terus berkerja keras dan meningkatkan giat fundraising guna membantu saudara-saudara kita yang masih berada di garis kemiskinan.

“Semakin banyak perolehan ZIS yang dihimpun oleh Lazismu maka akan semakin banyak orang atau mereka yang membutuhkan ditolong dengan dana ZIS. Maka pertumbuhan Lazismu, baik dari segi kantor layanan dan jumlah Amil harus ditingkatkan dan dimasifkan agar semakin banyak yang dibantu dan ditolong akan semakin mempercepat penanganan masalah kemiskinan di negeri kita” kata Zainul dengan semangat.

Disamping itu Zainul mengajak semua pihak untuk saat ini memikirkan kegiatan Qurban yang salah satunya juga untuk mengatasi ketersediaan pangan yang berkelanjutan. Lazismu wilayah Jawa Timur telah melaksanakan program Qurban Kemasan selama 4 tahun, yakni daging qurban diwujudkan dalam bentuk makanan dalam kleng, kornet dan rendang. Untuk itu ia mengajak semua pihak untuk turut serta lebih mensukseskan program Qurban untuk ketahanan pangan yang manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Salah satu penerima manfaat program Lazismu bersama Gojek, Sana’i, seorang marbot Masjid yang difabel ini merasa senang dan gembira telah dibantu oleh Lazismu-Gojek. Ia, disamping bertugas di Masjid, juga seorang loper koran yang turut merasakan dampak Covid-19.

“Terima kasih, Lazismu dan Gojek telah peduli kepada warga yang membutuhkan seperti saya ini. Pendapatan saya sebagai loper koran hanya Rp 20 – 30 ribu per hari. Ketika pandemi wabah ini hampir tidak berpenghasilan sama sekali dari pengantaran koran, karena kondisi yang tidak memungkinkan saya untuk mengantar koran ke rumah-rumah pelanggan. Apalagi beberapa waktu lalu diberlakukan PSBB” cerita Sana’i.

Menurut Anas Yusuf, Wakil Ketua Lazismu Kota Malang, pada tahap pertama ini dibagikan 305 paket bantuan pangan, sedangkan sisanya 145 paket akan dibagikan pada hari Kamis, 09/07/2020. Kegiatan penyaluran ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, yakni hadirin menjaga jarak, cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker.

Anas menambahkan bahwa ia dan rekan-rekan Amil Lazismu di kota Malang merasa bangga mendapat kepercayaan dari pihak Gojek (Nasional) untuk mendistribusikan paket bantuan kepada sasaran penerima yang salah satunya adalah pengemudi ojek yang terdampak Covid-19. Kepercayaan ini diwujudkan dalam bentuk pendistribusian yang tepat sasaran sesuai dengan data yang telah dihimpun. (Ad)

On TV youtube cahnnel..

https://www.youtube.com/watch?v=oQE9uq3WLKw&t=36s

Lazismu Mengajak Anda Giat Bersedekah, Manfaatkan Waktumu Hijrah Bersama Bank Muamalat

LAZISMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Bersama Bank Muamalat Indonesia, Lazismu (Jawa Timur) mengajak anda, kaum muslimin dan muslimat, untuk menjadi bagian dari problem solving atau pemecahan permasalahan umat melalui program-program keumatan dan kemanusiaan.

Program-program keumatan itu antara lain sebagai berikut :

Ransum Kemanusiaan

Penyediaan makanan kaleng siap saji yang sangat pas untuk kondisi kemanusiaan. Korban bencana alam, bekal Da’i di daerah terpencil dan terisolir, dhuafa yang terpukul ekonomi akibat Covid19 akan sangat membutuhkan Ransum Kemanusiaan ini.

Cepat tersedia, mudah disalurkan, cepat dikonsumsi, aman buat kesehatan, bisa menjangkau daerah terpencil dan terjauh sekalipun.

Untuk berdonasi silakan klik..

Indonesia Mendengar

Banyak generasi bangsa yang memiliki gangguan pendengaran. Program ini memberikan bantuan unit dan instalasi alat bantu dengar agar mereka bisa mendengar lebih baik, mendengarkan kalam Allah, belajar dengan lebih baik untuk masa depan mereka

Untuk berdonasi silakan klik..

Lelahku Bahagiamu

Dukungan nyata terhadap upaya pencegahan penyebaran, penanggulangan pandemi covid-19 dengan penyediaan APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis dan dokter, alkohol, sanitiser, desinfectan untuk rumah sakit, masjid, sekolah, panti asuhan.

Menerjukan Relawan yang melakukan penyemprotan masjid, panti asuhan, sekolah dan faslitas umum, serta sebagai garda depan distribusi APD dan bahan sanitasi.

Untuk berdonasi silakan klik..

Lumbung Pangan Kemanusiaan

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat menjaga jarak, stay at home dan mengurangi aktifitas diluar rumah. Hal ini menyebabkan ekonomi masyarakat menegah kebawah terganggu, khususnya yang mengandalkan penghasilan harian dari berjualan, karyawan yang dirumahkan, penjual PKL yang tidak bisa berjualan, guru mengaji, Da’i, dan yang lainnya.

Lumbung Pangan Kemanusiaan hadir untuk membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Untuk berdonasi silakan klik..

 

Rekening

  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)

Sedekah

Qurban

SEPAKAT bersama Lazismu Bagikan Paket Bantuan Sembako di Jember

DPW. SEPAKAT atau Dewan Pengurus Wilayah Serikat Pekerja Telkomsel Jawa Timur melaksanakan donasi bantuan sembako untuk masyarakat dhuafa melalui Lazismu, 20/05/20. Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 20 tahun berdirinya SEPAKAT yang bersamaan dengan bulan penuh berkah, Ramadhan 1441 Hijriyah.

Dengan mengusung tema “Membantu Sesama Mengulurkan Tangan untuk Sesama”, bantuan sembako pun didistribusikan kepada sasaran penerima di kabupaten Jember melalui Lazismu, sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional yang terpercaya.

Sebanyak 100 paket sembako senilai Rp 10.000.000 (Sepuluh juta rupiah) terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan, kecap dan kornetmu dibagikan kepada 100 masyarakat penerima manfaat yang tersebar diantaranya 60 paket di Kecamatan Sumberjambe, 30 paket di Kecamatan Pakusari dan 10 paket di Kecamatan Sumbersari yang dilaksanakan secara bertahap hari Rabu dan Kamis (20-21 Mei 2020).

Hendy Harnoko, selaku Ketua DPW SEPAKAT Jawa Timur menyampaikan melalui WA Grup bahwa, “Donasi sembako ini merupakan bagian dari kepedulian seluruh pekerja Telkomsel yang tergabung dalam SEPAKAT serta memperingati 20 tahun berdirinya SEPAKAT. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang sangat membutuhkan ditengah pandemi corona”.

“Disampaikan juga apresiasi yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Lazismu Jember atas kolaborasi penyaluran donasi tersebut” begitu Hendy mengapresiasi.

Abdul Khamil Kepala Kantor Lazismu Jember menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari SEPAKAT (Serikat Pekerja Telkomsel) Jawa Timur untuk membantu mendistribusikan bantuan sembako bagi masyarakat dhuafa yang ada di Kabupaten Jember. Paket dibagikan sesuai data yang telah dihimpun bersama dengan Lumbung Pangan Berbasis Masjid yang ada dan ditasyarufkan langsung kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.
“Lokasi pentasyarufan kami bagi menjadi 3 tempat sesuai dengan data yang ada, yaitu di Kecamatan Sumberjambe, Pakusari dan Sumbersari, yang dilaksanakan bersama lumbung pangan masjid terdekat, sehingga data penerima sasaran benar-benar telah terverifikasi dilapangan” katanya lagi.

“Ini adalah salah satu bentuk kedermawanan dari sebuah perkumpulan serikat pekerja yang peduli dan memberi perhatian kepada sesama yang saat ini tengah menderita. Tentu bantuan ini sangatlah bermanfaat bagi penerima manfaat yaitu warga terdampak Covid-19 yang membutuhkan di 3 kawasan sesuai dengan data” puji Abdul Khamil.

“Insya Allah kami akan senantiasa melaksanakan semua amanah donatur dan muzaki agar donasi dan sumbangan tersampaikan dengan tepat sasaran” pungkasnya. (lazismu jember)

#ZakatHebat
#MemberiUntukNegeri
#Covid-19
#BackToMasjid
#Lazismu

Sinergi Kepedulian Terhadap Warga Terdampak Covid-19 antara Bank Syariah Mandiri dan Lazismu di Lumajang

Lazismu dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Lumajang terus bergerak dalam mengatasi dampak pandemi wabah virus Corona yang semakin hari tidak menentu penyebaranya. Sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak terus dilakukan.

Hari ini, Rabu, 20/05/2020, bertempat di kantor Bank Syariah Mandiri Jl Jendral S Parman Lumajang, Lazismu melakukan kerja sama dengan Laznas YBM Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Lumajang dalam penyaluran paket bantuan pangan. YBM Bank Syariah Mandiri membantu dana ketahananan pangan sebesar 10 juta Rupiah, untuk dirupakan paket beras @5 kg per paket.

Serah terima bantuan tersebut dilakukan oleh bapak Rawi mewakili YBM Bank Syariah Mandiri kepada Ketua Lazismu Lumajang Drs Muari beserta Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang Suharyo AP.

Suharyo AP, ketua PDM Lumajang mengatakan bahwa sinergi ini harus dibangun untuk kepentingan umat yang lebih luas. Pada saat pandemi yang semakin tidak menentu ini umat perlu perhatian dari semua pihak, tak terkecuali pihak swasta, khususnya kalangan perbankan yang bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat.

“Mari bersama-sama bergandeng tangan untuk meringankan beban sauadara kita” kata Suharyo AP.

“Dan hari ini sangat istimewa, karena YBM BSM bisa membatu sesama untuk berta’awun untuk negeri melalui Lazismu. Apalagi di bulan yang penuh barokah, bulan penuh nikmat dan maunahnya sangat terasa manfaatnya. Walaupun bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi untuk menuju hari kemenangan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa berkah dan manfaat nantinya,” tandas Suharyo.

Menabung dan Bermitra dengan BSM

Sementara itu Abdulah Nadzib selaku kepala cabang BSM Lumajang lewat jaringan WhatsApp mengatakan bahwa Bank Mandiri Syariah berusaha mengaplikasikan sabda Rasulullah SAW, yaitu : Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah 1) Engkau memasukan rasa bahagia ke dalam hati seorang mukmin atau, 2) Engkau hilangkan kesusahan hidupnya atau, 3) Engkau membayarkan hutangnya, atau 4) Engkau hilangkan kelaparannya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada ber-i’tikaf di masjid Nabawi selama sebulan lamanya. Dan siapa yang menahan marahnya maka Allah akan tutupi auratnya. Barangsiapa yang menahan marahnya padahal ia bisa menumpahkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat. Dan barangsiapa berjalan bersama saudaranya sampai ia memenuhi kebutuhannya, maka Allah akan mengokohkan kedua kakinya di hari ketika banyak kaki-kaki terpeleset ke api neraka”. (HR. Ath Thabrani 6/139, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/575).

Bantuan ini merupakan hasil ziswaf perusahaan PT Bank Syariah Mandiri dan seluruh pegawai di seluruh Indonesia. Abdulah Nadzib berharap agar manfaat yang diterima masyarakat akan lebih besar jika Mandiri Syariah semakin tumbuh, dan berkembang dari peran serta masyarakat untuk menjadi nasabah Mandiri Syariah.

“Menabung dan bermitra dengan Bank Mandiri Syariah sama saja telah ikut andil berbagi kepada umat dan lebih berkah” katanya. (Kus/Ad)

CIMB Niaga Syariah Peduli Bantu Penanganan Covid-19

Dukungan dari kalangan perbankan untuk penanganan wabah virus Corona yang dilakukan oleh Lazismu bersinergi dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Jawa Timur mulai berdatangan.

Pada hari senin siang tanggal 27 April 2020 bertempat di kantor CIMB niaga Syariah Jl Darmo Surabaya dilakukan serah teriman bantuan untuk penanganan covid-19. Sumbangan sebesar Rp. 4 juta dari bank CIMB Niaga Syariah itu diserah terimakan secara simbolis oleh Arjo Laksono kepala cabang Darmo Surabaya kepada Wakil Ketua Lazismu Jatim Dr Agus Edi Sumanto.

“Ini adalah bentuk kepedulian dari CIMB Niaga Syariah untuk membantu warga terdampak covid-19 melalui lembaga Amil Zakat di Jawa Timur. Semoga kerjasama ini dapat terus terjalin” jelas Arjo Laksono kepala cabang bank CIMB Niaga Syariah Surabaya Darmo.

“Barokallah. Bantuan ini akan mendukung program ketahanan pangan MCCC yang menjadi fokus kami saat ini. Insya Allah akan disalurkan kepada warga terdampak yang membutuhkan. Kami senantiasa terbuka bekerjasama dengan siapapun guna beraksi bersama untuk kemanusiaan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.” kata Dr Agus Edi Sumanto wakil ketua Lazismu wilayah Jatim.

Menurut rencana sumbangan ini akan diwujudkan dalam bentuk paket bingkisan ramadhan, terutama sembako, yang akan disalurkan kepada warga terdampak covid-19, beberapa hari menjelang hari raya idul Fitri. (Ad)