Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 19 September 2019
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan

Category Archives: Kesehatan

Bersama Organisasi Perempuan ‘Aisyiyah, Lazismu Menyalurkan Paket Bantuan Kepada Penderita TBC di Surabaya

Lazismu bersama ‘Aisyiyah kota Surabaya senantiasa bersinergi dan bekerjasama dalam program TB (Tuberchulosis) Care. Sinergi itu dilakukan oleh Lazismu dalam rangka mengurangi beban penderitaan yang dialami oleh warga Surabaya yang menderita penyakit TB, khusunya yang kondisi ekonominya tidak mampu atau fakir-miskin.

Kiprah organisasi perempuan ‘Aisyiyah dalam gerakan dakwah dan pemberdayaan berbasis filantropi fokus membantu masyarakat dalam pencerahan agama dan kesehatan. ‘Aisyiyah juga berupaya membantu masyarakat dari himpitan jerat kemiskinan.

Salah satu program nasional yang menjadi andalan adalah penanggulangan Tuberculosis (TB) dalam pembangunan kesehatan di Indonesia guna pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs) untuk menurunkan angka penyebaran penyakit menular.

Sebagai langkah kongkritnya, pada hari Rabu, tanggal 28 Agustus 2019, Lazismu dan ‘Aisyiyah melakukan kunjungan sekaligus bakti sosial kepada tiga warga penderita TB di Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan Surabaya, Jawa Timur.

Selain menyampaikan bantuan dana pengobatan dan bingkisan sembako, Lazismu yang diwakili oleh Badan Pengurus (BP) Abdul Hakim (Wakil Ketua BP) dan Warsono (Anggota BP) bersama kader TB Aisyiyah Surabaya melakukan pendampingan agar ketiga penderita TB tersebut terus dapat menjaga kebersihan, meminum obat sesuai petunjuk dokter, serta tidak lupa untuk tetap beribadah dan berdoa agar penyakit yang diderita segera pulih. (Adit)

Meringankan Beban Tarmudji Terkena Stroke dan Anaknya yang Masih Berusia 8 Tahun

Lazismu kabupaten Lamongan bersama perwakilan donatur dan aktifis Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah mengunjungi rumah Lisda, anak berusia 8 tahun yang harus merawat ayahnya seorang diri di Komplek Perum Graha Lamongan pada Rabu, (24/07/19) tadi malam.

Didampingi warga setempat, Lazismu bermaksud untuk menyampaikan amanah dari para donatur dalam rangka meringankan beban Lisda dan ayahnya yang terkena stroke, Tarmudji (48 tahun).

Sayangnya, menurut Tarmudji, saat Lazismu Lamongan berkunjung Lisda sedang bersama salah satu saudaranya di Tanjung. “Lisda hanya kesini Sabtu Minggu diantar saudara saya, jadi saya di rumah sendiri,” ungkap Tarmudji.

Tarmuji sudah tujuh tahun menderita penyakit stroke dan tidak bisa beraktivitas layaknya seorang ayah. Tarmudji dulunya bekerja sebagai tukang servis dan tukang tambal ban, saat ini tinggal sendiri di rumah dan setiap hari mendapatkan kiriman makanan dari tetangga maupun dari lembaga sosial setempat. Sedangkan sang istri sudah setahun lalu meninggal dunia akibat penyakit komplikasi.

Tarmudji dan Lisda adalah salah satu penerima manfaat program One Click One Care Lazismu Lamongan. Kabar tentang Lisda dan ayahnya tersebut didapat Lazismu dari salah satu tetangga yang memberikan informasi kepada Lazismu. Setelah berita tersebut ditelusuri Lazismu langsung terjun membantu.

Kepada Lazismu Lamongan, donatur serta Ortom, sambil terbata-bata, Tarmuji mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan kepadanya. “Saya berterima banyak, Semoga Allah membalas kebaikan bapak ibu semua,” ungkapnya.

Irvan, mewakili Lazismu Lamongan berharap bantuan ini dapat mencukupi kebutuhan bapak Tarmudji dan Lisda sehari hari. “Kami berharap, semoga amanah dari donatur ini dapat membantu meringankan beban Lisda dan bapak Tarmudji,” sambungnya.

Sementara itu, hadir bersama Lazismu, Darsam mewakili donatur, Afan Alfian mewakili Pemuda Muhammmadiyah Bagian Kesmas dan Desi Ratnasari, Ketua Nasyiatul ‘Aisyiyah Lamongan serta beberapa tokoh masyarakat dan warga sekitar. (Ir)

Bantu Ibu Tiga Anak yang Menderita Tumor Otak di Lamongan

Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Lamongan menyerahkan bantuan kepada Nur Kholiq, Suami Ibu Lia, ibu tiga anak yang menderita Tumor otak dan hampir satu bulan belum sadarkan diri.

Bantuan ini diberikan langsung oleh Widyawati, perwakilan LazisMu Lamongan di Kantor PDM Lamongan pada Selasa, (23/07/19).

Nur Kholiq, suami ibu lia menceritakan bahwa sebelum penyakit tumor otak itu menyerang, “Selama kurang lebih tiga bulan, Istri saya mengeluh sakit kepala sebelah disertai penglihatan nya kabur, kami cek dan konsultasi ke optik hasilnya normal,”ceritanya kepada Lazismu.

“Saya ingat betul, awal mulanya kejadian nya saat kami berkunjung ke salah satu kerabat di Brondong, tiba tiba istri saya merasakan sakit kepala yang luar biasa, disertai muntah dan berkurangnya kesadaran,” ungkap Nur Kholiq, sambil menahan air mata.

Saat itu juga, bersama keluarga kami memutuskan untuk membawanya ke PKU Blimbing, dan akhirnya dirujuk ke RS dr Suyudi dan RSML.

“Menurut penjelasan dari dokter ahli, istri saya didiagnosa menderita Tumor di Otak dan harus dilanjutkan operasi di RSAL Surabaya, biayanya cukup besar dan kami akhirnya memutuskan untuk membawanya pulang kembali,” ungkapnya

“Istri saya sempat membaik dan beraktifitas seperti biasa, tapi Allah berkehendak lain, istri saya mendapatkan serangan lagi di bulan Mei, dan mendadak nafasnya tersengal dan akhirnya kami bawa ke RS Muhammadiyah Lamongan sampai sekarang” ungkapnya.

Nur Kholiq menceritakan bahwa sudah 23 hari ini, istrinya belum sadar dan harus mendapatkan perawatan intensif dari pihak rumah sakit. “Biaya rumah sakit hampir mencapai 80 juta, kami sedang berusaha,” sambungnya.

“Kami berterima kasih kepada Lazismu Lamongan dan kepada donatur, semoga Allah membalas kebaikan bapak ibu semua,”ungkap Nur Kholiq.

Ibu Lia adalah salah satu penerima manfaat dari program One Click One Care, setelah adik iparnya, M Nasuha memberikan informasi kepada Lazismu Lamongan.

Lazismu yang mengetahui peristiwa ini, kemudian langsung membuka open donasi baik secara langsung maupun melalui online.

Selanjutnya donasi yang terhimpun akan diserahkan kepada keluarga secara langsung seusai amanah dari donatur. “Donasi pertama dari Lazismu Lamongan akan diserahkan pertama setelah kami memverifikasi dan menemui keluarga, setelah itu kita lanjutkan untuk buka donasi kembali,” kata Widya.

“Ini adalah amanah dari donatur, yang Allah mengetuk pintu hati mereka melalui Lazismu, semoga dapat membantu meringankan beban yang ditanggung oleh keluarga, dan menjadi berkah untuk kesembuhan ibu Lia,” ujar Widya.

Lazismu Lamongan menghimbau, kiranya donatur dimanapun berada dapat menyisihkan rejekinya untuk membantu ibu Lia baik melalui donasi nya dan juga doa. (Irvan)

 

Sehari Layani 3 Pasien, Ambulan Lazismu Bojonegoro Jadi Andalan Warga

Kamis, 18 Juli 2019, sejak pagi Ainur Rofiq, staf Ambulan Lazismu Bojonegoro, sudah sibuk menjemput pasien ibu Tri Wahyuni penderita stroke warga desa Deru, kec. Sumberrejo untuk diantar ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro.

Pasien kedua Bp. Sodikun warga desa Penganten kec. Balen menderita stroke juga diantar di rumah sakit yang sama.

Setelah mengantar pulang kedua pasien dengan selamat, dalam perjalanan pulang menuju kantor Lazismu, kembali no. call center ambulance Lazismu 081235115454 mendapat telepon dari keluarga bapak Sucipto dari desa Sambiroto kec. Kapas untuk diantar Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo.

Alhamdulillah semua pasien terlayani dengan baik. Terimakasih kepada segenap Muzzaki Dermawan dan Donatur atas zakat, Infaq dan Sedekah melalui Lazismu.

Mari dukung program Ambulance Gratis Lazismu Bojonegoro dengan menyalurkan Zakat, Infaq dan Sedekah melalui Rek. Bank Syariah Mandiri No.Rek Zakat 99398 1 13 00 0 00000 dan No.Rek Infaq 99398 2 13 00 0 00000

No.Rek BSM 7098456893

Konfirmasi SMS-WA 082287889799

#ambulancelazismu
#sigapdanpeduli
#zakathebat

Hadirkan Layanan Ambulan di Lamongan dan Kota Probolinggo

 

Memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan antar jemput pasien di Kabupaten Lamongan dan Kota Probolinggo Lazismu menghadirkan layanan Ambulan (Gratis). Layanan Ambulan yang mulai beroperasi pada 26 Maret 2019 tersebut hadir sebagai bentuk kepedulian Lazismu bagi warga yang membutuhkan kendaraan pengantaran pasien di kedua Daerah itu.

Menurut Irvan, Manajer Lazismu Kabupaten Lamongan layanan Ambulan Gratis ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Muhammadiyah Kalikapas Lamongan yang merupakan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) baru di Daerah itu. Anggaran pembelian mobil diperoleh dari dana CSR (Corporate Social Responsibility) berbagai mitra.

Sementara itu di Kota Probolinggo, menurut Beny Indrayana, Ketua Lazismu setempat, guna mewujudkan layanan ambulan tersebut pihaknya mengumpulkan dana ZIS dari umat Islam, terutama para aghniya, donatur dan Muzaki. “Alhamdulillah Ambulan Lazismu sudah bisa hadir di kota Seribu Santri” kata Beny.

Untuk kontak layanan Ambulan di kedua Daerah tersebut, sementara bisa menghubungi Irvan 0856-0682-1440 (Lazismu Kab. Lamongan) dan Beny 0853-3333-7069 (Lazismu Kota Probolinggo). (Adit)

Mengantar Pasien Pasca Melahirkan Pulang Dari Rumah Sakit Menuju Ke Kediaman

Senyum cerah tergambar di wajah pasangan suami istri Romli (30 tahun) dan Haryati (25 tahun), setelah kelahiran buah hati kedua mereka. Bayi yang berjenis kelamin laki-laki ini, lahir dengan normal pada hari ahad 10 Maret 2019 dengan berat badan 3 kg di Rumah Sakit Dr. Soebandi Jember, setelah sebelumnya mendapat rujukan dari Puskesmas Sempolan.

“Waktu itu saya hanya cek kesehatan, eh malah tidak boleh pulang” tutur Haryati. Menurut cerita dari Haryati, dia sudah lama tidak check kesehatan saat hamil. Setelah melakukan check kesehatan, diketahui bahwa tensi Haryati terlalu tinggi dan hal tersebut berbahaya bagi keselamatan ibu dan bayi. Maka dilakukan rujuk dari Puskesmas Sempolan ke Puskesmas Ajung. Ternyata di Puskesmas Ajung Penuh, sehingga dirujuk ke RS Dr. Soebandi.

“Keluarga di rumah khawatir semua, kenapa sampai dirujuk ke RS. Dr Soebandi, tapi Alhamdulilah semua sehat dan lancar persalinannya” tutur kakak Romli. Keluarga Romli dan Haryati menyambut bahagia atas kedatangan Romli dan Haryati dan buah hati mereka, yang diantar oleh Ambulance Lazismu Jember. Mereka pun berterimakasih kepada Lazismu Jember atas kepedulian dan pelayanannya. (Yuliana)

Dikawal Geng Motor Ambulan Lazismu Jember Antarkan Pasien Ke Rumah Sakit

Hujan deras menemani keberangkatan tim Lazismu Jember mengantarkan pasien pengidap penyakit tumor kandungan. Rabu malam (27/02) tim Lazismu Jember menjemput Sumainah (54) di kediamannya Loji Lor, Kaliwining, Rambipuji. Perjalanan menuju Rumah Sakit (RS) dr. Soetomo untuk melakukan operasi.

Keluarga Sumainah menuturkan kepada Lazismujember.org sudah lama mengidap penyakit tumor kandungan. Bahkan, sudah sering dirawat inap di RS. Jember Klinik. Dan sudah cukup lama menunggu kepastian untuk dirawat secara serius.

David, salah seorang perawat RS. Jember Klinik yang juga tetangga pasien. Menuturkan telah beberapa kali menawarkan kepada Sumainah untuk dirujuk. Akan tetapi, pasien tidak bersedia lantaran kendala biaya.

Hal itu pun diamini oleh pihak keluarga Sumainah. “Ya, semoga saja ada jalan lain untuk kesembuhan ibu, pak”, ungkap anak Sumainah.

Melihat kejadian itu, David meminta bantuan ke Lazismu Jember. Kepala Kantor Lazismu Jember, Abdul Khamil dengan sigap mengusahakan agar pasien dapat dibantu hingga proses rujukan selesai.

Nasib baik, selama perjalanan mobil ambulans Lazismu Jember sempat dikawal oleh geng motor. “Mulai dari Probolinggo kota sampai Pasuruan dua pengendara motor mengawal kami,” tutur Makruf, tim relawan Lazismu Jember.

Pengawalan disambung lagi oleh geng motor yang berbeda. Dari Surabaya kota hingga area RS. dr. Soetomo. “Uniknya mereka (geng motor, red) juga sempat membantu mengarahkan keluarga pasien proses registrasi di rumah sakit”, tambahnya.

“Kami akan selalu siap utuk membantu warga yang membutuhkan, kebetulan kami punya armada dan tim yang bisa diandalkan”, tutup Makruf saat ditanya soal bantuan aksi kemanusiaan ini.

Bersinergi dan berbagi bersama kami, Lazismu Jember dalam menebar kebermanfaatan untuk sesama. Caranya dengan datang ke kantor Jl. Bondoyudo no. 11, atau Donasi Transfer Infaq dan shadaqah Lazismu bisa ke:
  • Bank Syariah Mandiri : 99398 2 16 00 0 00000
  • Bank Muamalat Indonesia : 76640 2 16 00 0 00000
  • an. Infaq LAZISMU Kab Jember

Selengkapnya, cek no. rekening virtual account disini

Konfirmasi atau Jemput Donasi ke: Hotline (WA Only): 0812-3200-0995

Lazismu Bojonegoro Berkomitmen Giatkan Layanan AMBULANCE GRATIS Untuk Dhuafa Lintas Kota dan Kabupaten

Selasa, 25 Februari 2019, Ainur Rofiq Team Lazismu Bojonegoro bersama Abdul Malik dari Lazismu Tuban tiba di rumah IRA KRISTIANA  yang beralamat di Desa Kenongosari Rt. 03 Rw. 03 Kec. Soko, Kab. Tuban

Ira menderita sakit kanker di usus besar dan sudah dioperasi sekitar 1 thn yang lalu dan sekarang harus melakukan kontrol secara rutin.

Sekitar pukul 5.30 WIB , Ira diantar kontrol menuju RS Dr. Soetomo Surabaya. Keluarga sangat berterima kasih kepada Lazismu Tuban dan Lazismu Bojonegoro yang sudah membantu Ira untuk kontrol di RS.Dr. Soetomo Surabaya.

Semoga Lazismu tak pernah lelah memberi layanan untuk umat, khususnya untuk dhuafa yang membutuhkan. Mari bantu sesama dengan menyalurkan Zakat, Infaq dan sedekah Anda Melalui Lazismu Bojonegoro. Transfer Rek. Bank lazLazi. Konfirmasi SMS/WA 082287889799.

Rekening Bank

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 13 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76630 1 13 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Bojonegoro
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 13 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Bojonegoro
BMI 76640 2 13 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Bojonegoro
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 13 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Bojonegor
BMI 76650 3 13 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Bojonegor

Gerak Cepat Ambulan Lazismu Bojonegoro Melayani Pak Sukirno Rawat Jalan Lintas Kabupaten

Melayani dengan sigap dan peduli adalah semboyan dan tugas Korps Ambulan Lazismu di Jawa Timur. Seluruh personel ambulan Lazismu harus sadar akan peran dan tugasnya, melayani siapapun yang membutuhkan tanpa melihat latar belakangnya.

Termasuk kepada pak Sukirno, warga Lamongan, Lazismu Bojonegoro dengan sigap memberikan layanan yang prima kepadanya. Pak Sukirno menderita patah tulang di bagian punggung setelah mengalami kecelakaan beberapa waktu yang lalu. Setelah dioperasi di RSUD Bojonegoro pak Sukirno memerlukan kontrol yang intensif. Sedangkan kondisi ekonomi yang pas-pasan terasa berat jika harus menyewa mobil untuk sekedar kontrol.

Alhamdulillah Ambulan gratis Lazismu Bojonegoro bisa membantu meringankan beban pak Sukirno. Hari ini, Kamis, tanggal 21 Februari 2019 Lazismu Bojonegoro tiba di rumah pak Sukirno yang beralamat Dusun Ngelo, Desa Jatipayak Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan pukul 6 pagi untuk mengantarnya lintas kabupaten kontrol kesehatan ke RSUD Bojonegoro.

Mari berdonasi untuk membantu operasional Mobil Ambulan Gratis Lazismu. Zakat, Infaq dan Sedekah Anda akan sangat membantu Dhuafa yang membutuhkan.

Transfer melalui rekening Bank Syariah Mandiri Virtual Acount No.Rek: 993981 1300 000 000. Konfirmasi SMS/Wa 082287889799.

Call center Ambulance 0812 3511 5454.

#LazismuBojonegoro
#MemberiUntukNegeri

Semoga Dik Akmal Kelak Menjadi Anak Yang Cerdas dan Berbakti

Akmal Abdal Fathir merupakan anak yatim yang pada usia 1 minggu sudah ditinggal ayahnya. Mulai lahir dik Akmal sudah mengalami cobaan. Ia terlahir sebagai anak bibir sumbing.

Seiring dengan berjalannya waktu perhatian dan kepedulian dari semua kalangan tertuju kepada Akmal. Termasuk mengusahakan operasi bibir sumbing bagi dik Akmal.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pamekasan hadir memberikan layanan untuk membantu proses operasi bibir sumbing.

Selama bulan Januari 2019 lalu dik Akmal sudah dioperasi jilid 1 dan untuk jilid 2 di RS PHC, kawasan Tanjung Perak, Surabaya. Alhamdulillah Lazismu kabupaten Pamekasan membantu mengusahakan operasi dik Akmal dan turut serta mengantar pergi pulang dari rumah hingga ke Surabaya.

Pihak keluarga, terutama orang tua sangat bersyukur kepada Allah SWT bahwa anaknya mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Keluarga juga berterima kasih kepada Lazismu yang sudah memberikan layanan terbaik mulai dari awal hingga kni.

Kini dik Akmal sudah dioperasi jilid 2 dan sudah terlihat seperti anak normal yang lainnya. Proses operasi ini dilakukan atas kerjasama Lazismu Pamekasan bersama Cleft Care Foudation Indonesia Yayasan Peduli Bibir Sumbing.

Kedepan kedua lembaga ini siap bermitra lagi untuk program operasi bibir sumbing. Semoga kemitraan ini membawa kebaikan dan kebarokahan untuk kita semuanya. Semoga dik Akmal kelak menjadi anak yang cerdas dan berbakti kepada orang tua dan agama. (KhJn).

Mari berdonasi melalui Lazismu…

ZAKAT BSM 99398 1 28 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Pamekasan
BMI 76630 1 28 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Pamekasan
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 28 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Pamekasan
BMI 76640 2 28 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Pamekasan