Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 29 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » News » Lazismu Instruksikan Setiap Kantor Daerah Membuat Lumbung Pangan dan Sediakan Ransum Kemanusiaan

Lazismu Instruksikan Setiap Kantor Daerah Membuat Lumbung Pangan dan Sediakan Ransum Kemanusiaan

Wabah Corona yang mendera tanah air diperkirakan akan memakan waktu yang sangat lama, bisa lebih dari satu bulan. Pemerintah, baik pusat maupun lokal telah mengadakan berbagai pembatasan sebagai upaya pencegahan, beberapa daerah bahkan telah dikarantina.

Dengan adanya berbagai pembatasan, baik berkumpul, berkerumun, jarak bersosilisasi maupun anjuran agar tinggal di rumah saja membuat sebagian dari warga masyarakat kita terancam dari segi perekonomiannya.

Mereka yang mempunyai penghasilan tetap sebagai karyawan atau pegawai tentu tidak terlalu menjadi masalah, apalagi para aghniya (orang kaya) yang mempunyai cadangan dana yang sangat cukup. Namun bagaimana dengan mereka yang berpenghasilan harian dari sektor informal, tentu mereka akan menderita dan kesusahan.

Jumlah mereka yang terimbas kondisi wabah virus Corona secara ekonomi ini terbilang tidak sedikit. Sehari-hari mereka sudah dalam keadaan susah hidupnya, ditambah lagi dengan keadaan ancaman wabah penyakit yang semakin membuat mereka tertekan dan perlu perhatian seksama dari semua pihak.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) wilayah Jawa Timur, yang berkedudukan di Gedung Muhammadiyah Jatim, Jalan Kertomenanggal IV/1 Surabaya, pada tanggal 30 Maret 2020, telah mengeluarkan instruksi agar setiap kantor Lazismu Daerah tetap buka dan beroperasi selama kondisi wabah virus Corona. Sebagai protapnya, para Pengurus dan Amil Lazismu harus senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan diri, serta semaksimal mungkin mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19.

Surat edaran yang ditanda tangani oleh Katua drh Zainul Muslimin dan Aditio selaku sekretaris mewajibkan Kantor Lazismu Daerah untuk membuat lumbung pangan (stok logistik) serta mempersiapkan ransum kemanusiaan siap saji bagi warga terdampak jika kondisi menjadi semakin darurat. Lazismu harus mengupayakan ketersediaannya cukup hingga bulan Ramadhan 1441 H mendatang.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur drh Zainul Muslimin di sela-sela penyerahan bantuan kepada pengemudi ojek online di Resto Bunda Nuur Buduran Sidoarjo, 31/03/20, menyerukan kaum muslimin untuk giat bersedekah dan menyegerakan menunaikan zakatnya, terutama zakat maalnya. Demikian pula dengan zakat profesi bisa disalurkan melalui berbagai saluran di Lazismu, baik melalui layanan ambil zakat maupun transfer bank, dan QR code.

Penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh serta dana kemanusiaan (ZISKA) semakin diintensifkan melalui berbagai saluran dan cara penghimpunan yang memperhatikan kesehatan dan keselamatan Amil. Amil Lazismu diharapkan dapat mengedukasi para donatur dan muzaki agar dapat membayar ZISKA melalui transfer bank, mobile banking, QR code dan lain sebagainya

Sementara itu aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan oleh tim relawan gabungan di bawah koordinasi Lazismu Daerah menuru Zainul tetap dilaksanakan dan maksimal hingga tanggal 11 April 2019 saja. Setelah tanggal itu tim Relawan diistirahatkan dan Lazismu Daerah mengedukasi AUM dan masyarakat untuk dapat melakukan penyemprotan secara mandiri.

Sebanyak 37 kantor Lazismu Daerah setelah edaran itu wajib memfokuskan kepada penggalangan dana ZISKA dan pengadaan logistik Sembako untuk Lumbung Pangan dan mengupayakan ransum kemanusiaan siap saji produk Lazismu.

Surat edaran Lazismu Wilayah Jatim : 037 edaran covid19

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*