Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 18 September 2020
Breaking News
You are here: Home » Inspirasi » Mengedukasi Warga Agar Sadar Bahaya Covid-19 dengan Mobil Keliling di Kabupaten Probolinggo

Mengedukasi Warga Agar Sadar Bahaya Covid-19 dengan Mobil Keliling di Kabupaten Probolinggo

Edukasi Covid-19 dengan Mobil Keliling dilakukan sebagai bagian dari program-program edukasi yang dilakukan oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Probolinggo. Pada tanggal 16 April 2020 Tim Mobil keliling bergerak ke 6 titik kawasan.

Edukasi Covid-19 dengan Mobil Keliling dilakukan di 6 titik. Titik pertama dengan komandan Ketua PCM Paiton, Sigit Prasetyo, ST, adalah Kecamatan Paiton, Kotaanyar dan Kuripan. Titik kedua dengan komandan PJs. Ketua PCM Kraksaan, Ust. Rusdi yang bergerak di Kecamatan Kraksaan, Krejengan, dan Besuk. Titik ketiga, juga dipimpin langsung oleh Ketua PCM Pajarakan, Drs. Samsul Muarif, MPd. Mobil bergerak di Pajarakan dan Gading. Titik keempat, kawasan Kecamatan Gending, Banyuanyar dan Maron digawangi oleh para Relawan Pemuda Muhammadiyah, dipimpin langsung oleh Ketua PDPM Kabupaten Probolinggo, Dwi Rohmadiyanto.

Kawasan Kecamatan Dringu, Leces, dan Tegalsiwalan, yang merupakan titik kelima dipimpin oleh Sekretaris LAZISMU yang juga Ketua PCM Dringu. Sedang Ketua MCCC yang juga Ketua LAZISMU Kabupaten Probolinggo turun langsung memimpin titik keenam bersama Ketua PCM Lumbang Suheri. Titik keenam meliputi wilayah Kecamatan Lumbang, Sukapura, dan Tongas.

Kegiatan ini diambil sebagai bagian dari peran serta Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo dalam penanggulangan Covid-19. Sekaligus upaya konsolidasi kekuatan Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo.

“Program edukasi masyarakat menggunakan mobil keliling sangat cocok untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo yang notabene pendidikan masyarakatnya masih pendidikan menengah ke bawah,” Jelas Kung Ridho, sapaan akrab Ketua MCCC Kabupaten Probolinggo yang sekaligus Ketua Lazismu Kabupaten Probolinggo.

Selain itu, edukasi masyarakat dengan mobil keliling ini berbiaya murah dan daya jangkauannya bisa luas. Dengan 6 titik edukasi, 17 Kecamatan dari 24 kecamatan di bisa dijangkau.

Dalam kegiatan edukasi masyarakat ini juga dibagikan 2000 eksemplar brosur dan 1050 lembar masker.
Jumlah masker yang akan dibagikan awalnya hanya 300 lembar. Ketika Tim MCCC akan bergerak, ada laporan dari beberapa titik ada tambahan titipan masker dari warga untuk dibagikan. Dari titik 1 ada tambahan 150 lembar, titik 2 ada titipan 100 lembar, Pajarakan 100, Pendil 100 lembar, Dringu 200 lembar, Lumbang 100 lembar.

Selain tambahan-tambahan masker tersebut, apresiasi masyarakat kepada Team MCCC sangat luar biasa. Apresiasi tersebut ada yang mengajak tim MCCC makan di warung, memberi kopi yang sudah disedu maupun masih dalam bungkusan.

“Luar biasa, Muhammadiyah memang luar biasa,” Kata Mas Bama saat menyerahkan sebungkus kopi Robusta Semeru dan sebungkus Drip Bag Series.

“Masker…masker…masker…” teriak beberapa emak-emak saat mobil MCCC lewat. Sepertinya, mereka tahu kalau mobil MCCC bagi-bagi masker, terutama dari akun FB Kung Ridho.

“Terima kasih atas partisipasi dan dukungan kepada kami. Terima kasih pula kepada seluruh elemen Muhammadiyah yang telah bahu membahu bergerak bersama di MCCC Kabupaten Probolinggo.” pungkas Kung Ridho dengan senyum semangat. (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*