Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 30 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » News » Baksos Serentak di 38 Daerah se-Jatim Sukses, Sebanyak 28.633 Paket Sembako Telah Terbagi

Baksos Serentak di 38 Daerah se-Jatim Sukses, Sebanyak 28.633 Paket Sembako Telah Terbagi

Aksi sosial Lazismu bersinergi bersama Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan Aisyiyah serentak di 38 Kabupaten / kota se-Jawa Timur, rabu 22-04-2020, sukses dilaksanakan. Berdasarkan data MCCC Jatim sebanyak 28.633 paket Sembako sudah tersalurkan kepada penerima manfaat.

Aksi itu berdasarkan instruksi dari Ketua Badan Pengurus Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Pusat di Jakarta dan juga Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah di Yogyakarta untuk mengadakan bakti sosial berupa pembagian paket sembako secara serentak di seluruh tanah air. Lazismu dan ‘Aisyiyah mengerahkan sumber dayanya secara struktural di masing-masing tingkatan dan bersinergi dengan MCCC setempat.

Paket sembako yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng dan bahan makanan kemasan lainnya yang dibungkus menjadi satu tas itu dibagikan kepada sasaran penerima antara lain : guru/ustadz ngaji, fakir-miskin, anak yatim, janda-lansia, difabel, pekerja sektor informal dan warga yang terdampak kondisi wabah Covid-19. Nalai per paket antara Rp. 75.000,- hingga Rp. 100.000,-. Ada juga yang nilainya lebih tergantung kekuatan organisasi/lembaga di Daerah masing-masing.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim yang juga sebagai Koordinator devisi ekonomi ketahanan pangan MCCC Jawa Timur, saat menerima bantuan dari berbagai pihak di gedung Muhammadiyah Jatim, memastikan bahwa bantuan paket sembako diterima tepat sasaran sesuai dengan data yang dihimpun oleh Lazismu Daerah dan MCCC setempat.

Sebelum Baksos, tim pendataan Lazismu Daerah melakukan pendataan sasaran penerima terlebih dahulu agar tepat sasaran, jelas Zainul. Sedangkan paket Sembako dihimpun dari bantuan Pemerintah dan Swasta, donasi sumbangan masyarakat dan dana zakat, infaq serta sedekah dari ummat Islam.

“Semua Lazismu Daerah bergerak membagikan paket sembakonya di Daerah masing-masing dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Tidak membagikan secara berkerumun, namun bergerak dari rumah ke rumah atau dari desa ke desa. Para Relawan pembagi bantuan tetap memakai masker dan menjaga jarak ketika bertugas” pungkas Zainul. (Ad/foto:LazismuGresik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*