Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Monday , 25 May 2020
Breaking News
You are here: Home » News » Lazismu-MCCC Lamongan Mulai Salurkan Kado Ramadhan kepada Guru Ngaji dan Warga Difabel

Lazismu-MCCC Lamongan Mulai Salurkan Kado Ramadhan kepada Guru Ngaji dan Warga Difabel

Seluruh lapisan masyarakat terdampak wabah Covid-19 sedikit demi sedikit sudah mulai tersentuh bantuan sosial, terutama dari Lazismu. Wabah yang waktunya diperkirakan masih akan sangat lama ini benar-benar membuat masyarakat sangat terdampak, yang ditandai dengan denyut nadi perekonomian yang bertambah sulit.

Lazismu Lamongan bersama Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan mulai bergerak untuk menyalurkan paket sembako dan Kado Ramadhan kepada guru guru ngaji yang terdampak kondisi wabah ini.

Bantuan itu dimaksudkan sebagai upaya mengapresiasi jasa guru ngaji, TPA maupun TPQ (Tman Pendidikan al-Qur’an) atas pengabdiannya di masjid-masjid tingkt ranting/desa.

“Apalagi saat Pandemi covid 19, aktifitas pembelajaran TPA TPQ berhenti, tentu akan sedikit mengganggu kondisi sosial ekonomi guru guru ngaji,” kata Sujudna, Ketua Lazismu Lamongan saat menyerahkan paket sembako ke PCM Glagah, Sabtu 2 Mei 2020.

Sujudna menyampaikan lebih lanjut bahwa ini adalah bentuk apresiasi kami kepada guru guru ngaji.

“Bukan bermaksud apa apa, guru guru ngaji ini seharusnya juga mendapatkan perhatian khusus atas pengabdian nya selama ini, dan ini bagian dari usaha Lazismu dan MCCC PDM Lamongan,” sambungnya.

Koordinator tim teknis MCCC PDM Lamongan Afan Alfian mengatakan, pembagian sembako dan kado ramadhan untuk guru ngaji ini masuk kedalam cluster baru penerima manfaat sembako dari MCCC.

“Sebelumnya di gelombang pertama, ada 1000 paket sembako yang sudah kami salurkan dengan prioritas penerima keluarga karantina mandiri, dhuafa, pekerja sosial dll, dan untuk guru ngaji ini sudah masuk cluster kedua,” ungkap Afan.

“Data penerima manfaat sementara yang sudah terdaftar di kami dan melalui koordinasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) setempat ada sekitar 350 penerima, dan kami masih menunggu perkembangan selanjutnya sambil melakukan fundraising untuk melengkapi kebutuhan ini,” sambungnya.

Bantuan kepada Difabel

Dalam kesempatan yang sama, Lazismu Lamongan juga menyerahkan paket sembako serta uang tunai bagi difabel, Muh Suudi (54 thn) yang dikerjasamakan dengan PPDI, Organisasi yang menaungi para difabel. Pak Suudi sendiri adalah seorang difabel yang dulunya adalah penjahit konveksi.

“Tiba tiba tubuhnya tidak bisa bergerak dan akhirnya tenryata menurut diagnosa dokter harus di amputasi dan sekarang harus melakukan pengobatan PP di Jombang.” kata M Harbul Fijar, Amil Lazismu yang ikut dalam penyerahan tersebut.

“Setiap bulan memang kami prioritaskan penerima zakat dari donatur Lazismu Lamongan adalah para difabel, selain santri tahfidz dll dan beliau ini salah satunya dan bergantian nanti,” ungkapnya.

Oleh karena itu donasi serta kedermawanan dari para donatur masyarakat luas, khususnya ummat Islam semuanya sangat dibutuhkan untuk membantu mereka berdaya dan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya, terlebih pada masa saat ini, pungkas Harbul. (Irv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.