Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 1 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » Kolom ZISKA » Mari Segerakan Menunaikan Zakat Fithri Pada Masa Wabah Covid-19 Saat Ini

Mari Segerakan Menunaikan Zakat Fithri Pada Masa Wabah Covid-19 Saat Ini

Pada masa pandemi wabah Virus Corona 2019 (Covid-19) ini ummat Islam dihimbau untuk menyegerakan membayar Zakat Fitri untuk menolong fakir miskin yang sedang kesulitan dalam hidupnya.

Zakat Nafs (jiwa) / Zakat Fithri atau dikenal luas dengan sebutan Zakat Fitrah diwajibkan dibayarkan pada bulan ramadhan sebelum shalat ‘id sebanyak satu sha’(± 2,5 kg / 3,5 liter) beras atau bahan makanan pokok untuk membersihkan puasa dan mencukupi kebutuhan orang-orang miskin di hari raya Idul Fitri.

Ketua Badan Pengurus Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Pusat, Hilman Latief, Ph.D., di Jakarta, sebagaimana dilansir Republika.co.id, 4/05/20, mengatakan bahwa menyegerakan membayar zakat sangat wajar dan sangat mungkin dilakukan oleh ummat Islam.

Ia menyampaikan, saat ini banyak yang berharap lembaga filantropi Islam membantu penanganan pandemi corona. Hanya saja ada perbedaan penanganan bencana alam dan pandemi corona. Bencana alam terjadi di satu titik sehingga masyarakat dari wilayah lain bisa membantu ke masyarakat di titik bencana. Tapi pandemi corona menyebar dan dampaknya sampai ke daerah-daerah.

“Dulu, dana dari Lazismu di daerah bisa dibawa ke pusat misalnya, untuk menangani bencana di suatu daerah. Kalau sekarang dana Lazismu dari daerah digunakan di daerah,” ujarnya.

Hilman juga menjelaskan, lembaga amil zakat nasional seperti Lazismu harus mengatur dana zakat, infak dan sedekah untuk kebutuhan beberapa bulan ke depan. Dalam situasi krisis dan bencana biasanya dana langsung disalurkan sampai habis, tapi dalam situasi seperti ini dana harus dipersiapkan untuk kebutuhan beberapa bulan ke depan. Sambil menyiapkan program untuk masyarakat agar mampu bertahan dari dampak pandemi corona.

Oleh karena itu ia menghimbau ummat Islam untuk menyegerakan membayar Zakat Fitri pada masa pandemi wabah Virus Corona 2019 (Covid-19) ini agar kebermanfatannya lebih mengena dan tepat sasaran. (Ad)

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*