Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 29 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » News » 50 Ribu Paket Bantuan Pangan MCCC se Jawa Timur Akan Disalurkan Serentak Jelang Lebaran

50 Ribu Paket Bantuan Pangan MCCC se Jawa Timur Akan Disalurkan Serentak Jelang Lebaran

drh Zainul Muslimin

Lazismu bersama organisasi ‘Aisyiyah yang bersinergi dalam Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) kembali akan mendistribusikan paket sembako tahap kedua secara serentak nasional, yang akan dilaksanakan pada hari selasa tanggal 19 Mei 2020. Pendistribusian bantuan kepada warga terdampak Covid-19 itu dimaksudkan menyongsong datangnya Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M.

Surat instruksi pendistribusian sembako tahap kedua dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dan Badan Pengurus Lazis Muhammadiyah (Lazismu) Pusat. Surat dari Badan Pengurus Lazismu Pusat ditandatangani oleh Ketua Prof Hilman Latief, MA. Ph.D dan DR. Mahli Zainuddin selaku Sekretaris.

Menurut Hilman Latief aksi tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi Lazismu tanggal 6 Mei 2020 lalu melalui aplikasi zoom. Dalam rapat tersebut, disepakti bahwa Lazismu akan kembali menyelenggarakan Program ketahanan Pangan Tahap II (Dua). Oleh karena itu Hilman menginstruksikan kepada Pengurus Lazismu Wilayah dan Daerah di seluruh Indonesia agar mendistribusikan paket sembako serentak pada hari selasa tanggal 19 Mei 2020 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M.

Skema pengadaan dan penyaluran dilaksanakan bekerjasama dengan Majelis, Lembaga dan Ortom Muhammadiyah terkait, dengan sasaran penerima manfaat program adalah masyarakat dhuafa, guru, da’i, komunitas difable serta warga yang terdampak langsung Covid-19. Tentunya setiap kantor Lazismu juga diwajibkan mendokumentasikan kegiatan itu untuk publikasi dan syiar.

50 Ribu Paket se-Jatim

Sementara itu drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jatim, mengatakan bahwa di Jawa Timur sendiri sudah ditargetkan aksi tersebut akan membagikan sebanyak 50 ribu paket. Satu paket berisikan beras, gula, minyak goreng, kornet dan bahan makanan lainnya sesuai dengan kemampuan MCCC Daerah yang terlibat. Total nilai paket bantuan sebesar Rp 4 Milyar.

Seluruh MCCC Daerah, yang didukung oleh Lazismu dan ‘Aisyiyah di 38 Kabupaten atau Kota sudah siap bergerak di bawah komando MCCC wilayah Jatim, kata Zainul. Setiap tim distributor akan menyasar calon penerima sesuai dengan data yang telah dihimpun sehingga tepat sasaran. Pendistribusian tetap dilakukan menggunakan protokol standar Covid-19, secara door to door atau melalui koordinator kelompok / kampung / desa. Zainul tidak mengharapkan ada kerumunan dalam pembagian paket tersebut.

Aksi yang kedua ini sebagai lanjutan dari aksi pertama yang telah membagikan paket bantuan pangan pada 22 April 2020 lalu. Hingga kini sudah 112 Ribu lebih paket bantuan sembako tercatat di Lumbung Pangan MCCC se-Jatim. Sebanyak 28 ribu telah dibagikan pada tahap pertama 22 April 2020, 50 ribu tahap kedua 19 Mei 2020 dan sisanya akan dibagikan pada tahap ketiga menjelang Idul Adha. Zainul optimis pada tahap berikutnya nanti jumlahnya melebihi aksi pertama dan kedua.

“InyaAllah, bismillah. Semoga jumlahnya bisa terus bertambah seiring dengan kepercayaan masyarakat dan para aghniya’ yang mengamanahkan zakat, infaq dan shodaqoh serta donasi kemanusiaannya melalui Lazis Muhammadiyah. Oleh karena itu kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dari para Muzaki dan donatur. Semoga amal ibadah dan kebaikannya diterima Allah SWT serta kita segera keluar dari wabah Covid-19 ini” kata Zainul. (Adit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*