Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 25 September 2020
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » 50 Ribu Paket Sembako Ditebar Se-Jawa Timur, Ketua PWM Jatim Blusukan ke Kampung Padat Penduduk

50 Ribu Paket Sembako Ditebar Se-Jawa Timur, Ketua PWM Jatim Blusukan ke Kampung Padat Penduduk

Sebanyak 50.000 paket sembako hari ini, 19/05/20, ditebar kepada warga terdampak Covid-19 di 38 Daerah Kabupten dan Kota se-Jawa Timur oleh tim Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang didukung oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) dan organisasi wanita ‘Aisyiyah.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr Saad Ibrahim dan Ibu Siti Delilah Chandra Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jatim ikut blusukan membagikan paket sembako ke kawasan kampung miskin, kumuh dan padat penduduk di kota Surabaya. Turut serta Ketua Lazismu Jatim drh Zainul Muslimin beserta jajaran MCCC dan para relawan PCM Krembangan. Kedua kampung yang menjadi jujugan blusukan itu adalah kampung 1001 malam di bawah jembatan tol Morokrembangan dan kampung Lasem Baru di kecamatan Krembangan.

Blusukan kedua tokoh Muhammadiyah dan Aisyiyah Jawa Timur itu dalam rangka menandai secara resmi pendistribusian paket bantuan ketahanan pangan tahap kedua yang secara serentak dilakukan di Jawa Timur dan nasional se-Indonesia. Hari ini seluruh relawan Muhammadiyah, baik dari Majelis/Lembaga dan Organisasi Otonom bergerak beraksi bersama membagikan paket bantuan pangan berupa sembako kepada warga terdampak sesuai dengan data yang dimiliki.

Dr Sa’ad Ibrahim, Ketua PWM Jatim, dalam sambutannya ketika menyerahkan paket bantuan kepada salah satu penduduk di kampung kumuh dan miskin ‘1001 malam’ di bawah jalan tol bozem Morokrembangan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti bahwa Muhammadiyah cinta kepada bangsa ini. Kecintaan itu diwujudkan dengan aksi nyata memberi untuk negeri pada saat bangsa ini diterpa bencana wabah virus Corona.

“Ini dalah thap kedua Muhammadiyah ikut meringankan beban mereka, walau hanya bisa untuk beberapa hari saja, namun minimal bisa mengurangi beban mereka” kata Sa’ad Ibrahim.

Menurutnya jumlah 50 ribu paket bantuan pangan itu bukanlah jumlah yang kecil, karena itu proses pendistribusiannya dilakukan dengan mengerahkan semua relawan MCCC di berbagai daerah.

“Alhamdulllah proses baksos ini bisa berlangsung lancar, dan semua bantuan sudah diterima mereka yang berhak menerima” jelasnya.

Sa’ad Ibrahim menghimbau ummat Islam dan mensyarakat yang masih diberikan karunia berupa kenikmatan dan kekayaan untuk bersyukur kepada Allah SWT. Rasa syukur itu diwujudkan dengan rela dan ikhlas berbagi untuk membantu saudara sesama yang menderita dan kekurangan.

Sa’ad juga mengajak kepada pemegang kepentingan di berbagai daerah agar memperhatikan lingkungan sekitar dimana masih banyak kawasan atau kampung yang sangat miskin, kumuh dan tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal. Kondisi itu harus dicarikan jalan keluarnya agar warga masyarakat dapat hidup di lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman ungkapnya.

Rombongan Muhammadiyah Jawa Timur ini datang ke lokasi kampung 1001 malam yang berada di kolong jembatan tol Morokrembangan dengan menyeberangi sungai morokrembangan menggunakan perahu tambang. Demikian pula paket bantuan diturunkan dari kendaraan pengangkut untuk diseberangkan dengan tambang ini ke seberang sungai.

Sebanyak 200 paket dibagikan kepada warga di kampung 1001 malam dan kampung Lasem Baru. Pembagian dilakukan melalui Pengurus RT setempat, karena kampung 1001 malam masuk dalam wilayah RT kampung Lasem Baru. Warga yang terdata satu persatu diminta datang untuk mengambil paket bantuan sembako di balai RT. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan dan keramaian yang tidak diharapkan pada saat ini. (Ad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*