Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 14 July 2020
Breaking News
You are here: Home » News » Berqurban Bersama Lazismu di Era Pandemi Covid-19 Untuk Ketersediaan Pangan Sepanjang Masa

Berqurban Bersama Lazismu di Era Pandemi Covid-19 Untuk Ketersediaan Pangan Sepanjang Masa

Bersama Lazismu, kita bisa melaksanakan ibadah qurban dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan dan keselamatan yang berlaku dengan hasil qurban yang bermanfaat sepanjang masa.

Sebentar lagi Hari Raya Idul Qurban, 10 Dzulhijjah tahun 1441 Hijriyah akan tiba, bertepatan dengan tanggal 31 Juli 2020. Namun, sebagaimana Idul Fitri, Idul Qurban kali ini sangat berbeda dengan tahun lalu, karena pada tahun ini berada di dalam masa wabah virus Corona (Covid-19).

Tentu banyak pertanyaan yang menghinggapi diri kita. Apakah kita tahun ini tetap berqurban ? Jika iya, sudahkah kita mempersiapkan qurban kita ? Bagaimana kita mempersiapkan ibadah qurban tahun ini ?

Protokol kesehatan dan kebersihan diri menyangkut bencana wabah Covid-19 masih terus berlaku. Oleh sebab itu selain menjaga kesehatan dan kebersihan diri, keselamatan kolektif terus digencarkan, seperti menghindari kerumunan, memakai masker dan alat pelindung diri lainnya serta tetap menjaga jarak aman antar diri (Phisycal Distancing).

Ibadah Haji untuk calon jamaah Indonesia tahun ini ditiadakan atau dibatalkan oleh pemerintah. Nah bagaimana dengan ibadah Qurban yaitu menyembelih hewan Qurban pada hari Tasyrik yang senantiasa menghadirkan kerumunan dalam pelaksanaannya ?

Menghadapi hal itu Lazismu tetap hadir dengan layanan kemudahan dalam berqurban bagi ummat Islam. Bersama Lazismu kita bisa berqurban dengan tetap memperhatikan protokol kebersihan dan kesehatan selama wabah Covid-19 namun qurban kita juga bermanfaat untuk ummat sepanjang masa. Bagaimana bisa ?

Ketua Lazismu Jawa Timur drh Zainul Muslimin ketika dijumpai di kantor Lazismu Jatim, Kertomenanggal IV/1 Surabaya, 04/06/20, mengajak ummat Islam agar senantiasa berqurban sebagai bentuk rasa syukur nikmat kepada Allah SWT. Pun ketika masa pandemi wabah Covid-19 bukan menjadi halangan bagi ummat Islam untuk berqurban. Hanya saja pelaksanaan ibadah qurban tetap mengikuti aturan dan protokol kesehatan dan keselamatan yang berlaku.

“Lazismu Jawa Timur senantiasa memberikan kemudahan bagi anda yang akan melaksanakan ibadah Qurban khususnya pada tahun ini. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Lazismu menyembelih hewan ternak para pequrban sesuai dengan syariat di tempat yang bersih dan modern lalu dagingnya dikemas menjadi makanan dalam kaleng, yaitu rendang special” kata Zainul.

“Kami menghindari kerumunan pada saat proses penyembelihan karena dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) yang dijaga ketat. Termasuk menghindari kerumunan pada saat distribusi, karena kami mendistribusikan tidak secara langsung melainkan melibatkan pequrban dan kelompok masyarakat atau komunitas” lanjut Zainul.

“Pequrban tinggal transfer dana qurban ke rekening Lazismu yang telah disediakan atau melalaui saluran donasi secara digital atau online. Pequrban juga dimohon untuk melakukan konfirmasi ketika sudah mentransfer dana qurban ke nomor WA 0813-2572-4440. Selanjutnya proses penyembelihan ternak Qurban akan dilakukan oleh Lazismu di RPH dan pengemasan dagingnya di pabrik pengeolahan makanan yang selama ini dipercaya untuk mengolah daging qurban” jelas Zainul.

“Sapi-sapi terbaik disembelih di RPH yang modern, bersih dan higienis serta ditangani oleh tenaga profesional yang berkompeten dengan hasil pemotongan bersertifikat halal. Setelah itu daging diproses menjadi makanan Rendang dan Kornet yang higienis, lezat, sehat, siap santap dan bisa tahan selama 2 tahun” tambah Zainul.

“Seperti tahun-tahun lalu, hasil qurban kemasan akan didistribusikan kepada mustahik di daerah dan akat kawasan terpencil seperti pulau-pulau terdepan, tertluar dan tertinggal (3T). Makanan hasil olahan daging qurban ini juga akan dikonsumsi oleh anak yatim piatu dan warga dhuafa dan sangat membantu untuk meningkatkan asupan gizi mereka. Tentu kami akan melibatkan pequrban dan berbagai kelompok atau komunitas masyarakat dan stake holder lainnya dalam pendistribusiannya” Zainul menceritakan.

“Mari kita berqurban bersama Lazismu untuk sesama dengan daging qurban yang bisa bermanfaat sepanjang masa dan pelaksanaan ibadah qurban yang mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan khusunya pada era wabah Covid-19 ini. Bismillah, Insya Allah kita bisa” pungkas Zainul. (ad)

Anda ingin berqurban bersama Lazismu ?

  • Harga Sapi (standar) Rp 17,5 juta dan Rp 21 juta per ekor.
  • Untuk patungan Rp 2,5 juta dan Rp 3 juta per orang.
  • Harga tersebut sudah termasuk pemrosesan menjadi Rendang atau Kornet dalam kemasan kaleng.
  • Hak bagi Pequrban adalah sepertiga dari qurbannya.

REKENING QURBAN LAZISMU

  • Bank Mu’amalat No. 7725 040 000 000 000 a/n Qurban Lazismu Jatim.
  • Bank Syariah Mandiri No. 9939 840 000 000 000 a/n Qurban LAZISMU Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 717 171 a/n Lazismu Jatim Qurban
  • Konfirmasi transfer WA 0813 2572 4440

Proposal Program Qurban Kemasan Lazismu Jawa Timur Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*