Search
Close this search box.
Whatsapp Chat
Konsultasikan Zakat Anda kepada Kami

Jelang Audit Laporan Keuangan, Lazismu se-Jatim Gelar Workshop di Malang dan Magetan

Sebagai wujud komitmen Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas lembaga kepada publik dan ummat Islam di Indonesia, setiap tahun dilaksanakan kegiatan Audit atas Laporan Keuangan. Audit tahun 2020 ini dilakukan atas laporan keuangan tahun 2019 pada kantor Lazismu se-Indonesia, baik kantor perwakilan wilayah,kantor perwakilan wilayah pembantu daerah dan kantor layanan.

Kantor Lazismu se- Jawa Timur yang akan diaudit sebanyak 28 kantor Daerah dan kantor Layanan tingkat wilayah. Laporan Keuangan tahun 2019 Kantor-kantor Lazismu itu akan diaudit dan diperiksa oleh Tim Auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dari Jakarta.

Sebagai persiapan audit dan penguatan penerapan sistem keuangan, maka dilaksanakan Workshop Audit Laporan Keuangan yang terbagi dalam dua kawasan. Untuk Lazismu se-Jatim kawasan timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Pamekasan, kota Pasuruan, Kab. Blitar, Kota/kab. Probolinggo, Banyuwangi, Kota/Kab. Mojokerto, Jember, Lumajang, Kota/kab. Malang dan Batu diadakan pada hari Sabtu, tanggal 11 Juli 2020 di gedung B.A.U. kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Telogo Mas kabupaten Malang.

Pembukaan Workshop dihadiri oleh Prof. DR. Thohir Luth, MA Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang juga sebagai Dewan Syariah Lazismu Jatim, drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, beberapa Pengurus Lazismu Jatim dan peserta Workshop.

Dalam sambutannya Prof Thohir Luth menyambut baik upaya Lazismu untuk terus menjaga kepercayaan dan amanah dari Muzaki dan Donatur. Menurutnya kepercayaan atua trust merupakan bagian terpenting dari kiprah untuk meningkatkan Persyarikatan menjadi organisasi yang modern, berkemajuan dan kredibel. Para Amil Lazismu harus terus menjaga dengan penuh kehati-hatian dana dari ummat untuk meningkatkan taraf kehidupan ummat, harapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah jatim. Menurutnya upaya ini adalah bentuk kongkrit para Amil untuk memantaskan diri sebagai pemegang amanah dana zakat yang dapat dipercaya dan kredibel. Oleh karena itu laporan keuangan yang teraudit oleh KAP pada seluruh kantor Lazismu di Indonesia adalah merupakan bukti bahwa Lazismu memang layak menjadi Lembaga Amil Zakat yang terpercaya di mata publik, katanya.

Sedangkan untuk Lazismu Daerah kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Gresik, Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Tulungagung diadakan pada hari berikutnya, yakni ahad 12 Juli 2020 di gedung Graha Sedamu, kabupaten Magetan. Bertindak selaku instruktur dan pemandu Workshop adalah Eny M. Wijayanti, Badan Pengurus (BP) Lazismu Pusat dan Moh. Syaifuddin Ali Sahidu, BP Lazismu perwakilan wilayah Jatim.

Menurut Ali Sahidu, Anggota BP Lazismu perwakilan wilayah Jatim yang membidangi keuangan dan pembukuan, diharapkan dengan Workshop ini semua kantor Lazismu Daerah memiliki kesiapan dalam menghadapi Audit atas Laporan Keuangan 2019, baik format laporan keuangan yang standar maupun kerapian dalam mengarsip berkas-berkas bukti transaksi.

Dengan audit yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2020 ini, Ali Sahidu kembali berharap predikat dan opini Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) atas Laporan Keuangan 2019 dari KAP kembali diraih oleh Lazismu se-Jawa Timur. Dengan demikian Lazismu se-Jawa Timur semakin kredibel, terpercaya dan dapat meningkatkan pelayanan kepada Muzaki dan Donatur serta Mustahik, katanya. (Ad)

[divider]

Baca Kabar lainnya

Profil

Donasi

Layanan

Daftar