Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 30 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » Dakwah » Mewujudkan Sebuah Kampung Mandiri dan Berdaya di Mayang, Jember

Mewujudkan Sebuah Kampung Mandiri dan Berdaya di Mayang, Jember

Mewujudkan sebuah kampung yang mandiri bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh kerja keras dan ketelatenan membina masyarakat menuju keberdayaan diri. Dengan tekad dan semangat pengabdian masyarakat, Lazismu beraksi bersama untuk sesama dengan kemandirian warga di sebuah kampung di Jember.

Lazismu Jember berkesempatan meresmikan kampung mandiri (26/09/2020) di Dusun Lengkong Barat, Desa Mrawan, Kec. Mayang. Peresmian ini diikuti dengan beragam kegiatan seperti bagi-bagi paket sembako, penyuntikan hewan ternak, pemberdayaan masyarakat, sampai mengajar matematika anak-anak di dusun tersebut. Program ini akan berlangsung selama 6 bulan ke depan.

Paket sembako yang dibagikan untuk warga sekitar ada 15 paket. Yang isiannya terdapat seperti beras, minyak, mie instan dan gula. Peruntukkannya tentu bagi warga dhuafa dan kurang mampu khususnya yang sudah lansia. Bantuan paket sembako ini diharapkan mampu membantu meringankan beban mereka. Badri selaku koordinator di dusun tersebut mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada donatur Lazismu Jember.

Sementara itu, di tempat yang sama Lazismu Jember bersama PDHI Jember (Persatuan Dokter Hewan Indonesia) memberikan bantuan suntikan kepada hewan ternak sapi milik warga. Hewan ternak diberi suntikan berupa vitamin dan obat cacing. Dokter Puput selaku perwakilan PDHI Jember mengatakan kerja sama dengan Lazismu ini merupakan kerja sosial untuk masyarakat sekaligus edukasi.

“Ya kami ingin warga pemilik hewan ternak bisa teredukasi dengan benar, dan hasil ternaknya bisa sehat dan optimal”, tukasnya.

Rangkaian kegiatan yang lain adalah pemberdayaan masyarakat. Dengan membagikan ayam kampung dan juga lele. Harapannya tentu masyarakat yang diberi bisa berdaya-guna. Ketahanan pangannya terjamin dan juga menghasilkan. Abdul Khamil, Kepala Kantor Lazismu dikonfirmasi perihal ini mengatakan setidaknya dimulai dulu dari yang sederhana dan warga bisa, jika sudah terbiasa akan dimassifkan pemberdayaan ini,

“Tentu kita mau lihat dulu kesungguhan warga di sini dengan uji coba, rugi pun juga tak masalah semisal ada yang mati akan tetap kami suplai terus selama masih ada kemauan untuk belajar dan berkembang”, ungkapnya.

Kegiatan ditutup dengan mengajar matematika bagi anak-anak warga di dusun. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Lazismu Jember dengan Gemartika (Gerakan Gemar Matematika). Owner Gemartika, Dyan Riza, mengatakan bahwasanya gerakan ini untuk mengeliminasi persepsi matematika itu sebuah momok menakutkan bagi anak-anak,

“Dengan pengajaran yang fun dan menyenangkan matematika bisa diterima semua orang termasuk anak-anak, maka dari itu kami ingin membuat bahwa matematika itu bisa disukai anak-anak sejak dini”, tutupnya. (yf / www.lazismujember.org)

Bersama Lazismu kita beraksi bersama untuk sesama. Transfer Donasi ZISKA..

Rekening

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 16 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Jember
BMI 76630 1 16 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Jember
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 16 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Jember
BMI 76640 2 16 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Jember
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 16 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Jember
BMI 76650 3 16 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Jember

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*