Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 30 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Desa Kaliuling Longsor, LAZISMU dan MDMC Lumajang Beraksi Kirimkan Bantuan

Desa Kaliuling Longsor, LAZISMU dan MDMC Lumajang Beraksi Kirimkan Bantuan

Pada tanggal 30 September 2020 lalu bencana longsor terjadi di desa Kaliuling kecamatan Tempursari Lumajang. Longsor itu menimpa banyak rumah penduduk desa dan mengakibatkan kerugian material yang besar.

Lazismu bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) hadir ke  yang  dilanda bencana tanah longsor itu, kamis, 8 Oktober 2020. LAZISMU dan MDMC mengadakan aksi bhakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada dua puluh lima warga yang terdampak tanah longsor.

Tampak hadir mendampingi aksi kegiatan itu Poniran Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) beserta Peni Tumitah kepala desa Kaliuling, disamping para relawan LAZISMU MDMC.

Poniran selaku Ketua PRM setempat mengatakan dalam kondisi pandemi seperti ini desanya dilanda bencana tanah longsor. Sebelum tanah longsor terjadi hujan deras selama lima jam.

“Pas malam hari terjadilah longsor yang menimpah sekitar tiga puluh dua kepala keluarga yang rumahnya tertimpa material longsor. Ada yang rusak ringan dan berat. Kami selaku pengurus Muhammadiyah di tingkat Ranting segera berkordinasi dengan LAZISMU dan MDMC untuk bisa meringankan beban saudara kami yang tertimpa musibah ini. Alhamdulillah respon baik dari teman-teman LAZISMU dan MDMC Lumajang segera turun untuk mendistribusikan bantuan,” kata Poniran.

“Kami yang di tingkat Ranting juga selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak desa untuk selalu berkontribusi untuk negeri ini dengan berbagai kegiatan, apa lagi saya disini selain Pimpinan Ranting juga menjadi ketua Paguyuban Seni Reog Ponorogo di Lumajang. Hal ini kami lakukan untuk misi dakwah kultural sehingga Muhammadiyah tidak dianggap anti budaya. Saya berprinsip bahwa hidup dengan ilmu akan mudah, hidup dengan seni akan terasa indah dan hidup dengan Agama akan terarah” imbuhnya.

Peni Tumitah selaku Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih dengan diadakannya aksi baksos ini.

“Warga kami sangat membutuhkan bantuan apalagi dalam kondisi pandemi ini dan kami dari pihak desa bekerjasama dengan LAZISMU tidak hanya sekali ini saja. Pada tahun yang lalu juga menangani warga kami yang juga membutuhkan kaki palsu. Dengan adanya kegiatan sosial yang dilakukan oleh LAZISMU, kami pihak desa sangat terbantu sekali dan mudah-mudahan LAZISMU semakin eksis dan semakin banyak para donaturnya, sehingga bisa semakin banyak juga warga yang terbantu,” kata Peni seraya mengajak jajarannya untuk memberdayakan umat dengan berzakat.

Dia juga menambahkan dalam kejadian longsor ini ada sembilan titik jalan yang tertutup material tanah longsor. Ada tiga puluh dua rumah warga yang juga tertimpa tanah longsor dan itu semua sudah ditangani dengan baik oleh pihak Pemerintah kabupaten Lumajang melalui BPBD.

Desa Kaliuling memang di daerah pegunungan sehingga rawan longsor ketika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi. Oleh karena itu menurut Peni, pihak desa harus bersinergi dengan berbagai pihak dalam penanganan bencana ini termasuk dengan LAZISMU dan MDMC. (Kus)

REKENING LAZISMU LUMAJANG

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76630 1 20 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Lumajang
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76640 2 20 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Lumajang
KEMANUSIAAN BSM 99398 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang
BMI 76650 3 20 00 0 00000 Humanity LAZISMU Kab Lumajang

Kabupaten Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*