Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 3 Desember 2020
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan » Dengan Alat Bantu Mendengar Divigo Kini Tak Lagi Berdiam Diri Saat Diajak Berkomunikasi

Dengan Alat Bantu Mendengar Divigo Kini Tak Lagi Berdiam Diri Saat Diajak Berkomunikasi

Divigo Alfa Alghifari bin Ilham Alfa Nurhasan (6 tahun) adalah salah satu murid di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) VII Ngadisimo, kota Kediri. Vigo adalah anak didik berkebutuhan khusus putra pertama pasangan suami istri Ilham Alfa N dengan Nur Kholifah yang tinggal di rumah kontrakan sangat sederhana yang berada di gang sempit Dsn. Ngadisimo, Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri.

Anak kecil itu mempunyai masalah pada indera pendengarannya, yang membuatnya kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Sebenarnya Divigo terlahir dalam kondisi normal, hanya dalam pertumbuhannya pada usia sekitar dua tahun ia mengalami sakit keras yang berdampak pada telinganya. Indera pendengarannya pun terganggu.

“Awalnya ananda Vigo terlahir sehat dan normal seperti anak pada umumnya, namun ketika usia menginjak 2 tahun tiba-tiba Vigo mengalami demam tinggi yang disertai kejang-kejang hingga harus dirawat di Rumah Sakit. Sungguh mengejutkan ketika Vigo sudah sembuh , setiap dipanggil namanya atau diajak komunikasi dia tidak merespon dan cuek saja. Sehingga Vigo yang dulunya periang berubah menjadi pendiam dan lebih sering menyendiri” tutur Nur Kholifah, ibunda Vigo, menceritakan awal kejadiaannya kepada tim LAZISMU dan Efi Rofiqoh, SPd,AUD Kepala TK ABA tempat Vigo sekolah saat kunjungan ke tempat tinggalnya.

Merasa khawatir melihat kondisi Vigo seperti itu akhirnya ia dibawa ke Puskesmas terdekat dan setelah diperiksa  hasilnya sungguh mengejutkan bahwa alat pendengaran Vigo mengalami gangguan. Vigo pun harus dirujuk ke Rumah Sakit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hasil pemeriksaan Rumah Sakit ternyata agar bisa mendengar Vigo harus menggunakan alat bantu dengar khusus, yang harganya sangat mahal dan tidak mesti ada di perusahaan penyedia alat kesehatan.

“Alhamdulillah pada saat itu Vigo dibantu oleh Pemerintah Kota Kediri untuk membeli alat bantu dengar tersebut”, lanjutnya.

Mengingat sudah tiga tahun lebih alat bantu dengar tersebut mengalami kerusakan dan perlu pengadaan kembali dengan alat yang baru, LAZISMU terketuk untuk membantu membelikan alat bantu dengar yang baru dan berkualitas bagus. Ternyata rencana tersebut juga mendapat support dari LAZISMU wilayah Jatim.

“Melalui program Indonesia Mendengar LAZISMU Jatim siap membantu ananda Vigo untuk pembelian alat bantu dengar yang baik”, kata drh. Zainul Muslimin, ketua LAZISMU Jatim saat berkunjung ke Kantor Layanan LAZISMU Kota Kediri.

Menurut Nur Ahmad, staf LAZISMU kota Kediri, orang tua Vigo tergolong kurang mampu. Karena kondisi sosial ekonomi keluarga yang kekurangan, hingga Vigo bersekolah di bangku TK, orang tuanya belum bisa membelikan alat bantu mendengar yang sangat dibutuhkan bagi anaknya agar dapat tumbuh dan berkembang seperti teman-teman lainnya yang normal.

Untuk mewujudkan program tersebut LAZISMU Kota Kediri bersinergi dengan LAZISMU wilayah Jatim mengetuk hati para donatur agar menyisihkan sebagian rizkinya untuk membantu ananda Vigo agar bisa mendengar lagi dengan memberikan alat bantu dengar yang berkualitas

Alhamdulillah respon masyarakat cukup baik terbukti banyak yang memberikan donasi untuk Ananda Vigo. Dengan keikhlasan hati para donatur yang mempercayakan donasinya melalui LAZISMU, Vigo kini dapat terbantu indera pendengarannya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada para donatur teriring do’a  jazakallahu khairan katsiran” ucap Nur Ahmad S, staf LAZISMU Kota Kediri.

Menindak lanjuti program tersebut  Tim Lazismu mengantarkan Vigo untuk pemeriksaan dan setting alat bantu dengar di salah satu klinik THT di Kota Kediri. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya pada Rabu 28 Oktober 2020  bertepatan Hari Sumpah Pemuda bertempat di Kantor Lazismu Kota Kediri impian Vigo terwujud dengan penyerahan alat bantu dengar tersebut oleh Kepala Lazismu Kota Kediri Saptowo Salimo. Pengurus LAZISMU lainnya juga hadir di kantornya jalan Pemuda 18 kota Kediri guna turut menyerahkan bantuan untuk Divigo.

Petugas ahli dari Xtra Medika Hear Solution memasangkan dan mensetting Alat Bantu Mendengar untuk Vigo. Semua biaya ditanggung oleh LAZISMU. Setelah dipasang dan disetting, alat itu dicobakan kepadanya. Puji syukur ke hadirat Allah SWT, Divigo pun merespon lawan bicaranya. Bersama itu pula diserahkan buku IQRO’ dan Kitab Suci Al Qur’an serta Speaker Al Qur’an dengan harapan Ananda Vigo kelak menjadi anak sholeh yang cinta dan hafidz Qur’an.

Dengan bantuan sepasang Alat Bantu Mendengar Vigo pun kembali ceria dan bisa berinteraksi dengan anak-anak normal lainnya. Sedikit demi sedikit kepercayaan diri Divigo tumbuh dan tidak merasa minder lagi karena terbantu indera pendengarannya. LAZISMU dalam Program Indonesia Mendengar terus berupaya agar anak-anak Indonesia yang kurang mampu bisa mendapatkan bantuan Alat Bantu Mendengar (ABM).

“Terimakasih kepada LAZISMU dan para donatur yang telah membantu memberikan Alat Bantu Mendengar dan lain-lainnya kepada anak saya, Vigo . Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang besar dan mohon do’anya juga agar Vigo bisa tumbuh kembang dengan baik meskipun dalam keterbatasan yang Allah berikan”, ucap Ibunda Vigo dengan penuh harapan.

“Didukung oleh LAZISMU wilayah Jawa Timur, kami bisa melaksanakan tasaruf berupa bantuan Alat Bantu Mendengar dalam program INDONESIA MENDENGAR. Tentu hal ini kami lakukan demi membantu anak-anak Indonesia yang berkebutuhan dalam indera pendengarannya, khususnya yang berada di Kediri agar dapat meningkatkan kehidupannya yang lebih baik layaknya anak normal lainnya” kata Nurrahmad, staf LAZISMU kota Kediri saat menyerahkan bantuan untuk Divigo di kantornya.

“Semoga dengan Alat Bantu Mendengar ini, indera pendengaran Divigo Alfa Alghifari bin Ilham Alfa Nurhasan dapat terbantu dan ia dapat tumbuh berkembang menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orangtuanya.” harap Nurrahmad.

LAZISMU Kota Kediri menyampaikan terima kasih kepada donatur yang dengan iklas hati mempercayakan dan menyalurkan donasinya melalui LAZISMU. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat Nya kepada para donatur. Mari terus Beraksi Bersama Untuk Sesama, Memberi untuk negeri. (Nur/Nan)

SUKSESKAN program INDONESIA MENDENGAR..

Donasi program INDONESIA MENDENGAR bisa ditransfer ke rekening LAZISMU Jatim :

  • Bank Syariah Mandiri No. 9000 005 557
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq
  • Konfirmasi transfer ke WA : 08123158446 dan 0856-4610-3255

Indonesia Mendengar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*