Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 3 Desember 2020
Breaking News
You are here: Home » News » Salurkan Dana Ta’awun Untuk Guru Honorer di Kabupaten Pasuruan, CSR dari Wardah Kosmetik

Salurkan Dana Ta’awun Untuk Guru Honorer di Kabupaten Pasuruan, CSR dari Wardah Kosmetik

Sebanyak 50 orang guru honorer sekolah Islam di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur menerima bantuan dana ta’awun dalam program Bakti Guru LAZISMU (09/11/2020). Dana ta’awun ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Wardah, perusahaan kosmetik terkemuka di Indonesia.

Bakti Guru adalah program untuk memberikan perhatian dan kepedulian kepada para pahlawan tanpa tanda jasa. Tujuan dari Program Bakti guru ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kemampuan lokal dan satuan pendidikan setempat dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan hidup masyarakat setempat, loyalitas, lama pengabdian, kreativitas dan profesionalisme kerja.

Kelima puluh guru honorer yang menerima bantuan tuni sebesar Rp. 500 ribu per guru itu berasal dari SD-SMP-SMK Muhammadiyah Lekok dan SMP-SMA Muhammadiyah Bangil, Kabupaten Pasuruan. Penyerahan bantuan dilaksanakan di dua tempat, yakni perguruan Muhammadiyah Bangil dan di Lekok.

LAZISMU Jatim yang diamanahi untuk menyalurkan bantuan program dana taawun ini turun langsung dalam perjalanan di kedua titik lokasi di kabupaten Pasuruan, bersama dengan Pimpinan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah dan LAZISMU perwakilan wilayah pembantu Daerah setempat.  Ketua LAZISMU Jatim drh Zainul Muslimin hadir bersama

Penyaluran pertama pada pagi hari dilaksanakan ke perguruan (SMP-SMA) Muhammadiyah Bangil yang berlokasi tepat di depan alun-alun kota Bangil. Sebanyak 20 orang guru SMP dan SMA di sekolah ini menerima bantuan uang tunai CSR dari Wardah dan bingkisan dari LAZISMU Jatim. Per guru mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp. 500 ribu dan paket bingkisan berupa Rendang kemasan 2 kaleng plus 1 botol probiotik penguat imunitas tubuh.

Penyaluran kedua siang hari dilanjutkan ke perguruan (SD-SMP-SMK) Muhammadiyah Lekok yang berlokasi di Jl Sumurlegi, Pasirian, Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, kabupaten Pasuruan. Sebanyak 30 orang guru SD, SMP dan SMA di sekolah ini menerima bantuan uang tunai CSR dari Wardah dan bingkisan dari LAZISMU Jatim, yang besarnya sama dengan yang diberikan di Bangil.

A. Ghofur, Kepala SMP Muhammadiyah Lekok atas nama semua guru Muhammadiyah yang ada di Lekok mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh LAZISMU dan Wardah. Menurutnya, bentuk perhatian dan kepedulian ini dapat meningkatkan semangat mengajar para guru di sekolah yang boleh dikatakan sebagai ajang pengabdian, karena semua murid-muridnya bebas SPP ini.

“Penghasilan Guru-guru disini hanya mengandalkan dari bantuan operasional sekolah karena murid-muridnya bebas SPP. Semangat pengabdian begitu tinggi namun gajinya sangat minim sekali. Sarana dan prasaranya juga sangat terbatas sekali dan proses belajar mengajarnya juga mengandalkan fasilitas yang terbatas pula.” tambah Ghofur ketika diberi kesempatan untuk menyampaikan “Curhat”nya.

“Sedangkan muridnya kebanyakan berasal dari keluarga tidak mampu. Alhamdulillah walau berjalan dengan segala keterbatasannya, sekolah ini dapat terus berjalan berkat dukungan dari semua pihak, pemerintah dan juga termasuk donatur. Kami berharap semoga ke depan ada bantuan untuk peningkatan sarana mengajar dan juga kesejahteraan gurunya” kata Ghofur dengan penuh harap.

“LAZISMU hari ini melaksanakan amanah dari donatur, yaitu CSR dari Wardah perusahaan kosmetik milik pengusaha Muslim, ibu Nurhayati Subakat. Bantuan ini ditujukan untuk guru guru di daerah yang bergaji minim dan sangat membutuhkan, karena kebanyakan dari mereka itu bekerja secara pengabdian” kata drh Zainul Muslimin.

“Masalah pendidikan ini menjadi perhatian dari kita semua. Walau anggaran negara untuk pendidikan sangat besar namun pada kenyataannya masih banyak kendala dan keterbatasan terjadi di lapangan. Oleh karena itu peran serta masyarakat termasuk korporat sangat diperlukan guna mendukung pilar pendidikan yang berguna bagi masa depan generasi kita” pungkas Zainul. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*