Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 15 Januari 2021
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » Perbincangan tentang Zakat Untuk Kemajuan Ummat antara LAZISMU Jawa Timur dengan Muhammadiyah Association of Singapore

Perbincangan tentang Zakat Untuk Kemajuan Ummat antara LAZISMU Jawa Timur dengan Muhammadiyah Association of Singapore

Gerakan Zakat dan Kedermawanan (filantropi) berbasis Agama dianggap dapat mengatasi permasalahan kontemporer manusia. Nilai-nilai sosial yang terdapat di dalamnya merupakan bagian dari sifat-sifat prososial manusia.

Zakat sesungguhnya bukan hanya sekadar melaksanakan perintah Agama semata dan kedermawanan sesungguhnya bukan hanya sekadar memberikan kebaikan. Namun lebih dari itu kita melihat adanya pembelaan bagi kaum mustad’afin atau kaum dhuafa. Keterlibatan masyarakat, negara, lembaga sosial, dan yang lainnya merupakan tujuan inti dari gerakan filantropi agar umat manusia terbebas dari kesenggsaraan dan kemiskinan.

Singapura adalah negara multikultur atau berbagai bangsa yang 15% warganya beragama Islam. Walau negara kecil namun boleh dikata dalam beberapa bidang Singapura lebih maju daripada negara-negara se kawasan. Keberadaan ummat Islam, termasuk Muhammadiyah, merupakan unsur penting dalam pembangunan masyarakat dan bangsa di Singapura. Penting untuk diketahui bagi warga Indonesia, bagaimana peran masyarakat Islam terutama warga Muhammadiyah di Singapura dalam pergaulan dan pergumulan kehidupan multikultur dan keberagamaan.

Walau Persatuan Muhammadiyah di Singapura tidak ada hubungan organisatoris dengan Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia namun terdapat kesamaan gerakan, pemahaman dan perjuangan dalam dakwah Islam yang bersumberkan al Qur’an dan as Sunnah. Keberadaan dan peran Muhammadiyah di Singapura belum banyak diketahui oleh warga Indonesia, terutama oleh kalangan Muhammadiyah di Jawa Timur sendiri. Sehingga perlu untuk saling mengenal dan mengetahui agar tercipta kebersamaan ghirah dalam memperjuangkan paham Islam yang berlandaskan al-Qur’an dan Sunnah.

Peran dan kiprah dakwah Islam yang dilakukan oleh Muhammadiyah di Singapura tidak terlepas dari dukungan sumberdaya terutama finansial. Dukungan dana zakat, infaq dan shodaqoh serta bentuk-bentuk kedermawanan lainnya memainkan peran penting bagi keberlangsungan dakwah Islam dan kemajuan ummat.

Oleh sebab itulah Perbincangan Antar Bangsa via media zoom yang diselenggarakan oleh LAZIS Muhammadiyah wilayah Jawa Timur ini sangat penting untuk bisa saling memberikan wawasan pengertian dan pemahaman serta menggali sinergitas dan kebersamaan antar gerakan Muhammadiyah di kedua negara.

Selamat menyimak, klik tautan di bawah ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*