Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Minggu , 24 Januari 2021
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Gunung Semeru Erupsi, MDMC-LAZISMU Lumajang Siap Siaga Terjunkan Relawan

Gunung Semeru Erupsi, MDMC-LAZISMU Lumajang Siap Siaga Terjunkan Relawan

Pada hari Selasa tanggal 01 Desember 2020 Pukul 01.23 WIB,bertempat di Pos KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Semeru alamat Gunung Sawur Ds. Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kec. Candipuro Kab. Lumajang telah terjadi dan teramati awan panas guguran jarak luncur 2000 Meter kearah Besuk Koboan terekam di Sismograf amak 20 mm lahar gempa yang sedang berlangsung,

Pukul 02.00 WIB, teramati awan panas guguran jarak luncur 3000 Meter kearah Besuk Koboan terekam di Sismograf amak 20 mm lahar gempa sedang berlangsung karena batas aman hingga 4000 dihimbau masyarakat sekitar dan para penambang untuk waspada (dimungkinkan untuk wilayah timur Semeru akan terjadi hujan abu ) .

Pukul 03.45 WIB, Awan panas guguran masih berlangsung dan masyarakat di Kawasan Rawan Bencana ( KRB ) Kamar A, Curah Koboan dan Rowobaung wilayah Kec. Pronojiwo sudah mulai keluar rumah menuju jalan utama maupun pos pengungsian untuk evakuasi mandiri menghindari bencana awan panas dan letusan yang masih terjadi sampai saat ini (masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan tetap tenang).

Pukul 05.40 WIB, awan panas guguran sudah sampai Besuk Kobokan, kondisi cuaca mendung dan awan hujan abu masih berlangsung.(Sumber.BPBD kab.Lumajang)

Kondisi saat itu mendung dan gerimis. Lahan pertanian di aliran sungai semeru banyak yang rusak akibat abu vulkanik, yang di khawatirkan saat ini adalah ketika terjadi hujan di lereng semeru akan menimbulkan potensi terjadinya lahar dingin yang berdampak ke warga sekitar mengingat tumpukan vulakanik sekitar 3 meter di sepanjang aliran sungai semeru.

Dampaknya antara lain : sumber air tertumpuk abu vulkanik, lahan pertanian di aliran sungai Semeru banyak yang rusak beberapa hewan ternak juga menjadi korban, 11 Alat berat penambang pasir dan 2 Damtruk tertimbun di tertimbun pasir.

Respon Muhammadiyah

Melihat hal itu Muhammadiyah kabupaten Lumajang menerjunkan para Relawan guna memantau keadaan dan mengambil tindakan pertolongan sekiranya terdapat korban akibat erupsi gunung Semeru. Para Relawan itu dari unit Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), LAZISMU dan Organisasi Otonom Muhammadiyah, khususnya Pemuda Muhammadiyah.

Langkah pertama diantaranya : survei dan assasment lokasi dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik BPBD Kabupaten Lumajang dan kepala desa setempat. Saat ini kebutuhan mendesak yang harus segera disuplai adalah air minum, bantuan pangan, masker, alat transportasi medan bencana berupa mobil 4 WD. (MDMC)

DONASI KEBENCANAAN & KEMANUSIAAN

Salurkan Donasi Kebencanaan dan Kemanusiaan Anda melalui LAZISMU. Rekening donasi Kemanusiaan :

  • Bank Mu’amalat No. 7665 030 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Syariah Mandiri No. 9939 830 000 000 000 a/n Humanity LAZISMU Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Mandiri 9000008882 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZISKA

Scan QRIS untuk donasi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*