Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Wednesday , 22 May 2019
Breaking News
You are here: Home » News » Posko Relawan MDMC-MPKU-Lazismu Yang Multi Fungsi di Lekok Tenggara, Lombok Utara, NTB

Posko Relawan MDMC-MPKU-Lazismu Yang Multi Fungsi di Lekok Tenggara, Lombok Utara, NTB

Saat ini fokus kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang disokong oleh Lazismu di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), adalah penyelesaian target pembangunan 670 Hunian Transisi bagi warga terdampak atau Huntara. Termasuk 100 Huntara yang sedang dikerjakan oleh MDMC-Lazismu Jawa Timur di Lekok Tenggara, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (KLU), NTB.

Tim Huntara MDMC-Lazismu Jawa Timur yang beranggotakan 10 personil ini dikomandoi oleh Priyo A. Sancoyo, sang arsitek yang mendharma baktikan hidupnya untuk dunia kerelawanan dan kedermawan. Kini Priyo beserta Tim sedang mengejar target penyelesaian Huntara di desa Lekok Tenggara, Gangga, KLU. Targetnya pada awal November 2018 telah berdiri 100 Huntara di desa tersebut yang sebagian juga didirikan di desa tetangga. Kini telah 87 unit Huntara telah dibangun di desa Lekok dan sekitarnya. Diperkirakan 13 Huntara lagi akan selesai tepat pada waktunya.

Menurut Priyo A. Sancoyo, disamping membangun Huntara relawan MDMC-Lazismu Jatim juga menyediakan sarana pendidikan darurat bagi Taman Kanak-kanak (TK) ‘Aisyiyah yang berada di desa itu. Gedung TK yang lama telah roboh, disamping karena faktor usia, juga terdampak gempa bumi beberapa bulan yang lalu. Sambil menanti dibangunnya gedung baru, saat ini TK ‘Aisyiyah menempati bangunan Posko Relawan MDMC-Lazismu-MPKU Jatim, yang lokasinya tepat berada di sebelah Klinik Darurat Muhammadiyah, di desa Lekok Tenggara.

Posko relawan ini boleh dibilang serbaguna dan multi fungsi. Pagi hari  dipergunakan untuk anak-anak TK bersekolah secara darurat, Siang dipergunakan untuk rapat dan istirahat makan bagi para relawan. Sore untuk kegiatan mengaji, dan malamnya untuk tidur para relawan yang lelah bekerja di pagi dan siang hari.

Walau darurat, Posko Multifungsi ini sangat bermanfaat bagi kelangsungan belajar mengajar Guru dan anak-anak TK di desa itu. Anak-anak tetap ceria dan riang gembira belajar dan bermain di gedung darurat serbaguna, base camp-nya relawan Muhammadiyah. Semantara para Guru pun tidak patah semangat dan justru semakin bergairah dalam mendidik dan mencerdaskan generasi ‘imut’ penerus masa depan bangsa di Lekok Tenggara, Lombok Utara. (Adit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*