Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Wednesday , 20 February 2019
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Rowokangkung Banjir Lazismu-MDMC Lumajang Buka Posko Bantuan dan Dapur Umum

Rowokangkung Banjir Lazismu-MDMC Lumajang Buka Posko Bantuan dan Dapur Umum

Banjir melanda Kabupaten Lumajang terutama di kawasan timur (23/12/2018). Intensitas hujan yang sangat tinggi membuat sungai Genitri meluap. Tak ayal, ribuan rumah warga di dua desa di Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang terendam banjir.

Pada kedua desa yang tergenang banjir yaitu Desa Sidorejo dan Desa Rowokangkung, air naik diakibatkan oleh intesitas hujan yang sangat tinggi selama lebih dari 17 jam mulai hari Sabtu (22/12/2018) hingga ahad siang. Hujan itu membuat tanggul air yang ada di DAM Jatiroto dan Sungai Genitri menjadi ambrol. Banjir pun menggenangi pemukiman dan areal persawahan.

Mendengar kabar banjir melanda di kedua desa di kecamatan Rowokangkung, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) kantor pembantu Lumajang dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PDM Kabupaten Lumajang segera berkoordinasi dan bersinergi. Hasilnya, Lazismu dan MDMC membuka Posko.

Tugas Posko tersebut selain menghimpun bantuan dari masyarakat luas juga menyediakan layanan Dapur Umum (DU) untuk para korban banjir. Begitu Posko dibuka logistik bantuan dari masyarakat terus mengalir. Dapur Umum pun segera memasak guna menyediakan makanan (nasi bungkus) bagi 500 orang korban banjir.

Sementara itu Posko Lazismu dan MDMC juga berkoordinasi dengan Klinik atau Balai Pengobatan PKU Muhammadiyah untuk membuka Posko Medis, terutama untuk menyediakan layanan pengobatan gratis bagi warga terdampak banjir. (Adit/dafa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*