Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 16 July 2019
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Luncurkan Program Nasional “Ramadhan Mencerahkan” Plus Resmikan Gedung Kemanusiaan

Luncurkan Program Nasional “Ramadhan Mencerahkan” Plus Resmikan Gedung Kemanusiaan

Menyambut bulan suci Ramdhan 1440 H, Lembaga Amil Zakat dan Shodaqah (Lazismu) PP Muhammadiyah launching dan sosialisasikan progam “Ramadhan Mencerahkan”. Progam ini memiliki cangkupan nasional yang sifatnya pemberdayaan dan karikatif.

Launching dan sosialisai Ramadhan Mencerahkan berbarengan dengan peresmian Gedung Kemanusiaan Lazismu dan MDMC, pada Senin, (29/4/2019) di Balecatur Gamping, Sleman, DIY.

Adapun progam Ramadhan Mencerahkan ini memiliki empat program seperti kado ramadhan, Back to Masjid, Indonesia Mobil Clinic dan Mudikmu Aman Lazismu.

Direktur Utama Lazismu PP Muhammadiyah, Hilman Latief mengatakan, dilaunchingnya progam ini sebagai bentuk kebajikan sekaligus bentuk meningkatkan ibadah. Melalui Lazismu, Muhammadiyah juga ingin terus menyiarkan keutamaan zakat di bulan Ramadhan agar menjadi pehatian bagi warga Muhammadiyah dan kaum muslimin.

“Kita tahu Muhammadiyah khusunya warganya memiliki potensi menunaikan zakat dan kegiatan berbagi yang dilakukan dengan berinfaq dan bersedekah,” kata Hilaman.

Sementara itu, peresmian Gudang Kemanusiaan Lazismu bersama MDMC dimaksudkan sebagai progam kemanusiaan yang memfokuskan penanganan migitasi bencana. Tempat itu, juga nantinya sebagai gudang logistik kemanusiaan sekaligus wahana edukasi untuk mengenal kebencanan di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Dikatakan oleh Budi Setiawan, Ketua MDMC PP Muhammadiyah, adanya gudang kemanusiaan adalah belajar dari bencana tsunami di Aceh 2003 dan erupsi merapi tahun 2010. Dimana kondisi menyedihkan membuat semua orang khsusnya kaum muslimin tergerak membantu saudar-saudata yang sedang kesusahan karena bencana.

“Belajar dari pengalaman inilah pentingnya nilai keberadaan gudang kemanusiaan. Dengan didukung tempat representatif yang mudah diakses untuk tujuan kemanusiaan akan memudahkan kebutuhan keluar masuk jenis bantuan kemanusiaan,” kata Budi Setiawan.

Kedepan Budi Setiawan berharap, agar gudang kemanusiaan yang baru saja diresmikan tidak boeh sepi dan direncanakan akan ditata sebagai kawah candradimuka untuk edukasi sosial kebencanaan dan kemanusiaan. Tidak berhenti sampai di gudang kemanusiaan, tempat ini juga sebagai sarana berdakwah yang bisa dimanfaatkan oleh warga Muhammadiyah di sekitar Balecatur Gamping, Sleman. (Andi/www.muhammadiyah.or.id)

 

http://www.muhammadiyah.or.id/id/news-16395-detail-lazismu-luncurkan-program-ramadhan-mencerahkan-sekaligus-resmikan-gedung-kemanusiaan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.