Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 12 November 2019
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Lazismu Bantu Warga Desa Terpencil Guna Atasi Kekurangan Air pada Kemarau Panjang di Bojonegoro

Lazismu Bantu Warga Desa Terpencil Guna Atasi Kekurangan Air pada Kemarau Panjang di Bojonegoro

Musim kemarau yang berkepanjangan membuat resah warga dusun Donggi, desa Ngrandu, kecamatan Kedungadem Bojonegoro. Kedatangan kemarau yang lebih awal membuat debit air terus menipis dan sampai hari ini hujan belum turun dan dirasakan oleh warga di kawasan itu.

Untuk kebutuhan mandi, minum, dan kebutuhan sehari-hari warga harus mencari air di luar desa dengan jarak yang cukup jauh. Bahkan mereka harus rela merogoh kantong guna membeli air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan tahunan telah menjadi ‘sahabat’ yang selalu dirasakan di dusun tersebut. Berbagai upaya sudah ditempuh oleh warga melalui perangkat desa. Bahkan pernah melakukan pengeboran tanah sampai kedalaman 100 meter guna mendapatkan air. Namun air tidak keluar juga dari sumur bor.

Melihat kondisi tersebut Lazismu Bojonegoro segera bergerak. Sebenarnya setiap tahun Lazismu telah memberikan layanan bantuan air bersih ke dusun tersebut.

Menurut Rudy, Amil Lazismu Bojonegoro, bantuan air untuk tahun ini tetap harus dilakukan lagi karena belum ada jalan lain. Maka pada hari Selasa, tanggal 27 Agustus 2019 Lazismu Bojonegoro menyalurkan air bersih. Sebanyak 3 truk dikerahkan dengan kapasitas tandon air 5.000 dan 2.000 liter.

Kegiatan ini dimulai dilaksanakan pada pukul empat sore hingga berakhir pada pukul satu dini hari. Warga desa pun sangat antusias mengantre guna mendapatkan air bersih sebanyak 2-3 ember per keluarga.

Priyanto, wakil dari warga masyarakat mengucapkan terimakasih atas bantuan air dari Lazismu. Ungkapan spontan dari warga yang paling berkesan kali ini adalah, “Aku mampeh mas” (ungkapan kepuasan yang luar biasa dalam bahasa lokal). Wajar saja, karena biasanya warga cuma mendapat 1 tangki air bersih, kini bisa dapat 2 tangki.

Rudy selaku Amil mengajak semua lapisan masyarakat yang mampu untuk berbagi bersama Lazismu dengan menyalurkan Zakat Infaq dan Shadaqah guna membantu warga mengatasi kekurangan air bersih di berbagai kawasan terpencil di kabupaten Bojonegoro tersebut. “Bantuan dari kita sebesar apapun akan sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan” katanya. (Adit/Sart)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.