Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 17 October 2019
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Siap Sediakan Ransum Makanan Dalam Kaleng Untuk Tanggap Bencana

Siap Sediakan Ransum Makanan Dalam Kaleng Untuk Tanggap Bencana

“Hadjatnya P.K.O itoe akan menolong kesengsaraan dengan memakai azas agama Islam dengan segala orang, tidak dengan membelah bangsa dan agamanja.” (KH. Ahmad Dahlan)

Terbayang bagaimana kecemasan dan suasana genting ketika terjadi bencana di suatu daerah. Bagi yang tertimpa bencana tentu menyelamatkan diri adalah jalan terpenting agar selamat dari terjangan bencana.

Bagi Relawan yang ditugaskan ke medan bencana tentu butuh berbagai persiapan dan logistik yang dibawa ke lokasi, baik untuk diberikan kepada korban terdampak maupun untuk bekal dirinya sendiri.

Ketika tiba di lokasi bencana tidak serta merta Relawan langsung bisa mendirikan Dapur Umum untuk penyediaan makanan karena membutuhkan waktu dan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat. Pilihannya adalah tersedianya makanan siap saji yang praktis dan cepat dikonsumsi.

Menyadari hal itu Lazismu bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur akan mengemas makanan siap saji dalam kaleng yang bisa dikonsumsi tepat ketika datang di lokasi bencana. Rencana tersebut diungkapkan drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, dalam sesi materi “One Muhammadiyah One Response (OMOR)” Pelatihan Gabungan Relawan MDMC se-Jatim pada 24 Agustus 2019 lalu di Gresik.

Makanan yang dikemas dalam kaleng tersebut adalah ransum berupa nasi plus lauknya dengan berat 200-300 gram per kaleng. Tersedia ransum nasi rawon, nasi soto, nasi gule dan sebagainya. Ketika akan disantap cukup dipanaskan diatas api lalu dibuka tutup kalengnya dan langsung bisa dimakan secara hangat.

Selama ini sudah tersedia rendang dan kornet produk qurban dalam kemasan kaleng yang siap didistribusikan kepada penerima manfaat di kawasan bencana. Namun makanan itu hanya be-rupa lauk dan masih perlu ditambah nasi sebagai makanan pokok. Tentu hal itu me-merlukan waktu tersendiri untuk mema-sak nasi mengingat kegentingan dan kegawatdaruratan ketika terjadi bencana.

Nah, dengan adanya ransum makanan dalam kaleng ini membuat tugas Relawan menjadi ringan ketika masa-masa awal tanggap bencana, sebelum mendirikan posko Dapur Umum. Ketika tiba di lokasi, Relawan bisa membagikan ransum ini kepada para korban dan juga untuk dikonsumsi sendiri. Sangat praktis dan mudah dibawa.

Untuk pengadaan ransum makanan dalam kaleng tersebut Lazismu Jatim akan menggandeng PT SJAP Probolinggo sebagai produsen makanan olehan. Kerjasama yang telah terjalin selama ini menjadikan PT. SJAP sebagai mitra utama bagi Lazismu Jatim untuk mengolah makanan dalam kemasan yang akan didistribusikan ke kawasan bencana.

Pendanaan program pengadaan ransum makanan ini akan dialokasikan dari dana cadangan kebencanaan yang ada di Lazismu Jatim. (Adit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.