Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 12 November 2019
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Suplai Air Bersih ke Berbagai Desa Terdampak Kekeringan di Magetan

Suplai Air Bersih ke Berbagai Desa Terdampak Kekeringan di Magetan

Jawa Timur berstatus “Siaga” terhadap kekeringan atas kemarau panjang tahun ini. Kekurangan air bersih melanda berbagai kawasan. Salah satunya, bencana kekeringan yang terjadi di kabupaten Magetan telah berlangsung beberapa bulan ini.

Setidaknya ada 3 Kecamatan di Kabupaten Magetan yang mengalami kekeringan cukup parah (Data BPBD Magetan : Kecamatan Parang, Lembeyan dan Karas). Di 3 kecamatan yang cukup parah tersebut, banyak dari warga yang harus berjalan hingga 5km untuk mendapatkan air bersih dari sumber yang masih bisa dijangkau.

Bantuan air bersih yang diberikan pihak Pemerintah Daerah belum menjangkau semua daerah terdampak kekeringan yang ada di kabupaten Magetan.

Sehingga pada hari Ahad 8 September 2019, Lazismu Magetan menggandeng komunitas WIN Romawi (komunitas motor Win karisedenan Madiun meliputi ponorogo, Madiun, Magetan dan Ngawi) kembali mendistribusikan bantuan air bersih.

Menurut Nanang, Ketua Lazismu Magetan, sebanyak 2 tangki bantuan air bersih dikirim ke desa Kuwon kecamatan Karas. Kapasitas per tangki sebanyak 7.500 liter air. Pengiriman itu dilakukan mengingat kawasan terdampak kekeringan yang semakin bertambah, setelah pekan sebelumnya Lazismu Magetan juga mendistribusikan air bersih ke desa Trosono kecamatan Parang kabupaten Magetan.

Total hingga hari ini, Lazismu Magetan telah mengirimkan 12 tangki air bersih ke pelosok Magetan. Rencanannya bantuan distribusi air bersih akan terus dilakukan hingga musim penghujan tiba. (Yakub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.