Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Friday , 13 December 2019
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan » Sinergi Lazismu dengan TNP2K Setwapres RI dan Pemkab Sidoarjo Dalam Peluncuran Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Melalui Posbindu di Kecamatan Candi

Sinergi Lazismu dengan TNP2K Setwapres RI dan Pemkab Sidoarjo Dalam Peluncuran Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Melalui Posbindu di Kecamatan Candi

Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti diabetes, jantung, darah tinggi dan kolesterol adalah penyebab utama kematian di dunia dan merupakan salah satu tantangan besar dalam kesehatan di abad ini. Jika tidak ditangani sedini mungkin akan menghambat penanggulangan kemiskinan dan menurunkan tingkat kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Republik Indonesia (RI) menggandeng Dinas Kesehatan Sidoarjo dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) dalam program Promosi Kesehatan dan pencegahan penyakit melalui Posbindu serta edukasi penggunaan minyak goreng secara sehat.

Bentuknya dari kampanye promosi kesehatan secara nasional adalah : identifikasi dan registrasi, screening kesehatan, konseling, promotif-preventif dan promosi, edukasi dan penyuluhan. Program ini dijangka memakan waktu selama 3 bulan, mulai Oktober hingga Desember 2019.

Peluncuran kegiatan Promosi Kesehatan Posbindu dilaksanakan pada Jumat pagi 4 Oktober 2019, bertempat di Balai Desa Klurak Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Kegiatannya adalah pemeriksaan kesehatan dan senam sehat kader Posbindu serta telewicara dengan Wapres RI.

Hadir pada kesempatan itu Program Leader Promosi Kesehatan TNP2K Setwapres, para pejabat Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo diantaranya dari Sekkab, Bapedda, Dinas Kesehatan beserta jajarannya dan Lazismu yang diwakili oleh Ketua Lazismu Sidoarjo Anang Muntholib. Tak ketinggalan para kader Posbindu beserta warga desa Klurak berjumlah 100 orang turut serta dalam acara seremoni tersebut. Selain melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penyuluhan kesehatan warga juga melakukan kegiatan aksi senam sehat khas kader Posbindu.

Dalam kegiatan tersebut jajaran TNP2K, Pemkab dan para mitra serta kader Posbindu melakukan telewicara langsung (teleconference) dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang berada di Universitas Indonesia (UI) Depok, Jabar untuk peluncuran kegiatan secara nasional. Wakil Presiden berkepentingan untuk mengetahui seberapa jauh Posbindu dilaksanakan di lapangan khususnya di Sidoarjo, beserta kegiatan-kegiatan pendukungnya.

Sesuai rencana pasca acara seremoni peluncuran, kegiatan Promosi Kesehatan akan dilakukan di 3 (tiga) titik lokasi desa dan komunitas di kecamatan Candi, kabupaten Sidoarjo. Kegiatannya adalah pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan berbasis komunitas serta edukasi terhadap penggunaan minyak goreng yang sehat. Diharapkan kegiatan ini dapat berkesinambungan sesuai dengan yang diharapkan. (Adit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.