Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Wednesday , 11 December 2019
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Siapkan Ransum Kemanusiaan Untuk Didistribusikan ke Kawasan Bencana di Tanah Air

Siapkan Ransum Kemanusiaan Untuk Didistribusikan ke Kawasan Bencana di Tanah Air

Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana mutlak diperlukan. Maklumlah tanah air kita termasuk dalam ring of fire atau negeri yang rawan bencana. Kesiapsiagaan meliputi banyak hal seperti mitigasi, edukasi, dan berbagai persiapan lainnya yang diperlukan dalam menghadai terjadinya.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jawa Timur, menggambarkan bahwa kita semua memahami bagaimana suasana genting dan cemas ketika terjadi bencana di suatu daerah. Bagi yang tertimpa bencana tentu menyelamatkan diri adalah jalan terpenting agar selamat dari terjangan bencana.

Bagi Relawan yang ditugaskan ke medan bencana tentu butuh berbagai persiapan dan logistik yang dibawa ke lokasi, baik untuk diberikan kepada korban terdampak maupun untuk bekal dirinya sendiri, lanjut Zainul.

Ketika tiba di lokasi bencana tidak otomatis para Relawan bisa segera mendirikan Dapur Umum (DU) untuk penyediaan makanan karena membutuhkan waktu dan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat. Pilihannya adalah tersedianya makanan siap saji yang praktis dan cepat dikonsumsi.

Oleh karena itu Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur telah mengemas makanan siap saji dalam kaleng yang bisa dikonsumsi segera, sesaat ketika Relawan datang di lokasi bencana.

Makanan kemasan itu berupa nasi soto dan nasi rawon dalam kaleng. Bekerjasama dengan pabrikan makanan olahan dari Probolinggo, makanana dalam kaleng yang bernama Ransum Kemanusiaan itu diproduksi, jelas Zainul.

Kini telah tersedia puluhan ribu kaleng nasi rawon dan nasi soto yang siap didistribusikan ke kawasan bencana untuk diberikan kepada para pengungsi dan warga terdampak.

Hari kamis, tanggal 17 Oktober 2019 makanan dalam kaleng yang dikemas dalam kardus tersebut sudah siap di kantor Lazismu Jawa Jatim Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya. Lazismu Jatim menunggu arahan dari desk OMOR (One Muhammadiyah One Response) ke lokasi bencana mana makanan kaleng tersebut hendak didistribusikan. (adit)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.