Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Wednesday , 11 December 2019
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan » Gencarkan Edukasi Penyembuhan Penyakit TB, Lazismu dan ‘Aisyiyah Kabupaten Mojokerto Terus Bersinergi

Gencarkan Edukasi Penyembuhan Penyakit TB, Lazismu dan ‘Aisyiyah Kabupaten Mojokerto Terus Bersinergi

Lazismu kembali merealisasikan pilar program di bidang kesehatan, khususnya di Kabupaten Mojokerto. Bentuknya adalah mengedukasi para penderita untuk menyembuhkan penyakitnya, yaitu Tuberchulosis (TB) dan disertai dengan pemberian paket nutrisi.

Pelaksanaan program tersebut pada hari Selasa, 29 Oktober 2019, bekerja sama dengan mitra Lazismu yakni SSR (sub-sub recipient) TB-HIV Care ‘Aisyiyah Mojokerto.

Sejak pukul 08.15 WIB kader-kader TB Aisyiyah telah berkumpul di Zakat Center Lazismu di kota Mojosari untuk mempersiapkan kegiatan tasaruf. Kader TB Aisyiyah berjumlah 5 orang yang berasal dari 2 kecamatan, yakni Kecamatan Pungging dan Kecamatan Mojosari. Aksi yang dipimpin oleh 2 orang tim Lazismu, Ridho (manajer) dan Rofita (admin media), mendampingi tim SSR yang berjumlah 2 orang, Bherta (staff keuangan) dan Susianto (koordinator program).

Tasaruf pilar kesehatan dalam program peduli kesehatan bertujuan untuk mengedukasi pasien penderita TB tentang pentingnya menjalani proses pengobatan secara optimal. Bentuk aktivitas program yakni berupa edukasi kepada pasien agar menjaga kecukupan nutrisi, menggunakan masker saat berkegiatan, dan menjaga sirkulasi udara di rumah agar tidak sampai pengap dan lembab. Pasien penderita TB juga diperiksa kondisi rumahnya apakah sudah layak huni dari kondisi jendela dan cahaya matahari yang bisa masuk ke dalam rumah.

“Program ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan dan memotivasi pasien penderita TB agar tetap semangat dalam menjalani proses pengobatan yang lama. Juga memastikan lingkungan serta kecukupan nutrisinya sesuai dengan standar keluarga sehat”, jelas Ridho.

Edukasi ini berjalan hingga menjelang dzuhur, total penerima bantuan sebagai awal program ini sebanyak 6 orang pasien penderita aktif TB yang sedang menjalani pengobatan. Pasien mendapat tambahan suplemen nutrisi berupa susu, telur ayam, dan beras 5 kg setiap pasien. Setelah ini program peduli kesehatan ini akan diperluas sesuai dengan data pasien yang dikelola proses kesembuhannya oleh SSR ‘Aisyiyah di kabupaten Mojokerto. (kar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.