Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 19 January 2020
Breaking News
You are here: Home » Even Khusus » Usung Tema Philatropreneurship Rakernas Lazismu di Lombok NTB Siap Lejitkan Pencapaian Tujuan Pembangunan Bekelanjutan

Usung Tema Philatropreneurship Rakernas Lazismu di Lombok NTB Siap Lejitkan Pencapaian Tujuan Pembangunan Bekelanjutan

Muhammadiyah, sebagai organisasi yang tumbuh dari bawah, memiliki ciri otentik sebagai gerakan filantropi. Sejak berdirinya, dalam membangun organisasi dan berbagai amal usaha yang dimiliki, Muhammadiyah tidak pernah lepas dari kegiatan Filantropi. Maka Filantropi bagi Muhammadiyah telah menjadi kultur yang turun temurun antar generasi.

Dalam pelaksanaan berbagai kegiatan filantropi, Muhammadiyah telah mendirikan LAZISMU (Lembaga Amil Zakat Nasional) sebagai lembaga pengelola zakat yang modern dan dikelola secara profesional.

Dalam rentang 17 tahun, LAZISMU telah membidani berbagai inovasi program untuk menjawab permasalahan ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial dakwah dan kemanusiaan.

Seiring dengan bergulirnya revolusi industry 4.0 yang perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, maka pembentukan sistem informasi manajemen (SIM), manajemen berbasis digital dan sistem operasional prosedur, penting untuk segera diimplementasikan secara terpadu.

Sebagai upaya mencapai visi dan misinya, LAZISMU telah memproyeksikan dan menetapkan peta jalan (roadmap) pengembangan kelembagaan dan program dengan target capaian sesuai Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Layanan (IKAL).

Dengan berbagai capaian IKAL yang telahterlaksana, menunjukkan bahwa capaian program pemberdayaan ekonomi masih kurang optimal jika dibandingkan dengan capaian pada bidang lainnya, maka LAZISMU harus lebih fokus pada target-target pemberdayaan.

Philantropreneurship, merupakan kreativitas sosial bidang kewirausahaan yang dilakukan oleh pelaku filantropi sebagai agen perubahan dengan melibatkan berbagai potensi untuk mewujudkan gerak pemberdayaan yang berkelanjutan.

Untuk itulah, LAZISMU mengadakan sebuah acara akbar tahunan yang dihadiri oleh pengambil kebijakan dan mitra dari seluruh pelosok negeri dengan nama Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Puri Saron Senggigi Beach Hotel, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tanggal 5-7 Desember 2019.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat koordinasi, sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan berbagai program. Oleh sebab itu Integrasi LAZISMU secara Nasional dan Evaluasi serta Penyusunan Program Kerja dan RAPB 2020 akan menjadi topik bahasan utama dalam Rakernas.

Rakernas 2019 akan diikuti 170 orang peserta dari 34 perwakilan LAZISMU seluruh Indonesia untuk memperkuat konsolidasi, evaluasi pelaksanaan program dan penyusunan rencana kerja LAZISMU secara nasional. Forum ini merupakan ajang koordinasi untuk menerima berbagai masukan dan usulan dari LAZISMU wilayah bagi pengembangan LAZISMU secara nasional.

Dengan tema “Philantropreneurship untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan” Lazismu siap menelorkan program-program kedermawanan berbasis kewirausahaan guna melejitkan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). (Adit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.