Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 19 January 2020
Breaking News
You are here: Home » Dakwah » Semarakkan Milad ke-107 Muhammadiyah di Tuban dengan Khitan Masal dan Pengobatan Gratis

Semarakkan Milad ke-107 Muhammadiyah di Tuban dengan Khitan Masal dan Pengobatan Gratis

Semangat memberi untuk negeri senantiasa didengungkan dan digiatkan serta dihidup-hidupkan oleh Persyarikatan Muhammadiyah melalui Lazismu, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah. Aksi bersama untuk sesama pun digelar untuk menyemarakkan Milad ke-107 Muhammadiyah.

Ahad pagi (29/12/2019) beberapa peserta khitanan dan pengobatan gratis sudah duduk rapi di barisan kursi tunggu di halaman Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 5 Widang, Tuban. Jarum jam menunjuk pada pukul 07.00 WIB mereka pun mempersiapkan diri untuk acara khitanan massal dan pengobatan gratis yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban, Lazismu dan Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban (RSMT).

Rezki Ramadhan (10 tahun), menjadi peserta pertama yang datang bersama ayahnya, Ali Mahfudz. Rezki tidak sendiri, beberapa temannya yang sama-sama dari kecamatan Laren Lamongan berangkat pagi-pagi agar dikhitan paling awal.

“Kebijakan kami, siapa yang datang duluan, maka dia yang dikhitan. Anak-anak ini seminggu sebelumnya juga mengirimkan berkas melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Widang, agar datanya bisa masuk. Kuota 24 anak yang di khitan dan, 126 yang mengikuti pengobatan gratis” ujar Ketua Panitia pelaksana, Adnan.

Menurut Adnan, data yang mengikuti khitan dan pengobatan tidak hanya dari Tuban saja. “Tercatat, ada yang dari kota sekitar, yaitu Lamongan.”

Pembukaan acara ini dimulai pukul 08.30 pagi, dibuka oleh Ketua PDM Tuban, Nurul Yakin SH, dan selesai pada pukul 13.00 WIB. Proses khitan berlangsung dengan cepat karena tim dari Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban menerjunkan tim kesehatan yang handal dan cekatan.

“Sebanyak 20 orang kita terjunkan, untuk khitanan ada 6 tenaga medis. Jika satu anak durasinya 20 menit sekali durasi 3 anak bisa dikhitan dan untuk pengobatan dikerahkan 14 tenaga medis,” ujar Kepala Perawat RSMT, Agus Wijaya.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke 107 ini berjalan dengan lancar. Setelah dikhitan, peserta yang usianya dari 4 sampai 12 tahun ini mendapatkan hadiah senilai Rp. 300.000,- per anak yang terdiri dari tas, sarung, school kit, baju koko serta uang saku.

“Alhamdulillah, bisa berjalan dengan sukses. Tanpa ada kendala. Saya ikut bahagia melihat anak-anak yang semula sedih dikitan, lalu menjadi bahagia setelah mendapatkan bingkisan. Melalui acara ini, semarak Milad Muhammadiyah ini terasa, sebagai bukti kepedulian kita terhadap kaum dhuafa,” ujar Ketua Panitia, Adnan.

Pihak RSMT pun turut berbahagia dengan acara ini, “Alhamdulillah kegiatan khitanan massal berjalan lancar,” tambah Kepala Perawat, Agus Wijaya. Menurutnya, ini merupakan kegiatan kesekian kalinya dalam sinergi RSMT dengan Lazismu. “Semoga selalu bisa bersinergi agar kemandirian dalam bersyarikat ini makin lama makin baik,” harapnya.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Tuban, Drs Muzayin mengatakan bahwa acara ini dihadiri dari berbagai kalangan di pembukaannya, seperti dari Ranting NU Tegalrejo, Muspika Kecamatan Widang dan perangkat desa setempat. Ia berharap program khitan dan pengobatan ini tidak berhenti di tahun 2019 saja.

“Semoga pada tahun depan kita bisa menyelenggarakan khitanan Massal ini di lokasi yang berbeda, melibatkan partisipasi seluruh PCM dan ORTOM Muhammadoyah se kabupaten Tuban,” pungkasnya. (Mlk)

Zakat, infaq dan shodaqoh anda sangat bermanfaat bagi membantu mereka yang sangat membutuhkan… Salurkan donasi anda melalui Lazismu..

Transfer ke Rekening kami..

Jeniz ZIS Bank Norek Nama Rek
ZAKAT BSM 99398 1 37 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Tuban
BMI 76630 1 37 00 0 00000 Zakat LAZISMU Kab Tuban
INFAQ & SHODAQOH BSM 99398 2 37 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Tuban
BMI 76640 2 37 00 0 00000 Infaq LAZISMU Kab Tuban
  • BSM Bank Syariah Mandiri
  • BMI Bank Muamalat Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.