Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 5 April 2020
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » MDMC-Lazismu-MPKU Jatim Berangkatkan 2 Dokter, 18 Relawan dan 2 Ambulan serta 2 Mobil Pembawa Bantuan ke Kawasan Banjir-Longsor Jabodetabek

MDMC-Lazismu-MPKU Jatim Berangkatkan 2 Dokter, 18 Relawan dan 2 Ambulan serta 2 Mobil Pembawa Bantuan ke Kawasan Banjir-Longsor Jabodetabek

Bencana banjir dan longsor yang menimpa berbagai kawasan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada awal tahun baru 2020 membuat titik perhatian dan kepedulian berbagai kalangan di tanah air, tak terkecuali Muhammadiyah sebagai organisasi Dakwah Islam.

Oleh karena itu Muhammadiyah Jatim menugaskan Majelis dan lembaganya untuk membantu memberikan pertolongan kepada korban bencana. Maka pada hari Sabtu pagi tanggal 4 Januari 2020 Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur yang didukung oleh Lazismu dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) atau jaringan RS Muhammadiyah memberangkatkan tim Relawan beserta perlengkapannya ke Jabodetabek.

Tim yang berangkat berjumlah 20 orang, terdiri dari 2 dokter dan 6 tenaga Medis dari RS Khodijah Sepanjang dan RSM Lamongan. Selain itu juga turut serta 12 orang Relawan SAR dan Posko. Mereka menuju ke Jabodetabek menaiki 2 ambulan dan 2 mobil operasional Lazismu dan RSML.

Menurut M. Rofii, Ketua MDMC Jatim, tim yang dipimpin dr Fahmi Aulia Rizki itu akan bertugas di beberapa titik kawasan terdampak bencana banjir di Jabodetabek sesuai dengan arahan dari Gugus Tugas OMOR (One Muhammadiyah One Response) yang berpusat di Menteng Raya Jakarta. Mereka akan bertugas dalam bidang layanan kesehatan, pembersihan rumah warga, bantuan logistik, dapur umum dan manajemen posko serta psikososial.

Selain membawa obat-obatan dan alat kesehatan, tim juga membawa perbekalan relawan dan logistik bantuan untuk warga terdamak, yakni Ransum Kemanusiaan, seperti Kornet, Rendang, Nasi Soto dan Nasi Rawon dalam kemasan kaleng yang merupakan produk program kemanusiaan Lazismu Jawa Timur. Produk Ransum Kemanusiaan itu dibuat atas dana dari donatur dan Muzaki Lazismu untuk program keumatan dan kemanusiaan. (Adit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.