Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 6 August 2020
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan » Wujudkan Pilar Kesehatan Umat Dengan “Khitanku Fitrahku” Sinergi Lazismu GKB dan YBM PLN Gresik

Wujudkan Pilar Kesehatan Umat Dengan “Khitanku Fitrahku” Sinergi Lazismu GKB dan YBM PLN Gresik

Aksi peduli kesehatan yang bertajuk “Khitanku Fitrahku” merupakan salah satu bentuk realisasi pilar program Lazismu yaitu Pilar Kesehatan diwujudkan oleh Kantor Layanan Lazismu GKB. Kegiatan berbagi bersama untuk sesama ini juga turut menggandeng YBM PLN UP3 Gresik.

Shubuh dini hari, Ahad (15/12/2019) beberapa peserta berjajar rapi di barisan kursi tunggu SMA Muhammadiyah 10 GKB. Mereka mempersiapkan diri untuk prosesi khitan massal yang dilaksanakan pukul 07.30 WIB.

Ketua pelaksana khitan massal KL Lazismu GKB, Siswanto S.Pd.I. mengatakan “khitan massal merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk menolong sesama. Dari sisi kesehatan, ini juga merupakan pencegahan berkumpulnya kotoran, maka dari itu khitan wajib bagi laki-laki.”

Khitan massal gratis yang digelar oleh Kantor Layanan Lazismu GKB ini juga bekerjasama dengan kantor layanan lazismu se-kabupaten Gresik dalam hal peserta. Hal ini bertujuan agar anak-anak dhuafa yang ada di Kabupaten Gresik ini dapat terbantu dengan adanya khitan massal gratis ini, sehingga mereka dapat melaksanakan khitan. Disamping gratis, peserta juga mendapatkan fasilitas akomodasi transportasi yang dikoordinir oleh Kantor Layanan Lazismu se-Kabupaten Gresik dengan menggunakan Indonesian Mobile Clinic.

Meylita Dwi Purbowati, salah seorang panitia yang menangani hiburan untuk anak-anak mengungkapkan, “Sebelum prosesi khitan dimulai, anak-anak diajak untuk bermain lego, membaca buku dongeng, dan menonton film kartun yang bertujuan untuk menghilangkan rasa cemas dan takut untuk di khitan. Mereka terlihat sangat antusias dan senang bermain.”

Selain hiburan, dalam khitan massal ini photobooth juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para peserta dan ayah bundanya. Mereka tidak lupa mengabadikan moment khitan massal ini dengan berfoto bersama. Tak ketinggalan, M. Aqil Hazwan peserta terkecil yang berusia 13 bulan juga memberikan senyum lebarnya sembari berfoto di photobooth sebelum prosesi khitan dimulai.

Hingga pada saat prosesi khitan dimulai, satu per satu peserta dipanggil menuju ruangan khitan. Tujuh dokter diterjunkan untuk menangani peserta khitan massal KL Lazismu GKB – YBM PLN UP3. Sebanyak 114 peserta yang sebelumnya mendaftarkan diri mereka di Kantor Layanan Lazismu di masing-masing kecamatan telah usai di khitan oleh dokter dari Tim YBM PLN UP3 pukul 12.30 WIB dengan peserta terakhir, Ammar Danish yang berusia delapan tahun asal Lamongan.

Bermacam raut wajah peserta setelah mendapat tindakan khitan. Wajah sembap penuh tangis air mata membasahi pipi mereka pasca tindakan khitan, namun ada juga peserta yang setelah di khitan tampak sumringah dan dapat berjalan seperti biasa sama seperti saat sebelum di khitan.

Kegiatan yang dilaksanakan di bulan Desember dan bertepatan dengan liburan sekolah ini berjalan dengan lancar. Setelah mendapat tindakan khitan, peserta mendapatkan paket school kit yang terdiri dari buku tulis, alat tulis (pensil, ballpoint, tempat pensil, penghapus, buku gambar), dan tas, paket shalat (kopyah, dan sarung), dan tidak ketinggalan para peserta juga mendapatkan kaos dan uang saku.

Kegiatan khitan massal yang diadakan oleh Kantor Layanan Lazismu GKB merupakan salah satu bentuk wujud realisasi pilar program kesehatan Lazismu yang berupa peduli kesehatan. (Restu)

Mari dukung terus program-program Kantor Layanan Lazismu GKB Gresik melalui donasi via transfer BNI Syariah (427) 3139302083 a.n. Lazismu PCM GKB Gresik atau  dapat juga mengunjungi langsung kantor Layanan Lazismu GKB Gresik yang beralamatkan di Jl. Demak No. 07 GKB Gresik. Konsultasi mengenai zakat infaq shodaqoh juga dapat menghubungi +62 812-3935-6577 (Lazismu GKB) atau +62 853-3653-6697 (Ustadz Selamet).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*