Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sunday , 19 January 2020
Breaking News
You are here: Home » Dakwah » Dukung Pembangunan Dua Masjid, Lazismu Jatim Berihlah Dakwah ke Jembrana dan Buleleng, Bali

Dukung Pembangunan Dua Masjid, Lazismu Jatim Berihlah Dakwah ke Jembrana dan Buleleng, Bali

Ghirah beragama Islam kaum Muslimin di daerah dan kawasan minoritas Muslim pulau Dewata, Bali sungguh tinggi. Semangat juang dakwah yang membara, kuat memegang aqidah dan istiqomah dalam beribadah membuat keberadaan umat Islam di Bali, walau kecil namun kuat dan kokoh menghadapi gempuran adat dan budaya serta perkembangan dinamika masyarakat. Keberadaan mereka yang minoritas ini perlu mendapatkan dukungan dan bantuan dari saudara seiman dan sekeyakinan, terutama ummat Islam dari pulau Jawa.

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur, turut serta memberikan perhatian dan kepedulian kepada warga Muslim di daerah dan kawasan-kawasan minoritas dan 3-T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Tidak hanya ketika terjadi bencana alam yang menimpa kawasan itu, namun perhatian kepada pengembangan dakwah Islam juga menjadi titik fokus. Salah satunya adalah pembangunan sarana ibadah, yakni masjid.

Dengan dukungan dari para donatur dan Muzaki Lazismu Jatim memberikan bantuan kepada dua Masjid di pulau Dewata, Bali. Kedua masjid itu adalah masjid An-Nur di kota Negara Kabupaten Jembrana dan masjid al-Manar di kota Singaraja kabupaten Buleleng. Masjid an-Nur berada di pantai Selatan dan masjid al-Manar berada di pantai utara Bali. Kedua daerah itu merupakan kawasan tempat tinggal minoritas Muslim yang keberadaannya sudah cukup lama ada di pulau Bali sejak sebelum kemerdekaan negara ini.

Melalui kegiatan Rihlah Dakwah Lazismu Jatim ke pulau Dewata pada tanggal 11-12 Januari 2020, penyerahan bantuan dana pembangunan kedua masjid itu dilakukan. Tidak hanya menyerahkan dana bantuan, Lazismu juga mengajak serta Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr M Saad Ibrahim, MA dan Prof Dr Thohir Luth, MA, selaku wakil Ketua PWM Jatim. Kedua tokoh Muhammadiyah Jatim itu juga hadir untuk memberikan tausiyah atau pengajian kepada warga Muhammadiyah dan warga Muslim di sekitar masjid itu.

Penyerahan dana bantuan sebesar Rp. 107.000.000,- untuk masjid an-Nur Jembrana dilaksanakan pada acara Pengajian Silaturrahim, sabtu siang, 11 Januari 2020 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jembrana. Gedung Dakwah tersebut berada satu komplek dengan masjid an-Nur, yang beralamat di Jl. Kalimutu, kota Negara. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Ketua PWM Jatim Dr. M. Saad Ibrahim, MA, kepada penasehat Muhammadiyah Jembrana, Anshori Hasbullah disaksikan oleh sekitar 100 warga Muhammadiyah Jembrana dan jamaah Masjid.

Sedangkan dana bantuan untuk masjid al-Manar sebesar Rp. 105.000.000,- diserahkan pada Pengajian Ahad Pagi di halaman Perguruan Muhammadiyah, Jl. Jatayu Singaraja yang juga satu komplek dengan masjid al-Manar. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua PWM Jatim Prof. Dr. Thohir Luth, MA, kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng, M. Ali Susanto di hadapan sekira 300 warga Muhammadiyah Buleleng dan jamaah Masjid. Dalam kesempatan itu Prof Dr Thohir Luth, MA turut menambahkan sumbangan sebesar Rp. 10.000.000,- untuk masjid al-Manar. (Adit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.