Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Friday , 3 April 2020
Breaking News
You are here: Home » News » Luncurkan Program Bakti Guru, Lazismu Siap Dukung Peningkatan Kesejahteraan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Luncurkan Program Bakti Guru, Lazismu Siap Dukung Peningkatan Kesejahteraan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Kita disodori beberapa data bahwa sebanyak 1.385.885 orang dari 2.906.239 guru di Indonesia bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Angka ini mencapai hampir setengah dari total guru di Indonesia. Terbanyak Guru Honorer sekolah dan Guru Tetap Yayasan. Data guru menurut Dapodik : Guru PNS sebesar 52%, Guru Honorer Sekolah 24%, Guru Tetap Yayasan 14%, Guru PTT 5% dan lainnya 4%.

Itu artinya dari segi kesejahteraan masih banyak guru khususnya Guru Honorer sekolah, yang harus ditingkatkan taraf hidupnya. Terbukti bahwa di banyak sekolah-sekolah di pelosok desa dan kawasan terpencil khususnya pada perguruan Islam, para guru berpenghasilan sangat rendah. Jamak dijumpai guru yang bergaji hanya Rp. 150.000,- sebulan. Tentu hal itu sangat jauh dari harapan untuk menjadikan guru sebagai insan pencerdas bangsa, mengingat taraf kesejahterannya yang sangat rendah.

Untuk itu Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) secara nasional meluncurkan sebuah program untuk memberikan perhatian dan kepedulian kepada para pahlawan tanpa tanda jasa. Program yang akan diluncurkan pada pertengahan bulan Maret tahun 2020 ini bernama Bakti Guru.

Menurut Edi Surya, selaku Corporate Secretary Lazismu Pusat, tujuan dari Program Bakti guru ini adalah untuk neningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kemampuan lokal dan satuan pendidikan setempat dengan mempertimbangkan tingkat kebutuhan hidup masyarakat setempat, loyalitas, lama pengabdian, kreativitas dan profesionalisme kerja.

Selain itu program Bakti Guru ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat kemandirian pendidikan melalui pengembangan dan optimalisasi tradisi filantropi pendidikan, partisipasi masyarakat, unit- unit usaha ekonomi dan kerjasama dengan berbagai pihak.

Launching program Bakti Guru ini akan dimulai dari wilayah Jawa Timur. Untuk itu Lazismu Jatim baik menyambut program ini untuk bisa dijalankan pada seluruh kantor Lazismu Daerah se-Jawa Timur. Seremoni launching program ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2020 di gedung Muhammadiyah Jatim Kertomenanggal Surabaya, oleh Prof Hilman Latief, PhD, Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat.

Bentuk kongkrit dari program Bakti Guru ini adalah penambahan pembiayaan tunjangan dan dukungan transportasi, perbaikan sar-pras sekolah, pelatihan guru dalam rangka peningkatan kapasitas dan modal kemandirian ekonomi bagi para guru.

Sedangkan sumber dana yang akan dialokasikan oleh Lazismu secara nasional untuk pelaksanaan program itu diperoleh dari infaq publik, kaleng filantropis cilik dan dana CSR atau kerjasama dengan berbagai pihak. Diharapkan pada tahun ini program Bakti Guru akan mendapatkan dukungan dari masyarakat guna mengangkat tingkat kesejahteraan para guru sebagai insan pendidik dan pencerdas generasi bangsa. (adit)

Donasi Bakti Guru dapat anda transfer ke rekening….

REKENING LAZISMU ZAKAT

  • Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 810 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7663 010 000 000 000 a/n Zakat LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat

REKENING LAZISMU INFAQ

  •  Bank Syari’ah Mandiri No. 9939 820 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Mu’amalat No. 7664 020 000 000 000 a/n Infaq LAZIS MUHAMMADIYAH Jatim
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.