Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Friday , 3 April 2020
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » Rakorsus dan Bimtek Siap Sukseskan Database Anggaran Keuangan dan Aksi Ramadhan dan Qurban se-Jatim 1441 H / 2020 M

Rakorsus dan Bimtek Siap Sukseskan Database Anggaran Keuangan dan Aksi Ramadhan dan Qurban se-Jatim 1441 H / 2020 M

Guna mempersiapkan berbagai kegiatan di bulan Ramadhan 1441 Hijriyah dan even Qurban dengan sebaik-baiknya, Lazismu se-Jatim menggelar Rapat Koordinasi Khusus, 25/01/2020, di gedung Muhammadiyah wilayah Jatim, di Kertomenanggal IV no 1 Surabaya.

Selain membincangkan kegiatan Ramadhan, Rakorsus itu dibagi menjadi 2 bagian, satunya diisi dengan Bimbingan Teknis  (Bimtek) Software Anggaran Keuangan Lazismu nasional 2020. Rakorsus Ramadhan-Qurban 1441 H diikuti oleh 40 orang Pengurus Lazismu Daerah se-Jatim. Sedangkan Bimtek Anggaran Keuangan diikuti sekitar 80 orang dari bagian staf administrasi keuangan Lazismu se-Jatim.

Dalam sambutannya, Anwar Hariyono, Badan Pengawas Lazismu Jatim mengingatkan bahwa Amil Lazismu sejatinya adalah menerima titipan dana dari ummat. Maka dana titipan itu harus disalurkan dengan penuh amanah dengan prinsip kehati-hatian dan tepat sasaran.

Oleh karena itu menurutnya, selain aksi filantropi dan pentasharufan, pencatatan dan pelaporan Lazismu harus lebih difokuskan dan ditingkatkan tidak hanya mengejar predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Auditor Kantor Akuntan Publik semata, melainkan juga untuk menunjukkan bahwa Lazismu benar-benar penuh tanggung jawab menjaga amanah dari Muzaki dan donatur.

GERAKAN DI BULAN RAMADHAN

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Rapat Koordinasi Khusus Ramadhan dan Qurban 1441 Hijriyah Lazismu se-Jatim di Gedung Muhammadiyah, 25/01/2020 lalu, Lazismu Jawa Timur terus mempersiapkan diri guna menyambut dan memeriahkan bulan nan mulia itu.

Pada pra Ramadhan Lazismu akan mengadakan Aksi Kampanye jelang Ramadhan dilakukan di area dan fasilitas umum, seperti Car Free Day, Alun-alun kota, perkampungan dan sebagainya dengan kegiatan pawai, gowes sepeda pancal, jalan sehat, dengan membagikan selebaran dan edaran dari PP Muhammadiyah mengenai Ramadhan 1441 H. Lazismu setiap daerah juga diwajibkan turut serta mendukung kegiatan bersih-bersih Masjid dan Musholla (Back to Masjid).

Salah satu yang mendapat perhatian serius adalah gerakan sadar zakat secara masif untuk program-program keumatan Lazismu. Untuk itu Lazismu akan melaksanakan Kampanye Sadar Zakat pada bulan Ramadhan 1441 H dengan menerjunkan para Amil Fundraising Lazismu Daerah se-Jatim ke masyarakat dalam berbagai kegiatan, seperti pasar (Gerebek Pasar), pusat perbelanjaan (Mall), kantor-kantor instansi Pemerintah dan Swasta, dan pusat-pusat kegiatan dan keramaian publik.

Selain itu Lazismu Jatim juga akan mendatang 7 orang Syekh dari Palestina untuk bersafari Ramadhan di seluruh Jawa Timur. Safari Ramadhan Syekh Palestina itu selain untuk berdakwah dan menggalang solidaritas, juga menggalang dana kemanusiaan.

Secara nasional Lazismu se-Jatim akan melaksanakan program-program Ramadhan tahun 1441 Hijriyah sesuai arahan dari Lazismu Pusat disesuaikan dengan situasi dan kondisi di masing-masing Daerah. Program-program itu diantaranya adalah kado Ramadhan, Posko Mudikmu Aman, dan sebagainya. (Adit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.