Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Thursday , 4 June 2020
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Turut Mencegah Virus Corona, Lazismu dan MDMC Jatim Luncurkan Tim Aksi Semprot Disinfektan ke Masjid dan Musholla

Turut Mencegah Virus Corona, Lazismu dan MDMC Jatim Luncurkan Tim Aksi Semprot Disinfektan ke Masjid dan Musholla

Agar Umat Islam merasa tenang dan tidak khawatir Sholat berjamaah di Masjid pada masa berjangkitnya wabah Corona ini.

Masjid adalah sarana dan tempat untuk beribadah bagi ummat Islam untuk menjalankan sholat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya. Namun kini dengan adanya wabah Corona Virus Desease 2019 atau Covid-19 yang berpotensi menyerang kepada setiap orang dengan cepat, keberadaan Masjid sebagai tempat pertemuan umat Islam dalam jumlah banyak patut mendapatkan perhatian.

Salah satu upaya pencegahan virus Corona adalah dengan mengupayakan lingkungan yang bersih dan sehat serta menjaga kekebalan tubuh (imunitas) seseorang dalam kondisi prima. Nah, Masjid juga harus mendapatkan perhatian dalam hal kebersihan, kesucian dan kenyamanan, terlebih dimasa wabah Corona berjangkit

Melihat kondisi tersebut maka Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur pada Rabu, 18 Maret 2020 telah membentuk Tim Aksi Semprot Disinfektan. Tim ini bertugas melakukan penyemprotan disinfektan yang menyasar ke masjid/musholla dan lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah.

Menurut drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, pembentukan Tim Aksi Semprot Disinfektan ini adalah sebagai salah satu peran Lazismu mengatasi problem keummatan yang kini tengah dilanda kecemasan akan wabah Corona yang secara pandemi akan berpotensi menyebar dengan cepat jika tidak dicegah dengan langkah yang tepat.

“Ini adalah sebagai salah satu sumbangsih dari Lazismu yang bersinergi dengna MDMC dalam menangani permasalahan wabah Corona di tanah air,” kata Zainul memimpin aksi penyemprotan di kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah jatim dan Masjid al-Badar Kertomenanggal Surabaya.

Untuk aksi perdana ini, menurut drh Zainul Muslimin, Tim berjumlah 6 orang yang dibekali alat mesin penyemprot dan cairan disinfektan pada pagi hari tadi telah menyemprot seluruh ruang kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang berlantai tiga. Pada siang harinya ba’da dhuhur menyasar ke Masjid al-Badar Kertomenanggal Surabaya.

Takmir masjid al-Badar, Ir Purwadji menyatakan sangat senang dan menyambut gembira kedatangan tim untuk menyemprot masjid di kawasan Kertomenanggal ini.

“Wah kami sangat senang sekli dan itu membantu kami dalam rangk menghadapi wabah Corona di negeri kita. Kami berharap agar masjid ini menjadi bersih, aman dan higienis sehingga jamaah tenang dalam melaksanakan ibadah sholat dan pengajian,” kata Purwadji.

Sementara itu, M Rofii, Ketua MDMC Jatim mengatakan bahwa dalam waktu dekat ia akan menginstruksikan jajaran MDMC seluruh Daerah di Jawa Timur agar bersama Lazismu membentuk Tim Aksi Penyemprotan Disinfektan bagi Masjid dan amal usaha Muhammadiyah (AUM). Menurutnya setiap tim bisa berjumlah 4-6 orang akan bertugas melayani kebutuhan penyemprotan di masing-masing Daerah.

“Semoga langkah kecil kami bersama Lazismu ini sedikit mengurangi menyebarnya wabah Corona di lingkungan tempat beribadah. Sehingga ummat Islam tak perlu khawatir pergi ke Masjid karena telah aman dan steril.” katanya dengan bersemangat.

“Namun demikian kita tetap selalu waspada dan berhati-hati serta tidak menganggap remeh wabah virus Corona ini. Serahkan semuanya kepada Allah Yang Maha Kuasa” harapnya.

Tim Aksi Penyemprotan Disinfektan ini selanjutnya akan bertugas melayani permintaan takmir masjid dan musholla. Diharapkan umat Islam dapat tenang dan merasa nyaman serta tidak merasa khawatir beribadah di Masjid. (Adit)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.