Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 16 July 2019
Breaking News
You are here: Home » Muhammadiyah Untuk Rohingya

Muhammadiyah Untuk Rohingya

Membantu Saudara Kita Kaum Rohingya Dengan Sepenuh Hati

Muhammadiyah berperan aktif menciptakan perdamaian dunia yang menjunjung harkat dan martabat kemanusiaan.

Donasi Untuk Rohingya se-Jawa Timur terkumpul = Rp. 5,8 M. Total Nasional Rp. 20 M.

Salurkan bantuan Anda untuk program Kemanusiaan melalui Posko Lazismu – MDMC Jatim Peduli Rohingya, Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya, telp. 031-8437191.

Latar Belakang

Kaum Muslim Rohingya di Rakhine Myanmar kembali menerima perlakuan keji dan penindasan. Kaum ini seakan menjadi kaum paling menderita di dunia. Ratusan ribu warga Rohingya harus mengungsi hingga keluar dari negaranya. Dengan perjuangan berat mereka berhasil masuk ke Bangladesh.

Entah kompleksitas konflik macam apa yang sesungguhnya terjadi di Myanmar. Di negara itu etnis mayoritas yang berkuasa juga berkonflik dengan 10 etnis minoritas lain selain kaum Muslim Rohingya. Namun kaum Rohingya lah yang paling menderita dan menerima perlakuan di luar batas kemanusiaan. Bulan lalu saja ratusan warga Rohingya terbunuh dan ribuan menerima penganiayaan oleh etnis mayoritas. Jutaan warga Rohingya tidak diakui sebagai warga negara padahal lahir dan tinggal di negara Budhis itu. Militer dan kelompok militan etnis mayoritas disebut oleh berbagai media terlibat dalam tragedi tak berperikemanusiaan ini.

Melihat tragedi yang sangat mengerikan itu Muhammadiyah tidak tinggal diam. Melalui Lazismu, Muhammadiyah bergerak menghimpun dana dan turut aktif membantu Kaum Rohingya dalam misi kemanusiaan luar negeri Republik Indonesia. Dalam koordinasi Aliansi Kemanusiaan Indonesia, Muham-madiyah memberangkatkan Lazismu dan MDMC sebagai Tim Assesment, Medis dan Relawan.

Alhamdulillah, Tim Assesment yang tergabung dalam misi kemanusiaan Kemenlu RI dapat masuk ke Myanmar walau dengan prosedur yang sangat ketat dan dibatasi. Sementara itu Tim Medis dan Relawan Lazismu-MDMC juga berangat ke Bangladesh, negara yang menjadi jujugan pengungsi Rohingya. Setalah melalui prosedur yang juga tidak kalah rumit, Tim Lazismu-MDMC akhirnya sampai ke Cox’s Bazar, kota di Bangladesh yang berbatasan dengan Myanmar dan menjadi camp pengungsian Kaum Rohingya. Bersama mitra lokal, Tim Kemanusiaan Lazismu-MDMC segera membuka Posko Kesehatan dan memberikan layanan pengobatan kepada para pengungsi yang menderita sakit dan kelelahan, disamping menyalurkan bantuan lainnya.

Marilah kita doakan bersama agar Tim Muhammadiyah yang sedang menjalankan tugas kemanusiaan selama 6 bulan mendapat keselamatan dan kelancaran, sehingga mampu menyalurkan bantuan dari kita semua bagi Saudara-saudara Kaum Muslim Rohingya yang sedang menderita disana. Aamiin. (Adit / foto-foto : Andar Nubowo).

            

 

Comments are closed.