Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 16 July 2019
Breaking News
You are here: Home » Qurban Bersama

Qurban Bersama

PENDAHULUAN

Berqurban Terbaik untuk Indonesia Berkemajuan adalah program Qurban Bersama Untuk Sesama yang digagas oleh LAZISMU dalam rangka untuk menyatukan potensi umat islam dalam berQurban. Disamping potensi ekonomi umat yang besar, program ini juga dikaitkan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) agar bernilai strategis dan inklusif, berdampak luas, serta bersinergi dan berkontribusi terhadap keberhasilan program-program pemerintah dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dampak dari program kurban bersama ini diharapkan dapat memberi contoh kepada umat bahwa betapa penting persatuan dan kesatuan dalam membangun negeri untuk menuju Indonesia yang berkemajuan. Pilar persatuan ini sangat penting untuk dijaga bersama-sama agar tercapai pembangunan yang berkelanjutan yang dicanangkan Negara dan sering dikenal dengan SDGs nya.

TUJUAN

  1. Memberi layanan kemudahan untuk umat dalam menunaikan Ibadah kurban.
  2. Mendorong perilaku peduli dan persaudaraan sebagai instrumen perubahan sosial untuk Indonesia berkemajuan.
  3. Mendistribusikan kurban secara adil, merata dan fokus pada sasaran prioritas diseluruh nusantara.
  4. Berkontribusi pada peningkatan pendapatan mayarakat, penyadaran perilaku hidup sehat dan mengatasi masalah gizi buruk di daerah-daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) dan kawasan PAK KUMIS (Padat, Kumuh dan Kantong-Kantong Kemiskinan).
  5. Berkontribusi dan membantu pemerintah untuk mencapai tujuan dan target SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), khususnya tujuan 1 (tanpa kemiskinan), 2 (tanpa kelaparan), 3 (kehidupan yang sehat dan sejahtera).

SASARAN

  1. Daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal)
  2. Pak Kumis (Kawasan Padat, Kumuh dan Kantong-Kantong Kemiskinan)
  3. Daerah Rawan Bencana Dan Pasca Bencana
  4. Daerah Rawan Gizi
  5. Daerah Dakwah Da’i Pedalaman
  6. Daerah Santri/Pesantren Terpencil

KONSEP

Program Qurban Lazismu akan dilaksanakan secara serempak diseluruh wilayah Indonesia dengan partisipasi aktif kantor lazismu seluruh Indonesia, melibatkan seluruh komponen Muhammadiyah dan simpatisan serta masyarakat secara luas. Dengan prinsip kebersamaan, pelaksanaan  Berqurban Terbaik untuk Indonesia Berkemajuan dijalankan bersama-sama untuk sesama.

Pelaksanaan kurban terbagi menjadi dua program utama yaitu: 

  • Program Qurban Klasik / Konvensional. Program kurban klasik / konvensional ini dilakukan dengan menyembelih hewan kurban pada hari “H” Idul Adha atau pada hari-hari tasyrik serta membagikan daging segarnya kepada masyarakat sekitar pada saat hari penyembelihan.
  •  Program Qurban Berkemajuan. Program ini dilakukan dengan menyembelih hewan kurban pada hari “H” Idul Adha atau pada hari-hari tasyrik kemudian daging kurbannya dikemas menjadi satu kemasan kaleng kornet atau rendang dengan branding Berqurban Terbaik untuk Indonesia Berkemajuan yang akan didistribusikan kepada masyarakat di kawasan 3T serta daerah-daerah yang terkena dampak bencana alam, sehingga manfaatnya dapat menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

PENJABARAN KONSEP PROGRAM QURBAN KLASIK / KONVENSIONAL

Point-point utama konsep program Berqurban Terbaik untuk Indonesia Berkemajuan secara  klasik / konvensional internal Lazismu adalah sebagai berikut :

Sasarannya adalah 1). Daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), 2). Pak Kumis (Kawasan Padat, Kumuh dan Kantong-Kantong Kemiskinan), 3). Daerah Rawan Bencana Dan Pasca Bencana, 4). Daerah Rawan Gizi, 5). Daerah Dakwah Da’i Pedalaman, 6). Daerah Santri/Pesantren Terpencil.

Lazismu fokus pada fundraising Qurban, adapun teknis pelaksanaan qurban dan pendistribusian daging, dapat menjalin kerjasama dengan mitra-mitra baik internal maupun eksternal. Pusat pelaksanaan kegiatan program Qurban adalah tempat ibadah (Surau/Mushola, Masjid) di lokasi sasaran kurban atau lapangan dan tempat tempat warga berkumpul melaksanakan kegiatan. Program Qurban melibatkan dan bekerjasama dengan berbagai komunitas (pelajar, mahasiswa, pemuda, komunitas hobi, komunitas profesional, kelompok pengajian dan seterusnya).

Kegiatan praktis dari program Berqurban Terbaik untuk Indonesia Berkemajuan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pemotongan dan distribusi hewan kurban kepada masyarakat tepat sasaran, seperti di lereng gunung Bromo, Blitar Selatan, Malang Selatan, Lumajang dan sebagainya.
  • Kegiatan tambahan yang dilaksanakan berbarengan dengan acara distribusi seperti : Layanan kesehatan gratis, Paket sembako, Paket alat-alat sekolah, Aksi bersih-bersih tempat ibadah dan pemberian bantuan sarana-prasarana ibadah (karpet, sajadah, peralatan ibadah, Al-Qur’an) dan kegiatan sosial lainnya, termasuk pelaksanaan sholat Ied bersama.

PENJABARAN KONSEP PROGRAM QURBAN BERKEMAJUAN

Point-point utama konsep Qurban Modern / Berkemajuan adalah sebagai berikut:

  • Pelaksanaan program Qurban berkemajuan ini dilaksanakan oleh Lazismu perwakilan wilayah dan kantor Lazismu wilayah pembantu tingkat Daerah dn KLL sebagai fundraising.
  • Pequrban, perseorangan, kelompok maupun instansi, berpartisipasi pada program qurban ini dalam bentuk menyetor atau mentransfer dana kepada Lazismu di Daerah sesuai dengan harga ternak.
  • Oleh Lazismu Daerah dana Qurban yang telah terhimpun tersebut kemudian disetor ke Lazismu wilayah untuk dibelikan hewan ternak melalui peternak mitra Lazismu perwakilan wilayah.
  • Hewan Qurban yang tersedia disembelih pada hari Raya Idul Adha atau hari tasyrik di suatu Rumah Potong Hewan (RPH) yang ditunjuk, kemudian dagingnya dibekukan (karkas) dan disimpan dalam cold storage.
  • Daging beku tersebut lalu dikirim ke Pabrik kornet dan rendang sehari sebelum pelaksanaan proses produksi.
  • Oleh pabrik, daging karkas tersebut lalu diolah dan dikemas dalam bentuk makanan kaleng, berupa kornet dan rending, dengan nama KORNETMU dan RENDANGMU.
  • Proses pengkornetan dan perendangan diperkirakan memakan waktu selama 3 bulan.
  • Setelah jadi, kornet dan rendang kemudian dipacking dalam karton. Per karton isi 24 kaleng.
  • Hasil produksi kornet dan rendang akan dikirim ke kantor Lazismu perwakilan wilayah pembantu untuk didistribusikan sesuai dengan alokasi pendistribusian.
  • Alokasi pendistribusian : 50% kepada target sasaran, 30% untuk pequrban dan 20% untuk cadangan (darurat bencana) di tingkat wilayah.

Pelaksanaan program kurban modern / berkemajuan dikoordinir oleh Lazismu pusat dan wilayah. Added Value (Nilai Tambah) adalah :

  1. Program bersinergi dengan swasta, pemerintah dan Pemda.
  2. Program menyasar atau diarahkan pada masyarakat di wilayah rawan gizi, khususnya di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) dan kawasan Pak Kumis (Padat, Kumuh dan Kantong-Kantong Kemiskinan).
  3. Program dikaitkan dengan promosi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan makanan bergizi dan seimbang pada melalui soasialisasi / penyuluhan pada saat pelaksanaan kurban.
  4. Qurban diarahkan dan dikaitkan dengan SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sehingga dapat mendukung program-program pembangunan pemerintah dan tujuan global.

Sasaran Distribusi adalah : Daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), Pak Kumis (Kawasan Padat, Kumuh dan Kantong-Kantong Kemiskinan), Daerah Rawan Bencana Dan Pasca Bencana, Daerah Rawan Gizi, Daerah Dakwah Da’i Pedalaman dan Daerah Santri / Pesantren Terpencil.

MANFAAT MENGKALENGKAN DAGING QURBAN

  • Solusi tepat, mudah dan terjamin dalam berqurban.
  • Proses penyembelihan hewan qurban tetap dilaksanakan sesuai dengan syariat.
  • Mengikuti proses Jaminan Mutu Halal. Proses higienis mengikuti standar GMP, HACCP, dan BRC.
  • Pengalengan Qurban menggunakan proses pengawetan pangan dengan cara sterilisasi yang membunuh bakteri sehingga punya masa simpan selama 2 tahun.
  • Daging qurban memberikan manfaat yang luas karena dikemas dalam kaleng hingga dapat di kirim jarak jauh dengan mudah dan aman.
  • Memudahkan penyajian bagi penerima daging qurban.
  • Meningkatkan social value dari lembaga/instansi melalui pencantuman nama lembaga/instansi tersebut di label produk.

BERQURBAN BERSAMA LAZISMU

  • Hubungi kami di 0811310401 untuk rencana Qurban dan pilihan hewan Qurban Anda.
  • Setelah itu membayar seharga hewan qurban ke kantor Lazismu atau transfer dana ke rekening kami di Bank Mu’amalat, Bank Syariah Mandiri dan Bank Jatim Syariah. Konfirmasi setelah transfer ke 08123158446.
  • Informasi selengkapnya dan pembayaran Qurban juga dapat dilakukan ke kantor Lazismu Jatim, Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya atau melalui kantor-kantor Lazismu di seluruh Jawa Timur (Daftar alamat terlampir).
  • Kami akan memberikan laporan tentang hewan qurban dan penyembelihan kepada Anda, setelah pelaksanaan Qurban.
  • Sebagian Qurban akan dikembalikan kepada Pequrban dalam bentuk kornetmu dan rendangmu untuk dibagikan kepada keluarga, saudara, dan kerabat.
  • Bagian untuk Pequrban, yaitu :
    • 1 ekor Sapi Standar akan mendapatkan 150 kaleng
    • 1 ekor Sapi Premium akan mendapatkan 200 kaleng
    • Patungan Sapi Standar akan mendapatkan 25 kaleng
    • Patungan Sapi Premium akan mendapatkan 30 kaleng
    • Kambing Standar akan mendapatkan 8 kaleng
  • Pengiriman bagian untuk pequrban dan pendistribusian dilaksanakan 3 bulan setelah Hari Raya Idul Adha.

REKENING PROGRAM QURBAN LAZISMU JATIM

  • 7725 040 000 000 000 Bank Mu’amalat a/n Qurban Lazismu Jatim.
  • 6141717171 Bank Jatim Syariah a/n Lazismu Jatim
  • 7039511449 Bank Syari’ah Mandiri a/n LAZISMU PWM Jatim

TESTIMONI

  • “Saya mengapresiasi Lazismu yang telah berpikir dan bertindak progresif atau maju ke depan dalam hal pengelolaan daging qurban agar tidak habis dikonsumsi pada saat Idul Qurban. Lazismu harus sudah melangkah progresif dengan mengkornet dan merendangkan sebagian daging qurban agar awet dan tahan lama untuk persediaan pangan di masa depan.” (Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Co-Presidnet of Religions for Peace of Asia).
  • “Saya sangat menghargai terhadap gerak dan langkah Lazismu agar menjadi Amil yang terdepan dan terpercaya, salah satunya adalah berani berpikir maju dan mengambil jalan progresif dalam mengembangkan produk Qurban” (Hajriyanto Yasin Tohari, MA, Ketua PP Muhammadiyah).
  • “Program Qurban Kornetmu dan Rendangmu sangat bermanfaat bagi warga yang terdampak bencana alam di berbagai daerah di Jawa Timur” (M. Rofii, MT, Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center Jawa Timur).

DISTRIBUSI KORNET DAN RENDANG QURBAN

Sebagian sasaran distribusi kornet dan rendang Qurban Lazismu :

  • Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah di bawah MPS PWM Jawa Timur.
  • Baksos dan bina lingkungan RS Muhammadiyah /  ‘Aisyiyah di bawah MPKU PWM Jawa Timur.
  • Warga suku Kokoda, Papua Barat.
  • Baksos Pemuda Muhammadiyah Jatim di Pulau Bawean.
  • Warga terdampak bencana banjir bandang dan longsor di kabupaten Pacitan.
  • Warga dhuafa di pelosok kabupaten Malang.
  • Warga dhuafa di sekitar pelabuhan kota Pasuruan.
  • Warga dhuafa di pelosok kabupaten Lumajang (Selatan).
  • Warga dhuafa di pelosok kabupaten Bojonegoro.
  • Guru Ngaji (TPQ) di kota Surabaya.
  • Warga terdampak banjir bandang di Singojuruh kabupaten Banyuwangi.
  • Dan lain-lain.

 

Mari bergabung bersama Program Qurban Terbaik Untuk Indonesia Berkemajuan.

Comments are closed.