Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Kamis , 1 Oktober 2020
Breaking News
You are here: Home » Program Utama

Program Utama

Pilar Pendidikan

  • Save Our School

Program SOS menggabungkan pembangunan sistem pengajaran, pembangunan sarana prasarana, peningkatan kualitas sumber daya guru dan pemberian beastudi bagi palajar dari keluarga kurang mampu. Dengan SOS jalannya tata kelola sekolah dapat menjadi lebih baik sehingga secara langsung akan meningkatkan mutu pendidikan dan out[ut hasil pendidikan, yaitu siswa yang bermutu.

SOS Lazismu adalah solusi untuk sekolah yang masih tertinggal dan tidak banyak dilirik untuk dibantu oleh pemerintah.

  • Beasiswa Sang Surya

Beasiswa bagi anak-anak muda harapan bangsa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik strata satu maupun diatasnya.

Beasiswa diberikan selama satu tahun penuh meliputi biaya perkuliahan atau buaya hidup selama menjalani masa perkuliahan. Penyaluran donasi akan melibatkan institusi sekolah sehingga meminimalisir penyalahgunaan dana bantuan Beasiswa Mentari.

Diharapkan dengan adanya beasiswa ini akan memantik asa pemuda-pemuda harapan bangsa untuk meraih pendidikan yang terbaik dan bisa didedikasikan untuk kemajuan bangsa.

Ayo dukung penuh harapan pemuda-pemuda Indonesia untuk menjadi sarjana harapan bangsa.

  • Beasiswa Mentari

Program Beasiswa Mentari Lazismu yang memberikan bantuan bagi siswa yang berasal dari keluarga dhuafa. Bentuk bantuan berupa biaya pendidikan bulanan yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa dan kebutuhan lainnya, seperti uang transport, uang buku, living cost, dan lain-lain.

Setiap tahun ribuan siswa sekolah dasar dari berbagai pelosok tanah air menerima bantuan Beasiswa Mentari Lazismu. Dengan berdonasi untuk program Beasiswa Mentari Lazismu Anda sudah memutus mata rantai hilangnya kesempatan untuk bersekolah bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

  • Seribu Sarjana

Beasiswa 1000 Sarjana diluncurkan untuk membantu para mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi  untuk menyelesaikan kuliahnya. Beasiswa ini untuk memotivasi generasi muda untuk tetap berprestasi pada disiplin ilmu mereka masing-masing.

Uniknya beasiswa ini juga membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, seperti skripsi, tesis dan kuliah di luar negeri. Bahkan untuk fakultas tertentu program 1000 Sarjana membiayai biaya praktikum, study banding dan penelitian yang sedang dilakukan.

Hal ini sejalan dengan semangat keilmuan yang diemban Muhammadiyah di abad kedua kelahirannya di nusantara. Dengan ikut membantu program 1000 Sarjana, Anda telah mengukir tinta sejarah kemajuan bangsa di bidang pendidikan.

  • Sekolah Cerdas

Bencana bukanlah hal yang asing di Indonesia sejak jaman dahulu kala.Indonesia kerap dilanda bencana baik bencana alam maupun bencana akibat ulah salah manusia terhadap lingkungan.

Hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya program Sekolah Cerdas, yaitu melatih masayarakat, terutama usia sekolah untuk cerdas menghadapi segala macam resiko bencana dan kekerasan sosial dan bagaimana konsep penyelamatan diri dan orang lain ketika terjadi bencana dan kekerasan.

Dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah akan terbentuk kader cerdas yang dapat menularkan penetahunnya kepada orang lain, sehingga masyarakat lebih siap siaga dalam menghadapi bencana. Dan hasil akhirnya adalah meminimalisir jumlah korban akibat bencana dan kekerasan.

  • Peduli Guru

Masih banyak pahlawan tanpa tanda jasa ini yang hidup dalamkondisi ekonomi yang pas-pasan. Mereka memperoleh gaji dari mengajar kurang dari cukup untuk kebutuhan keluarganya. Sehingga acap kali kita melihat banyak guru yang mengambil kerja sampingan, dari membuka les tambahan hingga driver ojek online.

  • Muhammadiyah Scholarship Preparation Program – MSPP

MSPP (Muhammadiyah Scholarship Preparation Program) adalah program persiapan bagi generasi-generasi muda yang akan meraih ilmu di luar negeri. Diharapkan dengan MSPP generasi muda Indonesia yang belajar di luar negeri mampu menjaga identitasnya dan lebih jauh menjadi duta bangsa yang berkarakter dan memiliki tingkat partisipasi aktif.

Tidak lupa MSPP akan membekali dasar tauhid dan ilmu keislaman sehingga bisa ikut mendakwahkan Islam yang mencerahkan dan berkemajuan di dunia.

Ayo dukung generasi muda kita untuk meraih asa tertinggi mereka.

  • Filantrophi Cilik

Gerakan filantropi atau berbagi harus ditanamkan sejak kecil. Agar rasa empati dan simpati terbentuk menjadi karakter yang melekat hingga dewasa.

Lazismu melalui Program Filantropi Cilik mengajak Anda semua untuk mengajak anak-anak Anda untuk berbagi kepada teman sebaya mereka. Donasi Filantropi Cilik akan diwujudkan dalam bentuk bantuan tas dan alat tulis sekolah untuk siswa-siswi kurang mampu di berbagai pelosok tanah air.

Dengan tas dan isinya diharapkan semangat mereka menuntut ilmu semakin kuat dan mereka pun tahu bahwa banyak teman-teman sebaya mereka yang peduli.

Ayo donasi untuk tas filantroi cillik melalui Lazismu..

Pilar Kesehatan

(INDONESIA MOBILE CLINIC)

  • KLINIK APUNG SAID TUHULELEY

Adalah “floating clinic” untuk memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pulau-pulau terpencil di kepulauan Maluku yang masih lemah terhadap akses layanan kesehatan dan pendidikan. Sasaran utama Floating Clinic ini meliputi :

(a) Masyarakat miskin dan kurang mampu yang berada di kawasan pesisir dan pulau-pulau terpencil.
(b) Pulau-pulau terpencil yang belum memiliki fasilitas layanan kesehatan.

Said Tuhuleley adalah putera Maluku asli yang mendedikasikan seluruh hidupnya dalam perjuangan membela dan memberdayakan “kaum marginal”. Melalui Majelis pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah, Almarhum Said gigih membumikan dakwah sosial dengan menjalankan berbagai program peningkatan kesejahteraan masyarakat msikin.

Ayo Dukung klinik Apung tetap bisa berlayar menjangkau lebih jauh lagi..

  • Layanan Ambulan Gratis

Adalah program kesehatan untuk memberi pelayanan pengantaran pasien dan jenazah dari dan ke Rumah Sakit atau pemakaman bagi warga kurang mampu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

  • Promosi Kesehatan

Adalah program untuk memberi pelayanan pemeriksaan dan pengobatan bagi warga kurang mampu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

  • Bantuan Biaya Pengobatan

Adalah program kesehatan untuk memberi bantuan biaya pengobatan yang tidak ditanggung oleh jaminan kesehatan bagi warga atau pasien yang tidak mampu.

  • End TB / Sinergi TB Care Aisyiyah

End TB (Tuberchulosis) adalah program pengobatan dan pendampingan bagi pasien pengidap TB dan masyarakat yang beresiko terhadap penyakit TB.

 

  • Sahabat Disabilitas

Program untuk memberikan bantuan seperti kursi roda / alat bantu berjalan, Indonesia Mendengar (alat bantu mendengar), kaki palsu dan bantuan al-Qur’an Braille.

Pilar Dakwah

  • Da’i Mandiri Tangguh dan Sinergi Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah (GJDJ) Desa Berkemajuan (Qaryah Thayyibah)

Tugas dakwah sebenarnya tugas kita semua, namun ada yang memilih untuk menjadikannya sebagai jalan hidup utama. Segenap waktu dan dayanya diwujudkan untuk berdakwah, itulah dai.

Tugas seorang dai tidaklah ringan, banyak halangan dan rintangan. Lazismu melalui program Dai Mandiri berusaha meringankan beban tersebut dengan membantu peningkatan kesejahteraan melalui kegiatan ekonomi. Diharapkan para da’i yang mengikuti program Da’i Mandiri  ini mampu menjadi da’i panutan baik dibidang agama, sosial dan ekonomi.

Ayo jadikan seorang da’i melangkah lebih ringan di jalan Allah. Donasi anda memandirikan mereka.

  • Buruh Tani dan Nelayan

Program pemberdayaan bagi buruh tani nelayan yang bekerjasama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan tujuan meningkatkan kapasitas/taraf ekonominya.

  • Pembinaan Mualaf

Pemberdayaan ekonomi muallaf merupakan pondasi lain selain yang utama yaitu aqidah yang tertanam di dada mereka.

Pemberdayaan ekonomi bagi muallaf dari Lazismu diharapkan dapat membuahkan hasil, dari awalnya menerima bantuan kini menjadi pemberi infaq.

Dengan donasi Anda, berapapun nilainya telah menguatkan hidayah para muallaf.

  • Indonesia Terang

Program penyediaan kebutuhan energi listrik secara mandiri dan berkelanjutan di kawasan-kawasan tertentu di tanah air.

  • Back to Masjid

Program untuk menjadikan Masjid selain sebagai pusat ibadah ritual juga sebagai pusat kegiatan ummat Islam yang sangat penting keberadaannya bagi dakwah Islam.

Ayo Jadikan Masjid sebagai tempat kita beribadah dan berdakwah..

 

Pilar Sosial dan Kemanusiaan

  • Muhammadiyah Aid Internastional

Program inisiatif Muhammadiyah untuk membantu masalah-masalah kemanusiaan internasional seperti bencana alam, kelaparan konflik sosial dan peperangan.

  • Indonesia Siaga

Program untuk membantu masalah-masalah bencana alam di tanah air.

Program Qurban Berkemajuan yang dagingnya dikemas dalam bentuk kornet dan rendang diharapkan mampu menjadi alternatif bagi ketersediaan pangan yang berkelanjutan. Kebanyakan hewan Qurban yang disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha dagingnya melimpah dan pendistribusiannya cenderung kurang merata. Qurban Lazismu yang diberi nama Kornetmu dan Rendangmu ini didistribusikan ke komunitas dakwah jamaah, Panti Asuhan, daerah terdampak bencana, Pedesaan dan Perkampungan di kawasan 3 T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar).

Pilar Ekonomi

  • 1.000 UMKM

Lazismu melalui program 1000 UMKM berusaha mendorong usaha kecil seperti ini agar berkembang dengan memberikan modal tambahan dan pendamingan usaha. Pemberdayaan unit-unit usaha kecil seperti ini akan menopang roda ekonomi keluarga agar menjadi lebih baik.

Donatur bisa berdonasi melalui program 1000 UMKM untuk membantu lebih banyak lagi keluarga dhuafa untuk kebangkitan taraf ekonominya. Ekonomi yang baik akan berpengaruh terhadap segala lingkup kehidupannya. Kesehatannya terjamin, pendidikan anak-anak lancar dan terjaga martabatnya dari meminta-minta.

  • Tani Bangkit

Komoditas pertanian menjadi cerita ironis di negeri agraris. Indonesia sebagai negeri yang subur dan makmur, ternyata sektor pertaniannya alami kemunduran. Profesi petani sudah tidak lagi diminati di desa-desa. Anak-anak dari keluarga petani lebih memilih bekerja di pabrik-pabrik dengan penghasilan yang rendah. Keberadaan petani tak memiliki posisi yang kuat ketika hasil panennya tak mampu menyejahterakan petani sendiri.

Petani kian terpinggirkan, lemah tak berdaya menghadapi kebijakan politik negara. Misalnya harga jual beras yang dibatasi dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) oleh pemerintah, sementara harga pupuk dan kebutuhan lain terus merangkak naik tanpa terkendali. Merespon posisi petani yang terpuruk, Lembaga Amil Zakat Nasional, dalam hal ini Lazismu hadir di tengah-tengah para petani untuk mendorong kemajuan sektor pangan dan kesejahteraan para petani.

Lazismu menginisiasi pertanian padi organik di lahan milik petani. Pembiayaan di bantu oleh Lazismu dengan sistem qordul hasan. Dengan dibarengi pembinaan dan pemasaran hasil pertanian organik dapat diserap oleh Lazismu melalui amal usaha yang tersebar di Indonesia.

Ayo dukung kemajuan petani kita dengan Tani Bangkit.

  • Peternak Mandiri

Program pemberdayaan peternak dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas harga ternak dan memiliki daya saing.

Berbagai model pemberdayaan untuk peternak ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak di pedesaaan.

Diharapkan dengan adanya program ini para peternak mampu mengakses pelatihan, pakan dan pasar yang berkualitas, serta kebutuhan kurban Lazismu dapat dipenuhi dari peternak binaan Lazismu.

Ayo wujudkan peternak yang mandiri dan berdikari untu kesejahteraan peternak di desa

  • Bantuan Modal Usaha Keluarga

Yaitu bantuan program pemberdayaan perempuan bertajuk BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah). Selain bentuan modal usaha untu ibu-ibu rumah tangga,BUEKA juga diberikan dalam bentuk pelatihan-pelatihan usaha dan pengembangannya, khususnya bagi perempuan.

BUEKA bertujuan untuk meningkatkan penghasilan ibu-ibu rumah tangga untuk dapat menopang ekonomi keluarga. Saat ini ada 132 kelompok BUEKA yang terdiri dari 2.460 keluarga yang menerima proram BUEKA Lazismu di seluruh Indonesia.

Ayo dukung ibu-ibu untuk membantu kemandirian keluarga melalui program BUEKA. 

  • Hijrahpreneur / sekolah bisnis

Program yang tidak saja menciptakan Entrepreneur Muslim tapi juga mendampingi agar bisa membangun bisnis yang lebih baik melalui MASK (Mental – Atttitude – Skill – Knowledge)

  • Badan Usaha Mustahik dan Amil Lazismu (BUMAL)

Adalah badan usaha milik Mustahik dan Amil Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) yang berbadan hukum PT atau koperasi yang beranggotakan para Mustahik dan Amil Lazismu di Jawa Timur.

BUMMIL didirikan guna mewadahi kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk mensejahterakan Mustahik dan Amil. Penyertaan Mustahik (Penerima Zakat) sebagai andil PT atau simpanan koperasi merupakan ciri khas badan usaha ini dengan maksud untuk meningkatkan kehidupan Mustahik agar bertransformasi naik kelas menjadi Muzaki. Usaha bisnisnya bergerak di bidang budidaya peternakan, pertanian, produk makanan dan minuman olahan, tour and travel serta ritel.

Comments are closed.