Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Tuesday , 14 July 2020
Breaking News
You are here: Home » Kiprah MDMC Jatim dalam Penanganan Bencana Banjir di DKI dan Banten Tahun 2020

Kiprah MDMC Jatim dalam Penanganan Bencana Banjir di DKI dan Banten Tahun 2020

Bencana banjir dan longsor yang menimpa berbagai kawasan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada awal tahun baru 2020 membuat titik perhatian dan kepedulian berbagai kalangan di tanah air, tak terkecuali Muhammadiyah sebagai organisasi Dakwah Islam.

Oleh karena itu Muhammadiyah Jawa Timur menugaskan Majelis dan lembaganya yang terkait guna membantu memberikan pertolongan kepada korban bencana. Maka pada hari Sabtu pagi tanggal 4 Januari 2020 Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur yang didukung oleh Lazismu dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) atau jaringan RS Muhammadiyah memberangkatkan tim Relawan beserta perlengkapannya ke Jabodetabek.

Tim yang berangkat berjumlah 20 orang, terdiri dari 2 dokter dan 6 tenaga Medis dari RS Khodijah Sepanjang dan RSM Lamongan. Selain itu juga turut serta 12 orang Relawan SAR dan Posko. Mereka menuju ke Jabodetabek menaiki 2 ambulan dan 2 mobil operasional Lazismu dan RSML.

Menurut M. Rofii, Ketua MDMC Jatim, tim yang dipimpin dr Fahmi Aulia Rizki itu akan bertugas di beberapa titik kawasan terdampak bencana banjir di Jabodetabek dan Banten sesuai dengan arahan dari Gugus Tugas OMOR (One Muhammadiyah One Response) yang berpusat di Menteng Raya Jakarta. Mereka akan bertugas dalam bidang layanan kesehatan, pembersihan rumah warga, bantuan logistik, dapur umum dan manajemen posko serta psikososial.

Selain membawa obat-obatan dan alat kesehatan, tim juga membawa perbekalan relawan dan logistik bantuan untuk warga terdamak, yakni Ransum Kemanusiaan, seperti Kornet, Rendang, Nasi Soto dan Nasi Rawon dalam kemasan kaleng yang merupakan produk program kemanusiaan Lazismu Jawa Timur. Produk Ransum Kemanusiaan itu dibuat atas donasi dari dari donatur dan Muzaki Lazismu untuk mendukung aksi-aksi kemanusiaan di tanah air. (Adit)

 

PERJALANAN PANJANG MENUJU KE LOKASI BENCANA

LAYANAN KESEHATAN

Tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur yang didukung oleh Lazismu dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PWM Jatim selama sepekan lebih, mulai tanggal 3 hingga 10 Januari 2020, memfokuskan layanan pengobatan bagi warga terdampak banjir dan longsor di kawasan Sajira dan Lebak, provinsi Banten.

Tim yang dianggotai para dokter dan perawat dari RS Muhammadiyah Lamongan dan RS Siti Khodijah Sepanjang itu berkeliling kampung dan desa, hingga berjalan kaki menembus kawasan terisolir guna memberikan layanan pengobatan bagi warga, khususnya orang tua, wanita dan anak-anak. (Adit).

 

AKSI BERSIH-BERSIH KAMPUNG

Selama delapan hari, semenjak pemberangkatan tanggal 2 Januari 2020, Tim Relawan dan Medis MDMC Jawa Timur yang didukung oleh Lazismu dan MPKU PWM Jatim menjalankan tugas kemanusiaan di kawasan bencana banjir dan longsor di Jabodetabek dan Banten.

Sesuai penugasan dari One Muhammadiyah One Response (OMOR) Pusat di Jakarta, Tim MDMC Jatim ditugaskan ke Lebak, Banten. Selain bekerja mendistribusikan bantuan logistik, Tim juga melakukan tugas aksi benah lingkungan, bersih-bersih rumah warga, edukasi masyarakat, manajemen posko dan layanan pengobatan. (Ad).

Distribusi Bantuan Logistik

 

Comments are closed.